badge

Monday, March 23, 2009

Es Pisang Hijau

Sabtu kemarin, biasa jalan2 ngukur jalanan hehehe. Ke Kantor Pos ambil kiriman barang, trus ke kantor pajak buat lapor SPT Tahunan, tapi antri nya LUAR BIASA. Akhirnya balik lagi ke Kantor Pos buat ngeposin SPT.
Dari situ langsung ke Cikarang pabriknya Cubitus & Snoopy. Biasa ibu2 gak boleh denger kata Bazar di datengin deh.
Lumayan bisa beli baju2 buat Pascal lagi dengan harga murah. Pulangnya disepanjang jalan kok banyak penjual Es Pisang Hijau. Tanya suami ku apa sih es pisang hijau, akhirnya dia nawari mau coba gak.
Akhirnya coba deh tuh Es Pisang Hijau. Enak juga seger lagi. Gak tau emang lagi laper (kaena pas jam makan siang) atau emang beneran enak:).
Sempet tanya2 sama penjual nya dibikin dari apa. akhirnya googling deh cara buat nya. Oh ya Es Pisang hijau ini makanan khas dari makasar katanya.
SIlahkan kalau mau coba , aku ambil dari http://budaya-indonesia.org/iaci/Es_Pisang_Hijau
Bahan :

* Tepung beras 40 gram
* Garam 1/2 sendok teh
* Air 300 ml
* Air daun suji 100 ml
* Pewarna hijau 3 tetes
* Tepung beras 175 gram
* Pisang raja yang tua 5 buah
* Es serut
* Sirup merah untuk menyajikan

Bahan saus :

* Santan 650 ml dari 1 butir kelapa
* Tepung terigu 50 gram
* Gula pasir 75 gram
* Daun pandan 1 lembar
* Garam 1/4 sendok teh

Cara membuat :

1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat.

2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu masak lagi sampai kalis. Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.

3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.

4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.

5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut dan sirup merah.

(untuk 5 porsi)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...