badge

Sunday, March 11, 2012

Majalah Anak

Ketika bunda Monda menuliskan postingan yang berjudul Majalah Anak, aku teringat masa SD dulu. Disana bunda monda menuliskan salah satu majalah yang dibacanya dulu ada majalah bobo.



Majalah bobo juga adalah majalah kesayanganku waktu SD dulu. Allhamdulillah orangtuaku membolehkanku berlangganan majalah bobo. Saat itu aku berlangganan melalui tukang koran langganan yang biasa mengantarkan koran kerumah.

Tidak ada kata bosan untuk membaca majalah ini, bahkan aku ulang-ulang untuk membacanya. Tidak sabar menunggu hari kamis dimana hari itu majalah bobo terbit dan akan diantar kerumah. Sayangnya majalah bobo ini hanya aku baca sendiri, kadang-kadang mama ikut membacanya, adik perempuanku kurang suka membacanya.

Karena kurang bahan membaca terkadang, apabila aku ikut mama kepasar aku minta dibelikan majalah anak lainnya. Aku ingat sekali kadang membeli majalah Ananda atau donald bebek. Sepertinya majalah ananda sekarang sudah tidak terbit lagi.

Pernah juga aku menerima majalah bobo yang terlambat, sudah gusar saja bolak balik keluar teras menunggu pengantar majalah yang biasanya. Ternyata pengantar majalahnya meninggal dunia, sedangkan pengantar yang baru masih harus mencari-cari alamat pelanggannya.

Aku sempat sedih sewaktu kelas 1 SMP, mama bilang harus menghentikan langganan majalah bobonya. Kemudian aku beralih ke majalah Hai, yang bisa mengobati rasa kangenku terhadap majalah bobo.

Saat ini Pascal juga suka membeli majalah bobo. Beda dengan jamanku kecil dulu majalah anak jaman sekarang sangat banyak dan bervariasi jadi anak-anak banyak pilihannya. Aku terbiasa membacakan buku sejak Pascal kecil. Tidak ada batasan umur kapan harus memulai mengenal buku. Harapanku dengan membacakan buku atau majalah dari kecil sehingga anak-anak suka membaca setidaknya menyenangi buku sesuai keingannya dahulu.

Saat Pascal membeli majalah bobo aku senang sekali, jadi bisa bernostalgia dengan bacaan kecilku dulu. Bunda monda masih suka baca majalah bobo gak ya sekarang? Banyak perubahan isi majalah bobo saat ini. Dulu aku paling suka dengan oki dan nirmala. Oh ya Sekarang ada majalah bobo junior loh cocok untuk anak TK. Kalau Bobo yang biasanya untuk anak SD. Tapi Pascal sudah tidak mau membeli bobo junior,mungkin bosan karena sekarang sudah mau SD.

Majalah bobo ini sudah turun temurun dikenal dikeluargaku, dulu mamaku juga selalu mendapatkan kiriman majalah bobo dari Omnya di Jakarta. Lalu menurun ke aku hingga sekarang ke Pascal pun membaca majalah bobo.

“Tulisan ini diikutkan pada Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakakin

58 comments:

  1. Salam kenal ya, baru pertama kali kesini.

    ReplyDelete
  2. sukses kontesnya, mbak ...
    btw, saya tumbuh bersama bobo juga ^^
    berarti kita seangkatan yah ;p

    ReplyDelete
  3. Sama ya, dulu aku juga suka baca majalah bobo :-)

    Gudlak yaaa...

    ReplyDelete
  4. Majalah Bobo masih ada ya, sudah lama sekali tidak melihat majalah itu. Padahal dulu saya juga suka sekali membacanya.

    Semoga sukses buat kontesnya ya Mbak.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  5. waahh mbak Lidya.. kok pas banget sih ini malam saya baru pulang beli majalah bobo buat ponakan hihi..

    saya juga suka ikutan baca, sekalian nostalgia.. dulu langganan bobo sama donald bebek.. :-D

    *sukses ya mbak kontesnya :-)

    ReplyDelete
  6. ternyata hampir semuanya sama ya mbak, rata2 majalah kecil kita dulu bobo.. dulu majalah bobo tebel yaa mbak.. tapi kemaren pas dhe liat di gramed, astaghfirullah tipisnya.. hahahhahaha

    ReplyDelete
  7. semoga dapat menjadi yg terbaik ya....

    ReplyDelete
  8. sukses selalu buat kontesnya..
    salam kenal ya:)

    ReplyDelete
  9. Dulu orang tua saya cuma bisa membelikan majalah Bobo di tukang loak karna harganya murah, seribu dapat 3. Bapak saya juga anti membelikan donal bebek. Katanya tidak mendidik. Sekarang, setelah bisa beli majalah sendiri, saya malah hobi baca donal bebek. Tapi, memang kurang mendidik sih untuk anak2.
    Kalau sekarang, profil di majalah Bobo artis melulu, yang boiben lah, penyanyi lah, sesuai permintaan pembaca juga sih. Jadi kecewa.

    ReplyDelete
  10. Sama mbak .. saya dulu juga bacaannya majalah Bobo, tahun 80-an. Dulu keren sekali ya. Soalnya hanya ada dua sih, Bobo dan Ananda.

    Sukses ya GA-nya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Sama mbak .. saya dulu juga bacaannya majalah Bobo, tahun 80-an. Dulu keren sekali ya. Soalnya hanya ada dua sih, Bobo dan Ananda.

    Sukses ya GA-nya mbak :)

    ReplyDelete
  12. Mbak Lid, wakttu Si Kuncung masih beredar, dirimu belum lahir yah? Kekkeke..Soalinya ini dulu majalah favoriteku..Kalau bobo baca juga, paling suka sama si Sirik, walau dia terus memusuhi Oki dan Nirmala ;)

    ReplyDelete
  13. ternyata banyak dari kita yang bersahabat dengan majalah bobo waktu kecil ya...saya juga lho mbak...hehe...sukses kontesnya ya mbak

    ReplyDelete
  14. waktu kecil aku jg sukaa majalah bobo
    suka kirimin puisi kesana tapi gak pernah dimuat hehehe :P

    ReplyDelete
  15. ow lagi banyak kontes gini ya mbak, sukses atuh ya kontesnya ah..
    bagi2 hadiahnya ya, hehe

    ReplyDelete
  16. TOSS jauh bundaa :D Nay juga dulu sukaaa banget baca bobo, tapi kaga beli cuma pinjem punye tetangge... hehehe <--kaga modal :p

    ReplyDelete
  17. Aku dulu juga suka baca Bobo dan Ananda mbak. Komik Donald Bebek aku juga suka... terus aku juga suka baca komik2 milik ayahku saat beliau kecil dulu. Asyik2 banget komiknya, sayang sekarang udah gak ada.

    Selamat ngontes mbak, semoga menang.

    ReplyDelete
  18. gua dulu juga langganan bobo. paling seneng kalo di hari bobo nya dateng... hahaha

    ReplyDelete
  19. wah ternyata ikut ngontes juga .. . semangat. . ..

    ReplyDelete
  20. aku nkesel pas disuruh berenti baca Bobo gara2nya aku duah SMP/SMA. yaelah... bagiku kan isinya bisa mennghibur.. ga ada kaitannya juga sama usia... sampe sekarang aku juga masih suka baca Donal. hahhaha

    ReplyDelete
  21. Sama dong mbak, waktu kecil dulu saya juga langganan majalah Bobo. Barengan juga dengan berlangganan majalah Kawanku dan Hai, karena saya punya dua kakak laki-laki yang usianya 5 tahun dan 7 tahun lebih tua. Jadi selesai membaca majalan masing-masing, langsung deh kita tuker-tukeran...

    Semoga menang di kontesnya ya mbak..

    ReplyDelete
  22. Majalah Bobo adalah soulmate buat saya mba, apalagi komik sisipan pak Janggut, kebun rahasia, rahasia ratu palsu dan planet yang hampir musnah sangat saya gemari :D

    ReplyDelete
  23. Walau tak sempat berlangganan majalan Bobo, tapi saya pernah membelikan puluhan majalah Bobo bekas saat Sabila awal-awal masuk SD. Kalau sekarang bacaan Sabila sudah meningkat ke buku remaja. Terakhir dia saya perbolehkan membaca buku-buku karya Tere Liye ( Hafalan Sholat Delisa, Eliana, Pukat dan Burlian ). Tapi hingga selesai UAN nanti, semua buku bacaan saya stop agar ia lebih fokus ke buku-buku pelajarannya.

    semoga sukses di kontes, Mbak. Amin.
    Salam hangat untuk Pascal dan Alvin,juga ayahnya.

    ReplyDelete
  24. tapi setahu aku majalah Bobo bukan'a udah collapse ya mba ? jadi udah kagak terbit lagi
    kalau dulu aku juga pencinta majalah Bobo sampai2 kalau ada majalah tsb aku kagak bakal main ke luar rumah sama temen

    ReplyDelete
  25. sm sy dl juga suka majalah bobo.... :D

    ReplyDelete
  26. Bobo, Ananda, Kawanku, aku juga dulu langganan itu, Mbak :D
    Sukses kontesnya ;)

    ReplyDelete
  27. Dulu yang langganan kakakku mbak.
    aku numpang baca, hehehe...
    sip.. moga menang mbak lid.. :)

    ReplyDelete
  28. wah majalah bobo inget waktu kecil

    ReplyDelete
  29. iya, jaman dulu pas SD, banyak majalah anak. Kalau dulu saya langganan majalah Ananda bukan Bobo. Trus kadang tukeran majalah sama temen yang langganan Bobo..

    ReplyDelete
  30. Dulu saya juga sering membacanya mbak.. cuma di perpusatakaan Balai desa..

    semoga sukses GAnya mbak Lid

    ReplyDelete
  31. iya sama aku juga baca majalah bobo waktu kecil. sekarang udah ngak ketemu lagi. dulu mungkin karna majalah anak cuma ini aja

    ReplyDelete
  32. gut lak buat giveawayny y mbak
    moga juara
    =D

    ReplyDelete
  33. ibu dan anak sama2 suka majalah bobo. Darah ibunya mengalir tuh sob.

    ReplyDelete
  34. keknya majalah bobo,majalah segala zaman :D
    waktu kecil aku fans berat bobo hehehe

    semoga menaang teeeh ^^

    ReplyDelete
  35. Dulu juga pernah jadi pelanggan majalah bobo. Gara-gara baca tulisan ini jd kangen lg sm majalah satu itu. Masih terbit ya sekarang?

    ReplyDelete
  36. Bu lid, aku dah bertugas :D
    itu artinya gilirannya akan segera tiba bu :D

    ReplyDelete
  37. mengingatkanku pada Bona dan Rong Rong

    ReplyDelete
  38. itu jug amajalah kesukaanku wkt kecil dulu.

    ReplyDelete
  39. bobo emang gak ada matinya, hihihi. kalau aku pas kecil sukanya ina, kalau adikku ino. hmm, kenal gak ya? itu majalah anak indonesia buatannya om arswendo atmowiloto :) good luck buat lombanya, mbak :)

    ReplyDelete
  40. wah aku juga suka sama bobo, sering kirim cerpen tapi baru sekali dimuat, wah senangnya bukan main :D

    ReplyDelete
  41. bunda ini emang paling rajin yah, salut semangatnya...

    ReplyDelete
  42. saya juga suka majalah bobo dan jadi ingat dulu ada tempat main bobo dunia anak-anak yang sekarang tak tahu kemana

    ReplyDelete
  43. kayaknya saya waktu kecil bln pernah baca majalah bobo, hehe pahit :D.
    bagus mbak mengenalkan anak sedari kecil untuk baca majalah anak.

    jadi pengen tau majalah bobo isinya kayak gimana nih

    ReplyDelete
  44. Majalan Bobo dulu sepertinya adalah favorit semua anak ya mbak. Kalo sekarang Bobo udah berubah banyak, rasanya isinya tak semenarik dulu lagi..

    ReplyDelete
  45. Aku dulu kenalnya majalah Mentari. Soalnya di minimarket dekat rumah adanya majalah itu. Gak sampe berlangganan sii, cuma tiap kali ke minimarket, rasanya majalah mentari jadi bawang wajib beli. Hehehe

    ReplyDelete
  46. Aduhhh Bobo itu memang sudah tua banget ya.
    Saya juga dulu bacanya Bobo.... :)
    Dan sekarang Vaya juga dibelikan Bobob.....

    ReplyDelete
  47. wah wah bobo, suka sama si bona dan rong2 nya di bobo :D

    ReplyDelete
  48. bahkan sampai sekarang pun saya masih hunting majalah bobo dan anak-anak untuk nambah-nambah koleksi bacaan dan cerita si kecil. meski majalah anak-nanak, Bobo mampu menghadirkan aneka cerita dan pengetahuan yang baik untuk anak-anak maupun dewasa

    ReplyDelete
  49. iyo mam....
    malah dulu sampe ta bendel-bendel juga lo...
    takut ilang dan tercecer

    ReplyDelete
  50. aku juga suka banget sama majalah bobo , sampai sekarang juga suka bacanya...

    ReplyDelete
  51. Adalagi majalah anak-anak jaman bahelu Mbak, si kuncung...kira2 sekarang masih ada gak ya majalah tersebut, content yg masih saya ingat adalah "Nenek Limbak"...

    Sukses untuk GAnya ya Mbak:)

    ReplyDelete
  52. masih ingat saja majalah ananda :D

    ReplyDelete
  53. sama mbak...aku juga kalo baca bobo yg duluan dibaca oki dan nirmala...skrang masih ada yachh cerita itu? nanti ahh klo ina udah bisa baca aku beliin majalah bobo juga

    ReplyDelete
  54. Mbak.. majalah bobo jaman kita dulu dengan majalah bobo jaman sekarang
    kok jauh beda ya??
    menurutku sih lebih bagus jaman dulu banget

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...