badge

Friday, August 27, 2010

Belajar Membaca

Sekedar sharing tentang bagaimana Pascal bisa membaca saat ini. Sebelum masuk Playgroup tahun lalu Allhamdulillah Pascal sudah bisa membaca meski ada beberapa kata yang sulit dibaca. Tapi tahun ini masuk TKA sudah lumayan lancar, bahkan sudah bisa menulis sendiri tanpa diberitahu, begitu pula membaca text film.
Oh ya bu guru nya bilang, bikin ringan tugasnya, hehehe ada-ada aja.

Awalnya sih aku mengajarkan huruf sambil main-main aja, pakai karpet evamat alfabet dari umur 1 tahun. aku memang ga ada target apa-apa.


Waktu ke book fair tertarik dengan Glenn Doman, setelah dipikir-pikir ga ada salahnya dicoba. Metode belajarnya juga harus fun kok, paling mama nya aja yang sedikit repot menyiapkan bahan Glenn Doman perhari. Biasanya aku siapkan malamnya jadi besoknya bisa langsung diterapkan. Oh ya metode ini sih masih banyak pro kontra, tapi kita yakin aja terserah orang bilang apa.


Waktu ke Gramedia iseng-iseng ada buku Pandai membaca, dibeli deh. pokoknya aku sih semua metode pingin tahu syukur-syukur bisa diterapkan. Apalagi saat ini masuk SD harus sudah bisa membaca. Walaupun belum TK ya sedikit2 belajar sambil bermain dirumah. Kebetulan Pascal dirumah tidak ada temannya.

Sewaktu pulang sekolah Pascal cerita disekolah belajar membaca bukunya sama kaya punya dia dirumah. Setelah aku confirm keguru nya benar ternyata. Jadi sekarang kalau waktunya belajar baca Pascal dikasih buku bacaan untuk dibaca, takut nya bosan belajar dengan buku yang sama.


Allhamdulillah dari main-main sekarang Pascal sudah lancar membaca dan menulis. Bahkan kadang-kadang chat juga dengan bapaknya, meskipun masih agak lama mencarihuruf dikeyboardnya.

Teman-temannya Pascal saat ini banyak yang ikutan kursus membaca. Allhamdulillah Pascal ga usah ikutan kursus, kalo gak kebanyang deh repotnya punya bayi tanpa ART harus antar kursus.

Untuk Iqro awalnya aku mengajarkan sendiri dirumah,tapi sejak masuk TK A,pascal masuk TPA dekat rumah. Selain untuk memperlancar juga supaya Pascal banyak bersosialisasi dengan temannya.Selagi mama nya sibuk ngurus adik bayinya.
Di TPA tidak hanya diajarkan Iqro saja tapi ada bahasa Arab, surat-surat al quran dan lain-lain.

Mama nya punya dua PR sekarang
1. Mengajarkan berhitung nih. Tapi belum menemukan metode yang dipakai sekarang itu seperti apa ya. Walaupun sudah bisa juga berhitung dan mengerjakan penjumlahan sederhana. Tapi untuk tahap selanjutnya aku harus banyak tanya dulu ke orang yang lebih paham mengenai ini.

2. Belajar kosa kata bahasa arab, sehingga bisa tau apa saja yang diajarkan kepada Pascal baik di sekolah ataupun diTPA.

19 comments:

  1. wah..pasti pascal buku bacaannya tambah banyak yah. Iya bener, anak jaman sekarang rata-rata lebih cepet bisa bacanya ya, beda jaman kita dulu, kelas 1 aja baru diajarin alfabet hehehe....

    ReplyDelete
  2. makasih mam buat sharingnya .. jadi semangat bikin Farras bisa baca sebelum masuk SD .. weh mudah mudahan bisa ..

    ReplyDelete
  3. Wah, thanks saringnya mam. Aa Pascal top deh. Mamanya juga top deh karena sabar ngajarinnya. Soal TPA, pas umur 2 th, Dela saya suruh bawa Dita ke TPA. Ternyata Dita gak mau masuk mushola tempat TPA. Yang lucu Dita malah teriak "Teeeh...Ipin Upin Teeeh..." waktu melihat salah satu sandal peserta TPA hahahaha

    ReplyDelete
  4. Yup, yang penting dalam belajar anak hepi dan menikmati...pasti cepet bisanya :D Selamat ya, Pascal :D

    ReplyDelete
  5. Smoga Pascal bisa cepat mengerti dan mama nya jaga bisa secepatnya mendapatkan metode yang tepat ya tuk ajarin berhitung

    ReplyDelete
  6. Kaifa haluk ya, Mbak Lidya? hehehe...
    Anaz bisa basa arab, yang dasar2 aja. Dulu sempat belajar, dah banyak yang lupa.

    Pascal pinter yah, Mbak. Alhamdulilah, Mbak Lidya juga Ibu yang cukup telaten. Salut Anaz :) ni postingannya sama kek di MP. cross posting kah? :) hehehe

    ReplyDelete
  7. Kak Pascal hebat, dah lancar baca tulis. Mamanya jg hebat krn pasti butuh ketelatenan ngajarinnya.

    Tks ya mbak dah bagi2 ceritanya, jadinya saya yang junior di sekolah akademi per-ibu-an bs belajar dr yang lebih senior :)

    ReplyDelete
  8. wah hebat pascal!!! pinter yaaa... :D

    ReplyDelete
  9. Memang musti telaten dan sabar ya ngajar anak. Duh mudah2an daku juga bisa deh..

    ReplyDelete
  10. Wah, hebat ya baru masuk TKA dah pandai membaca.

    Beban anak sekarang memang berat ya, mo masuk SD dah ditest baca, tulis, dan berhitung ck...ck...ck...

    Salam sayang buat Pascal yaaa :D

    ReplyDelete
  11. Bagus, lebih cepat bisa membaca tentu lebih bagus sehingga segera menyerap ilmu. Tinggal papa dan mamanya mengarahkannya.

    Saya dulu juga membaca lebih cepat karena ayah membawakan buku2 dari sekolahan tempat beliau mengajar

    salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  12. Wah hebat. Tar pas ketemuan di MM mau juga ah sekalian ke Gramed nyari buku2 buat belajar baca :-)

    Teh, punten pesbuk gw ga bisa buat ngirim imel, entah kenapa. Jadi yah ga bisa bales. Tapi dah ok ko di MM tanggal 4 jam 11. Iya kan? Ajak siapa lagi atuh? gw dah ngasih tau Ibu Faidzaky tapi belum tau deh tanggepannya

    ReplyDelete
  13. jempol deh buat pascal & mamanya..
    kalau ikhsan mah, baru bisa ngeja hurufnya tapi belum bisa baca jadi kata yang dimaksud kayak tulisan BAPAK ngeja hurufnya bener eh, giliran dibaca dia bilang EYANG hehe...

    ReplyDelete
  14. jempol dech buat mamanya PAscal..ibunya DzakyFai mah gak sabaran dech kalo ngajarin...

    ReplyDelete
  15. waaa thanks for sharing ya mbak lid.... pascal kueren deh... boleh dong kyara diajarin baca juga :) smoga dek kyara juga bisa pinter baca kaya kak pascal ya...

    ReplyDelete
  16. aku juga berencana menerapkan metodenya glenn itu Mbak..
    gak sabar nunggu Dija agak besar dikit

    ReplyDelete
  17. yo're great mom! salut! untuk berhitung, coba deh pake "dot" metode glenn doman juga. fun n easy kok! alhamdulillah si Abang juga udah bisa membaca. salah satunya dengan glenn doman bunda. sukses menjadi bez mom y

    ReplyDelete
  18. Wah, thanks mbak lidya sharingnya..bisa dijadikan refrensi saya ngajarin kinan nieh mbak..Ayo semangat,seperti mbak lidya yang telaten, Masih PG kak pascal dah bisa baca tulis...Mantap :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...