badge

Monday, April 19, 2010

Kapal Perang

Ini gambar KRI Hasanuddin, karena cari KRI Teluk penyu gak ketemu jadi upload foto ini aja deh


Sejak Alvin lahir, Pascal udah jarang aku bacain buku lagi apalagi dia sekarang sudah bisa membaca buku sendiri. Pascal selalu bacain ade nya katanya, tapi tetap aku awasi takut ada kesalahan waktu membaca.
Akhir-akhir ini ada ritual baru kalau mau tidur, suami ku suka mendongenkan cerita buat Pascal. Jadi setiap mau tidur selalu nagih di dongengin. Isi dongeng nya bermacam-macam, tidak hanya dongen yang fiksi tapi juga dongeng mengenai kehidupan sehari-hari. Sambil diselipkan sesuatu yang bisa membuat Pascal mengikutinya. Seperti makan harus habis dan lain-lain.
Suamiku juga kadang membaca terjemahan tafsir al quran dulu untuk menceritakan tentang agama atau nabi.

Minggu malam senin kemarin jam 8 sudah masuk kamar dan di dongengkan. Awalnya aku gak tau di dongengkan tentang apa. Jam 8.30 Aku asyik nonton tv, lalu suami ku keluar dan melihat aku sedang nonton acara "Militer" di O channel. Suami ku bilang barusan baru aja mendongeng tentang kapal perang. Wah pas banget nih, jadi suami ku minta pascal boleh nonton dulu. Ya udah deh akhirnya aku ijinkan.

Kebetulan di acara "militer" itu sedang dibahas mengenai KRI Hasanuddin dengan nombor lambung 366. KRI Hasanuddin merupakan kapal jenis corvet sigma.Disitu juga dibahas mengenai torpedo, misil, radar. Pas banget dengan yang diceritakan bapaknya tadi sebelum tidur.
Wah senengnya bukan main Pascal. Minggu depan yang di bahas adalah KRI Dewaruci yang merupakan kapal latih bagi taruna AAL (Akademi Angkatan Laut), TNI angkatan Laut. Nama kapal yang diambil dari nama istilah pewayangan. Oh ya aku sempat lihat KRI Dewaruci ini loh di Surabaya.

Kalau lihat kapal perang ini jadi ingan tahun 1993 kalau tidak salah. waktu itu baru aja lulus SMP mau masuk SMA. Waktu itu aku ikutan BJRB (Bintal Juang Remaja Bahari). Kebetulan peserta nya banyak sekali. Ada dari instansi ada juga anak-anak TNI. Kebetulan tempat kerja bapak ku di Indosat juga menawarkan hal ini untuk anak-anak karyawan.
Wah menarik juga nih buat pengalaman.

BJRB ini diselenggarakan selama 1 minggu. Jadi kita naik KRI Teluk Penyu dengan nomor lambung 513, dari kolin lamin Tanjung priok menuju surabaya pulang-pergi.
Kita di didik seperti TNI tapi dalam taraf ringan. Kegiatan sehari-hari ada apel juga acara lain yang biasa di lakukan oleh TNI AL. Karena ini baru pertama kali naik kapal full selama 1 minggu, memang agak-agak mual. Tapi Allhamdulillah gak sampai Mu***h.

Awalnya sih bosen pingin buru-buru pulang, tapi di akhir aku mendapatkan pengalaman yang berharga, kapan lagi bisa naik kapal perang. Sepertinya sih sampai saat ini acara BJRB ini masih ada karena teman SMA ku ada yang pernah ikutan juga.
Oh ya kalau ada teman-teman yang dulu ikutan kontak-kontak aku ya, karena aku kehilangan banyak kontak teman-teman, baru menemukan 1 orang aja di facebook.

Oh ya di Surabaya kita sempat turun dari kapal untuk ke AAL (Akademi Angkatan Laut), kebayang dong semua cowok-cowok dan peserta cewek banyak yang histeris karen aganteng-ganteng versi kita dulu loh :). Di AAL kita diajak makan bersama taruna nya, dan makan nya dengan cara mereka.

Sayang nih foto-foto nya gak ada dirumah waktu posting ini, foto nya masih di rumah ortu. Padahal mau banget ketemuan sama teman-teman dulu. Ada gak ya yang masih ingat?

14 comments:

  1. Assalamu'alaikum...

    Mbak Lidya, apa khabar? Alhamdulilah, saya akhirnya bisa buka blog mbak lagi :) seneng banget...

    Wah, seru yah, pascal, anak yang pintar dan antusias ketika belajar :)

    ReplyDelete
  2. Naik kapal peraaang??? Wuaaahh...! Pengalaman yg asiiikk...! gak semua punya kesempatan itu lho mba, beruntungnya dirimu ^^

    ReplyDelete
  3. Kalo aq belum pernah mbak naik yang namanya kapal laut apalagi kapal perang. Pasti asik ya mbak :)

    ReplyDelete
  4. Hahahaa... aduh aku jadi inget jaman dulu ama temen2 jug suka gitu klo liat cowok2 ganteng pasti deh heboh, yaa namanya pun masih abege ya kekeke...
    Mba papanya ker di Isat ya? sama dong dengan aku.. :)

    ReplyDelete
  5. Pascal mau jadi AL ya?
    beuuh mamanya teu masuk angin tuh naik kapal perang, hehehehe

    ReplyDelete
  6. Ka Pascal, ko ga ngajak2 Zahia seh naik kapal perangnya? Zahia mau dunks ikut :-)

    Ditunggu neh Teh poto2nya, pasti seru yaaaa

    ReplyDelete
  7. Wah ajaran ortu yang bagus deh bisa menyisipkan cerita2 yang tentunya baik dan mendidik

    ReplyDelete
  8. Wah..Ayahnya Pascal kreatif banget ya. Sampai cerita ttg kapal perang segala. Kebayang deh gimana senengnya Pascal ya. Apalagi suatu saat nanti punya pengalaman naik kapal perang beneran kayak mbak Lidya. Wuah! :-)

    ReplyDelete
  9. asyiknya naik kapal perang...sayangnya ngga semua orang bisa naik yachh..

    wah pascal senang di dongengin sebelum tidur yachh, kalo ina lebih seneng denger lagu2....

    ReplyDelete
  10. huaaa sayah dulu juga pernah ikutan festifal arung samudra waktu smp... tapi bukan kapal perang tapi kapal apa gitu...

    huaaa pengen dong di dongengin juga :)

    ReplyDelete
  11. Jadi inget BJRB 1993, pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan. Naik Kapal Perang Teluk Penyu 513. Apalagi waktu kunjungan ke AAL ketemu kakak2 Taruna....hmhmhm :)

    ReplyDelete
  12. Hello aku dulu peserta bjrb 1993, kl kamu ingat pada saat upacara penutupan bjrb 1993,aku perwakilan peserta yg maju ke drpan podium untuk pelepasan tanda peserta bjrb 1993, namaku Farid

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...