badge

Thursday, September 15, 2011

Jungkat Jungkit

Jungkat-jungkit menurut Wikipedia adalah sebuah permainan di mana papan panjang dan sempit berporos di tengah, sehingga di saat salah satu ujungnya bergerak naik maka ujung yang lain bergerak turun.
Papan jungkat-jungkit di dalam taman bermain lazimnya dirancang agar seimbang di tengah. Masing-masing orang duduk di setiap ujung, kemudian mereka bergiliran melonjakkan tubuh dari tanah. Jungkat-jungkit biasanya memiliki pegangan untuk dipegang saat mereka duduk saling berhadapan.
 
Kemarin sore sewaktu menunggu Pascal mengaji di TPA anak-anak dengan spontan main jungkat-jungkit secara ramai-ramai. Ini kali pertamanya mereka bermain jungkat jungkit secara bersamaan. Ada-ada saja tingkah anak, lihat saja satu jungkat-jungkit berisi 15 orang anak. Heboh dan ramainya sewaktu mereka bermain terlihat ceria dan bahagia, itulah dunia anak.

69 comments:

  1. Huwaaa.. lucu banget maennya sampe ramerame gt mbak.. hehehe

    ReplyDelete
  2. Mengingatkanku akan masa taman kanak2 dulu Mbak

    ReplyDelete
  3. mbak Lidya kok enggak ikutan main jungkat jungkit? hehe

    ReplyDelete
  4. jadi ingat waktu SD, dulu, sy setiap pagi sering mengantar adik TK, berangkat bersama, satu arah dan sekolah sy dan TK adik Hampir berdekatan.
    Sebelum pulang, sy sempatkan main dulu di TK.
    Jungkat-jungkit, telusuran, ayunan, panjat-panjatan...wah banyak mba alat dan area bermainnya....

    ReplyDelete
  5. whuaaah itu seru banget, sisi mana tuh yang paling sering diatas :P
    dulu pas TK masa ak gg berani naik satupun permainan di TK-nya eeh pas SD baru aja berani ckck jadi sering masa kecil kurang bahagia gitu deh :P

    ReplyDelete
  6. Itu sih sampai melebihi kapasitas... Hati2, ntar disemprit Pak Polisi, lho?!.

    ReplyDelete
  7. huaaa peserta nya gak kebanyakan tuuuuuhh..?!?! seru seru!!!

    ReplyDelete
  8. terakhir main jungkat jungkit sama suami waktu di pasirmukti xixixi seru juga ... hahaha .. apalagi klo sampe borongan gitu ya :D

    ReplyDelete
  9. Pernah ngebayangin main jungkat jungkit terus yang seberang lari...tapi nggak cuma ngebayangin hal ini pernah terjadi beneran kok,:D

    ReplyDelete
  10. jadi inget masa-masa TK dan SD mbak, hahahahaha.. saya dulu ketika udah SD sampai sering ke TK saya cuma karena kangen pengen maen prosotan dan jungka jungkit.. :D

    ReplyDelete
  11. huaaaa seru banget tuh main jungkatjungkit nya rame2 gitu... :D

    ReplyDelete
  12. Huaa jd pngn jungkat jungkit lg, tp malu ama anak2 yg maen di playground. Lagian kalo naek maenan anak2 suka ditegur ama petugas hikz

    ReplyDelete
  13. masa kanak2 memang menyenangkan, belum mikirin ini bener atau ini salah...kesian yang paling ujung tuh mbak, diumpel2in temennya :D

    ReplyDelete
  14. Jungkat-jungkit...dari kecil ga ada yg mau maen itu sama gua, soalnya kalo gua dudukin, jungkat jungkitnya langsung ga bisa gerak, hahaha

    ReplyDelete
  15. dulu waktu kecil aku selalu di atas karena saking kurusnya, sekarang? Pasti bandingannya 2 orang...

    beuh...

    ReplyDelete
  16. kami punya pengalaman yang kurang begitu baik dengan jungkat-jungkit ini Mbak ...

    Waktu itu Si Sulung masih TK Besar ... dan pagi itu dia dan teman-temannya heboh main jungkat jungkit ... namanya juga anak-anak ... mereka mainnya rada keras. Si sulung kebanting diatas ... kebanting dibawah ...

    Sorenya dia mengeluh sakit di bawah perut ...
    Ternyata si Sulung (mohon maaf) turun berok. Saya tidak tau istilahnya kedokterannya. Yang jelas dia harus diurut waktu itu

    Sejak saat itu kami trauma dengan jungkat jungkit

    Salam saya Mbak Lidya

    ReplyDelete
  17. oh itu sech permainan aku waktu kecil...tp namanya bukan jungkat jungkit...sama kayak rawins namanya "njot njotan" hahaha.....

    ReplyDelete
  18. chika dulu sring nangis mba jatuh dari jungkat jungkit hihiii

    ReplyDelete
  19. waktu kecil, saya dulu pernah dibikinin jungkat jungkit dan ayunan di halaman belakang rumah bu sama bapak saya... hehe

    ReplyDelete
  20. yg cowok2 itu pada kalah..hehe

    ReplyDelete
  21. jiahahahahahaaa...
    rame asiiik
    awas kaki kejepit

    ReplyDelete
  22. jadi inget waktu masih di SMP. soalnya sebelahnya ada TK, jadi sering mainin mainannya. maklum, soalnya saya ga TK bun, langsung MI atau SD *curcol

    ReplyDelete
  23. Waktu kecil jg gitu Teh, suka main borongan ma temen2 hihihihi

    ReplyDelete
  24. Memang senyum anak kecil itu magic sekali.. saya sangat senang melihat mereka senyum :)

    ReplyDelete
  25. hehehe.... dunia anak-anak itu memang yang paling indah yaa....

    ReplyDelete
  26. Seru ya Mbak liat anak2 kecil maenan heboh kayak gtu.. Tp kadang deg2an jg takut aja yg kejepit atau ketindihan temennya.. Hehehe...

    ReplyDelete
  27. Pascal yang mana mbak? kok ndak kelihatan..

    ReplyDelete
  28. asyiknya main jungkat jungkit, anak 2 kecil pasti suka sekali sampai lupa waktu :)

    ReplyDelete
  29. Pascal tiap hari masih ditungguin ya Mbak ngajinya? belum berani dilepas ya. kalau anak saya berangkatnya sudah berani bareng teman-temanya jalan kaki, padahal lumayan jauh, tapi lebih milih bareng teman-temannya daripada saya anterin.

    ReplyDelete
  30. lebih senang ayunan daripada jungkat-jungkit waktu TK-SD dulu.. lebih senang "terbang" di atas ayunan soalnya.. hehehehe..

    ReplyDelete
  31. tapi kalo bantalannya ga empuk lumayan bikin sakit pantat :(

    ReplyDelete
  32. kalau saya menamai yang gituan :enjot enjotan.

    ReplyDelete
  33. kalau dizaman saya dulu namanya bukan jungkat jungkit, tapi apa yaakk???? Enjotan kali yaaa...

    ReplyDelete
  34. aku pernah main itu dulu, hasilnya terpental jatuh karena lawannya gk seimbang hehhee

    ReplyDelete
  35. ingat waktu kecil, bikin sendiri dari papan ditaruh dimana saja asal bisa jungkat-jungkit.. :D

    ReplyDelete
  36. rame bener...jadi keinget masa TK dulu!ane sering dijahilin temen n cengeng (waduh malah jadi curcol) hehe

    ReplyDelete
  37. lihat fotonya saya malah takut kalo tiba-tiba jungkat-jungkitnya patah hiiiii serem.

    ReplyDelete
  38. saya jd kangen ni main jungkat-jungkit....
    :P
    udah gede sekarang mainannya beda ssiiih...
    :P

    ReplyDelete
  39. Yang perlu diperhatikan adalah kekuatan besinya Mb, bisa ga utk menahan 15 orang anak atau lebih ?

    ReplyDelete
  40. Assalamualaikuum,.
    lama nian saya g kesini,.
    hehehhehe,.
    pa kabar mba'?

    ReplyDelete
  41. Hehe.. gak bisa gerak2 deh kalo kek gitu muatannya :D
    Ada2 aja anak2 itu :D

    ReplyDelete
  42. kalau dipasang di taman rumah, sepertinya bagus, ya Bu?

    ReplyDelete
  43. Senangnya melihat anak anak riang bermain, tapi itu papan jungkat jungkitnya kasihan juga ya dimuat sampe sebegitu banyak anak. He he. .

    Salam.. .

    ReplyDelete
  44. Kalau saya, tidak hanya senang lihat anak-anak bermain, juga senang mainnya sebab sy tidak pernah TK dan tidak pernah dapat mainan seperti itu. :-)

    ReplyDelete
  45. parahh jungkat jungkit nya. full capacity. kalo isi nya badan aku semua. bisa patah terbelah 5

    ReplyDelete
  46. jungkat jungkit ga seru kalau ga seimbang he he

    ReplyDelete
  47. Saya juga juga bermain ini waktu kecil. Kalau dimainkan secara berbarengan memang asyik skali.

    ReplyDelete
  48. untung ibunya gak ikutan jungkat jungkit, hihi

    ReplyDelete
  49. rasanya gak akan bosan lihat tingkah laku anak-anak yang masih polos dan penuh keceriaan...

    ReplyDelete
  50. ingin jadi anak kecil lagi dan merasakan indahnya dunia yang tanpa masalah...

    ReplyDelete
  51. ingin jadi anak kecil lagi dan merasakan indahnya dunia yang tanpa masalah...

    ReplyDelete
  52. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....

    ReplyDelete
  53. maenan kesukaanku dulu itu aku biasa bilangnya enjot-enjotan :D

    walah itu 15orang yang main hihihi ada2 aja tingkah anak2 mah

    ReplyDelete
  54. Mau juga dong ikutan maen jungkat jungkit... hehehe #kangen masa kecil

    ReplyDelete
  55. jadi inget waktu tk dan sd, kalo main2 ke tempat sekolahnya bapak mesti numpang main main disana :)

    ReplyDelete
  56. masa indah...:) rame dan kebersamaan..

    ReplyDelete
  57. Enakan main jungkat-jungkit daripada ayunan, suka pusing + mual kalau main ayunan. hehehe.... Pascal, Alvin! main jungkat jungkit sama Om, yuk! tapi jangan lupa bawa Oreo nya ya. hahahaha

    ReplyDelete
  58. Pascalnya mana, Mbak? Kok gak kelihatan?

    ReplyDelete
  59. jadi teringat waktu saya kecil dulu, tapi bedanya sya main jungkat jungkitnya pke papan kayu pohon kelapa yg baru di gergaji. Hehe tapi ada jg yg pke papan kayu lain...in jungkat jungkitnya pke papan kayu pohon kelapa yg baru di gergaji. Hehe tapi ada jg yg pke papan kayu lain...

    ReplyDelete
  60. Kebayang serunya Lidya, waktu masih kecil dulu...saya juga seneng banget main jungkat jungkit ini.
    Kalo sekarang...?
    Doooh...ampun deh!
    :D

    ReplyDelete
  61. aku juga suka main jungkat jungkit wlaupun dah gede gini. hehhee...apalagi anak kecil

    ReplyDelete
  62. hahaha...., tingkah anak-anak memang tidak terduga ya mba..

    ReplyDelete
  63. Hahahah inget masa kecil dulu, main jungkat jungkit rombongan gitu :D

    ReplyDelete
  64. Huahahahaaa....
    itu judulnya jungkat jungkit kolosal masal ya Mbak...

    dasar anak anak
    makin rame, kayaknya makin seneng tuh

    ReplyDelete
  65. Mantab,.... makasih atas informasinya...

    ReplyDelete
  66. udah jarang nih sekarang jungkat jungkit di tempat saya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...