badge

Friday, April 10, 2009

SlumDog Millionaire

Film ini meraih penghargaan Oscar 2009 yang diumumkan 22 Februari lalu, di Indonesia rupanya film ini tidak beredar di jaringan 21 dan hanya di Blitz.

Film ini mengalahkan The Curious Case of Nenjamin Button, Frost/Nixon, Milk dan The Reader. Untuk The Reader tergolong bagus, lain waktu akan saya tulis review nya untuk film ini, yang kebetulan aktris nya Kate Winslate merebut piala Ocsar untuk Best Actress.

Film Slumdog Millionaire menceritakan tentang seorang pemuda yang beruntung memenangkan hadiah sebesar 20juta Rupee dari kuis Who Want to be Millionaire. Pemuda itu bernama Jamal, Jamal punya kakak kandung bernama Salim. Keduanya adalah anak yatim.
Sesungguhnya Jamal bisa menjawab semua pertanyaan bukan karena dia cerdas melainkan karena dia memiliki ingatan yang kuat terhadap pengalaman - pengalaman yang di laluinya, Jamal cuma bekerja sebagai seorang office boy di sebuah perusahaan telekomunikasi bernama XL5 (mirip XL ya.. hehehe). Kerjaaannya sehari - hari cuma mengantarkan minuman teh ke pegawai - pegawai di perusahaannya.

Alur ceritanya bolak balik dari masa kini ke masa lalu kemudian lompat lagi ke masa kini. Untuk masa kini sebenarnya ceritanya cuma terjadi 2 hari saja. Hari pertama adalah hari dimana Jamal memenangkan 10 juta rupee dan tinggal selangkah lagi menuju pertanyaan terakhir dengan hadiah sebesar 20 juta Rupee. Hari kedua adalah hari dimana Jamal menjawab pertanyaan terakhir dan memenangkan hadiah utama.

Pada hari pertama Jamal memulai penampilannya di Kuis Who Want To Be Millionaire, kehadirannya nampaknya di remehkan oleh pembawa acara yang diperankan dengan cukup baik oleh aktor kawakan Aniil Kapoor. Pertanyaan pertama tentang nama aktor pemeran sebuah film yang ngetop di tahun 1973. Ingatannya kemudian melayang ke masa kecilnya saat perjumpaannya dengan Amitabh Bachan untuk meminta tanda tangan. Sebaiknya kalau pas nonton adegan ini jangan sambil makan, kemungkinan bisa muntah - muntah.. :-) Jamal kecil bela-belain nyemplung septic tank demi mendapatkan tanda tangan. Jawaban kuis pertama berhasil di laluinya dengan mudah. Selanjutnya setiap pertanyaan akan dia jawab berdasarkan dari ingatannya akan pengalamannya, Misalnya pertanyaan tentang senjata apa yg dipegang di tangan kanan Dewa Rama. Ingatannya langsung melayang ke tahun 1993 dimana dia kehilangan ibunya karena serangan orang - orang yang anti muslim di India pada tahun 1993.

Sayang sekali durasi acara habis sebelum Jamal menerima pertanyaan terakhir sehingga harus dilanjutkan esok hari. Jamal dicurigai berbuat curang di kuis sehingga harus di periksa secara paksa oleh polisi dan disiksa. Di kantor polisi inilah kilas balik dari perjalanan Jamal dipaparkan oleh Jamal. Meskipun ditahan, tapi akhirnya Jamal tetap dibebaskan karena besoknya dia harus hadir di kuis untuk pertanyaan terakhir. Acara ini ternyata mengandung magnet yang menarik perhatian sebagian besar rakyat India untuk melihat penampilan Jamal di pertanyaan terakhir. Detik - detik terakhir akan tersingkap alasan di balik keikutsertaan Jamal mengikuti kuis. Selamat menonton.. :-)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...