badge

Wednesday, August 10, 2011

Tips Mudik Bersama Anak ala Mama Calvin

Artikel ini diikutkan dalam kontes ADUK dengan tema Tips Mudik di blognya Pakde Cholik



Mudik adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang pada saat lebaran tiba. Ini sudah tradisi sejak lama di Indonesia, baik yang jaraknya dekat maupun jauh. Karena momen mudik ini bisa digunakan untuk bertemu dengan sanak keluarga yang lama tidak bertemu. Agar mudik aman, nyaman dan sukses kita harus mempersiapkan segalanya dari jauh hari sebelumnya. Masing-masing orang atau keluarga mempunyai Tips Mudik sendiri .

Mudik tahun ini dan juga tahun-tahun sebelumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu kerumah orang tuaku di Cikampek dan rumah mertua di Semarang. Tahun ini kita berlebaran hari pertama di Cikampek dahulu yang kemudian dilanjut malamnya ke Semarang dengan menggunakan kereta api. Mudik ke Semarang kali ini untuk pertama kalinya untuk Alvin. Pemesanan tiket kereta api Harina Executive dilakukan 40 hari sebelum hari H.

Untuk memaksimalkan hari libur lebaran, pulang dari Semarang kita pilih naik pesawat untuk pulang ke rumah. Baik naik kereta api maupun pesawat masing-masing harus dipersiapkan sebelumnya apalagi mudik membawa 2 orang balita. Untuk itu diperlukan Tips Mudik yang jitu dalam melakukan perjalanan mudik ini. Salah satu hal yang perlu dijaga adalah kesehatan.

Berikut Tips Mudik bersama anak tahun ini ala Mama Cal-Vin :

1. Naik Kereta (malam hari) pada saat pergi Mudik
  • Kenakan Pakaian yang bisa mengatasi hawa dingin baik dari AC maupun udara malam.
  • Membawa bantal kecil untuk sandaran kepala agar tidak pegal pada saat menyusui Alvin.
  • Siapkan air minum dan cemilan secukupnya. Untuk ibu menyusui
  • Diaper dan pakaian ganti yang mudah diambil biasanya di tas tangian berjaga-jaga Alvin pup, Untuk Pascal tidak masalah karena bisa buang air di toilet di kereta api.
  • Pastikan menyuruh Pascal buang air kecil sebelum kereta berangkat dan menanyakan mau buang air atau tidak dalam perjalanan.
  • Membawa mainan,untuk berjaga-jaga siapa tau Alvin rewel

2. Naik Pesawat (siang hari) pada saat pulang mudik, yang perlu dibawa di tas tangan dan bisa masuk cabin pesawat.
  • Mukena kecil untuk sholat Dzuhur
  • Makanan kecil untuk Pascal Alvin yang sudah dimasak di semarang sebelum pergi
  • Minuman mineral ataupun jus buah
  • Pakaian ganti untuk Alvin dan Pascal
  • Mainan dan buku untuk Alvin dan Pascal
  • Tissue kering dan Tissue basah untuk membersihkan kotoran makanan
  • Diaper dan kantung untuk membuang diaper maupun pakaian ganti yang kotor
  • Sama dengan tips naik kereta, sebaiknya Pascal buang air kecil dahulu sebelum naik pesawat.
  • Menawari makanan dan minuman agar tidak dehidrasi
  • Untuk aku kenakan pakaian kancing depan agar bisa leluasa menyusui Alvin pada saat di pesawat.
  • Jangan lupa menyusui Alvin pada saat Pesawat Take off
Selain Tips Mudik diatas,aku biasanya tidak membawa terlalu banyak tas atau koper.Cukup dua saja, satu koper besar untuk pakaian aku,suami dan Pascal, satu koper untuk pakaian Alvin. Tas tangan bisa juga ditambah tas kecil berisi makanan dan mainan. Mudah-mudahan mudik kali ini berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan. Amin.

49 comments:

  1. Sepp Tips Mudiknya...

    Sukses untuk Kontes ADUK nya Mbak

    ReplyDelete
  2. Wah.. jadi pengen cepat-cepat mudik nih Mbak, pasti Alvin dan Pascal juga begitu..
    sukses dengan kontesnya Mbak Lid..

    ReplyDelete
  3. Tips ini akan aku gunakan kalau pulang ke kampung suami nich bun....
    Meskipun masih lama tapi selamat mudik ya bun...pasti sangat menyenangkan.

    ReplyDelete
  4. Emang kalau bawa anak kecil perlu bawaan khusus ya Bund...

    Sukses untuk kontesnya ya Bund

    ReplyDelete
  5. Mudik dengan membawa baita biasanya lebih banyak bawaannya mbak...

    ReplyDelete
  6. tiket harina mahal banget ya tante, jadi dua kali lipat :(
    yah tante ke Semarang, ak-nya lagi gg di Semarang

    ReplyDelete
  7. Dear mbak Lidya,

    Haaa... ini tipsnya lumayan komplit..... mudik emang sangat di nantikan semua keluaerga yang merantau... tetapi juga jangan lupa bikin tips agar kantong gak bolong dan harus ngutang...... hee.. met ikut quiz... moga menang.......

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    ReplyDelete
  8. tipnya mantap banget mbak,,,lengkap padat dan akurat pengalaman sendiri ya mbak...^^

    ReplyDelete
  9. seperti nya tahun ini saya ndak mudik mbak. huhuhu sedih deh.

    Alhamdulillah saya baik-baik aja mbak. lagi banyak kerjaan jadi blognya di telantarin sesaat :)

    ReplyDelete
  10. tips yang bagus. bisa jadi inspirasi saya, ketika udah berkeluarga.

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah mudik. Habis selalu tinggal di rumah. Btw, thanks atas tipsnya dan selamat memeriahkan kontes aduk

    ReplyDelete
  12. wah dah persiapan mau mudik nih.. tipsnya juga rinci banget

    ReplyDelete
  13. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    ReplyDelete
  14. Wah, tips yang keren mbak, good lak ya mbak....:)

    ReplyDelete
  15. aku juga mudik nih mbak, hahahaha... 22 jam (- -') sampe mati gaya di pesawat..hahahaahah...

    ReplyDelete
  16. Mantaps tips nya.. Aku gak mudik tahun ini karena dehidrasi ekonomi..hahaha...

    Sukses ngontesnya, Jeng!

    ReplyDelete
  17. kalau bepergian sama anak2 kebayang rempongnya deh... hihihi... ^_^
    tapi tips2nya ringkas dan berisi Mbak... sukses ADUKnya yah mbak ^_^

    ReplyDelete
  18. semoga lancar nanti mudiknya bu,,

    dan sukses ngontesnya.. :D

    ReplyDelete
  19. Wuiiihhh....lengkap bgt Teh. Gudlak ya, seperti menang lg kali inih ;)

    ReplyDelete
  20. Mudik nya emak2 lbh ribet ya mbak? Xixixi
    Untung suamiku tetangga kampung ga usah ribet mikir mudik hikzMudik nya emak2 lbh ribet ya mbak? Xixixi
    Untung suamiku tetangga kampung ga usah ribet mikir mudik hikz

    ReplyDelete
  21. tips nya bagus banget bisa lancar mudik kali nich dan slamat sampek tujuan
    maksih dan slam kenal aja

    ReplyDelete
  22. selamat mudik mbak semoga selamat sampai tujuan.. :D

    ReplyDelete
  23. Tips bagus nich mba'..

    Sukses untuk kontesnya ya,.

    ReplyDelete
  24. selamat mudik mbak, inget oleh2nya :D

    ReplyDelete
  25. Cocok nih buat keluarga yang punya momongan. Semoga sukses ya Mbak,,

    ReplyDelete
  26. aku rada tenang kalo urusan mudik
    soalnya melawan arus, yang lain berebutan ke arah timur
    aku malah mudik ke barat
    lagian aku lebih suka pakai jalan alternatif
    yang nerobos masuk jalan kampung yang ga terlalu rame
    jadinya acara mudik sekaligus buat jalan-jalan...

    ReplyDelete
  27. selama ini jadi penonton saja bu, maksudnya ga pernah mudik....wong kampung kelahiran dan ortu ,sanak keluarga banyak di kota Balikpapan.

    ReplyDelete
  28. mudik saya g pake pesawat at kereta...

    ReplyDelete
  29. selamat bermudik ria jikalau demikian adanya :) ati ati di jalan :)

    ReplyDelete
  30. wah pasti seneng banget ya mau mudik...
    semoga lancar semua ya...

    ReplyDelete
  31. semoga lanjar jaya mbak untuk mudik dan baliknya..

    met sahur ya

    ReplyDelete
  32. Waahh, persiapannya nih profesional banget...
    Ingat Mama kalau lagi mau berangkat.berangkat... Nyiapin ini, nyiapin itu... :)
    Benar-benar ibu professional... :)

    Hati2 di jalan ya, mba...

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah sudah bisa komen, tadi pagi blogger eror komennya.

    Jangan lupa uang dibanyakin, minimal 10 juta lah...

    ReplyDelete
  34. saya kalau melakukan perjalanan, darat, udara, mulai umur 3 tahun dia sudah punya tas gendong sendiri yang berisi, air putih, susu cair,cemilan, madu, tissu basah kering,satu stel pakaian ganti, handuk kecil, minyak telon, vicks, betadin.

    Sukses di kontesnya.

    ReplyDelete
  35. tips mudik pake motornya mana mba'....????

    ReplyDelete
  36. wuiiih, sudah siap banget buat mudik nih, hehe

    ReplyDelete
  37. Mainan dan buku tuh penting banget, mbak, untuk mengatasi anak bosen selama di perjalanan.

    Sukses dan lancar buat mudiknya nanti ya mbak :)

    ReplyDelete
  38. aku cuma sekali seumur hidup kayak mudik lebaran ke jawa hehehe
    kalo naek keretanya eksekutif iya mba butuh jaket tp klo naek kereta bisnis atau ekonomi pas lebaran mah gak butuh jaket tapi butuh kipas hehehe

    ReplyDelete
  39. orang-orangpada sibuk mudik
    lhaaa aku bingung mau mudik kemana
    yaaa palingan ziarah kubur mak bapak dekat rumah
    al-fatihah

    ReplyDelete
  40. mau ke medan tempat wina
    ga bisa
    wina khan lagi ndut
    ga boleh naik pesawat ntar
    naik mobil kejauhan (16 jam)

    ReplyDelete
  41. Aq aja lagi mikirin nih bawa-bawaan yang simple tapi bisa mengangkut semua kebutuhan Naeema.
    Mudah-mudahan mudik pertama ini lancar, amin.

    ReplyDelete
  42. kalau kami dulu ditambah kaset atau cd lagu anak2 karena perjalanan dengan mobil yang cukup lama

    ReplyDelete
  43. mudik kalo bawa balita agak repot ya Mbak? btw..ntar mudik ke Semarang kah?

    ReplyDelete
  44. Wah mbak mantap banget nieh, lengkap. Kandidat menang nieh...aku absent dulu mbak kemarin....utak atik blog baru :) semoga minggu depan bisa ikutan :)

    ReplyDelete
  45. Semoga nanti mudiknya lancar ya mam. Sukses buat ADUKnya :-)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...