badge

Monday, September 12, 2011

Sam Poo Kong & Mesjid Agung

Jangan bosen ya mau cerita jalan-jalan mudik ke Semarang lagi nih. Pada postingan terdahulu yang berjudul Ikon Kota Semarang. Perjalanan dilanjut lagi menuju Klenteng Sam Poo Kong yang terletak dijalan Simongan Semarang.Tiket masuk ke klenteng ini Rp.3000 untuk pengunjung lokal ,Pascal dan Alvin gratis. Tapi jika ingin masuk ke klentengnya untuk turis lokal dikenakan biasa Rp.20.000 dan turis asing Rp.30.000. Kita tidak masuk kesana karena mengejar sholat Dzuhur di Mesjid Agung.

Di Klenteng Sam Poo Kong ada beberapa bangunan, yang menarik dari klenteng ini bangunannya mirip dengan Mesjid bahkan didalam ada juga bedug. Konon awalnya ini dibangun oleh Laksamana Cheng Ho yang beragama muslim. Oh ya disana juga ada patung laksamana Cheng Ho yang baru saja diresmikan beberapa bulan yang lalu.

Dari Klenteng Sam Poo Kong dilanjut ke Mesjid Agung Jawa Tengah. Diperjalanan aku sempat mengambil foto Mesjid dari pinggir jalan. Disana juga hanya sem pat mengambil foto 1 saja, karena panas dan buru-buru untuk sholat Dzuhur. Sewaktu Pascal berumur 2 tahun kita juga pernah kesini di malam takbiran jadi tau suasana Mesjid dimalam dan siang hari.


Tampak Mesjid dari kejauhan
Mesjid Agung diambil dari tempat Parkir









48 comments:

  1. jalan-jalannya masih berlanjut ternyata...
    banyak tempat yang indah ya.

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah lihat langsung foto2 di atas, walau dulu pernah ke smg ... thank u foto2nya ya

    ReplyDelete
  3. aku belum pernah seumur umur ke semarang. uww pengen kesana juga. masjid nya keren amat

    ReplyDelete
  4. Waktu kecil pernah maen ke sana, tapi ga begitu inget ngapain aja. Ingetnya malah waktu di Ambarawa, hehehe

    ReplyDelete
  5. Thanks sudah berbagi cerita dan foto, Lidya...saya belum pernah kesana soalnya ;)

    ReplyDelete
  6. Asik ya bisa mudik ke Semarang, sekalian jalan jalan. Anak anaknya pasti senang ya Mbak.

    Eh, Mbak maaf nih itu poto yang pertama kok cm berwarna hitam saja.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  7. Sayang sekali ga ada wujudnya sam poo kong hehe

    ReplyDelete
  8. Wah ketika ke Semarang saya gak sempat jalan2 karena diajak teman karaoke doank dan makan tahu.

    Kapan2 harus ke masjid ini deh kayaknya.

    Terima kasih atas reportasenya yang menarik.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  9. Dhe juga mudik ke semarang mba.
    tp ga sempat jalan2 ke semarang atas, apalagi sampe mesjid agunk.
    hikz..
    mesjid agung indah yah, luas dan rame orang bersantai^^

    ReplyDelete
  10. tadi pagi mah postingan ini belum ada judul ya .. ?

    kalau kapan2 aku ke semarang, bisa tanya2 dirimu atuh ya ..

    ReplyDelete
  11. Di sini Masjid Agung-nya juga rame banget karena memang besar dan terletak pas di depan jembatan Ampera..

    Foto Klentengnya gak ada ya mbak? Penasaran pengen lihat juga :D

    ReplyDelete
  12. wah kapan yah ke semarang...mau lihat...hehehe

    ReplyDelete
  13. sudah lama banget ndak ke Semarang, terakhir nginep gratis di hotel san*ika dekat simpang lima.
    kota memberikan kesan menarik dengan bangunan yang luar biasa. Klenteng sam poo kong, saya hanya pernah liat di tayangan tipi

    ReplyDelete
  14. pengen juga ke klenteng sam poo kong. Dulu pas ke semarang cuma lewat doang

    ReplyDelete
  15. foto2 di sam poo kong serasa di taiwan ya mbak...hehe...bagus banget...

    ReplyDelete
  16. ada foto klenteng yah? ga kelihatan disini :(

    ReplyDelete
  17. sambungan cerita yang kemarin nih Mbak (masih berputar² di Semarang nih)

    ReplyDelete
  18. masuk klenteng bayar ya bu, masuk mesjid bayar nggak tuh?

    ReplyDelete
  19. sepertinya Masjid Cheng Hoo ada dimana-mana ya Mbak, di Surabaya dan di Pandaan juga ada tuh Masjid Cheng Hoo, cuman belum pernah masuk aja aku..
    Btw Semarang masih nyimpen tempat indah juga ya..

    ReplyDelete
  20. masjid agungnya bagus :D kayaknya waktu mudik jalan2 terus ya mba hehe asik :P

    ReplyDelete
  21. pernah sekali ke sampoo kong, kayanya poto2nya jd ada tpi lupa naruhnya,,, :D

    ReplyDelete
  22. belum pernah ke sam poo kong hhehhe cuma ngelewatin aja :P

    masjid agung jawa tengah bagus ya

    ReplyDelete
  23. wah cerita mudiknya masih bersambung yach, tapi kayaknya seru juga... :)

    ReplyDelete
  24. Iya, ini salah satu icon wisata di Semarang. Kemarin sempat mampir Wonderia, Mbak?

    ReplyDelete
  25. Ooh. Dirimu mudik ke Semarang ya... wah aku ketinggalan berita.
    Banyak teman kantor yang juga mudik ke Semarang. Katanya panas yaa... balik2 pada gelap semua :D.

    ReplyDelete
  26. masjid agung nya bagus yachh.....klo foto klentengya ngga kebuka....jd pengen jalan2 ke semarang dech....kapan yachh?

    ReplyDelete
  27. Mbak, suamiku udah bikin review tablet...tp masih di draft...soale akunya lg rajin ikutan kontes hihihi......

    ReplyDelete
  28. wahh belum tau nih...

    maaf lahir batin ya bu... :)

    ReplyDelete
  29. Anak-anak ga boleh masuk ke klenteng loh, mbak. Aku juga penasaran dalemnya kayak apa. Ga bisa bayangin percampuran islam-china yang kental di klenteng. Apakah ada berhala di sana, ya?

    ReplyDelete
  30. pengen ke semarang..... *tarik2 bajunya bunda lidya*

    ReplyDelete
  31. aku mo ke klenteng ga pernah jadi tuh! miswa bilang: ngapain sih ke tempat ibadah??
    Nah kalo mesjid agung yang megah itu, aku udh 2x..sayang pohon2nya masih pendek dan jarang ya? so, puanasss mak!

    ReplyDelete
  32. Hmmmm itu masjid Agung Semarang apa Masjid Agung Jawa Tengah? Beda gak sih? Hahaha... :D

    ReplyDelete
  33. PEnasaran banget sama masjidnya, Mbak...
    Semoga berkesempatan sholat disana :D

    ReplyDelete
  34. ass
    wah sip banget ya ke Semarang
    masuk kekelenteng murah mba,hanya Rp3000

    ReplyDelete
  35. mba senang jalan-jalan...,saya juga, apalagi kalau bisa menyusuri dengan jalan kaki di daerah baru.

    ReplyDelete
  36. maaf lahir batin ya mbak,..masih syawal jadi belum telat ya :)

    masih tentang pesona semarang ya mbak,..aku ngintip terus lho..liputannya ok,..bikin pengen :)

    ReplyDelete
  37. di Palembang ada kelenteng yang cukup terkenal di Pulau Kemaro mbak, letaknya di tengah2 sungai musi, jadi kalo mo ke kelenteng tersebut harus naik ketek (kapal) dulu.. #info

    ReplyDelete
  38. Jadi kapan kita ketemu, Mbak? :)

    Mbak Lidya, bikin KBO lagi yuks? kangennnn

    ReplyDelete
  39. gua juga pernah ke sampokong. ini klenteng emang unik ya. klenteng tapi di dalemnya kalo kita mau minta didoain tuh yang ngedoain ustad. :D

    ReplyDelete
  40. aku belum pernah ke sana lho. hiks.....jadi pengen

    ReplyDelete
  41. Mana yak foto klentengnya??? Waaa masjid Agung... Aku taon 2008 pernah juga shalat Ashar dan Maghrib disana. Abis shalat Maghrib langsung naik ke Menaranya. Seruuu.... Bagus banget... Tapi kapan-kapan pengen juga kesana pas payung-payungnya lagi kebuka.. hihihihihihi....

    ReplyDelete
  42. Nah ini dia ikon semarang yg sampe ke pontianak mbak.. jadi klo ke semarang pasti fotonya di dua tempat ini deh ratarata temenku.. hehehe

    ReplyDelete
  43. Nah ini dia ikon semarang yg sampe ke pontianak mbak.. jadi klo ke semarang pasti fotonya di dua tempat ini deh ratarata temenku.. hehehe

    ReplyDelete
  44. yyiiihaaaa jalan-jalan lagi...
    wah mesjid agung nya bagus ya mbak.. semoga kapan-kapan bisa ke sana :)

    ReplyDelete
  45. Sayang sekali sewaktu ke Semarang tidak sempat berkunjung ke Masjid Agungnya. Cuma bisa melihat kemegahan Kuil Sam Phoo Khong dengan pernak-pernik china yang sangat kental. Juga sempat juga berkeliling-keliling kotanya di sekitar simpang 5

    ReplyDelete
  46. Mbak...
    fotonya kuraaaaang....

    hehehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...