badge

Tuesday, June 14, 2011

Tentang Kalium

Jum'at kemarin sewaktu menunggu Pascal ngaji,salah satu ibu temannya Pascal tiba-tiba sakit. Dia memegangi bawah ketiak, dibawah dada, gak terlalu jelas sih mana yang dipegang. Dari yang masih kuat menahan sampai nangis berakhir dengan kejang-kejang dan pingsan.
Kita mengantarnya kerumah, setelah menelpon suaminya akhirnya oleh tetangganyanya dibawa kerumah sakit Mitra Keluarga Bekasi Timur.
Aku baru dapat kabar bahwa dia kekurangan kalium. Langsung deh cari tau tentang kalium ini.

Kalium atau yang sering disebut dengan Potassium, dalam unsur Kima memiliki lambang K. Potasium dapat ditemukan dihampir seluruh tubuh yang berbentuk elektrolit dan banyak terdapat pada saluran pencernaan. Sebagian besar ada di dalam sel. Kalium penting bagi sistem saraf dan kontraksi otot, juga merupakan pengendali detak jantung,fungsi otak dan proses fisiologi penting lainnya. Kalium merupakan salah satu mineral yang penting dalam tubuh

Kalium bekerjasama dengan Sodiun atau Natrium (Na) untuk mengatur keseimbangan muatan elektrolit cairan tubuh. Keseimbangan harus dijaga untuk menyesuaikan jumlah asupan kalium dari makanan dan jumlah kalium yang dibuang.

Kalium dalam makanan sehari-hari bisa ditemukan pada pisang, jeruk, kentang, alpukat, bayam, tomat, daging, susu, dan kacang-kacangan.
kekurangan potasium beresiko terkena hipertensi yang merupakan faktor pemicu penyakit jantung dan stroke.

Kebetulan kita dirumah suka sekali buah pisang. Pisang itu menu buah wajib yang kita makan, selain buah lain yang berganti-ganti. Kenapa dipilih pisang, pisang memiliki kadar karbohidrat yang banyak juga ternyata. Bisa buat ganjal perut kalau belum sempat makan buat aku dan Pascal yang agak susah makan.

Kalau buat Alvin, biasanya dijadikan cemilan sewaktu nunggu Pascal ngaji. Tapi ada salah seorang ibu yang bilang makan pisang terus gak ganti-ganti. Aku cuma bisa senyum aja, dia kan cuma lihat diluar tidak pernah melihat makanan kita yang lain, sebaiknya ga bicara begitu kalau menurut aku hihihi emak-emak lagi sensi nih aku.

Aku memang memilih cemilan anak buah atau sayur saja dibanding cemilan lain. Tapi bukannya anti loh dengan makanan lain. Kadang-kadang makan juga kue-kue kok.
Balik lagi ke Pisang yang sangat kita sukai ternyata banyak manfaatnya loh.

50 comments:

  1. wah jadi pengen maem pisang deh mbak^^

    ReplyDelete
  2. uwaaaa gambar pisangnya menggairahkan....
    coba kalo beneran udah saya embat tuh pisang. hehehehhe

    kalau saya sih suka pisang yang kecil mbak, kalo disini namanya pisang banten

    ReplyDelete
  3. eh, baru tau kalo kekurangan kalium bisa bahaya kayak gitu.. hmm, jangan2 saya juga pernah ngalamin tapi nggak nyadar yah kalo itu kurang kalium.

    banyakin makan pisang sama susu aah..

    ReplyDelete
  4. udah berkhasiat, murah pula ya mba :D
    semakin cinta produk indonesia dunk :D

    ReplyDelete
  5. ya pisang memang makanan yang murah meriah kok...banyak manfaat dapat diambil dari pohonnya.....pokoke ga ada kata bosan untukmu..wahaiiii pisang..oh ^_^

    ReplyDelete
  6. pisang memang bisa dijadikan teman segala....maksudnya...dari keseluruhan manfaat pohon..mulai dari batang, daun, umbi dan akhir buahnya.....enak, dan cukup sehat.

    ReplyDelete
  7. Saya juga sukaa banget pisang mbak :-D mpe temen saya apal kalo lihat pisang pasti ingetnya saya hehe

    ReplyDelete
  8. Aduh, pisang dan pepaya itu buah wajib di rumah saya. Ehm, ternyata manfaatnya banyak ya!

    Thanks informasinya, ngomong-ngomong foto cavendish-nya menggoda banget lo...hehe

    ReplyDelete
  9. Sayang sekarang di kampung saya sudah jarang yang nanam pisang..

    ReplyDelete
  10. waah untung saya suka semua makanan yang disebut diatas *emang doyan makan sih hhehhe*

    saya kira mau ngomongin tentang racun *eh ada kan racun potassium sianida, ada bener tapi kalau gg salah juga hhehhe*

    ReplyDelete
  11. banyak makan pisang gpp, asal jangan kayak monyet ya...
    heheheheeh
    (^_^)

    ReplyDelete
  12. pernah juga ada seorang saudar yang dirawat gara2 kurang kalium ini, obatnya ya banyak2 makan pisang,
    nice post mbak Lidya

    ReplyDelete
  13. aku baru tahu bahaya kekurangan kalium, mbak. thanks for sharing yaaa...

    ReplyDelete
  14. Saya suka pisang kalo digoreng

    ReplyDelete
  15. Sama dengan komentar diatas, saya doyan makan pisang jika digoreng dan dikasih tepung dan keknya sekarang mesti lebih banyak makan pisang setelah membaca artikel ini.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  16. apa kabar mbk?

    Untuk Berpariwisata Online Silahkan klik Di Sini
    Untuk Menyaksikan Pohon Aneh Silahkan Klik Di Sini
    Contoh Penulis Tolol Silahkan Klik Di Sini
    Jangan Klik Di Sini
    Apakah anda akan klik Di Sini

    ReplyDelete
  17. iya kalo kurang kalium (potassium) emang serem. bisa tiba2 emang tanpa ada gejala2nya.
    keamren ini salah satu temen, mamanya juga tiba2 meninggal. ternyata kata dokter karena kekurangan potassium...

    ReplyDelete
  18. Pisang memang tinggi banget kandungan kaliumnya, Mbak :)
    Tapi saya sih keseringan makan pisang yang sudah diolah jadi camilan :D

    ReplyDelete
  19. Baru tahu efeknya. Ngeri juga.
    Ah, untung pisang adalah camilan favorit d rumah Susindra. Jadi agak tenang sedikit.

    ReplyDelete
  20. weits..aku juga suka sakit di bawah ketiak tuh..

    ReplyDelete
  21. Aku suka pisang juga, selain kaya kalium katanya kalo kita makan pisang pas Mens bisa mengurangi PMS, kalo anak-anakku sukanya pisang dijadikan kue.

    ReplyDelete
  22. Untunglah Orin jg suka banget pisang seperti keluarga mba Lid, InsyaALLAH ga kekurangan Kalium (Potasium) ya.

    Eh, sekarang udh ga sensi lg kan mba Lid? hihihi

    ReplyDelete
  23. Ternyata ngeri juga ya bu akibat yang dirimbulkan apabila seseorang kekurangan kalium. Oleh karenanya saya akan berusaha untuk menjadikan tempe sebagai asupan yang bisa menambah kalium saya. Trims infonya

    ReplyDelete
  24. Eh salah. Maksudnya pisang bukan tempe :)

    ReplyDelete
  25. aku jarang makan pisang, suka sih tp jarang mknnya....tapi hampir tiap pagi minum jus tomat, bisa sebagai pengganti kan ?

    ReplyDelete
  26. Dija suka pisang juga tuh Mbak
    cumaaa... gak pernah habis, selalu aja tinggal separo atau tinggal seperempat

    ReplyDelete
  27. aku suka pisang Tante!!!
    aku suka pisang


    dan jeruk

    dan semangka

    dan anggur

    dan apel

    dan tomat

    dan macem macem

    heheheeee

    ReplyDelete
  28. Pisang itu favorit si Vaya.
    Tapi aku sendiri tak suka pisang, kecuali diolah jadi pisgor or piscok...

    ReplyDelete
  29. aku juga suka buah pisang mba, hehe
    itu yang difotonya kayanya pisangnya enak banget ih. segeeeeeeerrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  30. Kurang menyukai Pisang............... Apalagi Pisang Goreng... Utk mendapatkan Asupan Kalium ya boleh dengan mengkonsumsi buah yang lain aja deh, seperti Alpukat, dsbgainya.. kan gak harus pisang ya gak? hehhehehe

    ReplyDelete
  31. Dini paling suka pisnag bun...kalau sudah lagi gilanya pisang satu sisir bisa habis sama dia.

    Hmmm membahayakan sekali bila kita kurang kalium ya bun, sepertinya saya harus kayak dini banyak konsumsi pisang.

    ReplyDelete
  32. saya sangat suka pisang dan jeruk bu. sip lah

    ReplyDelete
  33. Aku harus banyak makan makanan yg mengandung Kalium tinggi dan mengurangi Natrium. Maklum, hipertensi .. :D

    Disini pisang gampang dicari, hampir semua orang disini punya pohon pisang.

    ReplyDelete
  34. TFS mam. Pisang mah buah yang merakyat ya mam, mudah dicari dan relatif murah, jdnya jgn sampai kita kekurangan Kalium :-)

    ReplyDelete
  35. Aku juga suka banget sama pisang mba, kadang aku mikir, buah apa yah yg bisa bikin aku seneng bgt :D
    jawabannya adalah pisang..hehe

    ReplyDelete
  36. Aku suka makan pisang Mbak, apalagi pas dirumah ga ada makanan, jadinya pisang yang saya makan buat ganjel perut..

    ReplyDelete
  37. Kadang mmg ada orang yg komentarnya suka pedes ya mbak...hihihi...

    Kalo saya justru gak kuat sama pisang, mbak, makan pisang 1 buah aja bisa bikin asam lambung naik. Dan anehnya, saya hanya sensitif sama pisang ini aja, kalo makan yang asem banget seperti mangga muda malah gak ngaruh apa2 ke maag. Aneh ya...hehehe...

    ReplyDelete
  38. Pisang buah yg serba guna yachh...bisa dimakan begitu aja, di goreng, dibakar, dibikin kolak, dicampur es krim, wahhh pokoknya diapain aja enak dechh.....aku juga suka pisang...terutama pisang yg kecil-kecil (pisang emas) atau pisang yg paling gede (pisang tanduk)kalo dibikin pisang gencet atau dibikin kolak enak banget tuchh

    ReplyDelete
  39. oooh begitu yah efeknya kekurangan kalium. Alhamdulillah orang rumah ga pernah lepas konsumsi pisang dan tomat setiap hari.

    ReplyDelete
  40. Yup, pisang emang banyak manfaatnya deh. Zahia juga tiap hari ga ketinggalan makan pisang. Demen banget dia, bisa abis 5-6 biji untuk pisang otel ukuran sedang :-)

    ReplyDelete
  41. Mbak lid, thanks for sharing..tuh kan ternyata banyak manfaatnya, sama mbak Tos, buah yang harus ada dirumahku adalah pisang, dari hamil kinan harus selalu ada pisang karena aku baca internet dan juga dapat email forward-an dulu dari suami tentang manfaat buah pisang,kinan waktu dulu kenal MPASI pisang yang paling disukainya..sekrang sayangnya kinan dah nggak terlalu maniak...pilih pilih dan tergantung mood sekarang, semakin gede semakin punya pilihan nggak bisa kita paksa kayak dulu, dikorokin pisang, dicampur sama jus-nya..sedih jadinya..
    Biarkan orang lain yang melihat sepintas berkomentar apa aja mbak, sabar..akupun juga sering dapat komentar yang seperti itu....mending kita diam, itu kata suamiku..kita yang lebih tahu tentang hal itu dan asupan gizi yang kita berikan untuk anak anak kita..

    ReplyDelete
  42. aku juga pernah bikin postingan seperti ini loh di sini nih --> http://jasmineamira.wordpress.com/2011/03/28/hati-hati-kekurangan-kalium/ pengalaman kakak kedua-ku. hehe

    ReplyDelete
  43. pisang selain enak, taernyata banyak manfaatnya ya?

    ReplyDelete
  44. gampanglah kalo Mba Lidya main ke rumah... sediain aja pisang... di rumah selalu sedia, Mam, hehe.. :)

    ReplyDelete
  45. nice info. saya juga seneng banget ama pisang. ternyata emang banyak banfaat nya. petenis juga makan pisang lho kalo lagi main.

    ReplyDelete
  46. Ahaa,.. cuekin aja yah Mba... org mo bilang apa...

    ada satu jenis makanan yg qta makan 3x sehari (mnrt org jaman dulu), setiap hari pula... Nasi! Padahal, dibanding nasi, makan pisang jauh lebih banyak gizinya, dan lebih rendah kalori...

    Psst... Vania klo lg susah makan biasanya makan pisang mas aja Mba... bisa abis 3 pisang sekali makan... :-D

    ReplyDelete
  47. hidup pisang!! TFS ya mbak. Untungnya di rumahpada suka pisang nih. Kyara kalo lagi mogok makan juga lahapnya sama pisang. Kadang dimakan gitu aja ato minta dibakar :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...