Sunday, December 18, 2011

Ayo Ngeblog: Dari Ngeblog jadi Pro ASI

Pertama aku ngeblog di Multiply 28 Februari 2008 dengan Id mamapascal. Tapi sebelum itu aku pernah buat di blogspot pada November 2007 cuma ada 4 postingan. Pada Agustus 2009 aku membeli domain fitrian.com dan menyewa hosting dan menggunakan wordpress untuk ngeblog. Karena tempat hostingnya agak bermasalah aku memutuskan untuk menggunakan kembali blogspot dengan membeli domain www.fitrian.net pada 22 november 2009 sampai sekarang. Ada beberapa postingan yang aku pindahahkan dari blog lama ke belog baru.

Dari aktivitas ngeblog ini aku mempunyai banyak teman didunia maya dan beberapa kali kopdar dengan ibu-ibu Mpers. Dari situ aku mulai mengenal teman-teman yang Pro ASI, bahkan aku mengenal teman yang merupakan pengurus AIMI. Sejak itu aku berjanji untuk memberikan Full ASI untuk anak keduaku nantinya. Allhamdulillah bisa berhasil kurang 3 bulan lagi Alvin akan memasuki Weaning with Love.

Tanpa bermaksud menyinggung teman-teman yang tidak bisa memberikan ASI untuk anak-anaknya, aku sekedar bercerita pengalamanku saja. Aku tahu masing-masing Ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, tapi kalau kebutuhan ASI tidak bisa dipenuhi tentu saja pilhan lain harus diambil,yang penting sudah berusaha.

Waktu Pascal lahir aku memberikan ASI, karena keterbatasan ILMU dan PENGETAHUANku tentang ASI jadinya aku juga memberikan susu formula kepada Pascal. Apalagi suamiku juga ketakutan kalau Pascal kekurangan gizi karena ASI yang sedikit. Didalam hatiku sempat melawan karena ingin memberikan ASI penuh kepada Pascal.

Berbeda dengan anak kedua, Suamiku justru mendukung penuh untuk memberikan ASI penuh pada Alvin, sampai ada salah satu pengurus AIMI bilang salah satu ayah pendukung ASI terbaik yang dia kenal. Aku belajar banyak dari teman-teman juga membaca artikel yang berhubungan dengan ASI.

Sebelum melahirkan juga aku sempat mengikuti kursus serba serbi ASI di Hermina Bekasi, kegiatan ini gratis loh tidak dipungut biaya. Disana aku diajarkan cara menyusui yang benar sampai bagaimana agar ASI bisa diproduksi denganbaik dan banyak. Juga diajarkan cara memerah ASI dan penyimpanan ASI yang baik.

Tekadku sangat besar untuk bisa memberikan ASI kepada Alvin, apalagi ada teman-teman yang juga bekerja kantoran tapi bisa memberikan full ASI kepada anaknya, aku sebagai ibu rumah tangga tentunya bisa memberikan yang terbaik untuk Alvin. Juga bisa belajar dari kesalahan dari anak pertama. Sedih juga kalau mengingat tidak bisa memberikan ASI penuh ke Pascal, Insya Allah Pascal mengerti kalau mamanya tetap sayang kok.

Intinya kalau ingin memberikan ASI itu harus percaya diri dan didukung penuh oleh keluarga terdekat yaitu Suami. Jangan hanya percaya mitos tapi cari tahu apa yang seharusnya. ASI akan semakin banyak apabila dihisap oleh bayi.
Allhamdulillah dari Ngeblog jadi Pro ASI


Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

34 comments:

  1. Asi memang yang terbaik,semoga sukses yah mbak.love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  2. ikut menyemangati mba, memang ngeblok sudah mendarah daging, sehari gak online aja seperti makan tanpa garam....lebay

    ReplyDelete
  3. bener sob ASI makanan terbaik buat si kecil.........

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    ReplyDelete
  4. emang beda banget antara anak yang diberikan asupan ASI dengan yang campuran ASI dan Susu pabrikan. dari 3 anak saya, yang kedua dan ketiga sejak lahir 'murni' pake ASI sampai usia sapih bahkan yang ketiga sampe umur 3 tahun tetap ASI. Sedangkan yang pertama karena terkena sariawan sejak umur 3 bulan sudah tidak mau ASI, dan bedanya jauh banget. Yang pertama kelihatan lebih lemah dibandingkan adik-adiknya.
    Semoga para Ibu dan calon Ibu memberikan ASI sepenuhnya karena kandungan ASI sangat luar biasa, subhanalloh
    moga menang kontesnya Mbak

    ReplyDelete
  5. Maju terus teh Lidya ... semangat ngontesnya. Pascal dan Alvin pastinya sangat bangga dengan mamanya. Salam

    ReplyDelete
  6. Salam Pro ASI.

    Semoga saya pun bisa mengikuti jejak mba lidya :)

    sukses WWL nya ya..

    ReplyDelete
  7. Meskipun saya laki-laki saya pro Asi juga hee...ngak tega lihat bayi yang tanpa diberi Asi,..

    Sukses untuk kontesnya mbak yach...salam hangat dari Jembrana-Bali

    ReplyDelete
  8. bener tuh bu
    aku juga jadi kekurangan gizi jauh dari asi...

    ReplyDelete
  9. Bagaimanapun ASI memang yang terbaik buat bayi...sukses ya bu..

    ReplyDelete
  10. Pemberian ASI kepada anak memang sangat dianjurkan karena memberikan manfaat ganda yaitu kesehatan dan kedekatan emosional antara anak dengan ibunya.

    Joke yang mengatakan " susu ibu untuk anaknya, susu sapi untuk anak sapi" layak dicermati. Namun demikian jika keadaan memang tak bisa dihindari maka susu non asi juga terpaksa diberikan.

    Semoga berjaya dalam kontes ini ya jeng.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  11. Semangaaat Mama... Smoga Alvin bs sampai 2 tahun yaaa... dan proses weaningnya berjalan lancaaarr..

    ReplyDelete
  12. ini nih yg aku suka dari mama cal vin.. emak2 tapi mantap lah demi anak2nya.. apalagi blogger canggih ginii.. hidup mamah! :D

    ReplyDelete
  13. ASI memang yang terbaik ya Mbak, semoga dimudahkan dalam WWL nanti yaa...

    Semoga sucses di Ayo Ngeblog-nya ya ;)

    ReplyDelete
  14. wah dah sebulan ini anakku tak sambung mb susunya, tapi tetep yang dominan ASI sih,biasanya sih bisa aku tinggalin 2 botol ASIP kalau sampe sore.

    Yoshh semangat lagi ah untuk bikin bank ASI.

    ReplyDelete
  15. sy ga pnya pengalaman mengesankan dr ngeblog, kecuali bagi ilmu dan dpt hadiah plus teman

    ReplyDelete
  16. eh kelupaan klo ga salah inget dlm islam, anak seharusnya dikasih asi smpe usia 2 th ya...

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah yah mba..ternyata ngeblog bisa bermanfaat dan berpengaruh terhadap perkembangan anak kedua dengan memberikan ASI...
    terima kasih mba sudah berbagi..
    kami catat sebagai peserta..
    dan terima kasih atas partisipasinya...

    ReplyDelete
  18. Saya juga pendukung pemberian ASI pada bayi,Lidya :D

    ReplyDelete
  19. jaman dulu asi sudah digunakan, tapi di jaman modern gara-gara produsen susu, jadilah si ibu termakan iklan :(

    ReplyDelete
  20. asalamualaikum,
    ayo mba terus ngeblog.semoga sukses ya mba.

    ReplyDelete
  21. Aku juga pro ASI banget, mbak, tapi bedanya aku awalnya bukan karena ngeblog, awalnya karena dapat promosi ASI dari kakak, mama, dan mertua yang sudah lebih dulu melihat dampak ASI ke anak-anak mereka :)

    Semoga menang kontesnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  22. benar sekali... jangan takut anak tidka mendapatkan gizi dari ASI. Anak saya tumbuh dengan subur berkat ASI tanpa makanan selain ASI maklum masih berusia di bawah 6 bulan :)

    mantab ni Mbak Fitrian bisa ngeblog dengan lancar. sukses selalu.

    ReplyDelete
  23. Saya salut sama seorang ibu yabg masih ngeblog padahal rutinitasnya sebagai seorang ibu sangat padat. Salut mbak buat anda

    ReplyDelete
  24. Wah member MP jg? saya jg masihaktif di MP (hasseitakano)

    selamat... smoga lancar 3 bulan ke depannya menjadi winning with love memberikan ASI full 2 thn

    Smoga kelak saya jg bs begitu (pdhl hamil jg belum) wahahahah

    salam kenal kk

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah dulu emak saya ngasih ASI kurang lebih dua tahun (sedikit lupa)...

    dengan ASI akan memberikan banyak sekali manfaat, selain kandungan gizi yang terakndung di dalamnya juga bisa meningkatkan hubungan eraat ibu dan anak..

    salam kenal :D

    ReplyDelete
  26. ASI memang yang terbaik, namun terkadang banyak ibu yang tak mampu memberikannya karena keterbatasan supply/produksi ASI itu sendiri yang kurang, atau masalah harus bekerja dan sebagainya. Beruntunglah ibu2 yg dapat sepenuhnya memberikan ASInya bagi sang buah hati, terutama ASI Exclusive ya mba...

    Intan juga Alhamdulillah tercukupi ASInya sampai genap dua tahun, tapi ya itu mba.... terpaksa harus dibantu susu formula setiap jam 7 pagi sp jam 5 sore, karena ibunya bekerja.

    Oh iya, sukses untuk kontesnya ya mba...blogging memang sangat bermanfaat. semoga menang.... :-)

    ReplyDelete
  27. ah emang ngeblog banyak manfaatnya... nambah teman dan nambah pengetahuan...

    btw, ttg weaning... aku kesulitan lohh mbak sama vania... jd lebih dari 2 tahun deh... ehehehe...

    semoga weaning with love berhasil sukses dgn ALvin nanti ya mbak Lid..

    ReplyDelete
  28. ASI memang baik untuk pertumbuhan anak.
    Sambil ngeblog, juga bisa memenuhi ASI si anak.
    Semoga menang mbak kontesnya.

    ReplyDelete
  29. hiks, sedih deh, Fauzan mau dikasih ASI cuma sampai 14 bulan. Bukan karena ASI ngga ada, tapi anaknya menyapih sendiri.

    ReplyDelete
  30. Kata mamah aku ASInya cuma 10 bulan aj Teh, meni karunya nya diriku hahahaha

    ReplyDelete
  31. Baiknya asi.itu.2 tahun yak mbak? dengan MP ASI tentunya.. aku juga bersyukur.ditempatkan kerja di dinkes.. jadi banyak pengetahuan.kesehatan.dasar yg aku ketahui.. mudah2an semua ibu bisa memberikan.asi deh :)

    ReplyDelete
  32. Dengan berbagai manfaat positif dari kegiatan blogging, semakin mantap saya menjadikan blogging sebagai kegiatan utama di dunia maya.

    Semoga kita sama-sama menang di kontes ini.

    ReplyDelete
  33. pokoknya ngeblog ternyata membawa banyak manfaat ya Mbak

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya