badge

Friday, December 16, 2011

Belajar dari Anak

Allhamdulillah hari ini testnya Pascal di TPA berakhir,hari ini hanya mewarnai saja. Sempat bingung juga waktu tahun lalu kalau di TPA nya ada test. Tapi tidak seperti bayangan aku kok, Pascal bisa menyelesaikan testnya dan mendapatkan rangking 1. Untuk semester ini belum tahu hasilnya baru akan dibagikan jum'at depan,tapi aku sih santai saja tidak memberikan target apa-apa hanya membantu Pascal jika dia bertanya.

Dari test ini aku jadi belajar juga dari Pascal.Ketika Pascal membaca hadist-hadist yang didapat aku mencoba mendengarkannya. Karena belum hafal aku minta diajarkan ke Pascal. Malu dong masa anaknya bisa,mamanya gak bisa :)
Allhamdulillah sekarang aku hafal beberapa hadist pendek,juga kata-kata dalam bahasa arab.

Intinya tidak perlu malu belajar dari anak. PR lagi buat aku agar lebih banyak menghafal doa-doa dan surat-surat Pendek supaya lebih mudah mengajarkan anak.

43 comments:

  1. waaa pascal pinter yaa bisa hafal hadist hadist, smoga beso Hafizh juga pinter kaya mas pascal..:)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah jika kita sebagai orang tua menyadari akan hal ini, sebab belajar tidak harus dari orang yang lebih tua dari kita, dengan anak-anakpun ndak masalah selagi itu masalah kebaikan apalagi dengan cara pendampingan belajar anak, secara tidak langsung kita juga ikut belajar

    ReplyDelete
  3. bener mbak... kalo urusan belajar sih, nuntut ilmu sama siapa aja, termasuk sama anak juga...

    ReplyDelete
  4. tidak perlu malu belajar dari anak ya mbak, bener banget. wah di TPA ada test nya segala ya. dulu aku gak pernah sih, hehe. lucu euy dek pascal :D

    ReplyDelete
  5. iya mba, tinggal mengarahkan anak kearah pembelajaran AlQur'an yang lebih mendalam, tinggal melihat apakah anak senang dan berminat atau tidak?...

    ReplyDelete
  6. Memang enak kok ngajarin anak tuh...yang sebelumnya kita gak tau...eh malah kita tau..kadang malah kita mau ikut belajar juga

    ReplyDelete
  7. Betul Lidya, belajar itu bisa dari siapa saja, termasuk anak-anak kita :)

    ReplyDelete
  8. mmg ndak perlu malu mb, belajar busa dr siapa sj. Bahkan guru pun seringkali belajar dari muridnya :)

    ReplyDelete
  9. Belajar tak memandang usia, bisa saja kita belajar kepada anak karena anak memang sudah diajarin tentang hal itu. Pada waktu kita seusia anak2 kita, mungkin pelajaran yang diterima belumlah bervariasi seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  10. aiihhh saya jatuh cinta ma si Ganteng Pascal ini, pinterrrrr, ajarin kk diah juga dunk sayang hafal2 hadistnya :D

    ReplyDelete
  11. Setuju Mbak, tak perlu malau belajar dari anak :)

    Salam buat Pascal...

    ReplyDelete
  12. Saleum,
    Pascal Hebat euy... :) semoga makin bertambah umur, makin mantap dalam penguasaan hadist2 itu.
    -- sekalian mo ngabarin, saat ini dmilano migrasi ke timur pake blogspot air. :)
    kapan kapan mampir ya mbak Ni
    http://cangkirkupi.blogspot.com/

    saleum dmilano

    ReplyDelete
  13. Saleum,
    Pascal Hebat euy... :) semoga makin bertambah umur, makin mantap dalam penguasaan hadist2 itu.
    -- sekalian mo ngabarin, saat ini dmilano migrasi ke timur pake blogspot air. :)
    kapan kapan mampir ya mbak Ni
    http://cangkirkupi.blogspot.com/

    saleum dmilano

    ReplyDelete
  14. kalau sekolahnya di SDIT point plusnya, porsi pelajarn agama lebih dari sekolah umum. hafalan surat pendek, hadist, amalan/ibadah sunnah di jadikan kebiasaan sehari-hari. Tentunya hal ini akan membuat orang tua juga 'ikut' belajar lagi deh...

    ReplyDelete
  15. selalu seneng baca cerita tentang pascal. pinter banget ya... :)

    ReplyDelete
  16. Pascal pinter banget deh. Selamat yah ranking 1

    heheh iya Teh kaang orang tua pun justru belajar dari anak2nya :-)

    ReplyDelete
  17. Saya juga sering belajar sama anak anak Mbak. Dulu pas masih kerja di crayon.

    ReplyDelete
  18. Setuju Mba..Semua tingkah laku anak membuat kita merenung dan bisa belajar dari mereka..saling mengisi antara ibu dan anak..

    Ada Kisah,Waktu Olive kls 1 Renangnya Jago dah dapet 3 gaya,Emaknya cuma bisa gaya botol dan BAtu.
    Terharu aku di ajarin sama Olive,belajar saking pengen bisanya berenang,alhamdulillah bisa ngambang Mba dnegan gaya dada..Huree..

    ReplyDelete
  19. Lho, ternyata ada tes mewarnai ya di tpa...
    "Pascal, ajarin mamanya yaa..."

    ReplyDelete
  20. senang ya klo yang ngajarin anak
    kapan aja bisa dan bisa sambil apa aja hehehe plusnya lagi, bisa semakin mempererat hubungan ibu sama anak karena waktu yang dihabiskan bersama tentunya jadi lebih berkualitas :)

    ReplyDelete
  21. aku juga suka bingung
    sekarang playgroup saja pake tes segala macam
    pengelolane terlalu canggih popiye
    kayaknya mereka lupa kalo masa anak itu masa bermain yang belum perlu pake tes tes segala macam

    ReplyDelete
  22. sama mbak,
    sayapun banyak belajar hadist dan doa2 dari bantuin anak2 menghafal

    ReplyDelete
  23. Sayangnya aku belum punya anak,tapi ga salah saya turut meramikan komenatr disini,btw ditinggu ya koemntar balsan digubuk saya,terima kasih

    ReplyDelete
  24. ~waaaa ... jempol 4 utk Pascal :P

    ReplyDelete
  25. ada yang bilang belajar bareng anak2 malah cepat mengerti. seperti mbak lidya, dulu aku juga suka belajar bareng ponakan. sambil ngajarin PR sambil mengingat kembali pelajaran waktu SD atau SMP. nanti setelah azam sekolah sepertinya aku akan mengulangi lagi hal itu. dan aku suka.
    pascal dan alvin... duhhh senyumnya cakep deh

    ReplyDelete
  26. Guru adalah siapa saja, selagi kita dapat membaca apa yang dianggap dapat menambah perbendaharaan kita dalam hal ilmu..

    haditsnya apa Mba... Innamal a'malu biniat....

    ReplyDelete
  27. Pascal yg bikin bangga. Ikut senang dengan dirimu punya anak seperti Pascal, Mbak Lidya :)

    ReplyDelete
  28. ini namanya belajar sambil mengajar :D

    ReplyDelete
  29. pastinya begitu ya bun.. belajar dari anak hehe..

    salam buat pascal ya bun.. sama alvin juga :D

    ReplyDelete
  30. Anak-anak sekarang memang banyak mendapatkan ilmu yg mungkin dulu terskip saat kita sekolah. Jadi sekarang saatnya belajar sama-2....

    ReplyDelete
  31. Sering kali kita sebagai orang tua harus juga belajar terhadap anak, agar anak merasa dihargai dan lebih tepatnya menjadi suri tauladan bagi anak dalam hal belajar.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  32. masalah ilmu gak pandang umur,yang terpenting selalu berbagi ilmu kepada siapa saja.

    ReplyDelete
  33. Betul setuju sekali mbak .. saya sering menerima hal-hal yang baru yang anak saya peroleh .. kebanyakan tentang dunia anak, permainan dan kesukaannya.
    Trims atas sarannya :)
    Salam

    ReplyDelete
  34. salam kenal mbak..^^
    wah pascal keren dah hapal hadist2..ajarin tante ya..biar nanti kl raeef dah besar jg bs ngajarin..hehe

    ReplyDelete
  35. Saya seringkali iri dengan teman2 saya, karena mereka juga seperti Mbak Lidya, menemani anak saat belajar. Bukan hanya mengajari anak, namun juga belajar dari anak. Pengetahuan orang tuapun jadi bertambah. Hmm...

    ReplyDelete
  36. Pascal pinteerr deeey.. Athar baru bisa hapal huruf hijaiyah.. moga2 tar pelajaran selanjutnya bisa hapal hadist2 jg..

    ReplyDelete
  37. Justru dengan kehadiran anak, kita jadi belajar banyak sekali hal ya mbak :)

    Pascal pinterrr!!

    ReplyDelete
  38. bener bun, aku juga gitu, banyak belajar dari anak ..

    ReplyDelete
  39. Waahh keren yak diperkenalkan dg hadist gt.. dulu aku plgan baca alquran aja..

    ReplyDelete
  40. iya, kadang kadang anak bikin kita banyak belajar.

    ada temanku yang memutuskan pake jilbab mbak, gak lama kemudin, Sang ibu ikutan pakai jilbab juga.
    malu kali ya
    masak anaknya pake jilbab, ibunya gak pake

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...