Wednesday, February 15, 2012

Kue Putu

Kue putu, kue ini terbuat dari tepung beras dan tengahnya berisi gula merah yang dimasak dengan dikukus dan diberi kelapa parut. Hmmm enak deh rasanya.

Akhir-akhir ini Pascal sering sekali minta dibelikan kue putu ini. Tapi dia sudah tahu rasa jadi kalau dibelikan di penjual putu yang lewat gak mau, dia maunya putu yang dijual didepan indomaret. Memang sih rasanya beda, mungkin yang lewat itu menggunakan campuran terigu jadi rasanya agak kurang enak.



Kue putu ini biasanya dibeli setelah Pascal pulang mengaji di TPA. Putu yang biasa aku beli ini warnanya putih dan dibuat dari cetakan bambu, bukan dari PVC atau paralon, jadi lebih aman bukan. Tidak memakai pewarna. Ukurannya cukup besar harga satuannya seribu rupiah. Pascal biasanya minta dibelikan 5 :) paling sisa 1 yang aku makan. Allhamdulillah Pascal minta jajanannya yang menyehatkan.

69 comments:

  1. wahhh pinter yaaa milih jajannya
    mengenyangkan pula :)
    minta mama masakin kue putu aja hehehe

    ReplyDelete
  2. kalau di tempat saya Sekarang udah jarang yng jualan kueh putu...

    ReplyDelete
  3. kue putu? mm....nyam-nyam.
    Ada yang khas dengan kue putu,Mbak. Bunyinya sudah kedengeran padahal abang penjualnya masih puluhan meter jauhnya.

    ReplyDelete
  4. baru tau kalo ada cetakan kue putu dari paralon.

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka banget kue putu :9

    ReplyDelete
  6. wah, kue putu salah satu kue favorit tuh mbak

    ReplyDelete
  7. Pascal pintar ya Mb Lid, cari jajanan yang sehat dan mengenyangkan.... :)

    ReplyDelete
  8. di komplek ku masih ada tukang putu lewat, kalau soal rasa. belom nemu yang enak dari sekian putu-putu yang ada. nanti kalau ke rumah pascal, mau disediain deh putunya yaa :D

    ReplyDelete
  9. duh dah lama banget nggak ada tukang kue putu yang lewat deket rumah, suaranya itu loh khas bgt :D

    ReplyDelete
  10. Waktu aku kecil dulu setiap hari minta dibelikan kue putu mbak... Putu jaman dulu hijau warnanya dan harum pandan asli...beda deh sm putu hijau yg skrg warnanya ngejreng gitu... Hiks... Kangen kue putu jaman duluuu..

    ReplyDelete
  11. Pascal semakin pintar... dan smakin melek terhadap rasa. Selera emang condong ke yang enak...

    ReplyDelete
  12. kalau kue putu yang satu ini sampai sekarang masih saya suka Mba, karena keunikan rasanya yang terasa denga gula kelapa, jadinya saya selalu habis banyak bila makan kue ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  13. Seribu per biji ?!? ditempatku masih 500 meskipundengan skala yang agak kecil. Tapi kue putu dengan cetakan PVC memang sekarang sedang mengejala. Mungkin sang penjual tidak mengetahui efek dan akibat dari pipa PVC yang sering di panaskan begitu. Jadi kita yang tahu mestinya memberi sedikit pencerahan kepada para penjual itu.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  14. ini adalah jajanan favorit keluarga saya Mbak, terutama anak yang nomer 2. Selain manis yang disuka parutan kelapanya. Makan puthu paling enak kalo masih hangat dengan ditemani teh tubruk tanpa gula

    ReplyDelete
  15. Wah kue putu begini yang kangen nih .. yang putih terus kalo di bandung ada juga yang dipotong dari semacam gunungan itu he he ..
    Di sini baru menemukan yang ijo yang jualan ada bunyinya
    Tks

    ReplyDelete
  16. Sebetulnya kalau dikasih warna hijau dari daun suji, kue putu ini akan jauh lebih lezat. Tapi karena daun suji sekarang semakin langka dan prosesnya juga ribet, mending kue putu warna putih saja sesuai konten aslinya yah Mbak Lid, tepung beras..
    Aku juga suka kue putu, weh, enyaakkk..

    ReplyDelete
  17. aa pascal pinter milihnya. didikan mama pasti terpatri kuat di sanubari n pikiran aa pascal yaa jd otomatis yg dipilih ya yang menyrhatkan. salut juga ah buat mamanya

    ReplyDelete
  18. kue putu nya warna putih sama dengan kue putu yang sering saya beli di sini, justru lebih aman ya mbak...daripada pake pewarna yang nggak jelas kan...

    ReplyDelete
  19. Wah kayaknya enak tuh kue putu. Bentuknya kok kaya kue moci ya?
    Hemmm tepung terigu dan parutan kelapa, rasanya sudah kebayang. Pasti menggoyang lidah banget. Kalau cuma satu - pahit rasanya, tapi kalau lima baru terasa manisnya.

    ReplyDelete
  20. aku juga suka kue putu..
    dulu waktu masih di kampung, jajananku kue putu

    sayang di rumah sekarang ga ada yang jual kue putu :(

    beliin dong mbak hihihi

    ReplyDelete
  21. Jadi ingat bapak saya, beliau suka sekali dg kue ini..

    Salam kenal mbak :)

    ReplyDelete
  22. sekarang udah jarang banget ya yg jual kue ini.

    ReplyDelete
  23. itu namanya putu bambu lid
    kalo di medan tukangnya lewat2 di depan rumah biasanya dia jual dengan mayem jadi kue berbentuk bulat kaya kumpulan mie tp terbuat dari tepung
    enaaak banget dimakan pake parutan kelapa dan siraman gula merah :D

    ReplyDelete
  24. wah kue putu, enak makan pas udara nya dingin, malem2 ,,, ajib :D

    ReplyDelete
  25. kue putu itu kesukaan ikhsan juga..

    ReplyDelete
  26. glek, aku beneran nelen ludah nih Teh, suka kue putuuuuu, tapi ga mau beli tukang putu yg lewat, rasanya aneh bener kata Pascal :D

    ReplyDelete
  27. aku malah suka ke putu yg warna pandan hijau soalnya aroma'a lebih terasa mantap
    tapi secara keseluruhan kue putu itu makanan murah meriah + sehat loh

    ReplyDelete
  28. wah, masih ada yg putih gini ya..lbh sehat. kesukaan Rafi nih, kapan2 Pascal bawain yaaa

    ReplyDelete
  29. wah, pinternya Pascal, milih jajanan enak sekaligus mengenyangkan :)
    tiap sore, tukang kue putu juga lewat depan rumahku,Lidya
    salam

    ReplyDelete
  30. masa bikin kue putu pakai pvc :(

    pakai bambu lebih sehat

    ReplyDelete
  31. Maaf, gak ngeri harganya kue putu..kayaknya masih 500an di temapt saya. Kalau jajan pasar suka klepon...hehehe

    ReplyDelete
  32. aku mau tanya mbak, di dashboard blogger mbak ada tab "monetize/earning"?

    temanku sudah diterima di GA, sudah keluar iklan, ada nilai kliknya, nah yg membuatku terkejut di blognya ga ada tab "monetize/earning"?

    aku jadi bingung...kok ga semua blogger dapat tab "monetize/earning"?

    ReplyDelete
  33. Ada to mbak cetakan kue putu dari paralon? Aku baru tau lho..

    ReplyDelete
  34. emang bener mbak ada cetakan kue putu dr paralon? kalo ditempat aku masih pake bambu semua.....ina juga doyan...apalagi emaknya hehehe.....

    ReplyDelete
  35. di rumahku ga da yang jualan mbak... hiks... mba lid pantesan nomornya ganti ya... aku kirim pesan di wa ga dibales... xixixixi....

    ReplyDelete
  36. kalo nay sukanya makan gula merahnya & kelapanya, qiqiqi

    ReplyDelete
  37. Ehm... enakkk.. manis...
    Dek Osar dikirim dong kak, hehe..
    aku juga seneng yang tradisional gini mbak,,, enak, asli rasanya.. :)

    ReplyDelete
  38. alhamdulillah :-)
    ini salah satu jajanan favorit saya..memang enak mengasyikkan saat dikonsumsi dalam kondisi putunya masih panas-panas..maknyus :-)

    ReplyDelete
  39. tuuuuuuuuut.. gitu bunyi yang jual

    ReplyDelete
  40. Aromanya yang pakai bambu dibanding PVC jauh ya mbak, lebih harum pakai bambu

    siulan pemangganya itu lho yang bikin seru

    ReplyDelete
  41. huhuhuhu .. aku dah lama ndak makan kue putu :(

    ReplyDelete
  42. wah kak pascal suka kue putu yah...mama kinan juga suka banget lho..tapi sayang disini nggak ada yang enak, ada yang suka lewat, tepungnya kayak mentah gitu..terus kata uti-nya kinan ngeri lihat warnaya sama tepungnya yang kayak nggak mateng ini...
    semoga nanti bisa ketemu dengan kue putu yang depan indomaret yang disukai kak pascal..:)

    ReplyDelete
  43. waah... ini diee jajanan Paporit Ayas waktu sekolah dulu,, sekarang pun masih SUKAAA BANGET lo!!
    Hmm... rasanya emang MANTAAAFFF!!!
    Tapi.. cetakannya kok dari PVC gitu yach???
    Baru taw Ayas...

    ReplyDelete
  44. Kadang-kadang orang rumah bikin putu, tapi lebih sering beli sama pedagang gerobak. Salam.

    ReplyDelete
  45. mau tanya nih
    di sini memang ga pernah di reply yah komen2nya mbak?

    ReplyDelete
  46. Saya juga suka kue ini dan untungnya tiap malam selalu ada penjual putu yang lewat depan rumah.

    Keponakan Ipung ada yang empunyai nama julukan Putu, bahkan nama itu yang sekarang lebih di kenal.

    Salam hangat selalu

    ReplyDelete
  47. emang ada cetakan Pralon untuk putu?serem amat? btw putu yg enak yg suka saya beli di deket sini agak mahal.. kalo ga salah Rp 5000/4 pcs. tapi ya itu, gede sizenya. tapi gampang ancur kalo megangnya ga ati2,, apa itu tandanya pure tepung beras 100% ya?

    ReplyDelete
  48. kalo di Aceh and Medan kita nyebutnya putu bambu mba... karena ada satu jenis lagi disebut putu mayam, dan beda banget. Kalo aku sih suka keduanya... harum dan rasanya itu lho... khas banget, menyehatkan pula yaa..

    Pinter pascal milih jajanan ya mba... hehe, bener kata mba Nique, minta dibikinin mama aja Cal... hehe, pasti lebih enak lagi... :)

    ReplyDelete
  49. Saleum,
    Terakhir aku makan kue putu sewaktu masih SD mbak, hehehe.... lama banget ya...
    Semasa SMP dan SMA kue putu sudah gak ada lagi yang jual didaerahku.

    ReplyDelete
  50. Alhamdulillah, Pascal pinter ya :)
    Kapan-kapan coba praktik di dapur sama Mama, biasanya bikinan sendiri lebih enak, lho ;)

    ReplyDelete
  51. Walaupun nama saya ada putunya, saya tetap suka kue ini, tapi jangan banyak-banyak entar panas dan kerongkongan sakit

    ReplyDelete
  52. Pascal, di galaxy ada juga loh kue putu yg enaaakkk, dia jual ama ongol2, getuk dan kelepon, lupis. Sayang, Azka AMA Alisha gak suka, mgkn kelapa2nya bikin gatel tenggorokan. Klo aku sih sukkaaaa bgt

    ReplyDelete
  53. begini mbak, aku kan bantu temanku soal GA seperti di entri tentang monetize/earning di dashboard saat aku ngurus itu aku tahu...ternyata dia baru lolos review pertama GA krn itu sekarang iklan GA-nya hilang

    aku sudah coba masang GA via dashboard/widget blogger ..iklannya tetap tak muncul lagi...

    aku ambil kodenya langsung dari situs GA iklannya tetap tak muncul lagi :(

    jadi menurutku sih kasus mbak sama dgn temanku iklannya ga keluar krn baru lolos review kedua tim GA

    ReplyDelete
  54. aku suka kue putuuuuuu
    bagi donk pascal :D

    ReplyDelete
  55. alhamdulillah udah bisa jajan makanan yang sehat

    disini kue putu adanya yang warna ijo aja,selain itu jarang banget yang jual.
    kalau anak pengen kue putu harus bikin sendiri,,

    ReplyDelete
  56. mama pazcal.. aku juga tau tuh putu depan indomart, rasanya memang enak yaa... hmm.. jadi pengen lagi deh ehehehehe,,,,

    ReplyDelete
  57. pascal pinterr... aku jadi pingin, hihi.. tak kirain resepny bu lidy... :D
    ayoo bikin resepnya, tar ku buat sndiri :D

    ReplyDelete
  58. yang jelas kue putu ini punya cerita kecil saya..
    salam kenal

    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  59. kalau di kampung jogja, putunya pakai suara mbak, hehe kayak suara anak nangis ...

    ReplyDelete
  60. wah..aku juga suka kue putu..tapi susah nyari yg jualnya..

    ReplyDelete
  61. wah..aku juga suka kue putu..tapi susah nyari yg jualnya..

    ReplyDelete
  62. berhasil bikin aku mupeng. maklum dah lama ga makan kue putu.

    ReplyDelete
  63. aku juga suka banget mbak sama kue putu mah.. terutama putu piring coz gula merahnya lebih banyak :D

    biasanya kalau dijual di depan rumah ada suara dengungannya dari penjajaknya.. Khas banget dah..

    ReplyDelete
  64. udah lama gag makan kue putu. saya suka kue ini ^^
    udah jarang di manado yang jual ini T_T

    ReplyDelete
  65. kalau di tempatku warnanya hijau. kue putu memang enak. dimana2 ada.

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya