badge

Sunday, March 18, 2012

Melatih Anak Tidur Sendiri


Kapan waktu yang tepat untuk melatih anak tidur sendiri dikamarnya? Masing-masing anak mempunyai kesiapan sendiri tidak bisa disamakan satu sama lain. Yang penting kita sebagai orang tua konsisten dan juga menjelaskan pentingnya tidur sendiri bagi si anak.

Tidur bersama anak tentu saja akan mendekatkan anak dengan orang tuanya, tapi kita juga harus mengajarkan kemandirian agar si anak menjadi anak yang berani untuk tidur sendiri. Diawal memang agak susah dan perlu pengertian dari orangtua dalam hal ini ibu.


Allhamdulillah saat ini Pascal sudah mau kembali tidur sendiri dikamarnya. Dulu sempat mau tidur sendiri tapi sejak ada Alvin dia kembali tidur bersama kita, mungkin melihat Alvin jadinya mau tidur sama-sama lagi. Aku sih mengijinkan supaya Pascal tidak merasa dijauhkan dan menunjukkan Pascal tetap disayang walaupun sudah punya adik.

Sudah dua bulan ini Pascal kembali tidur sendiri atas permintaannya sendiri, sudah mulai besar dan mau masuk SD katanya malu nanti sama teman-temannya kalau belum berani tidur sendiri. Pascal meminta Alvin tidur bersamanya tapi aku menyarankan nanti kalau sudah tidak minum ASI lagi.

Mengajarkan Pascal untuk tidur sendiri tentu saja tidak mudah dan mempunyai perjalanan yang agak panjang. Awalnya Pascal tidur ditempat tidurnya sendiri tapi masih dalam satu kamar yang sama. Kemudian diajarkan untuk tidur dikamarnya tetapi ditemani terlebih dahulu lalu ditinggalkan kalau sudah tidur.

Kalau sekarang malah enak, setelah bersih-bersih dan gosok gigi, aku cukup mengantar Pascal ke kamarnya, menyelimutinya, menyalakan lampu tidur dan AC tidak lupa menyium dan memeluknya setelah membaca doa tidur.

Ada beberapa tips menurut pendapatku untuk mengajarkan anak berani tidur sendiri diantaranya :
  • Rapikan kamar anak dengan bantuannya dan tanya mau seperti apa posisi tempat tidur dan barang lainnya.
  • Temani anak sebentar agar tidak merasa takut.
  • Siapkan air minum sehingga kalau malam haus bisa langsung minum.
  • Jika anak perempuan biasanya sambil memeluk boneka kesayangannya sehingga anak mau tidur sendiri, kalau anak laki-laki bisa juga memeluk guling dengan sarung gambar kesukaannya.
  • Kalau aku biasanya membacakan buku sebelum tidur, tapi untuk Pascal yang sudah bisa baca proses ini sudah dilewatkan sebelum masuk ke kamar karena sudah membaca buku sendiri.
  • Berikan pujian dipagi hari saat anak bangun, misalnya hebat sudah bisa tidur sendiri sambil memeluknya ini akan memberikan rasa percaya diri pada anak.

ps: tulisan diatas berdasarkan pengalaman pribadi, mohon maaf jika ada kesalahan

63 comments:

  1. tips yang sangat membantu nih mbak, soalnya saya belum berhasil dalam hal ini :D

    ReplyDelete
  2. Jadi teringat waktu kecil dulu, setelah tertidur baru ditinggalin dari kamar... bangun-bangunnya langsung nangis,,, hehehe :D

    ReplyDelete
  3. hebat ya pascal, udah berani tidur sendiri
    kalo zidane masih susah mbak, sering2 nya di tengah malam dia balik lagi ke kamar mama nya, hehe

    ReplyDelete
  4. Nice tips Mbak, nanti kalau saya punya anak bisa jadi bekal untuk menidurkan anak. Maklum saya waktu kecil sangat susah kalau suruh tidur siang...#pengakuan

    ReplyDelete
  5. sepertinya kenyamanan dikamarnya, itu salah satu yang bisa membuat si buah hati akan lebih suka untuk tidur sendiri ya mam :)

    ReplyDelete
  6. Saya sendiri beruntung punya dua anak yag kebetulan laki2 semua.
    Yang besar tidur sendiri ketika lahir adiknya, dan adiknya tidur bareng kakaknya ketika selesai disapih...
    Semua berjalan dengan sendirinya

    ReplyDelete
  7. met bobo Pascal.. Mimpi yang indah ya :)

    ReplyDelete
  8. iya membiasakan anak tidur sendiri, secara umumnya cara ortu sama dimana-mana. Tergantung kondisi dan situasi rumah...

    ReplyDelete
  9. ya emang harus dibiasakan sejak dini tuh bobo sendiri

    ReplyDelete
  10. Hwaaa,,, tipsnya mantab mbak Lid. Tapi kapan yaa aku prakteknyaaa??? Hihihi *ngareppp* :P

    ReplyDelete
  11. Hwaaa.. Tipsnya mantab mbak Lid. Tapi kapan yaaa aku prakteknyaaa...Hihihi *ngarepp*

    ReplyDelete
  12. Kalau dilatih dengan cinta Ibu ananda pasti bisa ya ^^

    Pascal tengkurep?

    ReplyDelete
  13. aku dari kecil udah dilatih tidur sendiri mba,jadi kagak pernah takut & cemas,kecuali pas tidur dirumah sepi & kosong aku baru takut,heheh

    ReplyDelete
  14. lagi belajar juga nih mba
    si sulung yang dah mau SD sih sudah bisa, meski harus ditemani bentar, Tapi si tengah yang sulit. Setiap tidur, kalau terbangun tengah malam dan ga ngedapati saya di dekatnya pasti langsung bangun manggil2, hehe
    klo si bungsu sih, biasanya menjelang subuh baru terbangun, mau mimi ASI, tapi sebelumnya saya masih bisa tenang tertidur di kamar lain.
    memang agak berat tap kewajiban kita untuk mulai membiasakan mereka.

    ReplyDelete
  15. Tips2nya langsung di-save as. Maklum saya juga punya anak kecil yang keknya sebentar lagi musti dilatih tidur sendiri. Biar gak ngeganggu ayah-ibunya :D

    ReplyDelete
  16. Aku dulu melatih shasa tidur sendiri saat dia umur 4 tahun dan mulai masuk playgroup.
    Awalnya memang harus nungguin dia dulu sampe dia tidur mbak... sekarang sih cukup mengantarkan ke tempat tidur :)
    Pascal hebat ya... udah berani tidur sendiri sekarang :)

    ReplyDelete
  17. Pascal memang hebat, sekarang saja sudah bisa tidur sendiri. Anak-anak saya Mb, seumur Pascal belum mau tidur sendiri, tapi alhamdulillah dengan meningkatnya umur mereka, dua2nya sudah tidur sendiri :)

    ReplyDelete
  18. Hihi hebat pascal.
    Aku dulu tidur di kamar sendiri baru pas SMP hihi sebelumnya tidur sendiri tapi di depan tv :D

    ReplyDelete
  19. pelajaran nih buat aku nanti kalau punya anak
    hebat ya Pascal udah bisa tdur sendiri
    biasanya anak2 suka susah tdur sendiri, aku dulu maunya tdur sama kakak gak mau sendiri :D

    ReplyDelete
  20. terimakasih mb...
    kebetulan saya sedang belajar...
    sambil menunggu kelahiran putra pertama.. sangat bermanfaat, terimakasih atas inspirasinya

    ReplyDelete
  21. aku dulu tidur sendiri mungkin sudah kelas 5 kalau ngga kelas 6 sd, hehe

    ReplyDelete
  22. wah tips bermanfaat buat nanti kalo Kanaya sudah waktunya tidur di kamar sendiri...

    ReplyDelete
  23. Waah... abang Pacal hebat euyy :D abang suka lampunya dimatikan ato dinyalain? ntarr... ante temenin deh #eehh... :)

    ReplyDelete
  24. wahh hebat nech pascal udah bisa tidur sendiri...kalo ina belum bisa...soale masih ngempong hihiihih...

    ReplyDelete
  25. Makasih mbak buat tipsnya. Rencananya Raja lewat usia 4 tahun baru mo diajarin bobo sendiri :)

    ReplyDelete
  26. itu pascal habis belajar ya bun??

    ReplyDelete
  27. waah... waktu kecil dulu aku susah tidur bahkan belajar....
    tapi posting ini bisa di jadikan pembelajaran bagi aku...

    ReplyDelete
  28. hor. . . pascal udah berani bobo sendiri. . . jangan takut ya. .. klo ada apa-apa teriak aja hehehhee

    ReplyDelete
  29. Pascal pinter..udah berani tidur sendirian..dua jempol deh untuk pascal

    ReplyDelete
  30. nice tips mba..
    nanti ku praktekin klo dah punya anak..hehe

    ReplyDelete
  31. setuju mbak, karena memang dengan tidur sendiri, anak akan lebih mandiri.

    ReplyDelete
  32. info bagus buat pasangan muda yg lagi belajar jadi orang tua yang baik , salam kenal mbak

    ReplyDelete
  33. wah Pascal hebat deh.... dulu kakak Intan baru mau tidur sendiri setelah kelas 2 SD... :)

    nice Tips mba.... TFS yaaa.. :)

    ReplyDelete
  34. Vaya aku pernah tanya, dia mau gak tidur sendiri, katanya gak mau.... tapi pelan2 saya bilang bhw kalau dia sudah besar tentu dia sendiri gak akan mau tidur sekamar dengan maminya...

    ReplyDelete
  35. mantap sekali mbak, membantu banget untuk yang mau punya anak, amin..hehe

    mohon doanya ya lancar nanti, amin..:D

    ReplyDelete
  36. postingannya bagus nih buat para ortu :)

    ReplyDelete
  37. Semoga Si Alvin semakin berani dalam menghadapi kehidupan malam seorang diri :D
    Tapi membiasakan anak untuk tidur sendiri memang sudah menjadi kita agar kedepan nya anak semakin berani dan mandiri.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  38. kk Rani jd malu nih,,,sampe skrg lum berani bobo sendiri. jd satu kamar isinya kasur doang huhuhu

    makasi tips nya bun, tp si kk apa msh mempan yg ginian ya, dia ini parno dan penakut bgd

    ReplyDelete
  39. d'arin sm KK sdh bobo sekamar kok mam....
    semoga alvin juga cepet bobo bareng kak pascal y....:)

    ReplyDelete
  40. belum punya anak ... tapi bisa sih buat anak tetangga, hihihi :p

    ReplyDelete
  41. dhe udah lamaaa banget ngerasain masa2 itu mbak.. kangen pengen dapet ciuman lagi sebelum tidur.. hahahaha, enak bener memang jadi anak2.. ada masa2 yang nanti akan selalu mereka kenang dan rindukan setelah mereka dewasa kelak.. salam untuk kakak ganteng Pascal.. jempol dua dari kakak disini, semoga besok2 makin berani tidur dengan lampu mati.. :D

    ReplyDelete
  42. salam kenal

    mengajari anak tidur sendiri memang perlu ada tahapan2nya
    itu aq alami sendiri ketika mengajari anakku
    btw itu Pascal ketiduran setelah baca ya mbak ?

    blognya mantap
    jika berkenan ditunggu kunjungannya di http://diandrarafi.blogdetik.com/
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  43. jadi teringat pas masih anak - anak susuah tidur gtu, tapi lo skrang ya doyan tidur gtu

    ReplyDelete
  44. Sudah mau bobo sendiri ya ... baguslah itu :) Anak saya sudah sejak kelas 1 atau 2 ya minta tidur sendiri tapi kadang2 masih mau numplek berlima di kamar :D
    Sy juga membiarkannya sekali2 mbak... :)

    ReplyDelete
  45. postingan yg sangat bermanfaat ini ,Lidya

    salah satu kebiasan bunda dulu juga gitu, membacakan cerita sebelum mereka tidur, dan sekali2 mengintip, apakah mereka sudah tidur....
    salam

    ReplyDelete
  46. Pascal udah bobo sendiri? Jagoan uncle memang hebat! sama seperti Pascal, uncle sekarang juga bobo sendiri. ups! hehehe....

    ReplyDelete
  47. tulisan yg bermanfaat buat para ibu2 yg lagi punya anak kecil, tapi kalo kamarnya cuma satu gimana tuh bu? Hehe perlu punya ide kreatif buat para ibu2 muda :)

    ReplyDelete
  48. Bagus tipsnya. Terima kasih ya.

    ReplyDelete
  49. Waktu kecil, berani bobo sendiri itu kalo ditemenin Bapak dulu Teh hihihihi

    ReplyDelete
  50. Keadaan membuat anak-anak saya terbiasa tidur sendiri ...

    Jadi waktu sulung tidur bersama kami ... si tengah lahir ... Si sulung mesti keluar dari kamar kami dan tidur sendiri ...
    demikian juga ketika tengah masih tidur bersama kami ... muncul si Bungsu ... Tengah tergusur ...

    Bagaimana dengan Bungsu ?
    Dia mau tidur sendiri karena ... melihat kakak-kakaknya tidur sendiri ... bungsu orangnya tidak mau kalah dengan kakak-kakaknya ... hehehe

    salam saya Mbak

    ReplyDelete
  51. Tipsnya sangat bermanfaat mba, Sekar udah 8 tahun juga musti ditemenin aja kalo mau tidur nih.
    Dari artikel ini bisa dicoba :D

    ReplyDelete
  52. anak2ku belum mau tidur dikamarnya. Ktanya ntar aja kalo udah SMP. hm..

    ReplyDelete
  53. Wah, makasih tips nya mam. Saya juga pelan2 melatih Dita untuk tidur di kamarnya sendiri (nunggu kamarnya jadi hehehe). :-)

    ReplyDelete
  54. thanks for sharing mbak..wah bisa buat bekal untuk kinan kelak kalo waktunya udah tidur sendiri..
    wah membantu sekali tuh cerita tentang sali "aku berani tidur sendiri" yah mbak..:)
    kinan suka sama buku buku dari HB...thanks yah mbak mengenalkanku sama HB kemarin..:)
    *manfaat ngeblog...dapat banyak ilmu..

    ReplyDelete
  55. Setiap masa pertumbuhan anak punya keindahannya ya Teh. Trimakasih sharingnya, pastinya bermanfaat bagi kami pembaca blog ini. Salam

    ReplyDelete
  56. Pinter ya Pascal, sudah berani tidur sendiri !

    ReplyDelete
  57. wah calvin hebat yah bisa tidur sendiri... :D

    ReplyDelete
  58. aku masih takut tidur sendiri loh

    *kidding

    ReplyDelete
  59. Untukku masih belum mau memisahkan anak-anak utk tidur sendiri. Apalagi diramalkan dalam 4 tahun ini akan terjadi gempa besar di Tokyo :)

    ReplyDelete
  60. Kalau aku memang sudah lama mempersiapkan satu kamar khusus buat Nadya, malah sudah ada kasur berseprai princess kesukaannya. Tapi belum aku training buat tidur sendiri, sih. Waktu itu pernah dia yang inisiatif tidur sendiri, tapi akunya yang jadi kesepian, hihihihi.. ibu yang aneh :p

    ReplyDelete
  61. Mbak, kakaknya Dija, yang kelas 2 SD
    sampe sekarang gak berani tidur sendiri loh
    emang dia dasarnya penakut
    dan sejak dulu, selalu tidur sama Ibunya.
    sampe sekarang,kami gak tega membiarkannya tidur sendiri
    keinget gimana Ibunya dulu selalu menemaninya menjelang tidur

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...