badge

Saturday, July 9, 2011

Cingceripit

Beberapa waktu yang lalu sedang main-main sama Pascal dan Alvin,aku mengajarkan suatu mainan dengan menggunakan bahasa sunda.

Mainnya mudah, aku membuka salah satu telapak tangan lalu jari telunjuk tangan satunya aku simpan ditengah telapak tangan, begitu pula jari telunjuk Pascal dan Alvin sambil menyanyikan :"Cengceripit satulang sabawang, saha nu kajepit tunggulawang" . Telapak tangan aku tutup dan jari Pascal ke jepit.
Kalau ada yang bingung ini aku kasih contoh fotnya Pascal ya :)


Alvin senang sekali main ini. Hingga saat ini dia sering menyodorkan telapak tangannya seperti foto Pascal diatas sambil ketawa-ketawa. Permainan simple tapi buat anak-anak senang.
Aku masih ingat permainan ini sewaktu kecil aku mainkan.

43 comments:

  1. liriknya beda ya bun, disini mah liriknya begini :
    cingciript tulang bajing kajepit, kajepit ku bulu pare, bulu pare sesekeutna. Jol pak dalang mawa wayang, jek jek nong ...
    hihihi .. biasanya main ini kalo mau main ucing2an (petak umpet), siapa yg jarinya kejept, dia yang jadi ucing.

    ReplyDelete
  2. iyaaaaa. kalo aku mainnya yang liriknya sama kayak bunda dey. hihi
    si papah kerja di bandung sih dari sejak aku lahir. jadi sering deh main mainan sunda :D *gak ada yang nanyaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  3. klo di sini mah si egi seringnya maen uncang2 angge sama om nya yang asli urang sunda :D tapi saya mah tidak hapal text nya, padahal pendek saja :( nanti mau bilang suami agar ajakin Egi main cingciripit ah hehehe

    ReplyDelete
  4. pas kecil gua pernah main ini juga lho. tapi gak inget liriknya gimana. hehehe

    ReplyDelete
  5. haduh aku ngga bisa bahasa sunda :D
    Tapi permainan itu aku tahu. Mama suka nyanyi dalam bahasa belanda, tapi aku lupa.

    EM

    ReplyDelete
  6. emang masih ada ya permainan kaya gitu
    kirain dah punah dari muka bumi
    syukur banget dah kalo ada yang mau melestarikan...

    ReplyDelete
  7. wah klo d mkssr samanya apa yah?
    hehe.

    ReplyDelete
  8. Liriknya unik Mbak,.jdi yg terjepit kalah ya

    ReplyDelete
  9. asyik sekali mainnya mbak,,,ayo berjuang nulis puisinya mbak,,pasti bisa..^^

    ReplyDelete
  10. aku juga ada..namanya apaa gitu, lupa deh..

    ReplyDelete
  11. Ternyata permainan anak-anak itu universal ya Mb.
    Paling bahasanya saja yang disesuaikan dengan bahasa daerah masing2.... :)

    ReplyDelete
  12. siapa yang kejepit menunggu pintu?..itu artinya mba..?

    termasuk jarang ....anak sekarang lebih ke permainan modern,sekarang tinggal orangtua yang memberikan...masalah kecil, permainan ringan tapi menyenangkan.

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah tahu...
    Mungkin tiap daerah beda2 ya

    ReplyDelete
  14. weeeeeeeeeeeeeee..... permainan apa tuch, q oq pernah denger hehehehehhehe


    salam persahabatan selalu dr MENONE

    ReplyDelete
  15. Kalau si kecil seneng, ceria kita pun merasa senang.Kita gemes dengannya dan kelihatannya masih pure........ Buat yang punya site salam kenal.

    ReplyDelete
  16. Artinya sikecil masih besih dari dosa dan kotoran-kotoran jiwa.

    ReplyDelete
  17. lirik aku sama ama ibu dey.. *tetangga*

    ini permainan global, soalnya di bangkok.. pernah ikutan mainan ama anaknya ajarn (guru)..dengan lirik yang ga dimengerti sama sekali, hehe

    ReplyDelete
  18. Aku dulu mainnya cublek cublek suweng dengan ilir-ilir dengan memainkan jaelangkung. Btw, ada gak anak sekarang yang bermain jaelangkung ya ???

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  19. Mainan masa kecilku ada yg mirip2 dgn ini... tapi bukan bhs Sunda... hehehe...

    Mau ngajarin Vania skrg bingung, banyakan lupanya... akhirnya main kelitikan aja biar dia ketawa... hihihi...

    ReplyDelete
  20. Mengenalkan si kecil pada kebudayaan daerah, agar ndak punah tentunya ...

    ReplyDelete
  21. Wiiiiihhhh....mainan ini aku dulu suka banget mbak...kalau kala cepat langsung ketangkep :D

    Kalau ini disebut budaya jadi ngingetin aku pingin belajar tari traditional Bali...

    ReplyDelete
  22. nice infonya my friend,visit me too..
    http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com
    http://dollardarineobuxcomtanpareferal.blogspot.com

    ReplyDelete
  23. Artinya apa ya mbak bahasa sundanya itu,,,,? biasanya kan ada filosofinya,,,,,,

    ReplyDelete
  24. jadi teringat masa masa kecil dulu... juga sama tuh ya sama injit injit semut :(

    ReplyDelete
  25. saleum,
    permainan anak yang hampir punah dalam masyarakat.
    saleum dmilano

    ReplyDelete
  26. wah ... tauuu, cuma liriknya agak beda, permainan tak lekang jaman ya :D

    ReplyDelete
  27. kalau di tempat saya (jawa) syairnya beda bu,
    cing ciripit gunung gamping kejepit..
    udah gitu tok.. :D

    ReplyDelete
  28. Ini sama dengan Cap Cip Cup kembang kuncup nggak ya ... ?

    Salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  29. kayanya aku ga pernah main begini deh, lupa

    ReplyDelete
  30. Waduhh... waktu saya kecil mainan kyk gitu apa ya?
    salam Pascal :P

    ReplyDelete
  31. aku ga hapal liriknya..tapi biasanya kalau maen sama anak-anak liriknya dipotong jadi "cingciripit tulang bajing kacaaaaaapit" udah aja langsung jepit jari.
    maaf baru berkunjung lagi ya mbaaak

    ReplyDelete
  32. aku pernah mainin ini jg mba waktu kecil
    tp lupa namanya trus gak pake bahasa sunda hehe :D

    ReplyDelete
  33. mainan seperti itu rasanya semakin lama semakin langka ya

    ReplyDelete
  34. Keknya di daerah saya juga ada permainan kek gitu, Mbak..
    tapi saya lupa gimana lagunya :D

    ReplyDelete
  35. permainan tradisional ini sudah sangat jarang ditemui di rumah2 yg mempunyai anak kecil. termasuk juga permainan "serbu benteng" (gobak sodor) di halaman, dan lain2.

    mereka lebih menyukai PS, nintendo dll.
    hmmmm....

    ReplyDelete
  36. Hahaha.. ini kan model mainan kesayangan si Prit (apikecil). Ternyata Adek Pascal dan Alvin juga suka hehehe...

    ReplyDelete
  37. keren...keren.... permainannya simpel tapi seru banget yaaa...

    ReplyDelete
  38. Kalo di manado permainan ini kalo gak salah namanya kuneneng, mbak...hihihihi... Permainan anak Indonesia, walopun terpisah lautan, tapi tetep aja sama meski berbeda nama ya mbak :)

    ReplyDelete
  39. Waaa..sama dengan jaman kecil dulu. tapi saya gak inget lagunya. Seru ya..ntar dipraktekin ke Dita ah...anak 3 tahun masih seneng gak ya?

    ReplyDelete
  40. dulu waktu aku kecil suka main begitu juga bun..kayaknya klo di jakarta syairnya seperti yg om NH tulis.....cap cip cup kembang kuncup.....

    ReplyDelete
  41. aku kira tadi lagu dari Roma Irama.
    heheheh..

    ReplyDelete
  42. lupa deui malah laguna hehe,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...