badge

Wednesday, April 6, 2011

Tentang Nasi

Habis baca psotingan Mama nya Olive tentang Ulen Goreng, jadi ada bahan posting hari ini. hihihi Hatur Nuhun Mama Olive.

Postingannya mengenai Nasi dan sebangsanya. Saya ini orang yang pilih-pilih mengenai makanan yang terbuat dari Nasi atau beras. Bahkan dibilang aneh, saya hanya suka nasi,bubur,ketupat. Tapi itu pun ada kriteria khusus baru bisa masuk keperut.

Memang saya merasakan repot kalau sedang bepergian. Allhamdulillah masih bisa diatasi sampai saat ini. Melihat remah-remah nasi berceceran saja kurang suka, biasanya langsung saya bersihkan takut terinjak , iiiih lengket bisa buat jijik.

Berikut jenis-jenis makanan yang terbuat dari Nasi atau beras yang saya sukai dan tidak sukai beserta alasannya. Hihihi ga penting banget ya. Tapi teman-teman dekat dan keluarga sudah kenal betul dengan hal ini.


Nasi :
Harus dalam keadaan hangat, dingin pun bisa asal ada kuah atau sayurnya.
Nasinya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras, apalagi Nasi kering ga bisa masuk deh.
Tapi anehnya kalau makan Rengginang saya suka sekali

Nasi

Rengginang
Lontong Sayur :
Kalau ini saya suka karena ada kuahnya, kalau lontong nya saja tidak suka. Pokoknya makan lontong sayur harus benar-benar banyak kuahnya juga ditambah lauk atau krupuk. Krupuk atau lauknya habis maka selesai sudah lontong ini tidak dimakan.

Lontong Sayur

Kue Lopis (ketan) :
Ini juga suka asal tidak terlalu jelas bentuk nasinya, gulanya harus banyak pada saat dimakan.Intinya berkuah lagi.

Kue lopis

Leupeut :
Suka asalkan ada tambahan lainnya, seperti peyek atau bakwan

leupeut


Semar mendem & Lemper
Satu jenis tapi beda dibungkusnya saja. Yang satu dibungkus daun, yang satu dibungkus dadar telur. Keduanya tidak saya sukai.
semar mendem
lemper

Bubur Ketan Hitam :
Hmmmm Yummi kalau ini suka banget apalagi dimakan campur bubur kacang hijau
Bubur Ketan Hitam
Bubur Nasi:
Suka asal tidak terlalu encer dan juga tidak terlihat bentuk berasnya. Harus ramai ,maksudnya tambahannya harus banyak seperti ayam,cakue,kacang,krupuk dan lain-lain


Bubur nasi
Bolu Ketan Hitam:
Suka sekali bis habis banyak nih buat ganjel perut

Bolu Ketan Hitam

Ketupat:
Suka juga asal pernak perniknya banyak dan kuahnya banyak

ketupat

Ketan kuning serundeng & Bacang :
Keduanya tidak suka, rasanya aneh


ketan kuning serundeng



bacang

Gemblong & Uli goreng :
Suka asal tidak terlihat bentuk nasinya

gemblong

uli goreng

88 comments:

  1. Malem-malem mampir sini tambah lapeeerr dan kepengen ngemil bubur ayam hangat nih..

    Aku kan jadi tau Mba lidya sukanya apa,nanti kalo mampir ke rumahku,cukup aku siguhin bubur ketan item hehhe..

    Mba kalo aku lihat makanan di atas semua sukaa,sebangsa jajanan pasar i like hihi..tapi sebangsa pizza,burger,hot dog makanan aneh2 dari luar no..no..

    ReplyDelete
  2. Saya juga menyukai (hampir) semua makanan diatas, Mbak... Yang belum pernah saya icip adalah cake ketan hitam. Belum nemu yang jual di kota saya :D

    ReplyDelete
  3. baca postingan ini di kantor. trus liat Lontong Sayur. wahhh jadi pengen banget. apa lagi lontong sayur pake pecel. asik

    ReplyDelete
  4. glek .. kata2 pengantarnya siy..kirain hanya ngebahas jenis2 nasi yg kamu suka..
    ternyata meluas menjadi bubur ketan item .. lontong sayur .. lemper... huhuhuhu... jd mendadak laper. :(

    ReplyDelete
  5. Tega nian Teh dirmyu pagi2 bikin Bu Bunting ngiler berat. Slrruuuppphhh.

    Sok atuh mana2 ajah yang Teteh kaga suka dikirim ke Miri :-)

    ReplyDelete
  6. Ketan srikaya suka nggak mbak? Atau ketan kuah kinca duren, mantap nian..hmm

    ReplyDelete
  7. pagi2 aku belum sarapan tambah laper liat postingannya mbak lia... . jadi pengen... :D tapi kali ini saya sarapan tahu telur saja ... . :D

    ReplyDelete
  8. Ketan kuning serundeng & Bacang

    Setuju kalo rasanya aneh...ga pernah suka juga tu..

    Jadi inget dulu ada teman kantor asli makasar yang suka bawain ketan kuning serundeng itu lengkap dengan lauk ikan peda asin dan sambel.....*ga pernah kemakan...

    ReplyDelete
  9. saya suka semua makanan diatas mbak lidya, kecuali lemper isi ayam, saya paling doyan isi abon

    ReplyDelete
  10. gua suka nasi dan lontong/ketupat. kalo ketan gak suka. bacang kalo nasi suka. bacang kalo ketan gak suka. hehehe.
    soalnya ketan rasanya lengket2... :D

    ReplyDelete
  11. Pagi2 dah lapar nih
    Kalo pagi saya agak susah kalau langsung makan nasi. Tapi kalo berasnya di sulap jadi lontong sayur masih OK dilahap. :)

    ReplyDelete
  12. wah aku suka semuuaaa .. :) ternyata si jeung pemilih juga ya dalam hal makanan ..

    ReplyDelete
  13. Duuh, jd lapeeeer.
    Eh, tos dulu mba Lid, aku jg suka bgt bolu ketan hitam ituuuuh..

    ReplyDelete
  14. langsung sarapan melihat ulasan ini.....(bangun tidur lihat foto2-nya :p )

    ReplyDelete
  15. ndak suka deh mampir sini. bikin siang2 begini jadi laperrrr ;(

    *lirik ricecooker yang sepi krik2*

    ReplyDelete
  16. Mbak kayaknya nasib kita sama deh..
    kalau makan lontong kuahnya harus banyak.
    ga suka makan bubur, kalau terpaksa itupun accesoriesnya harus banyak plus kuah yang nggenang.
    ga suka makan nasi yang lembek banget, suka nasi yang pero jadi ga kering2 amat juga ga lembek banget, ga tega nelannya...

    ReplyDelete
  17. kalo aku suka semua yang ada digambar itu mba, hehe...pokoknya semua bisa masuk perut deh, apalagi kalo lagi laper

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah makan semar mendem..enak kali ya.
    Siang2 gini lihat postingan bunda jadi laper dan pengen makan.

    ReplyDelete
  19. Daaan...dari semua foto itu saya suka semua!!!! hehehe. Mam, waktu awal2 di Jakarta dan ditawarin lontong oleh penjual makanan kecil, saya kira lontongnya ada isinya. Karena saya kenalnya arem-arem (lontong yang ada isi sayuran). Makanya waktu dimakan kaget, lha arem2 kok polos. Ternyata disini biasa dimakan pakai tahu atau bakwan gitu ya?

    ReplyDelete
  20. bu saya doyan semua. saya mau makan semua. sekarang.

    ReplyDelete
  21. aku sukaaa semuanya...wah mbak Lidya trnyata pemilih makanan yachh...agak repot dong kalo namu ke rumah orang heuheuheu......tapi klo soal nasi keinjek trs bikin lengket dan jijik...sama kayak suamiku banget tuch....

    ReplyDelete
  22. Mbak Lidya nih...
    berniat bikin ngiler pembacanya ya?
    hehehhee....

    Mbak, sudeh pernah makan lontong cap gomeh?

    ReplyDelete
  23. abis maem bubur
    eh ketemu nasi...
    nyamm...nyamm...
    wah bisa makin ndut nih hehehe

    ReplyDelete
  24. laperrrrr,,,,,,

    emmm, ngeces liat lontong sayurnya....

    ReplyDelete
  25. aku suka nasi panas/hangat
    apalagi kalo ada sambal belacan plus ikan asin dan rebusan daun ubi atau betik

    ReplyDelete
  26. Bubur ayam paling sukaaaaaa...sebab hampir setiap hari sarapan bubur ayam yang mangakl deket rumah...

    ReplyDelete
  27. Saya suka semua cuma 2 yang paling bawah. Karena saya berusaha meghindari yang gorengan, tapi kalau enak kenapa tidak ?!? sikat !!!

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  28. *ngelap iler*
    ihhh mbak Lid, aku suka bangeeeet sama yang namanya lopis dan ketan, mau bekuah atau tidak
    argkhhhhh besok bangun pagi-pagi ah. ke pasar situ. nyari ketan!
    *mupeng berat*

    ReplyDelete
  29. Eh kalau daku sih masuk semua. Mungkin karena dakunya yg nggragas ya?

    ReplyDelete
  30. pas dan cocok nih buat yang mau sahur kalau besoknya mau puasa :)

    ReplyDelete
  31. aigo aigo, itu smua makanan yang saya suka.hmmm.... :9 . btw salam kenal, kunjungan pertama :D

    ReplyDelete
  32. kyaah... salah mampir pagi begini kesini.. belom sarapan dan jadi lapeeer banget liat fotonya. secara makanannya cocok buat sarapan semua. hahaha..

    hampir semua sudah pernah saya coba kecuali satu : bolu ketan hitam.. lah, bentuknya aja menggiurkan. beli dimana ya lid enaknya???

    ReplyDelete
  33. Waduh, lengkap banget ini mbak...

    aku sampe mikir2 mana nih yang belom pernah aku coba, hahahahah... bolu ketan item itu kaya pernah, cuma lupa, dan pengen lagi... :)

    ReplyDelete
  34. wah...jadi kalo main ke rumahku, aku jgn sediain nasi ya...kok susah gitu pilihan nasinya....

    Lupis aja deh...hahaha

    *eh, kapan yak kita janjian ketemuan?*

    Devi

    ReplyDelete
  35. suka kue lopis, lepet, gemblong, bubur ketan item, lontong sayur, semar mendem....


    *ini mah suka semuanya :D

    ReplyDelete
  36. saya suka semuanya mba, ngilerrr deh jadinya ;)

    ReplyDelete
  37. duh Lid
    begini nih kalo pagi2 ngeliat makanan sedap semua
    terutama itu lupis udah lama pulak awak tak makan :D

    ReplyDelete
  38. Walah Mbak,
    Kok sedap-sedap semua itu?
    Iyaa... klo nasinya dingin tentu enak kalau dikuahin.
    Lalu kalau rengginang, itu favoritku juga... sukaaaa benget.
    Lontong? Hmm... sedap...

    ReplyDelete
  39. jadi lapar nich, jelang jam makan siang, he he jadi tau dech yang disuka ma engga sukanya, kalo dakuw, semua yang dipampangin suka semua..xi xi xi

    ReplyDelete
  40. aku suka semuanya mbak, kecuali gemblong dan uli goreng. bukannya ga suka sih, tapi belum pernah cicip. hehehehe

    ReplyDelete
  41. bolu ketan hitamnya dapetnya dimana mbak??,, bikin yaa,,
    suka banget,, tp kehilangan jejak penjualnya :D
    Semua jenis makanan yang diatas, bisa masuk keperut saya tanpa menimbulkan reaksi apa2 selain rasa kenyang :)

    ReplyDelete
  42. air liurku deras melihat postingan ini :)

    ReplyDelete
  43. Setahun jumialely [dot] com, dengan penuh penghargaan saya ucapkan Terima Kasih karena sahabat sudah pernah Menorehkan jejak cinta di rumah maya saya. I love You

    ReplyDelete
  44. Ah Aman Mbak ...

    Masih Lebih Banyak Sukanya dari pada nggak sukanya ...

    :)

    Salam saya

    (BKIKI Lover)
    (Bubur Kacang Ijo Ketan Item Lover)

    ReplyDelete
  45. setelah baca ini
    baru sadar ya kalo nasi bisa jadi makan yg sangat beragam bangettt :))

    ReplyDelete
  46. ngiler bacanya. kalo bener2 ada di depan, bakal abis tuh nasi dan segalanya, he

    ReplyDelete
  47. Bacang....favorit saya nomor satu, kemudian lemper, lontong isi, bubur ayam....terus....lho koq banyak banget favorit yah? :-)

    ReplyDelete
  48. waduh kok jadi makin lapar ya,, enaknyaa..

    ReplyDelete
  49. wehhhh pagi2 main ke blog mba lid malah liat beginian. aku jadi laparrrrrr... semuanya aku suka mbak hihihi... *rakus*

    ReplyDelete
  50. wah lihat gambar2 itu jadi lapar nih

    ReplyDelete
  51. wah Mbak Lidya ini ketularan Mbak Nchie ya... ehm siap-siap deh kalau berkunjung kesini pasti pulang laper hehehe

    ReplyDelete
  52. Ada leupeut juga, to? Kalo di Jawa, ga ribet, mbak. cukup Lepet. Hehe ...
    Kata ortu dari kata "lepat" atau salah. Jadi hidangan lebaran atau syukuran sebagai pertanda meminta maaf.

    ReplyDelete
  53. sayang neeh makanan khas dari daerah klaten ndak ada hehehe namanya gudangan letok kuahnya terbuat dari tempe bosok alias busuk tpi rasanya nikmat dan dijamin maknyuss

    ReplyDelete
  54. Waahhh,,, klo aku yang diatas itu suka semua mbak, apalagi lemper,, waahhh enak banget dah (yang dibakar lebih sedap)..

    klo urusan nasi kita beda deh mbak lid,, klo aku suka yang rada kerasan dan paling suka gak pake kuah,, kurang suka makanan yang becek soalnya :D

    ReplyDelete
  55. wah saya jadi laper nih mbak he he
    semar mendem itu saya juga suka ,
    kok susah nyari yang jual di sekitar tempat saya
    met liburan :)

    ReplyDelete
  56. Kalo nasi pake telur ceplok doyan gag Mbak ?

    ReplyDelete
  57. jadi inget lebaran.... makanannya ketupat ... hahahaha

    ReplyDelete
  58. Malem bunda... :)
    aku suka semua kecuali bacang..
    tapi kalau nasi buat makan..
    dirumah mama masaknya beras perak,,,,
    aku gak suka bras lain selain beras perak...

    ReplyDelete
  59. saya tidak terlalu suka nasi putih, kecuali klo digoreng/nasgor, dibikin ketupat dan lontong baru doyan hehe

    ReplyDelete
  60. bewe malming...
    perut lapar...
    mba wina dah tidur...

    eeeeh ketemu nasi disini
    ya kuembat aja
    hahahahahaha

    ReplyDelete
  61. bikin ngiler aja nih mba :-)

    salam hangat, bangauputih ^_^

    ReplyDelete
  62. Klo saya semuanya di embat Mba. Apala kayak digambar semuanya bikin ngiler..... :p

    ReplyDelete
  63. waaahhh....lihat tipat sayur sama ketan hitam ituuu bener2 bikin ngiler deh....itu makanan favorite sayaaa

    ReplyDelete
  64. Hmmmmmmmmmmm...mbak lidya..semua gambarnya yummy..yumilah yumiwati..walah mbak,semua aku suka *pemakan segala.com* hehehe...
    sorry yah mbak lidya telat telat mampirnya, nunggu online dirumah soalnya..dikantor entah kenapa blog mbak lidya nggak bisa dibuka hiks hiks...
    ok, mau cek yang soal arisan di posting sebelumnya nieh

    ReplyDelete
  65. ah~ nasi..
    sebagai orang indonesia belum puas kalo belum bertemu nasi.

    mau lontong sayurnya...

    ReplyDelete
  66. wong indonesia emg ga bisa lepas dari nasi yow hahahahahaha.......


    salam persahabatan selalu dr MENONE

    ReplyDelete
  67. Aku juga suka nasi yg hangat.. Rengginang aku juga suka banget mbak.. Enak banget sih. Gurih.

    #mumpung libur diklat, jadi bisa mampir nih.

    ReplyDelete
  68. Tante... shasa jadi laper nih... pengen makan lontong pakai sate... hehehe

    ReplyDelete
  69. Eyang tuh pinter banget bikin lemper yang enak.... Jadi pengen deh.

    ReplyDelete
  70. semua jenis makanan dari nasi tersebut aku suka... seeeeemuanyaaaa...

    ReplyDelete
  71. wah mbak, saya suka semua deh yang tertera di atas hehe..

    ReplyDelete
  72. Makanan diatas itu kesukaan saya semua, dari dulu sampai sekarang..

    ReplyDelete
  73. Mbak, bolu ketan hitamnya menggoda banget...duh, pagi2 gini bikin lapar aja bacanya :D

    ReplyDelete
  74. Salam kenal...
    thank infonya...jd bnyk yg kuketahui...

    ReplyDelete
  75. wah, bikin ngiler lid. saya suka semua jenis nasi dan turunannya. apalagi lupis... lontong sayur...

    ReplyDelete
  76. Kalo orang Indonesia asli, belum makan nasi gak akan kenyang. :D

    ReplyDelete
  77. semuanya sukaaaa asal jangan nasi uduk apalagi kalo nasinya perrak :(

    ReplyDelete
  78. suka semuaaa yang berbahan dasar ketan dan nasi asala jangan nasi uduk apalagi kalo nasinya perrak..:(

    ReplyDelete
  79. wah ... saya gg makan nasi, tapi kalau rangginang suka ^^

    ReplyDelete
  80. Indonesia memiliki beragam budaya dan kuliner yang sangat menarik, saya sangat tertarik dengan artikel seputar indonesia.Saya juga memiliki artikel Seputar Indonesia yang anda bisa kunjungi di Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  81. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Tentang Nasi.
    ternyata nasi bisa di bentuk menjadi bermacam-macam cemilan. artikel anda bagus bisa jadi referensi untuk mengubah nasi menjadi cemilan yang enak.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  82. Mau cari Dus Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
    Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...