badge

Tuesday, April 12, 2011

Iqro

Pascal lagi semangat-semangatnya nih ngaji iqro di TPA. Dia mau cepat menyelesaikan Iqro nya supaya cepat baca Al Qur'an katanya. Malah sudah minta dibelikan Al Qur'an, tapi aku bilang nanti saja kalau sudah iqro 6.

Selain di TPA, iqro juga dibaca di sekolahnya. Tapi biasanya ba'da magrib aku ajari bacaan iqro yang akan dibaca esoknya baik disekolah maupun di TPA. Maksudnya sih supaya lebih lancar.

Allhamdulillah hari ini pas al baca iqro terakhir di jilid 4, mulai besok sudah memasuki iqrp jilid 5.

Ada hal yang lucu pada saat aku mengajarkan iqro dijilid 4 pada halaman 28. Lihat gambar yang ada penunjuk pensil. Pascal selalu diam tidak melanjutkan bacaannya. Setelah aku lihat ternyata pascal tidak mau membaca kata "tay" dia mengartikannya jorok, maaf tai maksudnya. Padahal kalau dibaca "wa maa nahnu bimus tay qi nii na". Setelah dijelaskan pascal mau melanjutkan bacaannya.

Hehehe ternyata pascal ingat bahwa dia tidak boleh berbicara kotor dan tidak baik.

Published with Blogger-droid v1.6.5

57 comments:

  1. heuheu... ada2 aja ya pascal ini.. semoga cepet mahir ya baca alqurannya

    ReplyDelete
  2. memorinya masih segar, akal madang....anak pintar ya seperti pascal. :D

    ReplyDelete
  3. Pascal memang cerdas karena sesuai namanya..
    Bundanya harus lebih cerdas..

    ReplyDelete
  4. waaaaah kritis neh pascal
    bagus bagus bagus

    ReplyDelete
  5. hahaa..anak yang cerdas.. smg menjadi anak sholeh..

    ReplyDelete
  6. anak kecil emang kaya kaset kosong jadi gmn yg rekam dia tau,,,

    yg rajin ya bun ngajarinya :P

    ReplyDelete
  7. wahhh pascal pinter banget ya..

    ReplyDelete
  8. ih pascal.. kamu lucu banget sih, semangat yah dek buat belajar iqro nya
    :)

    ReplyDelete
  9. hahahaha. pascal sopan y. semoga sampai besar nanti, dia tetep begitu. ga kebawa pergaulan yg ngga bener.

    kalo aku lain lagi, mbak. dulu waktu belajar iqra, tiap kali baca mesti dilaguin. bukan dilaguin kayak qori qoriah di mtq itu, tapi dilaguin pake lagu-lagu ngepop. kadang2 dangdut.

    tapi, begitu ketauan papa, langsung deh kena hukuman. ups.

    ReplyDelete
  10. Pascal tertib banget, selamat ya kak besok sudah iqro 5.

    ReplyDelete
  11. waaah, senangnya punya anak kecil yang lg semangat2nya belajar baca qur'an.... terus disemangati, mbak :)

    ReplyDelete
  12. aduh, jadi inget dulu saya SD juga belajar iqro.. tapi kalo dulu biasanya sih kesalahan saya adalah pada tanda baca..

    sukses buat pascal yah, semoga cepet lulus iqro jilid 6 dan baca quran dengan lancar.

    ReplyDelete
  13. Subhanallaah... bawalah itu sampai besar ya dek.. mudah2an menjadi anak sholeh yang selalu terjaga bersama kebaikan.. amiin *sun Pascal*

    ReplyDelete
  14. Hahahha Pascal lucu. Tapi hebat ya, Pascal hampir tamat iqro' nya. Btw, Pascal mulai umur brp ya belajar iqro' mam?

    ReplyDelete
  15. Subhanallah,,, kecil kecil sudah kritis ya... Semoga pelajaran meembacanya dibarengi dengan Tajwidnya,, biasanya tajwid jika sejak kecil akan lebih baik terutama Makhrajul hurufnya....

    ReplyDelete
  16. Subhanallah..Pascal pintar sekali dia...
    Kakak Dini aja kalah...

    ReplyDelete
  17. huhu, pinter si pascal, dulu aq pernah ngajar iqro anak2 di komplek rumah mba Lid, ceritanya ga jauh2 sama pascall, hehehe anak2 sekarang emang pinter2 yah..

    ReplyDelete
  18. subhanallah pinternya pascal dah mo iqro 6 ya ?? .. hehehe mang kadang kadang kita suka bingung ngajarin anak ya li , karna belum bisa menempatkan kata kata pada tempatnya .. kadang disamaratakan heuehue ..

    ReplyDelete
  19. wah pascal pinter banget. itu tandanya anak yang patuh. amin

    ReplyDelete
  20. duhh hebatnya pascal udah iqro 5....kalo ina msh iqro 1 mom....

    lucu yach pascal...bener2 kritis....jempol utk Pascal

    ReplyDelete
  21. hihihihi... Pascal lucu. Pinter, kritis pula..... :p

    ReplyDelete
  22. Kereeeen... Pascal keren bgt udah mau iqro 5, inget pula ga boleh bicara tidak baik. Peluk cium buat Pascal ya mba Lid ;)

    ReplyDelete
  23. Luar biasa! Pascal hebat banget yah. Yang rajin yah Sayang belajar Iqronya supaya cepet khatam Qur'an. Amien

    ReplyDelete
  24. waahhhhh semoga cepet mahir ya mbak... :D

    ReplyDelete
  25. haha..lucu ya pascal...anak sekarang memang pada pinter...

    ReplyDelete
  26. Ayo Pascal, yang rajin blajar iqro'nya... biar cepat bisa baca Quran.

    Nanti Pascal belajar ngafalin Quran ya, Indonesia sedikit sekali punya penghafal Qur'an

    ReplyDelete
  27. Aa Pascal pinter , bentar lagi Al Qur'an ya ..

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah, ikut senang dengan semangat belajar Pascal. Pertahankan dan tingkatkan terus, Om dukung penuh.

    ReplyDelete
  29. weleh..
    tpi perlu dluruskan tuh :D

    #################################
    Mohon dukungannya atas event blog yang sedang saya ikuti..
    Mohon dibantu dengan mengklik "recomend facebook" dan mengcomment artikel saya
    Thanks ya semua :)

    >>> www.greand.co.cc <<<<
    #################################

    ReplyDelete
  30. moga Pascal cepet tamat iqro nya n bisa lanjut al quran ya^^

    ReplyDelete
  31. ada lagi kan yang bunyinya tai asu...

    ReplyDelete
  32. wama nanhnu bimustaiqiniiin...:))

    ReplyDelete
  33. Jiakakakkaka... anak-anak emang suka ada-ada aja ya mbak... *cubit pipi pascal dulu ah... tooooeeeettttt... :P

    aku ajdi inget jaman TPA, anak2 sekarang kok malah jarang ikut TPA ya?? apa perasaanku aja??

    ReplyDelete
  34. wah sudah mau iqra 6, cerdas dan kritis. lanjutkan yahh belajarnya,

    ReplyDelete
  35. haha.. anak baik..
    jadi mesem ndiri...

    ReplyDelete
  36. barakallah, smoga jadi anak yg shalih....

    ReplyDelete
  37. wah pinter !!!
    Pasti dari bundanya... :)

    ReplyDelete
  38. sama dengan pengalaman waktu kecil...kadang merasa malu saat membaca ada kata-kata yang mirip dengan arti yang tidak pantas diucapkan dalam bahasa kita...tapi yah itulah pemikiran anak-anak...mesti ada yang meluruskan....menjadi orang tua tidak gampang tapi juga bukan sulit....jadi semua tidak ada yang tidak bisa dijalani...

    salam manis ^_^

    ReplyDelete
  39. kalo pengalaman saya dulu begini bu. setiap kali baca surat Al Alaq di surat penutup saya selalu ngakak bahkan sampai digebuk pakai kayu sama guru ngaji pun gak bisa berhenti. tepatnya pada saat bunyinya "wasjud waktarib". hal itu karena di desa saya ada orang top yang namanya wasjud dan takrib.

    ReplyDelete
  40. lohhh??? hehehehe... ada-ada aja ya... senengnya punya anak yang pinter kayak Pascal. Semoga tambah lancar ngaji nya ya sayang :)

    ReplyDelete
  41. Ups, jadi inget belom ngecek hapalan anak2 minggu ini...makasih ya sudah diingatkan....

    mbak, maen dong ke rumahku

    ReplyDelete
  42. hm, kok aku susah komen di sini ya mbak...di mana ya salahnya? (gaptek tenan aku)

    ReplyDelete
  43. jempol deh buat pascal.... :)
    eh mba lid tny dong, pascal pertama kali belajar ngaji (iqra) umur brp ya?

    ReplyDelete
  44. siapa dulu dong bundanya Pascal ?
    pastinya Pascal akan lebih cerdas dari Mama nya yg selalu aktif dlm mengikuti tiap detik perkembangan Pascal .
    titip peluk sayang eyang bunda utk Pascal yg pinter,Lidya :)
    salam

    ReplyDelete
  45. hihi, si Pascal lucu dah....
    persis kayak murid TPA saya pas ngaji bagian lafal "walaa tay asuu".
    dia nanya: "kok jorok ya Bu?"
    Emang dalam bahasa jawa "tay asu" artinya (maaf) "kotoran anjing". tapi setelah saya jelasin akhire dia ngerti.

    Btw, sekarang nama TPA (Taman Pendidikan Alquran) uda diganti pake bahasa arab lho mbak. jadinya RTQ (Roudloh Tarbiyatil Qur'an). artinya sih sama.... di tempat Mbak ganti juga gak?

    ReplyDelete
  46. hahaha...
    Pascal sayaaaang! mbacanya ndak gitu kakak! :D

    *ngakak sekaligus takjub terhadap kekritisan anak jaman sekarang

    ReplyDelete
  47. haha...subhanallah, alhamdulillah diberkahi dengan anak-anak yang senang mengaji... :)

    semoga kelak jadi anak sholeh, dan cerdas ya...

    semangat ngajinya! bismillah... ;)

    ReplyDelete
  48. Saya tersenyum membaca postingan ini

    Anak-anak memang selalu mengagetkan tingkahnya ...

    ya lucu
    ya kagum

    mereka menyerap dengan cepat bagai spons

    salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  49. pascal anak pintar.... sampai kata "tay" tersebut pun dia berhati-hati :D

    ReplyDelete
  50. Senang yah ngajarin anak cerdas seperti pascal.. :)

    ReplyDelete
  51. Hihi..Pascal ada2 aja, tapi itu tandanya anak yang pintar :)

    ReplyDelete
  52. Lagi lagi saya harus bilang "Masyaallah" dan "Subhanallah" kak pascal pinter dan kritis...siapa dulu yah mamanya :) mantap nieh mbak lid, semoga kelak bisa ngajarin kinan kayak mbak lid ngajarin kak pascal :)
    lalu dedek Alvin yang pastinya dah pinter yah bun sekarang dah 1 tahun lebih :)

    ReplyDelete
  53. Wah, semoga menjadi anak yang soleh dan tambah pinter...:)

    ReplyDelete
  54. anak anak memang suka gitu ya Mbak,
    lucu aja sih...
    kita memang harus selalu mengingatkan ya

    ReplyDelete
  55. hihihi...pelajaran akhlak diterima pascal dengan baik tuh mbak! salut deh sama pascal, kalo sudah iqra 5, Al Qur'an mah sudah bisa tuh

    ReplyDelete
  56. wah jadi teringat pengalaman saya waktu mengajar di TPA dulu, salam kenal mabk :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...