badge

Wednesday, July 27, 2011

Tahu Gejrot sebagai Hidangan Pembuka Kesukaan Suami

Sudah kenal Pakde Cholik kan? Pakde sedang buat hajatan ADUK, dan membutuhkan Hidangan Pembuka sebelum memberikan Hidangan Pembuka untuk kita. Silahkan dinikmati Hidangan Pembuka berikut ini



Hidangan pembuka yang juga lebih dikenal dengan istilah Appetizer merupakan hidangan yang disajikan sebelum hidangan utama atau main course.
Hidangan Pembuka biasanya disajikan dengan rasa yang enak, ringan,menyegarkan biasanya berasa agak asam untuk merangsang selera makan. Berukuran kecil dan dengan penampilan menarik bisa disajikan panas maupun dingin.

Salah satu hidangan pembuka kesukaan suami adalah Tahu gejrot. Makanan Khas Cirebon ini memiliki rasa yang menyegarkan cocok dijadikan sebagai hidangan pembuka dan bisa membangkitkan selera makan. Dijamin setelah makan hidangan pembuka ini bias menyantap hidangan utama dengan lahap.

Tahu Gejrot merupakan hidangan pembuka yang mudah dibuat sendiri dirumah. Biasanya saya cukup membeli tahu gorengnya lalu tinggal membuat bumbunya sendiri, praktis kok cara membuatnya.
Berikut bahan dan cara yang dibutuhkan untuk membuat tahu gejrot ala mama Cal-Vin :
- Tahu goreng siap pakai biasanya saya menggunakan tahu sumedang
- bawang putih yang dihaluskan
- bawang merah ditumbuk kasar
- cabai merah sesuai selera
- cabai rawit tumbuk kasar sesuai selera jumlahnya
- air asam
- gula merah dan garam secukupnya
- didihkan semua bahan kecuali tahu
- taruh tahu siap pakai di piring kecil lalu siram dengan bumbu yang sudah di didihkan
- taburi bawang goreng

gambar diambil dari google


Tahu gejrot sebagai hidangan pembuka siap disantap sebelum hidangan utama. Cukup segar dan merangsang selera bukan?

35 comments:

  1. Tahu gejrot sebagai hidangan pembuka siap disantap sebelum hidangan utama. Cukup segar dan merangsang selera bukan?

    *Lha gambar tahu gejrotnya mana buuuuuu?????

    ReplyDelete
  2. Enak seger memang ya, pasti makannya juga lahap.

    ReplyDelete
  3. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat.
    Akan langsung saya catat.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Tak lupa saya mohon maaf atas segala kesalahan lahir dan batin. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  4. saya suka tahu,, mau digejrot mau digoreng mau dibakar, tetep doyan sama tahu.. heheh

    ReplyDelete
  5. Belum pernah makan mbak, cuman pernah denger namanya aja, kalo udah ada cabenya mending nggak deh,,, bisa dihilangkan gak bahan cabenya...

    ReplyDelete
  6. Kalau hidangan pembuka dimulai dengan satu piring tahu gejrot hmmm pasti udah kenyang duluan ya bun.

    keliahatnnya enak bun, soalnya aku blm pernah makan tahu dejrot

    ReplyDelete
  7. Ternyata itu toh tahu gejrot.
    Ngences dah gw...
    Pengen bikin ah...

    ReplyDelete
  8. Whua...orin jg suka Teh tahu gejrot, tapi blm pernah bikin sendiri mah, riweuh ah hihihihi.

    Akhirnya dapet ide dr si tahu gejrot ya. Gudlak ah ;)

    ReplyDelete
  9. aku juga suka tahu gejrot..apalagi kalo cabenya mantap pedesnya...maknyuss deh

    ReplyDelete
  10. aku pernah beli sekali di abang...ampuuun pedesnya....ngga bisa menikmati dech sangking pedesnya....kalo bikin sendiri enak kali yeee

    ReplyDelete
  11. aihhhh kayanya seger bener yaa...
    kapan2 mau nyoba ahhh:D

    ReplyDelete
  12. tahu gejrot kesukaankuuuu :) kalau ke the kiosk pasti beli, deh. soalnya abang2 yg jual udah jarang. sekarang dpt resepnya, dicoba dulu yaaa :)

    ReplyDelete
  13. wealah mba :) tadi selintas sy baca pada kata pembuka.."Sudah kenal Pakde Cholik kan? Pakde sedang buang hajatan ADUK,"...hehehe..jadi bermakna lain tho...eh sekali ga gitu...maklum tadi selintas, sekarang dicermati...bukan buang ..tapi buat...
    am sorry mba ^__^....

    salam sukses, dan semogi dapat bukunya yaaa...

    ReplyDelete
  14. Wah namanya lucu mbak, saya liat gambr lsng ngiler ngerasain pedesnya xixixi

    ReplyDelete
  15. Eh, resepnya sesederhana itu? Padahal seger sekali ya mbak.

    Xixi.. jadi malu, hidangan pembukaku terlalu kompleks.

    Semoga menang, ya

    ReplyDelete
  16. Hiyaaa..langsung ngiler liat foto tahu gejrotnya...jd pengin bikin. Sukses ya mam, saya absen nih :-)

    ReplyDelete
  17. Kalau disini adanya tahu bumbu sama tahu isi mbak, dimakan sama lombok plus petis

    ReplyDelete
  18. Mbak Lid sepertinya bumbunya itu seperti bumbu rujak manis ya.. cuman gula sama cabe aja..
    Klo di Surabaya makanan sepeti itu biasanya ditambah petis..
    Eh jadi ngiler ini...

    ReplyDelete
  19. emang enak makan tahu gejrot.. dulu di kampus saya ada yang jual tahu gejrot yang disajikan di cobek, uenaaak banget.. bumbunya kerasa bawangnya dan kecapnya. manteb.. tapi sayang udah nggak ada lagi sekarang, padahal lumayan murah juga..

    mama lidya kapan2 bikinin saya donk.. *minta digejrot

    ReplyDelete
  20. ayah saya penikmat tahu banget, mesti dicoba nih.. meskipun kagak bisa masak, kalo caranya sesimple itu pasti bisa lah.. hehe

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  21. bgitu toh yang namanya tahu gejrot. Gejrot artinya apaan sih mba? hehe
    kapan2 pengen bikin deh. makasih yah resepnya. good luck juga mba, alamat menang nih, :)

    ReplyDelete
  22. waduh...
    kalo ada kontes masakan begini bisa gawat
    jadi tambah ngebet kepengen pulang
    resiko hidup di pedalaman kok gini-gini amat ya
    tiap liat gambar makanan enak langsung ngeces berat...

    ReplyDelete
  23. dah berapa tau ya ga ngerasain enaknya tahu gejrot..

    ReplyDelete
  24. Aku dan suami juga doyan tahu gejrot nih Mbak Lid... Tapi biasa kita beli klo yg kaki lima rasanya agak gimanaa gitu... kurang bersih... hehehhe...

    Resepnya aku save yaaa... Mau coba aah,... hmm... yummyyyy...

    ReplyDelete
  25. Salam Takzim
    Saya tunggu mai coursenya aja mbak, masak apa hari ini mbak, jangan yang terlalu pedas ya
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  26. fotonya bikin ngiler. mantap, smoga menang kontes :D

    ReplyDelete
  27. pagi-pagi bikin ngiler nih Mb Lyd. Kapan2 boleh dong kirim ke saya ... :)

    ReplyDelete
  28. Kalo ini mbah bukan sekedar 'cukup' lagi, mbak, tapi bener-bener seger dan membuka selera :D

    ReplyDelete
  29. Mantap mbak lid..wah ada petunjuk pembuatannya juga nieh hidangan pembukanya..sukses nieh..kayaknya bakalan kepilih mbak...:)
    thanks for sharing resep tahu gejrotnya...:)

    ReplyDelete
  30. tahu gejrot nya mantap, itu dari cirebon kan ya?

    ReplyDelete
  31. Sepertinya tidak terlalu sulit ya memasak tahu tsb. Dan yang paling penting rasanya pasti enak banget :)

    ReplyDelete
  32. makanan 'paporit' kata orang jawa barat,eh bikinnya ternyata guampaang ya..

    ReplyDelete
  33. aku juga suka tuh...
    di jawa timur gak ada loh Mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...