Friday, February 10, 2012

Wedang Uwuh

Dapat kiriman Wedang Uwuh dari teman, sebenarnya sih dia memberikan ini untuk suamiku, tau aja kalau suami suka minuman rempah seperti ini. Baru pertama kali mendengan minuman wedang uwuh ini.

Iseng Googling ternyata minuman ini berasal dari yogyakarta tepatnya di Imogiri Bantul. Menurut wikipedia Wedang ini berarti minuman sedangkan uwuh adalah sampah. Kenapa dikatakan sampah? karena minuman ini berasal dari dedaunan mirip sampah. Ternyata minuman wedang uwuh ini sudah sampai ke mancanegara loh dalam bentuk sachet.


Manfaat Wedang uwuh ini diantaranya untuk menghangatkan badan disaat cuaca dingin) juga bisa menyembuuhkan masuk angin dan melamcarkan buang air kecil. Komposisi yang terdapat pada wedang uwuh ini antara lain gula batu, jahe, daun cengkeh, daun manis jangan,secang dan gagang cengkeh, kayu manis, pala,kapulaga.

Cara menyajikan wedang uwuh ini pun mudah, yaitu dengan cara :
  • Jahe dibakar, dicuci dan dimemarkan
  • Semua bahan dimasukkan kedalam gelas
  • Seduh dengan air panas
  • Diamkan selama2-3 menit dalam gelas tertutup lalu diaduk
  • Wedang uwuh siap dinikmati
wedang uwuh sebelum diseduh air panas

wedang uwuh setelah diseduh air panas, warna merah itu dihasilkan dari kayu secang

58 comments:

  1. Saleum,
    Bagus tuh kalau dicuaca dingin minum wedang jahe atau wedang umuh itu mbak, saya juga serkadang sering mengkonsumsi jahe untuk dibuatkan minuman bandrex...

    ReplyDelete
  2. sebelum baca artikel ini sempat mikir bentar-rasa2nya pernah dengar wedhang uwuh?! apa ya? bener perkiraan saya-pak Bondan Winarno kan pernah ngliput wedhang uwuh ini mbak. Rasanya gimana mbak? hmmh, saya ngiler aroma jahenya-pasti anget sampe kerongkongan :D

    ReplyDelete
  3. aku pernah lihat liputan tentang wedang uwuh di tv one...kayaknya enak di minum saat cuaca dingin ya mbak.

    ReplyDelete
  4. request ya mba.. klo nanti mampir ke rumah.... suguhi wedang ini yak.. hehe

    ReplyDelete
  5. ya iyalah ini sih minuman aseli yogya yang telah diminum oleh saudara kita di papua sekalipun :)

    ReplyDelete
  6. saya bawa satu cangkir wedang uwuhnya untuk saya sruput di warung ya mbak?

    ReplyDelete
  7. pernah lihat liputannya juga Mba..
    kayanya anget ya..kaya wedang jahe,apalagi kalo dingin2 begini,hujan ...aduh nikmatnya..

    *masih pc pinjem,sstt..yang penting bisa buat bikin stok blog foto anak*qiqiiq..

    ReplyDelete
  8. Bukan mirip sampah, tapi memang sampah hihi ^^ Ituuu, daun pala yang berjatuhan trus diambili.
    Ada versi celupnya sekarang x)

    ReplyDelete
  9. hoo begini toh penampakannya :O sering denger nama wedang "sampah"nya doang :D

    ReplyDelete
  10. Hmm, khas nusantara..

    Dari Imogiri? Dulu saya pernah beberapa hari di sana, kok nggak pernah denger nama wedang uwuh ya Mbak? Wah, kayaknya saya kurang nih survey nya..

    ReplyDelete
  11. bu lidy, ini bisa jadi menu di webe yang sangat laris :D
    bikin yak?

    ReplyDelete
  12. Mantaps Mba ! apalagi tambah susu kental manis, makannya sama gorengan panas. he....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  13. de suka tuh minuman hangat tradisional. Walau ribet bikinnya karena butuh banyak rempah. Kalo lagi males, paling bikin teh jahe sendiri ajah.

    enak diminum sore, ditemani pisang goreng atau ubi rebus.

    ReplyDelete
  14. Iya, sudah sampai Jepang dalam bentuk sachet ;)

    Mau tau yang bentuk aslinya?
    Cek it out: http://ngetak.ngetik.com/2009/05/wedang-uwuh.html

    ReplyDelete
  15. Wedang uwuh sekarang juga banyak yg dijual online. Tapi tentu saja harga lebih mahal dari yg Imogiri, Mbak Lid, secara kemasannya juga bagus.
    Warna merah dari minuman ini datang dari kayu secang. Rasanya hangat dan enak. Waktu ke Jogja aku beli banyak untuk bekal di rumah :)

    ReplyDelete
  16. kalo saya sukanya skuteng mbak, yang ini belum pernah

    ReplyDelete
  17. sama wedang jahe itu serupa nggak mbak?

    ReplyDelete
  18. Kayaknya enak nih. Anget ya, Jeng?

    ReplyDelete
  19. Baru denger sekali, Wedang uwuh...
    Kalau Bahasa jawa, selain berarti buah, "uwuh" juga berarti sampah

    ReplyDelete
  20. baru tau ada jenis minuman ini, taunya cuman wedang ronde aja, hehe

    kayaknya cocok diminum di tempat saya ya bu, bikin angeett.. :D

    ReplyDelete
  21. Aku baru denger Teh, nanti ta cobain aaah

    ReplyDelete
  22. minuman pas kl lagi hujan ya :)

    ReplyDelete
  23. Kayaknya ada melatinya segala ya mbak??
    ehm,,, gimana ya rasanya?? *mikir berani nyobain gak, hihihi
    secara, teh aja aku gka doyan.. :(

    ReplyDelete
  24. kaya sampah makanya disebut wedang uwuh
    asal jangan salah wedang uyuh ya..?
    hihih

    ReplyDelete
  25. warna yang dikeluarkannya itu dari rempah semuanya itu yaa? ko aku malah kebayangnya pake es yaa, kayanya jadi seger gitu :)

    ReplyDelete
  26. ini aslinya dulu dari jogja, di jalan imogiri banyak dijual 1500an perbungkus

    ReplyDelete
  27. jadi pengen nyobain ....
    gimana ya rasanya

    ReplyDelete
  28. Enak dan hangat di perut teh Lyd, kami juga suka meski namanya terkesan 'sampah koq diminum' hehe

    ReplyDelete
  29. pas bener tuh mba untuk mengeluarkan angin dari tubuhku ini... besok mau bikin ah... thanks resepnya mba Lyd.. :)

    ReplyDelete
  30. saya sudah cukup lama tahu wedang uwuh ini, Mbak Lidya, tapi lewat tivi,belum pernah ngerasain. Melihat komposisinya, ini cocok kalau diminum pas kerja shift 3. Sayangnya di Tangerang belum pernah nemuin yang menjajakan wedang uwuh yang instant.

    ReplyDelete
  31. Mmmmm pasti hangat banget yach....jadi pingin

    Sudah dibebasin mbak..masuk spam tadi komentnya di pelita cinta

    ReplyDelete
  32. Baru dengar namanya. Jahe bakarnya pasti bikin wedangnya tambah enak. Kemarin saya juga bikin sekoteng, enak hangat untuk cuaca dingin seperti sekarang :)

    ReplyDelete
  33. Cocok buat minuman saat begadang...

    ReplyDelete
  34. Waduhhh, aku bayangin dari sini ya Mbak..hehehe
    Itu minuman pasti hangattt di badan
    trus, baunya pasti wangi rempah gitu.
    Hmm, enaknyoooo

    Selamat Pagi Mbak Lidya..

    ReplyDelete
  35. Waduhhh, aku bayangin dari sini ya Mbak..hehehe
    Itu minuman pasti hangattt di badan
    trus, baunya pasti wangi rempah gitu.
    Hmm, enaknyoooo

    Selamat Pagi Mbak Lidya..

    ReplyDelete
  36. jadi jamu dong mbak :)

    *untuk blogspot gampang pasang GA, tinggal klik tab Monetize di dashboard blogger, lalu login GA dari tab monetize

    **pilih tampilan ads mau dimana (samping/bawah pos)

    *** kalau untuk wordpress musti masuk langsung ke situs Google Adsense, sayangnya aku belum punya pengalaman pasang GA di wp

    ReplyDelete
  37. Aku malah baru denger ada wedang uwuh..Kasiat nya oke juga tuh buat menghangat kan badan.

    ReplyDelete
  38. Ehm,,gimana kalau diperkenalkan di Warung Blogger Mbak pasti banyak yang pesen nih hehe..

    ReplyDelete
  39. wah cucok neh kalau diminum di kota malang yg hawanya dingin bs menjadi penghangat tubuh...sipp pengen coba...

    ReplyDelete
  40. wah wedang jahe'a enak nih mba buat diminum pas suasana hujan kaya begini
    tapi warna ungu ya mba,kaya sirup

    ReplyDelete
  41. wedang uwuh terkenal lho mbak di jogja ... hehe

    ReplyDelete
  42. ini semacam teh gitu yak mbak modelnya?

    ReplyDelete
  43. sama sekali saya belum pernah mencoba ini
    gimana yah rasanya

    ReplyDelete
  44. mbak saya ga tau daun manis jangan, sama daun secang itu yang seperti apa ya? belum pernah nyoba.
    salam kenal dari Intan Berbagi... silahkan mampir ke blog saya...

    ReplyDelete
  45. Minuman sehat ini ya mbak.. :-D
    Mama pernah dpt kiriman, tp aku nggak nyobain.. Wah sayang ya.. Hehe..

    ReplyDelete
  46. aku baru ngerti soal wedang ini Mbak
    warnanya cantik sekali yaaa

    tapi kalo berbau jahe, aku gak suka

    ReplyDelete
  47. Baru sekali ini mbak dengar soal wedang uwuh, rasanya pasti anget mantap ya mbak :D

    ReplyDelete
  48. berawal dari iseng buka blog-mu..

    mendapat 'sesuatu' yang sudah hilang dari hidupku..

    jujur, sukaaaa banget baca semua tulisanmu.. terlebih ini.. karena aku jg ada kenangan tentang wedang uwuh ini..

    tapi,, ga tau kenapa.. juga bikin aku kembali ke masa yang nggak pernah terjadi namun selalu ada dalam anganku..

    lam kenal ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  49. bismillah..
    Nitip Lapak Gan.

    kami wedhanguwuh.com menerima pesanan wedang uwuh ke seluruh wilayah indonesia. produk kami ada wedang uwuh celup,original,instan dan seduh. harga sangat bersaing dan tidak menjatuhkan kompetitor lainnya.

    info lebih lanjut hub kami di 0272-8851173 atau website:www.wedhanguwuh.com

    ReplyDelete
  50. bismillah..
    Nitip Lapak Gan.

    kami wedhanguwuh.com menerima pesanan wedang uwuh ke seluruh wilayah indonesia. produk kami ada wedang uwuh celup,original,instan dan seduh. harga sangat bersaing dan tidak menjatuhkan kompetitor lainnya.

    info lebih lanjut hub kami di 0272-8851173 atau website:www.wedhanguwuh.com

    ReplyDelete
  51. kalo minum ini pas musim dingin baru cocok

    ReplyDelete
  52. Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Minuman ramuan tradisional khas Yogyakarta terbuat dari 100% rempah alami yang sudah turun temurun sejak zaman Raja-raja Mataram.

    Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional alami khas Jogjakarta yang terbuat dari rempah alami dengan aroma menyegarkan serta cita rasa rempah herbal unik & nikmat, juga kaya akan khasiat untuk kesehatan.

    Sejak zaman nenek moyang terdahulu, bahan ramuan Wedang Uwuh dipercaya dapat meringankan serta mencegah masuk angin & batuk ringan, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan nyeri, capek, pegal, kembung dsb.

    Saat ini ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja makin digemari & banyak dikonsumsi untuk menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas.



    Varian Produk Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    1. Rempah / Original
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dengan penyajian diseduh ataupun direbus.
    •Netto 40 gram untuk 1gls besar.
    •Netto 65 gram untuk 5-6 gls besar

    2. Instan
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram untuk 4gls.

    3. Instan Ekstra Pedas (Rasa Lebih Pedas)
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang diolah menjadi bentuk bubuk instan dengan rasa lebih pedas, cara penyajian yang praktis tinggal seduh.
    •Netto 50 gram, untuk 4gls

    4. Celup
    Bahan-bahan ramuan Wedang Uwuh Angkringan Jogja yang masih berbentuk bahan baku asli dikemas menjadi kantung celup (seperti teh celup) dengan penyajian diseduh.
    •Kemasan tas isi 10 kantung, per kantung dapat untuk 3gls besar.


    Profil Angkringan Jogja

    Pusat produsen dan Pusat Grosir penjualan Wedang Uwuh bermerk dagang Angkringan Jogja minuman kesehatan Tradisional khas Jogjakarta yang terbuat dari 100% rempah alami.
    Produk " Wedang Uwuh " dikemas dengan Kemasan Plastik & Kantung Tas Kertas Klasik.


    Pembelian & Pemesanan Produk

    Sedia untuk pemesanan , penjualan produk, kerjasama Distributor, Agen, Reseller dan Grosir.


    Kontak & SMS :
    - +6281392977979 ( Telkomsel )
    - +6285642335089 ( Indosat )
    - +6281904131899 ( XL )
    - +622747849189 ( Flexi )
    - 0101702747849189. ( Flexi untuk luar kota Jogja, tariff Rp 100,-/menit)

    BB PIN : 316454c4

    Website :
    http://www.angkringan-jogja.com
    http://www.wedang-uwuh.com

    Email :
    angkringan_jogjakarta@yahoo.co.id

    Facebook :
    Angkringan Jogjakarta
    Wedang Uwuh Angkringan Jogja

    Twitter @angkringanjogj

    Alamat :
    Jl. Patuk – Dlingo km 11, Klepu Rt 01, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta 55783

    ReplyDelete

Mohon Maaf komen dimoderasi ya. Terima kasih sudah menuliskan komentarnya, walaupun tidak di reply langsung disini Insya Allah jika ada pertanyaan saya akan langsung menjawab di blog masing-masing ya