badge

Saturday, December 24, 2011

Manasik Haji

Tanggal 14 Desember lalu Pascal dan teman-temannya dari TK mengikuti kegiatan Manasik haji yang diadakan di Asrama Haji Pondok Gede. Tujuan dari manasik haji ini untuk mengenalkan dari dini arti dari haji sebagai salah satu rukun Islam. Memang ada pro kontra dikalangan masyarakat kegiatan ini, tapi tidak ada salahnya Pascal juga mengikuti kegiatan manasik haji ini, karena ini sudah program dari sekolah.


Seperti layaknya orang pergi haji, Pascal juga mengenakan pakaian ihrom yang terdiri dari kain putih 2 lembar yang dipakai sebagai sarung juga atasannya. Dari sekolah rombongan sudah pergi pagi sekali yaitu jam 06.15, seperti biasa aku hanya mengantar sampai sekolah saja.

Kegiatan di Asrama Haji aku tidak tahu, tapi menurut apa yang ditulis Pascal seperti ini : " Manasik haji aku naik bis, aku lihatnya semua bohongan, disana aku lihat kabahnya besar,terus aku ke mesjid. aku sholatnya dua rokaat. aku disana makan ayam ada supnya. aku ambilbatu sembilan dilepar tiga-tiga. Lingkarannya juga ada tiga.dipinggir kabah aku lihat hajaraswatnya kaya batu"


Disekolah sebelum berangkat Manasik


Disini Pascal terlihat kecil hihihi 2 temannya ini memang jumbo

40 comments:

  1. manasik haji, zaman saya TK dulu blom ada :( tapi adik saya ngotot dia sudah haji gara-gara latihan manasik :D

    ReplyDelete
  2. Pendidikan manasik hajji sejak usia dini menurut saya sangat bagus untuk mengenalkan rukun Islam yang ke 5 itu kepada generasi-generasi penerus islam, agar mereka sejak dini sdh paham tentang ibadah hajji

    ReplyDelete
  3. Wkwk lucu yang frase 'semua bohongan' :D :D

    ReplyDelete
  4. Pelatihan sejak dini pasti akan berpengaruh besar dimasa nantinya

    ReplyDelete
  5. makasih infonya..salam kenal...

    kunungan perdana..and saya tungu kunjungan baliknya hheehe

    salam knl juga buat yang lain..
    thankss

    ReplyDelete
  6. Biarpun paling kecil tapi Pascal paling cakep kok mbak.. :)

    Jadi inget pengalaman manasik haji Shasa beberapa tahun lalu :)

    ReplyDelete
  7. menurutku manasik haji itu bagus, untuk lahitan dan manatau... ketika melakukannya ada keinginan kuat yang di aminkan malaikat untuk berangkat haji ketika dewasa.

    ReplyDelete
  8. hohohoh.. calvin udah segede itu mba?
    cepet ya...
    kayanya waktu itu liat2 poto2nya masih cilik banget :)

    ReplyDelete
  9. hahahahah kayaknya memang kecil...sama seperti anak saya,...tapi yang kecil itu biasanya cerdik mbk...terbukti heeeee

    ReplyDelete
  10. program ini ditempat saya juga dilakukan dari anak TK sampe SMA. Semoga ini menjadi letupan dihati mereka agar kelak benar-benar bisa memenuhi panggilanNya ke Tanah Suci

    ReplyDelete
  11. Biar kecil si cabe rawit Mba.. Pedes rasanya...
    Wah hebat ya masih dini telah diajarkan manasik.. subhanalloh..

    ReplyDelete
  12. waah,,moga entar kalo udah gedhe naik haji bersama yaa,,amiiiin
    @quinie:bener mbak,,dulu waktu aku juga kenal mbak fitri pascal masih imut..waktu enggak terasa udah berjalan lama yaa,,perasaan baru kemarin kita kenalan hihihihi

    ReplyDelete
  13. kecilnya sepantaran anakku ..
    tapi lucu liat mereka ikutan manasik
    *semoga suatu waktu mereka punya rejeki pergi ke tanah suci*

    ReplyDelete
  14. sama mbak, diisni juga sekolah anakku ngadain acara manasik haji. lucu banget denger dia ber labbaik Allahumma labbaik.. hihihi..pengalaman yang mengasyikkan buat anak2.

    ReplyDelete
  15. semoga stlh besar pascal bisa beneran naik haji ya.. amin :)

    ReplyDelete
  16. semoga nanti kalau dah besar bisa berhaji bersama.love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  17. dulu waktu kecil saya tidak dapat pelajaran seperti ini, namun alhamdulillah anak kita mengalami kegiatan yang baik ini .. mengenalkan haji sejak dini.
    Trims
    Salam

    ReplyDelete
  18. Saya dulu juga ada acara manasik haji kayak Pascal lo Mbak,,semoga ntar kalau sudah gede bisa haji sungguhan AMIN..

    ReplyDelete
  19. Pascal gantengnya pakai pakaian Ihram :)

    ReplyDelete
  20. wah, bagus juga tuh mbak tk-nya. mengajarkan salh satu rukun islam sjak dini.

    ReplyDelete
  21. hahahaha...si Pascal mirip saya waktu TK kok mba..
    nanti juga besarnya bisa jumbo, seperti saya juga...
    :)

    ReplyDelete
  22. Anak-anak akan lebih mengerti apa dan bagaimana peristiwa haji dengan adanya manasik haji ....

    ReplyDelete
  23. Hehehe badan Pascal kan nurun dari emaknya. Gpp Teh imud2 yang penting sehat :-)

    Btw bagus yaaa kegiatannya. Isnya Allah kalo udah gede Pascal bisa berangkat naek haji juga. Amien

    ReplyDelete
  24. untuk belajar naik haji betulan nanti ya, pascal :)

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum
    maaf OOT.

    Mamah tinggal di daerah mana?
    alamat-alamat pengiriman sudah saya emailkan ke teteh_lia@yahoo.com.
    benar itu emailnya Mah?

    Terima kasih banyak...^_^

    ReplyDelete
  26. Hmmm...kegiatan yang menarik. Anak-anak telah dikenalkan sejak dini, sehingga saat besar nanti, akan muncul keinginan untuk naik Haji.

    ReplyDelete
  27. ^__^ ya gaya pembelajaran edutainment memang sangat mengena...

    ReplyDelete
  28. He3x lucu aja melhat Pascal pakaian seperti itu :)
    Selamat ya...

    ReplyDelete
  29. dah lama ga posting dan blogwalking...membaca ini jadi ingat waktu anak saya masih TK....lucu lucu dengan baju ihramnya...

    oh iya mbak blog komunitas kami sedang ngadain dua kontes ikutan dong mbak biar rame....nitip linknya ya mbak...biar teman2 lain juga bisa ikutan...

    http://dblogerbanten.blogdetik.com/2011/12/12/kontes-appwizard-dapatkan-3-unit-hp-nokia/

    http://dblogerbanten.blogdetik.com/2011/12/12/yuk-ikutan-kontes-menulis-ekpresi-blogger-indonesia-dengan-tema-dari-blogger-untuk-banten/

    semoga bisa berpartisipasi...

    ReplyDelete
  30. kegiatan manasik kaya begini harus tetap ada kalau bisa sejak dini,supaya pondasi agama anak kedepannya lebih baik sehingga menjauhi sifat2 negatif ketika dewasa

    ReplyDelete
  31. aaa... lucu pascal nya mbak :)
    wah sayang banget mbak gak nganterin ke asrama haji.
    rumah saya deket sama asrama haji.
    hehehe
    dan kemaren itu pas ada manasik haji itu emang sempat bikin macet.hehhe

    ReplyDelete
  32. kecil-kecil cabe rawit mbak
    biar paling kecil kan tetap cakep dan hebat diantara teman-temanya yang pada jumbo

    salam dari pamekasan madura

    ReplyDelete
  33. semua bohongan...
    tanda kejujuran seorang pascal tuh bu...

    ReplyDelete
  34. aku malah baru tahu kalau anak anak di sekolah sdh belajar manasik haji

    ReplyDelete
  35. jadi ingat jaman sd dulu, ikutan manasik haji :D

    ReplyDelete
  36. deket 2 teman jumbo, Pascal jadi mungil
    hehhee
    tapi manis banget deh

    ReplyDelete
  37. Iya yah, Pascal paling mungil... ^_^
    semoga nanti Pascal bisa ke tanah suci ya... aminnnn.. :-D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...