badge

Monday, February 13, 2012

Belajar dari Lomba

Sabtu kemarin Pascal bertanya kenapa ada dus ditasnya? Loh dus apa, saya tidak memasukkan dus apapun ketas sekolahnya. Penasaran langsung saya buka tasnya, ternyata ada sebuah bungkusan hadiah juga selembar kertas gambar. Disitu saya baca tulisan pada hadiah tersebut, Juara 3 Lomba Mewarnai & Kolase dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW. 

Sebelumnya Pascal pernah bercerita dia mewarnai tulisan Muhammad disekolah,saya pikir itu hanya pelajaran mewarnai seperti biasa saja, ternyata itu lomba. Saya langsung mengucapkan selamat kepada Pascal, tapi dia malu dan langsung berlari bermain dihalaman sekolah.

Dirumah Pascal bercerita kalau juara 1 dapat hadiah celengan, Juara 2 dapat buku sedangkan Pascal juara 3 dapat mainan. Sepertinya Pascal pingin dapat celengan. Setelah saya beritahu bahwa hadiah mainan ini juga bagus loh bisa dimainkan sama-sama dengan Alvin. Pascal langsung senang dan main bersama Alvin. 


Disini kita sebagai orang tua bisa mengajarkan arti kemenangan dan kekalahan. Walaupun Pascal menapatkan juara 3 tapi dia kurang puas karena menginginkan hadiah untuk juara 1. Saya katakan Pascal agar lebih rapih dan bagus lagi mewarnainya jadi lain kali hasilnya lebih bagus dan siapa tau bisa jadi juara 1. Pascal masih suka terburu-buru dalam mewarnai, jadi bisa belajar untuk lebih hati-hati kedepannya.

Ajarkan anak untuk menghargai kemenangan agar bisa memacu dan lebih semangat kedepannya. Juga harus menghargai sporivitas apabila berada diposisi yang kalah yaitu dengan belajar lebih sunggung-sungguh yang penting adalah nilai dari proses bukan hasil.

49 comments:

  1. Hebat Pascal! Dan jawaban mamanya bahwa mainan bisa dimainkan sama Alvin juga top :D

    ReplyDelete
  2. Weh hebaaat, juara tiga. Harus dirayakan di wb nih :)

    Saya salut dengan cara Mbak Lidya mengajarkan sportifitas pada Adek.

    Ohya buat Adek Pascal, saya mau urun rembug dikit nih. Gpp ya.. hehe..

    Nanti kalo Adek ikutan lomba mewarnai lagi, ada tiga tips nya. Pertama, warna penuh (memenuhi semua bidang yg harus diwarna), rapi, trus yg terakhir, komposisi warna harus jelas. Coba Pascal hindari bidang yg berdempetan dengan satu warna yg sama.

    ReplyDelete
  3. selamat ya kak, aku di sekolaan juga ada lomba pas hari Maulud Nabi SAW tapi lomba membaca doa.....hehehe salam kenal ya...

    ReplyDelete
  4. hadiah bisa jadi motivasi juga yah.. gak papa, biar emaknya ntar beliin celengannya aja

    ReplyDelete
  5. siap, Tante :D
    insya Allah nanti aku praktekkan kalo udah jadi ibu :)

    ReplyDelete
  6. tak catet mba, biar ntar pas punya anak, tinggal buka buku contekan aja hehehe

    ReplyDelete
  7. Ibu yang bijak. Mendidik anak dari hal-hal kecil yang dipraktekan secara langsung, sambil diberikan suntikan-suntikan keindahan moral dan nilai-nilai. salut

    ReplyDelete
  8. wahh selamat Pascal..
    meskipun juara 3,tetep hebat,lebih rapih lagi ya mewarnainya biar juara 1..

    *punten baru mampir,ada gangguan nih*

    ReplyDelete
  9. Selamat yaaa Pascal. ^^
    Hebat juara tigaa ^^

    ReplyDelete
  10. setuju tuh mbak, mengajarkan anak arti kemenangan dan kekalahan, agar anak lebih termotivasi untuk selalu belajar lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. semangat ya nak... juara itu membuat motivasi kita tinggi :D

    ReplyDelete
  12. selamat ya pascal. setuju mba lidya, yang penting adalah prosesnya

    ReplyDelete
  13. Fityan pernah kelihatan sedih ketika tidak mendapatkan hadiah, padahal memang gak ikutan lomba :)

    ReplyDelete
  14. Saleum,
    Absen yang pertama :)
    MEmang harus demikian caranya mbak, sebab anak2 kan beda cara fikirnya dengan kita yang sudah dewasa yang selalu saja harus legowo dengan kekalahan. Anaka2 belum bisa demikian karena sifat ingin menonjolkan dirinya masih besar. Cara seperti mbak lid itu sudah bagus menurut saya.

    ReplyDelete
  15. wow..selamat ya Pascal! Juara 3 juga udah lumayan loh, drpd ga juara sama sekali!

    ReplyDelete
  16. setuju mbak. Byk bgt hal positif yg bisa kita pelajari dr ikut lomba sebetulnya..

    Dulu keke bbrp kali ikut lomba mewarnai.. Cuma seringkali sy suka gemes kalo liat bbrp org tua musri spt mengharuskan anaknya utk menang dg melanggar aturan2 lomba..

    Spt, kasih2 kode warnanya hrs apa aja. Pdhl org tua kan gak boleh nemenin anaknya.. Lagan si anak juga jd gak berkembang kreativitasnya.. Itu yg paling sering sy liat.. Bahkan pernah sy liat, ada org tua yg daftarin anaknya tp trus yg ikut lomba keponakannya. alasannya keponakannya itu udah sering menang lomba.. Tp nanti kl sp menang yg "seolah2" jd pemenang adlh anaknya..

    ReplyDelete
  17. wah selamat y bang pascal, juara 3 jg udah lumayan, dibanding mimi yg ikutan kontes ini itu ga pernah menang tp mimi ttp semangat koq heheheh

    ReplyDelete
  18. biasanya seorang anak apabila sering menang, punya pengalaman banyak menang lomba akan punya rasa percaya diri yang bagus

    sebaliknya saya dulu kalah melulu :D

    ReplyDelete
  19. setujuuuuuu....teh lia emg bijaksana. keberhasilan kan tidak selalu diukur dg prestasi kan teh.... satu pelajaran lagi sbg bekal nanti mendidik fathan.trims teh

    ReplyDelete
  20. Setuju .. mengajarkan sesuatu dan memaknai apa yang dialami kelihatannya lebih dipahami ya mbak ..
    trims ..
    salam :)

    ReplyDelete
  21. apakah sebuah perayaan atas kemenangan boleh? hehehhe

    ReplyDelete
  22. wuih gitu donk siapa dulu tuh mamanya :D

    ReplyDelete
  23. Saya kadang dibelang kejam mbak...padahal hasilnya udah bagus, saya bilang gini, "sudah bagus kayaknya, tapi kok ada yang masih kurang yach, masih bisa bikin yang lebih bagus ngak?"

    ReplyDelete
  24. celengannya kan bisa dibeliin sama mamanya :D

    * mendaftar GA akan ada 2 kali review dari tim GA, kalau sudah berhasil lolos review pertama iklannya memang tak langsung keluar/iklannya keluar tapi tak bernilai klik

    iklan resmi bernilai klik bila sudah lolos review kedua dari tim GA

    ReplyDelete
  25. selamat buat pascal :)
    bener banget loh, mainannya kan bisa dibuat main bareng adik. kalo boleh dina juga mau ikutan dunk ;p

    ReplyDelete
  26. Subhanallah Pascal, pinter deh kamu ^__^
    Iya bener Mbak, Nadya kalau ikut lomba-lomba gitu di sekolahnya juga lebih sering jadi juara 3. Ayahnya selalu bilang, "Tiga mah bukan juara. Satu tuh, baru juara."
    Biasanya aku timpalin, "Tapi Nadya juara 1 kok, di hati Mama."
    Gombal gombal deh, yang penting prinsip aku, anak jangan dibikin down ^__^

    ReplyDelete
  27. wuih Pascal hebat nih
    berkali kali juara

    sama kayak Mamanya yang berkali kali juara giveaway
    hehehee

    ReplyDelete
  28. Pascal dpt juara 3 pasti nular dr mamanya yg suka ikutan lomba..hihi

    apa yg di rasain pascal pasti kita jg sering ngerasainnya ya mba..pengennya dpt juara satu..

    selamat ya dedek pascal.. belajar terus yg rajin.. love u

    ReplyDelete
  29. anak cerdas, sedikit banyak pasti ada turuna dari emak bapaknya, saya percaya itu. selebihnya pun diasah juga dibimbing sama orangtua. anak-anak mba cerdas karne saya tahu mereka memiliki orangtua yang cerdas pula.
    #bangga

    ReplyDelete
  30. waahhh.. pascal hebat !!!
    aku setuju sama kalimat terakhirnya mba lidya.. yang penting adalah nilai dari proses bukan hasil. :)

    ReplyDelete
  31. Betul tuh Mbak, anak juga harus siap kalau nantinya gak menang lomba hehe...

    ReplyDelete
  32. hmmm tambah hebat aja nih si Pascal.. terus belajar mewarnai ya, insya Allah nanti pasti jadi juara dunia, eh juara 1

    ReplyDelete
  33. hadiahnya mau dong buat mainan bareng sama aku.. ehe
    hebat pascal, menang kalah itu biasa, yang terpenting terus belajar & belajar untuk bisa lebih baik lagi

    ReplyDelete
  34. salut
    walaupun saya belum punya anak
    tapi saya bisa membayangkannya

    ReplyDelete
  35. siapa dulu donk mama papanya...
    :D
    hehe

    ReplyDelete
  36. selamat ya Pascal *kecups*

    Bener deh, anak2 memang perlu diajarkan untuk berkompetisi. Menerima kekalahan dan tidak cepat puas menerima kemenangan.

    btw mbak, kalo komen di tempat aku selalu masuk ke SPAM. Kaya nya krn url nya tanpa nulis http:// gitu deh.

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah...
    Dapat mainanpun tak mengapa :D
    Semoga lain kali bisa dapat celengan :)

    ReplyDelete
  38. wah saya jg pernah pas kelas 4 SD juara 2 lomba nulis kaligrafi tingkat kecamatan, dapat hadiah perasaan jd bangga dan lebih termotivasi berlipat lipat, sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri. mungkin begitu juga dengan pascal. semoga menjadi anak yg berprestasi di kemudian hari... mirip2 ibunya kayaknya :)

    ReplyDelete
  39. Terima kasih ya mama pascal. semoga saya bisa mendidik anak-anak untuk bisa menghargai kemenangan dan memiliki sportivitas tinggi

    selamat buat pascal, rajin dan semangat ya boy

    ReplyDelete
  40. wah selamat buat pascal, dengan rajin berlatih tntu kalau ada lomba-lomba berikutnya Pascal akan bs meraih hasil yg lebih baik lagi

    ReplyDelete
  41. Selamat buat Pascal. Mudah-mudahan kalo ada lomba lagi bisa jadi pemenang pertama dan dapat celengan dengan cara seperti yang mama bilang, lebih banyak lagi berlatih mewarna.

    ReplyDelete
  42. hadiahnya kaya apa yah...?? kok gag ada potonya.. jadi pernasaran

    ReplyDelete
  43. ga cuma anak anak
    orang tua juga butuh kompetisi biar bisa termotivasi belajar lagi
    cuma sayang kalo orang tua mah mitovasinya ga bakaljauh jauh dari duit
    hehe

    ReplyDelete
  44. Pascal hebat! Selamat yah... Selamat juga buat mamanya yang udah menanamkan jiwa sportivitas sejak kecil :)

    ReplyDelete
  45. Waah..Pascal hebat. Mamanya juga hebat karena mengajarkan sportivititas :-)

    ReplyDelete
  46. Selamat yaa buat Aa Pascal... Hebat deh!

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...