badge

Tuesday, May 31, 2011

Review Madu

Postingan ini dischedule karena aku beberapa hari kedepan mau kerumah ortu, BW dari HP aja maaf  kalau ada beberapa blog yang tidak bisa saya komen.
parahnya charger ketinggalan dirumah: (
Beberapa waktu yang lalu aku sempat posting mengenai Madu Paris, baru ngeh nih kok gambarnya hilang ya. Berhubung lupa naruh file madunya ya sudahlah nanti saja upload fotonya.

Ternyata madu dari paris rasanya sama saja kok dengan madu asli Indonesia. Walaupun warnanya bening dan agak cair rasanya sama-sama manis, enak.Oops ini karena aku suka aja sama madu mungkin ya.

Mau sedikit berbagi cerita tentang cara mengetahui kalau madu itu asli atau tidak. Aku juga lupa awalnya dari mana tapi info ini aku dapat dari bapakku dulu. Oh ya aku rutin minum madu dari SD loh.
Cara yang aku ketahui untuk menguji madu asli atau tidak sebagai berikut :
  • Ambil 2 buah pentul korek api kayu
  • Oleskan 1 pentul korek api dengan madu
  • Pentul korek api satunya nyalakan apinya
  • Sulut apinya ke pentul korek api yang telah diolesi madu tadi
  • Anda akan lihat pentul korek api yang diolesi madu akan terbakar juga
Nah info yang aku dapat jika pentul korek api yang diolesi madu akan terbakar itu tandanya madunya asli karena tidak ada campuran airnya. Otomtis kalau ada campuran air korek apinya tidak mungkin akan menyala bukan.

Madu Paris yang aku dapat juga sudah aku coba loh, ternyata menyala juga. Kalau penasaran silahkan coba semoga bermanfaat.

46 comments:

  1. aku kok klo bw dr hp lemotnya ga nahanin.. :(
    *ketauan hp-nya dr jaman purbakal)

    ReplyDelete
  2. wah ternyata rasanya sama aja ya :D

    ReplyDelete
  3. benar juga kalau ada airnya koreknya ga akan nyala

    ReplyDelete
  4. wah baru tau cara menguji keaslian madu kayak begitu :)

    ReplyDelete
  5. aku pernah denger juga sih mba' tapi berhubung jarang membeli dan mengonsuminya, jadi ngga pernah ngetes ... he he

    ReplyDelete
  6. o ya rasanya sama dengan madu Indonesia ?? hmm...jadi penasaran deh hehehe

    ReplyDelete
  7. akhirnya ada cara paling praktis ngetes madu
    makasih infonya....
    salam kenal mbak Lidya

    ReplyDelete
  8. nah, susahnya kalo botol madunya disegel gak bisa ngetes dulu....

    ReplyDelete
  9. wah, saya ga doyan madu (aneh yaa :D)
    suami jg gampang eneg kalo tiap hari minum madu. Ada saran ga biar doyan dan bisa rutin??

    ReplyDelete
  10. Ini pengetahuan praktis yang sangat sederhana ...
    Terima kasih tipsnya Mbak

    Salam saya

    ReplyDelete
  11. Saya pertama kali lihat cara ini dari orang yang menjual madu keliling. Pas pertama kali tau, cukup takjub juga...

    ReplyDelete
  12. nice inpooo tehh, pernah denger juga tips seperti yang teteh tulis..

    btw, met berlibur yaa teh...

    ^^

    ReplyDelete
  13. wahh aku baru tuh cara tau madu asli ato ngak nya. ooo gitu yah. cobain lah. makasi ya. eh pentul nya di kasi madu entar gesek pentul nya gimana. bisa tuh basah basah?

    ReplyDelete
  14. gitu toh caranya

    yg slama ini kutau sih masukin kulkas, kalo ampe beku brrti ada campuran selain madunya :D

    ReplyDelete
  15. Ah, baru tau ada madu Paris segala Lidya...saya hanya minum madu kalo lagi sakit, itu juga biasanya madu perhutani aja yang bening-bening gitu... ;)

    Tengkyu ilmunya ya!

    ReplyDelete
  16. Nama negaranya aja yg beda bun paris dan indo. Jika penghasilannya sama maka rasa madu pasti semua sama.
    Ternyata ada ya madu paris

    ReplyDelete
  17. Aku gak suka madu lid..tapi ada madu dirmh utk anak2...tks info menguji madunya ya..happy long weekend ya

    ReplyDelete
  18. nice share. jaman sekarang susah nyari madu asli. thanks infonya

    ReplyDelete
  19. Terimakasih infonya jadi tahu cara membedakan madu asli dan tidak

    ReplyDelete
  20. saleum,
    bedanya cuma diharga kali yak... :)
    diparis tentu mahal dibandingkan di indonesia
    saleum dmilano

    ReplyDelete
  21. Wah.... terima kasih mbak tipsnya....

    ReplyDelete
  22. Ooo, gitu to cara ngetes madu asli? Baru tau, Jeng makasiy yaa...

    Dulu aku juga pakai madu untuk maskeran. Cukup panaskan 1 sdm madu di atas lilin. Setelah hangat oleskan merata di wajah. Kira2 15 menit basuh wajah. Enak deh, jadi halus :D

    Untuk mengolesi bibir agak tetap lembut dan segar juga bisa lhoo...

    Hehehehe.....kumat sok taunya :oops:

    ReplyDelete
  23. selamat ketemu orang tua bu. madunya jangan lupa diminum

    ReplyDelete
  24. Katanya kalo madu itu asli, semut juga nggak doyan ya, Sist? Bener gak siy?

    ReplyDelete
  25. Tos sama bunda hilsya..ketahuan hp hp kita nggak se update punya mbak lidya yang emang pecinta gadget..:) android yah mbak lid :) mantap atau sedang melirik iphone...:)
    thanks for sharing..untuk nge tes madu mau dicoba ah..:)

    ReplyDelete
  26. @MamaKinan: heheheh, kalo soal gadget kita mah kalah jauh sama Mbak Lidya yaaa...
    kalo iPhone, aku juga mau tuh Mbak

    ReplyDelete
  27. Wah, thanks reviewnya mam. Tips nya juga ok :-)

    ReplyDelete
  28. Baru tau, Mbak. Cara ini sepertinya ampuh untuk mendeteksi keaslian madu :D

    ReplyDelete
  29. madu iondonesia pasti gak kalah khasiatnya..
    apa lagi di sini banyak beranekaragam jenisnya..

    ReplyDelete
  30. Baru tahu ada madu paris, dan baru tahu juga cara menguji keaslian madu, selama ini asal minum saja, nggak mikirin asli atau tidaknya :D

    ReplyDelete
  31. Klo Perbedaan Madu asli ama palsu itu apa yah ? Maksude Khasiat yang berbeda itu apa ?

    ReplyDelete
  32. aku juga pernah diajarin ngetest madu..dengan cara memasukkan telor mentah kedalam madu kalo madunya mateng (kayak digoreng) itu artinya madu asli tapi kalo gak ada reaksi berarti palsu

    ReplyDelete
  33. bila ada madu yang rasanya lain di belahan dunia ini, mungkin setiap lebah akan berbicara kepada malaikat, "kenapa punya dia lebih istimewa ?"

    canda.com

    Sukses selalu

    Salam

    Ejawantha's Blog

    ReplyDelete
  34. pernah nyoba madu asli sumbawa mbak? terkenal loh.. hehe..

    satu cara lagi mengetes madu asli atau tidak yang biasanya dipake orang2 di daerahku yaitu memasukkannya di dalam kulkas, kalau beku berarti palsu, tapi kalau tetep cair berarti asli.. :D

    ReplyDelete
  35. Salam kenal bu, madu sangat bagus untuk kesehatan dan menjaga stamina. dan darimana asal nya madu itu tetap madu..dan rasanya juga sama

    ReplyDelete
  36. Wah.. Minum madu tiap hari.. Kebiasaan yg hrs dicontoh nih.. Jarang sakit, insya Allah yah Mba..

    Makasih tipsnya Mba Lidya..

    ReplyDelete
  37. Trims mbak atas info pengujian madunya. Selama ini saya memang agak kesulitan membedakan mana madu asli dan yang palsu. Padahal sudah banyak juga orang yang ngasih saya madu2 tsb, tapi jarang saya konsumsi karena meragukan keasliannya

    ReplyDelete
  38. baru tau mba, ada madu paris...
    wah mantap nih tipsnya..

    ReplyDelete
  39. Salam Takzim
    Saya tertarik dengan komentar kang Indra, kalau asli ga perlu ke paris lah untuk mendapatkan madu, tergantung pengolahnya apa kah dia jujur atau tidak dalam bekerja. Mana ada madu palsu keluar daru perut lebah mbak, maap
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  40. madu dari paris,,, sounds romantic :)))hehhee... syukurlah klo madunya asli mbak :))

    ReplyDelete
  41. baru ngeh saya dengan tes madu asli dengan korek ini,sederhanan ya, biasanya cuma tau asli bisa terbakar, tapi dalam pikiran ribet ngetesnya.

    ReplyDelete
  42. mbak lidya...akhirnya saya bisa ngetes madu yg saya minum...apa asli atau palsu...ma kasih infonya

    ReplyDelete
  43. nyoba ah....
    hehe...

    *
    mau dari paris, mau dari jawa, madu ya manis mbak, hehe...
    madu memang banyak macamnya seperti yang ada dalal alquran..
    salam

    ReplyDelete
  44. kalo penjual madu yg saya lihat rada ekstrim. jadi koreknya dicemplungin ke botol madunya, dibiarin sekitar satu dua jam. soalnya katanya kalo madu palsu diolesin, koreknya juga tetep bisa nyala, soalnya belum meresap banget.

    masalahnya, bisa aja kan yg asli itu yg madunya dicemplungin, tapi botol yg dijual palsu semua ..

    btw, ternyata di paris ada madu juga y. kirain cuma produksi champagne, khukhukhu .. :D

    ReplyDelete
  45. Wah kirain madu paris bakal beda sama madu2 di Indonesia. ternyata malah lebih menarik madu pahit pelawan dech kayaknya :D)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...