badge

Thursday, September 8, 2011

Belajar Memakai Sarung


Sejak kecil aku sholat terbiasa mengenakan mukena satu set atas dan bawahan. Tidak pernah terlintas belajar menggunakan sarung untuk sholat. Pada saat bertamu aku meminjam mukena untuk sholat, ternyata bawahan mukenanya berupa sarung. Waduh aku langsung panik tiba-tiba karena tidak terbiasa dan tidak tahu bagaimana mengenakan sarung dengan benar.

Dilain hari, sewaktu SMA  pada saat Sholat Ashar aku meminjam mukena pada teman karena pada saat itu aku malas mengambil mukena kekelas.Karena mukena temanku bawahannya berupa sarung juga terpaksa aku pinjam deh daripada tidak sholat. Pada rakaat terakhir yaitu rakaat keempat setelah ruku sarung yang aku pakai melorot. Malunya bukan main, malu karena melorot dan harus mengulang sholat lagi. Pada saat itu aku mengenakan sarung dengan cara mengikat ujung sarungnya.

Dari kejadian itu aku coba belajar memakai sarung dengan melihat bapakku memakai sarung dirumah. Tapi tetap tidak berhasil memakai cara beliau. Aku lebih nyaman memakai sarung dengan mengikat. Setelah mempunyai anak aku sempat membuat sarung kecil untuk Pascal. Karena kesusahan memakaikannya pada Pascal, aku membeli sarung Instan,tanpa harus belajar mengenakan sarung aku bisa memakaikannya kepada Pascal dan dijamin Insya Allah tidak melorot di Mesjid. Karena sarung ini sudah dijahit dan menggunakan karet pada pinggangnya,setelah dipakai akan berbentuk seperti sarung biasanya.



tulisan ini disertakan pada giveaway Berbagi Cerita Tentang Sarung yang diadakan oleh Kaka Akin”.

51 comments:

  1. sarung melorot...sy pernah mengalami juga mba, kebetulan memakai sarung berbahan yang lembut dan licin, seperti biasanya, sy memakai sarung dengan menambahkan sabuk kulit dipinggang sebagai penguat...tapi hari itu tidak, ...alhasil sehabis kenduri begitu mau pulang ..beranjak ke keluar..sarung melorot...beruntung masih pakai celana selutut....kalau gak...mmmm, bisa dibayangkan sendiri...^__^...mba mau membayangkan? hehehehe...

    ReplyDelete
  2. hmm, saya komentar di postingan 1 nya malah muncul di postingan ini, yasudah.
    saya sih sudah terbiasa memakai sarung sejak kecil

    ReplyDelete
  3. keren tuh sarung yang pake karet aja. aku dulu gimana ya belajar pake sarung. kayaknya di ajarin mama juga deh. karna kan dulu pengen pake sarung biar kayak si unyil

    ReplyDelete
  4. meskipun aku tidak perlu memakai sarung untuk sembahyang atau kegiatan lain, aku belajar pakai sarung dari Opa dan Papa. Dulu Opa selalu bersarung di rumah

    EM

    ReplyDelete
  5. kalo anak saya sarungnya dibuat mirip celana tapi dari depan keliatan seperti pake sarung. dan si kecil sueneng luar biasa

    ReplyDelete
  6. pengalaman yang tak terlupakan tentunya... hehehe...

    ReplyDelete
  7. Wah baru tau aku mbak, ada sarung instan...

    Kalo aku kebalikannya mbak Lid.. Lebih suka pake sarung drpd bawahan mukena.. Abis bawahan mukena sering melorot krn keinjak kaki.. Hehehe... :-D

    ReplyDelete
  8. Haha masa sampe melorot? Ga bs bayangin hikz.

    Skrg jaman kok serba instan. Dl aq nikah, jariknya cm pengantin yg pake jarik. Yg lain semua pake jarik dimodel rok. Eh ternyata sarung jg ada yg instan hikzserba instan. Dl aq nikah, jariknya cm pengantin yg pake jarik. Yg lain semua pake jarik dimodel rok. Eh ternyata sarung jg ada yg instan hikz

    ReplyDelete
  9. Kalau sarungnya pakai karet dijamin aman dari bahaya melorot, deh.

    ReplyDelete
  10. Saya membayangkan ...
    Sarung yang melorot itu ...
    betapa - betapanya saat itu ya Mbak ?

    hihihi

    Salam saya

    Semoga sukses di perhelatan Kakaakin

    ReplyDelete
  11. hehehehe.... kebayang paniknya, soale saya juga pernah mengalami... itu pascal ekspresinya lucu bener... pasti pengarah gayanya bundanya yaks.....

    ReplyDelete
  12. Fauzan malah heran waktu ngeliat ibunya sholat pakai sarung, hehehe ... dia bilang, kok kayak laki2 sih ..

    ReplyDelete
  13. Wah.. ternyata ada sarung instant ya... Mirip rok ya :D
    Dari pada ribet menggulung2nya, apa lagi bagi anak kecil :)

    Terima kasih telah turut 'Berbagi Cerita Tentang Sarung'
    Sudah saya catat sebagai peserta :)

    ReplyDelete
  14. Disini belum terlihat ada sarung instan.
    Sholat menggunakan sarung lebih nyaman menurut aku...dengan ikatan yang kuat tidak di jamin melorot.

    Beda sama set bawahan mukena terkadang suka ada yang licin dan bikin melorot.

    ReplyDelete
  15. sarung instan jadi kayak bawahan mukena dong ya :)
    ak juga sampe sekarang pengen bisa pake sarung gaya bapak2, merosot mulu :P

    ReplyDelete
  16. Hehehehe istilahnya unik, "sarung instan". :D

    ReplyDelete
  17. Pertama kali make sarung melorot.. hehehe pas lagi solat temen dibelakang nyeletuk ihh melolot tuh... sy yg msh belum ngerti akhirnya sy pegang aja tuh sarung kyk org sunatan..hehehe

    ReplyDelete
  18. Kalau aku dari kecil malah seneng pake sarung mbak.. agak kurang aja klo karet.. suka kendor terinjek kaki..

    ReplyDelete
  19. ieee pascal lucu banget make sarung nya :D

    sukses mb buat kontesnya

    ReplyDelete
  20. kalo aku malah terbiasa sholat pake kain sarung......pake bawahan yang satu set itu baru sekarang2 ini aja...

    aku juga udah bikin postingan tentang sarung...tp jadwal publishnya besok....

    sukses yach di kontesnya kakaakin

    ReplyDelete
  21. betul mbak aku juga sering bermasalah kalau shalat bawahannya pakai sarung...

    ReplyDelete
  22. suamiku pake sarung kalo pas sholat ama pergi mendo'a mbak. keren deh, udah terbiasa kali ya jadi keliatan rapi gitu. cuiittt...cuuuittt

    ReplyDelete
  23. hehehe...gmn ya yang kebetulan berada dibelakang Mbak Lidya saat sarungya mlorot hehehe

    ReplyDelete
  24. aku belajar pakai sarung pada usia sd, ketika ingin ikut kakek pergi ke masjid

    saat itu sarung dipakaikan oleh nenek, karena terlalu aktif, sarung mudah melorot. saya ngga tau bagaimana memasang lagi

    sampai beberapa lama, oleh nenek, sarung harus dipasangi ikat pinggang agar tidak mudah terlepas.

    sekarang sih udah pinter pakai sarung, hehehe

    ReplyDelete
  25. liat foto ini , jadi gemez lihat Pascal, ganteng banget ya Lidya :)

    salam

    ReplyDelete
  26. Iiih..pgn nyubit Pascal, lucuuuuu...

    ReplyDelete
  27. ada ya sarung instan, baru tau hehe, saya juga kalo pake sarung, cuman diikat aja, walhasil kadang melorot

    ReplyDelete
  28. Hihihih,, aku pernah juga melorot sarung pas sholat mbak, mana Sholatnya berjamaah lagi.. jadilah kita berjamaah juga ketawa ngakak dan ngulang sholat lagi, hehehe...

    sukses giveawaynya mbak..
    salam buat duo gantengmu.. :)

    ReplyDelete
  29. Dear Mbak Lyd,

    waahahhh ada giveaway.... sayang sekali susan sedang tidak fit untuk ngeblog...... ampe sekarang pun gak pernah ngeblog lagi dia....

    pascalnya udah gede yach.... eemmmm masalah sarung melorot itu mungkin ada istilah ala bisa karna biasa..... mungkin karena gak biasa aja kaleee.... coba di biasain aja.... sapa tahu enakeun.....

    minal aidin wal faidizin maaf lahir dan bathin....

    regards,
    ... Ayah Zahia ...

    ReplyDelete
  30. eh .. ada ya sarung instan?
    boleh nih buat jenderal kecil saya dirumah ...
    besok nyari ah

    ReplyDelete
  31. Saya juga kesulitan kalo sholat dan mukena bawahnya pake sarung, sama Lidya...kebiasaan pake mukena terusan atau mukena dua potong, yang pake karet di pinggang...
    :D

    ReplyDelete
  32. Apa kabar, Lidya?
    Selamat lebaran ya, mohon maaf lahir batin bila selama ini ada kekhilafan atau ketidaknyamanan bersilaturahmi :)

    ReplyDelete
  33. aih... so sweet yg lg belajar make sarung.. :D

    ibun lidya, mohon maaf lahir bathin dari dhila13 yaa :)

    ReplyDelete
  34. aku juga pernah kak sholat bawahannya pake sarung,melorot teruss.....

    ReplyDelete
  35. fotonya alay ya? Siapa nih pengarah gaya-nya...

    ReplyDelete
  36. komentarku gak muncul ya. itu yg difoto cakep amat. imut.

    ReplyDelete
  37. aku sukanya pake sarung diikat mati gitu mbak kalo untuk sholat...

    ReplyDelete
  38. hehehe ternyata lidya gak pande pake sarung kalo aku dari dulu sholat lebih suka pake sarung karena rasanya lebih aman gak melorot dengan diiket di tengah

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah saya orang yang kalo pake sarung bisa rapi. jadi saya bingung lihat orang gak bisa sarungan. ada teman saya anak pesantren pakai sarung gak bisa, entah mengapa hal mudah bagiku ternyata sulit bagi orang lain.

    ReplyDelete
  40. aku juga gabisa pake sarung...
    suka melorot kalo ga pake ikat pinggang
    sarung lebih sering dijadiin selimut tidur kalo pas kemping...

    ReplyDelete
  41. sarung instant ga bisa dijadiin ninja dong :(

    aku pakai sarung dgn cara dilipat ke pinggang, ga diikat

    ReplyDelete
  42. Wah, Pascal sekarang sudah pandai menggunakan sarung. Semoga sarungnya terus dipakai untuk keperluan sholat ya :)

    ReplyDelete
  43. Sy jg pernah di tengah sholat, sarung sy melorot hehe krn krg kenceng naliinnya. Sukses utk kontesnya ya..

    ReplyDelete
  44. wow sarung ada karetnyya saya baru tau

    ReplyDelete
  45. biasanya orang sumatera sukanya gitu mb, kalo sholat bawahannya bukan stelan mukena bawahannya yg dipake tapi justru pake sarung. temen saya yang orang riau jg gitu..hihi..untung lom pernah kejadian sarung melorot..haha

    btw jadi pengen beliin sarung instan jg buat uways..asik tuh ga belibet makenya

    ReplyDelete
  46. sarung instant tuh sebenarnya gampang lho kalo bikin sendiri Mbak
    biasanya aku bikin sarung dewasa tuh jadi 2 sarung instant anak anak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...