badge

Tuesday, November 8, 2011

Belajar Kata Berawalan (Pascal)

Belajar lagi yuk, walaupun sudah punya anak dua belajar masih harus loh, apalagi anak-anak jaman sekarang rasa ingin tahunya lebih besar, kalau bisa kita sebagai orang tua membantu mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Nah akhir-akhir ini Pascal dirumah selalu menuliskan kata-kata berawalan,misalnya hari ini berawalan La-, besok Li-. Pascal selalu menuliskan semua kata yang dia tahu,sisanya minta bantuan mamanya. Nantinya dia akan baca dan memutuskan untuk menyebutkan salah satu kata disekolah. Ternyata masing-masing anak diharuskan menyebutkan kata berawalan yang telah ditentukan. Pascal maunya menyebutkan kata yang tidak banyak diketahui temannya, dia bilang kalau yang gampang nanti sudah diambil dan disebutkan oleh temannya.

Mamanya dong mikir keras halah lebay, kadang-kadang mentok sewaktu mencari katanya, karena Pascal menyediakan kertas yang harus diisi penuh. Tidak habis akal dong aku googling dan menemukan situs khusus jadi aku bisa melihat sekaligus menjelaskan arti dari kata yang dimaksud. Berhubung tidak punya kamus besar bahasa indonesia, jadi sekarang ini aku mengandalkan http://www.kamusbesar.com, disana aku bisa melihat prefix atau kata berawalan yang sedang dicari Pascal.

Gambar diambil dari sini

59 comments:

  1. untung ada internet..
    kalo gak bisa usaha lebih buat nambahin kata-kata berawalan

    ReplyDelete
  2. tadi sempet mikir juga..kata berawalan tuh seperti apa yah...lupa...hehhe..kan kalo farrell gak ada belajar seperti itu...assesment farrell yg terakhir tuh belajar "rules for making singular nouns plural"...

    ReplyDelete
  3. iya mba, semua jadi mudah dengan internet....lebih lagi google semakin menjadi-jadi....to be easy..

    ReplyDelete
  4. iya tuh, bener ... jadi orang tua jaman sekarang harus terus belajar, harus ikut pinter bareng anaknya.

    ReplyDelete
  5. Sejak Shasa masuk SD aku bersahabat erat dg Google mbak... jadi saat aku gak bisa jawab, aku pasti akan bertanya pada mbah Google deh.. hehehe. #loveinternetverymuch

    ReplyDelete
  6. Ibu memang harus terus belajar ya mbak, kalau gak gitu gak bisa bantuin anak2 belajar :)

    ReplyDelete
  7. Kamus besar bahasa Indonesia, aku termasuk yang hampir tak menyentuhnya... tapi setelah punya anak jadi ikut buka dan baca, karena harus mengajari mereka ... Indahnya menjadi guru untuk anak2 kita ya Mbak ;)

    ReplyDelete
  8. asyik tuh! waktu kecil aku paling suka pelajaran bahasa, hehehe :)

    ReplyDelete
  9. Tenang mbak.... Mbah Gugel siap membantu.
    hihihi

    ReplyDelete
  10. aku ada kamusbesar bahasa indonesia lho mba, mo tak pinjemin xixixi

    ReplyDelete
  11. Waaa,
    bukannya prefiks tuh kayak me- ke- gitu ya. Haha gatau ding~

    ReplyDelete
  12. aku baru tahu kamus besar, biasanya googling cari arti kata dapat situs yang lain

    ReplyDelete
  13. Anak yang sekolah, tetapi orang tua juga harus cerdas untuk mengimbanginya ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  14. assiikk,, ahirnya nemu kamus dari sini,,
    Rajin belajar ya Pascal.. :D

    ReplyDelete
  15. Sama Mba, dengan yang di TK anak-anakku. Sekarang Wisam (si bungsu) kan udah TK A dan bawaannya sekarang juga begitu. Untungnya kakak-kakaknya sudah biasa dengan pola itu, jadi malah mereka yang bantuin adiknya..

    Saya cuma mendengarkan saja..hehehe
    Bantuan kosakata kakak-kakaknya seringkali mengejutkan saya..

    ReplyDelete
  16. Pascal yang semangat terus ya belajarnyaaaaaaaaaa, sama kayak keponakan saya mbak. Tiap kali hari sekolah selalu bersemangat. Sampe di rumah juga masih gethol belajar...

    ReplyDelete
  17. kirim Pascal ke Jember mbak Lid, biar saya kasih les privat khusus nanti hehe

    belajar sing pinter yo le, biar gede bisa jadi blogger, eh dokter

    ReplyDelete
  18. Mari para bunda terus belajar dan belajar... untung ada internet yah mbak.. hehe..
    Lama banget nich gak berkunjung.. udah banyak ketinggalan cerita nich..

    ReplyDelete
  19. anak sekarang memang kreatif dalam perkembangannya, ini tentu membutuhkan pendampingan yang lebih baik

    ReplyDelete
  20. asyiknya jadi orang tua. anak-anak bisa jadi teman belajar yang asyik

    ReplyDelete
  21. sama mbak saya juga belum punya KBBI.
    untung ada internet ya mabk jadi terbantu.

    ReplyDelete
  22. msh TK aja udh begitu ya Teh... untunglah ada internet ;)

    ReplyDelete
  23. Belajar memang tak pandang bulu ya mba.... tak mengenal usia, update info wajib, apalagi menghadapi anak2 sekarang, masih balita aja udah kreatif, so mamanya harus well prepared ilmu dan kosa katanya, hehe

    ReplyDelete
  24. saia yakin, kalo berawalan P, pasti akan menjawab Pascal atau Pesing #eh :D

    ReplyDelete
  25. hihihi untung ada bantuan mbah google ya mba :)

    ReplyDelete
  26. anak yg b elajar, ibu jadi harus inget2 pelajaran sekolah dulu ya..

    ReplyDelete
  27. waah :O untunng banget ya udah ada internet, tinggal ketik doang :D

    ReplyDelete
  28. Dear.

    wah bang pascal makin sibuk di sekolah yaaach dan pihak sekiolah juga sangat kreatifff...... pasti senang dong dengan perkembangan pascal yaaaa mbak...

    susan masih dorman mbak...


    regards.
    ... Ayah Double Zee ...

    ReplyDelete
  29. Belajar memang tidak kenal usia meskipun sudah beranak dua tapi yang namanya belajar pasti tidak ada batasnya. Gak enak kan kalau pas kopdar kita b dibilang telmi karena pas ada awalan tapi kita tidak bisa melanjutkan :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  30. besahabat dengan google menyenangkan. Tapi harus tahu kata kunci yang tepat untuk mencarinya.
    Tapi untungnya saja Pascal tidak salah bertanya kepada mamanya, karena mamanya adalah sahabat paman google.

    ReplyDelete
  31. Pascal mau tampil beda ya udah ada bakat mau jadi juara itu mbak

    ReplyDelete
  32. wah, zaman sekarang anak2 makin kritis dan kreatif, dan sang ibu harus ikutan belajar juga agar gak ketinggalan dan bisa mengikuti dan menjawab pertanyaan2 anak2 ya Lidya....

    Untungya Pascal punya ibu yg smart, jadi ....beres deh semuanya ...
    salam

    ReplyDelete
  33. Pascaall..kita main yuk..
    Sini nanti kita belajar sama tante nchie..

    ReplyDelete
  34. Iya, mba..belajar itu gak mengenal umur.
    kayaknya menjadi orang tua itu, blajar yg gak pernah berhenti.
    btw, thx infonya :)
    salam sayang buat pascal :)

    ReplyDelete
  35. Mamanya sedang di uji sama anaknya ini mah,kaya anak sama bu gurunya,hehehe
    Untungnya mama melek internet jadi kagak susah kalau bantuin Pascal masalah pelajarannya

    ReplyDelete
  36. wah saya ikut belajar dg membookmark dulu kamusnya ya mbak ^ ^

    ReplyDelete
  37. Internet memang memudahkan ya bun....

    ReplyDelete
  38. belajar mah emang harus terus dilakukan ya mbak. apalagi udah punya anak. pasti bakal di tanya banyak tentang PR nya dll, hehe..

    kalau di tanya matematika gak usah buka kamus donk :P

    ReplyDelete
  39. internet menag gudang semua ya. jadi ngak usah takut. ada semua. hihihi pascal jadi anak yang pinter nya

    ReplyDelete
  40. Hahahaha...thanks to internet ya mbak :D

    ReplyDelete
  41. untung ada google... bisa dicontek nih cara belajarnya..:)

    ReplyDelete
  42. beuhhh mantap... seumur pascal belajar nya langsung onlen.. saiia dulu malah gag tau sama sekali.. beruntung iia anak2 era sekarang nii ;)

    ReplyDelete
  43. Seperti kata iklan dalam angelnya, "untung ada internet".

    Walaupun internet sudah ngetren dalam kehidupan masyarakat kita. Hanya seorang blogger saja yang dapt mengetahui atau mengopersionalkan internet loh Mba.

    Karena masih banyak masyarakat kita hanya tahu internet di jejaring sosial saja. Dan itu pun banyak yang masih belum lancar.

    Yang terpenting untuk urusan yang satu ini sudah berhasil.

    Sukses selalu ya Mba. Dan salam untuk keluarga.
    Sukses selalu
    Salam

    ReplyDelete
  44. ternyata walau sepertinya sepele cuma nyari kata yg berawalan la dan li ,, mamanya hrs repot dech googling,, tapi salut dech mamanya perhatian banget dgn pendidikan dini si pascal, jd pengen punya mamanya calon anak2 sy yg seperti ini juga,, serba bisa,,

    ReplyDelete
  45. mbake...
    ada salam dan ucapan terima kasih dari mba wina serta diriku atas kirimannya yang sangat cantik.

    maafkan mbake wina lom sempet mosting.

    ReplyDelete
  46. internet,gugel dan 1 lagi yutub *dapet dari vera ini* ternyata sahabat ibu ibu jaman sekarang,hihihiii...

    ReplyDelete
  47. wah jd ibu itu belajarnya tanpa henti ya mbak... semoga pascal makin pintar ^_^

    ReplyDelete
  48. wah emak emak canggih yah mbak jaman sekarang, update pokoknya..jadi bisa dapat ilmu parenting sebanyak banyaknya :)
    Salam buat kak pascal dan dedek alvin

    ReplyDelete
  49. Dengan pengalaman ngajar anak sendiri, lamam-lama Mb Lid bisa buka kantor konsultan khusus balita nih. Bisa bikin project yang menghasilkan mba.... :0

    ReplyDelete
  50. Dari banyak hal kita bisa terus belajar, termasuk kata-kata berawalan ini ya...kebayang deh serunya nyari kata-kata yang dimaksud :)

    ReplyDelete
  51. Thanks to internet ya mbak.. hehehe

    ReplyDelete
  52. Thanks to internet ya mbak.. hehehe

    ReplyDelete
  53. Setuju mbak, kita juga harus belajar lagi... biar bisa ngajarin anak.
    Lumayanlah, jadi nambah ilmu juga aku buka kamus besar itu ... :)

    ReplyDelete
  54. aku baru tahu ada kata berawalan le atau li hhihihi. Kupikir awalan ber-, me-, pe-, ter dsb nya :D

    ReplyDelete
  55. Kadang2 sbgai org tua, kita dbuat pusing jg sama prtanyaan anak, selain nanya'nya macem2,,semua hal sllu pingin ditahu,,..
    cape deh :-D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...