badge

Wednesday, May 18, 2011

Pengurangan

Pascal belajar penambahan dan pengurangan aku ajarkan sendiri aja. Awalnya hanya penjumlahan yang hasilnya tidak lebih dari 10. Seiring waktu berjalan sambil memikirkan bagaimana caranya aku mengajarkan penjumlahan yang hasilnya lebih banyak. 

Allhamdulillah Pascal sudah mahir dengan penjumlahan sampai ratusan. Nah pelajaran berlanjut kepengurangan, beberapa kali diajarkan masih belum mengerti. Sambil main-main aja akhirnya mengerti. Itu juga hanya sebatas pengurangan sampai 10, lebih dari itu belum. 

Aku masih bingung bagaimana cara mengajarkannya untuk pengurangan yang angkanya lebih dari 10 yang bisa dimengerti oleh Pascal.
Tadi pulang sekolah sewaktu ganti pakaian aku iseng memberikan pertanyaan penjumlahan 1 kali lalu disambung dengan pengurangan 12-2 . Tanpa diduga kok Pascal bisa ya. Akhirnya aku coba lagi 15-1, 70-3. Semua bisa dijawab dengan benar. Amazing aja mamanya masih bingung cara mengajarkannya bagaimana ,Pascal sudah bisa.

Pertanyaannya samapi sekarang, bagaimana Pascal cara menghitung penjumlahan itu bagaimana, aku masih belum mengerti. Waktu ditanya cuma dijawab ya dihitung aja sambil melihat angka-angka yang ada di Jam Dinding. Yang aku tahu disekolah belum diajarkan sampai sejauh ini.

48 comments:

  1. seneng banget bisa ngajarin anak , hiks aku kapan ya bisa ngajarin Farras .. suka sibuk sendiri mak nya nih :((

    ReplyDelete
  2. Salam Takzim
    Coba pakai pengurangan yang lebih sulit misal 63-29, 24-18 *iseng
    Salam takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  3. hebat pascal,
    matematika bisa jadi sahabatnya nih.

    ReplyDelete
  4. wah hal yang sama juga sya alami pas ngajarin pinakan tentang pengurangan, lebih susah mbak, dianggapnua penambahan terus. lalu saya pakai saja alat peraga.. entah itu crayon atau lidi atau apa saja yang bisa dijadikan peraga..

    ReplyDelete
  5. wah,jadi banyangin ajarin anak2 hitungan,pasti gue gak bisa,haha..

    ReplyDelete
  6. mungkin naluri, coba di tes dgn soal yang lebih sulit seperti yg diminta batavusqu

    ReplyDelete
  7. hebatnya pascal, emang pinter nih mba si pascal...
    kayanya jago itung2an yah ntarnya,,

    ReplyDelete
  8. sepertinya kita harus selalu up date pengetahuan kita ya Lidya
    anak2 sekarang ternyata jauh melampui kepintarannya, dibanding zaman kita masih SD dulu.
    kalau sekarang, anak dan ortu hrs dua2nya belajar bersama, agar ortu gak bingung lagi ketika anak2 bertanya .
    Pascal luar biasa ya pinternya ....... :)
    salam

    ReplyDelete
  9. wuoooo,, kapan ya aku bisa ngajarin anakku..
    #punyaistriajabelum (lagi lagi)

    ReplyDelete
  10. Iya bener ngajarin pengurangan emang suka susah, saya sering ngajarin sepupu, hadeuh susah ngejelasin konsepnya.

    ReplyDelete
  11. Wah hebat Pascal... he's a fast learner!

    ReplyDelete
  12. wah wah,,, aku masih single,,, ingin juga merasakan repotnya membimbing si kecil... hehehehhee

    ReplyDelete
  13. Semangat ya Pascal..biar makin pintar belajar berhitungnya

    ReplyDelete
  14. hhheeeebbbbaattt...

    hayuuukkk, pascal abis ini pasti mahir ma bahasa pascal, hukum pascal, undang-undang pascal.. **loooo??**

    heeehee, teteh juga hebat deh ^^

    ReplyDelete
  15. waahh,, pascalnya pinter banget ya mbak.. sekecil itu udah bisa pengurangan.. coz yang paling sulit dari MTK kan pengurangan dan pembagian.. entah mengapa klo penambahan dan perkalian lebih gampang dari itu..

    sukses selalu buat pascal :D

    ReplyDelete
  16. sebenernya konsep pengurangan kan kebalikan dari penjumlahan.. kalo penjumlahan udah lancar, tinggal dibalik aja kan?. kalo nggak bisa, emang sering latihan itung mundur juga bisa jadi alternatif

    ReplyDelete
  17. Banyak orang pintar, tapi tidak semuanya bisa membuat orang lain pintar, itulah salah satu kelebihan Guru, mereka pintar dan mereka bisa membuat muridnya pintar.

    Saya juga terkadang ( sering malah ) ketika Sabila ada PR matematika, saya bisa mengerjakan tapi tidak bisa ( bingung ) memberikan penjelasan sampai Sabila mengerti dan paham.

    Salam untuk Pascal, juga Calvi nya, mbak.

    ReplyDelete
  18. wah...jangan-jangan ilmu tiban...hehe

    ReplyDelete
  19. emg sulit ya ngajarin anak kecil hehehehehhe........ yoooowwww semangaaattttt


    salam persahabatn selalu dr MENONE

    ReplyDelete
  20. mbak, bagus sekali pascal bisa cepat belajar pengurangan pinter deh...

    ReplyDelete
  21. Ternyata Pascal pinter juga ya? Bisa menjawab soal2 dengan benar. 100 buat Pascal.

    ReplyDelete
  22. woooow...
    suatu kemajuan yg pesat
    mungkin dia belum bisa njelasin dari mana asal itungannya itu.
    nyante aja dulu

    ReplyDelete
  23. itu saatnya ibu yang menjawab.. :)

    ReplyDelete
  24. kalo nggak pinter...bukan Pascal namanyaaaa, ya ??

    ReplyDelete
  25. Kolom commentnya susah sekali keluar... fiuh.. refresh 5 kali baru keluar...

    SElamat belajar ya Pascal!

    ReplyDelete
  26. hebay uy, udah bisa hitungan sampe jauh .. kumaha tips-na ?

    ReplyDelete
  27. yeee...
    Pascal pintaaar... :D

    tunggu nanti pas SMA, Pascal bakal menghadapi hitung2an hukum Pascal di pelajaran Fisika... ;)

    ReplyDelete
  28. Wah kak pascal hebat...:) harus banyak belajar sama mbak lidya nieh tentang bagaimana mengajarkan anak sambil bermain...Uti-nya kinan dah bilang aku harus mulai memikirkan untuk re-sign dari kerjaan biar fokus sama kinan..biar lebih maksimal mengajarkannya...Ya Allah jadi bingung juga nieh mbak..doain yah mbak aku bisa melewati ini..bisa mengajarkan bisa jadi pinter seperti kak pascal :)

    ReplyDelete
  29. kalau aku paling NGGAk jago matematika mba :(
    kadang ngitung 15 + 3 aja pake kalkulator :D (lebay)
    makanya klo ada yg jago ngitung, aku salut bgt!

    ReplyDelete
  30. Wah, luar biasa sekali, Mbak. Apa nggak diikutkan sempoa aja, Mbak?

    ReplyDelete
  31. besar kemungkinan pascal cenderung otak kiri...karena logikanya mudah dicerna dari namanya aja udh matematika banget Pascal geto loh

    ReplyDelete
  32. emang Pascal belum diajarkan berhitung di sekolah yach Mbak.....kalo ina udah loch...tapi baru penjumlahan...dan ina udah bisa (tapi baru sampai 10 aja yachhh, sesuai jari tangannya hehhe....). kalau pengurangan belum diajarin....

    Tapi kelihatannya Pascal anak yg cerdas Mbak....nanti dimasukin aja ke kursus jarimatika.....pasti tambah pintar pascalnya......

    ReplyDelete
  33. cerdas arti nya tuh. kalo aku waktu kecil. belajar hitung dengan uang. jadi emang mata duitan kalik ya

    ReplyDelete
  34. aku juga bingung mbak, caranya mengajarkan pengurangan gitu....
    cara menghitungnya yang bener gimana, masih belom nemu nih

    ReplyDelete
  35. huhhh! anak sekarang emang canggih-canggih Mbak!

    ReplyDelete
  36. Waahh kak pascal hebatt... seneng nya ya mbak punya anak yang juga doyan belajar, mamanya juga rajiiinnnn ngajarinnya....

    ReplyDelete
  37. AA Pascal emang hebat. Mamanya juga sabar mengajari. Nanti bagi2 tipsnya ya mam :-)

    ReplyDelete
  38. wah Pascal heubat skali.......udah bisa , nti SD langsung Number 1 nich

    ReplyDelete
  39. Waks...Pascal hebat banget. Ampe sekarang aku masih bingung tuh mo ngajarin Malena kalo lebih dari 10. Wa....anak pinter ni...

    ReplyDelete
  40. Aku sendiri belum bisa mengajari Vaya dengan sukses, mungkin karena sudah terlalu capek ngantor. Tapi memang gak bisa cuma mengandalkan sekolah saja...

    ReplyDelete
  41. benar benar jiwa seorang ibu yg mulia, ditunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  42. pascal keren ih.... :)
    ntar ajarin kyara juga ya...
    duh mbak smoga aku nanti sabar ya ngajarin anak. kalo nanti butuh tips mau colek mbak lid ah hehe...

    ReplyDelete
  43. subhanalloh, pascal emg jago, dan mamanya hebat......

    ReplyDelete
  44. kadang-kadang cara menjelaskan di sekolah terlalu njelimet dan teoritis padahal kalo diajarkan dengan cara melihat lingkungan dan kegiatan sehari2 anak nyatanya bisa. hebat ya Pascal...siapa dulu mamanya

    ReplyDelete
  45. inget waktu kakakku ngajarin anaknya. kakak saya ngajarin pake andaian mbak. jadi misalnya ada 4 apel trus apelnya di makan 2 jadi apelnya tinggal berapa. gitu. hehehehh

    ReplyDelete
  46. Pintarnya Aa Pascal. teteh dulu ngajarin matematika dari umur berapa?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...