badge

Friday, March 30, 2012

Selamat Tinggal Sembelit


Pentingnya peranan orang tua dalam tumbuh kembang anak memang sangat diperlukan tidak hanya ibu tapi ayah pun turut andil dalam hal ini. Usia balita merupakan periode emas atau golden moment untuk itu saya sebagai ibu rumah tangga Allhamdulillah bisa selalu mengikuti tubuh kembang anak-anak setiap harinya.

Sebagai orang tua saya harus terus belajar karena tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua yang baik dan benar. Semua ilmu dan informasi saya dapat dari buku, internet maupun teman-teman. Sebagai ibu saya juga pernah mengalami masa sulit ketika Pascal, anak pertama saya mengalami sembelit.

Pascal bolak balik ke toilet untuk pup atau buang air besar, dalam waktu lama dia berada didalam tapi belum selesai juga. Lama-lama dia kesal dan menangis karena kesakitan. Saya mencoba menenangkannya dan memberikan segelas air putih untuk diminum, siapa tahu setelah minum air yang banyak perlahan pupnya akan keluar.

Karena terlalu lama dan belum keluar juga, saya menyuruhnya keluar dari toilet. Saya mengoleskan minyak kayu putih pada perut dan punggungnya untuk mengatasi rasa mulas yang dirasakannya. Saya tahu penyebab sembelit ini pasti karena tidak ada atau kurangnya makanan berserat yang di makan oleh Pascal.

Setelah itu saya mencoba berbicara pada Pascal mengenai sembelit ini, kenapa hal ini bisa terjadi tentu saja dengan bahasa yang bisa dia mengerti saat itu Pascal berusia 5 tahun. Saya katakan kalau saja Pascal sering makan sayur dan buah perutnya tidak akan sakit dan pupnya lancar, tidak keras.

Untuk melancarkan buang air besarnya saya memberikan beberapa potong pepaya, awalnya Pascal menolak tapi ketika saya tanya ingin sembuh dari sakit perutnya atau tidak, dia akhirnya mau memakan buah pepaya potongan tersebut. Allhamdulillah tidak lama setelah itu Pascal bisa buang air besar dengan lancar walaupun masih agak keras.

Sejak saat itu setiap makan dengan sayur Pascal mau memakannya, sesekali menolak tapi saya selalu mengingatkan sayur dan buah baik untuk pencernaan sehingga tidak akan mengalami sembelit lagi. Hingga sekarang Pascal suka makan sayur dan juga buah. Selamat tinggal sembelit, selamat datang pencernaan sehat.

Ternyata dari pengalaman ini Pascal menyukai hampir semua sayuran baik matang maupun sayuran mentah dalam bentuk salad, begitupula dengan buah. Ada beberapa buah yang sampai saat ini tidak disukai Pascal yaitu jeruk tapi setidaknya bisa digantikan dengan buah yang lainnya. Selain itu juga Pascal pernah saya perlihatkan foto penderita wasir, saya beritahukan bahwa ini akibatnya kalau susah makan sayur dan buah.

saya bersama Pascal (6thn) dan Alvin (2thn)


Tulisan ini di-share dalam rangka mengikuti “GA GOLDEN MOMENT WITH TOUR CHILD” yang diadakan oleh penerbit byPASS www.penerbitbypass.com.

55 comments:

  1. anak-anak memang kadang susah makan buah atau sayur ya mbak....

    btw...pr nya udah ku kerjain lho mbak....hehe...

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, dengan pengalaman yang seperti itu anak-anak bisa belajar untuk mendengarkan kata2 orang tuanya ya... Moga Pascal tetep rajin makan buah dan sayur biar gak sembelit lagi yaaa

    ReplyDelete
  3. ayo Pascal dimakan sayurnya.. entar sulit lagi loh kalu eok hehehe

    sukses mbak Lid

    ReplyDelete
  4. betull tuh sama kyk nay kalo sembelit pasti dicekokin sayur sama yogurt :D

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah.. :D sembelit anak itu memang susah di atasi :( adik saya juga pernah.
    kalo olesi kayu putih di punggung ya? bkn di perut. berarti aku salah :D
    salam

    ReplyDelete
  6. @ mami Zidan : thanks ya mbak sudah mengerjakan PRnya

    @ Allisa : bahaya juga kan kalau sering2 sembelit

    @ uncle : pascal suka selada loh padahal itu kan mentah ya

    ReplyDelete
  7. wah bener juga ya :) jadi semangat nih tuk konsumsi sayur dan buah

    ReplyDelete
  8. Anak saya yang pertama (Kevin) juga begitu Mb. Dia paling anti dengan sayur, tapi klo buah yang mau hanya jeruk dan mangga (itu juga harus disuapi, tidak mau makan sendiri). Anak saya yang kedua (Thalita) sangat suka dengan sayur dan buah..... :)

    ReplyDelete
  9. terus terang udah ga pernah lg buat sayur, klo pengenmah beli aja dwarung, percuma ga pernah dimakan sama radial..tp imi banyakin stok buah, Alhamdulillah jarang bgd anak2 kena sembelit

    sukses GA nya yha bun

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah berkat kecekatan mama dalam berkomunikasi dengan Pascal menjadikan anak lebih sehat

    ReplyDelete
  11. yup betul... anak2 kita tuh semua unik yaa teh. tapi alahmdulillah kedua anakku itu diberi keluasan makan apa aja mau. hihihi. semoga menang yaa kontesnya :)

    ReplyDelete
  12. Wah aneh gak suka jeruk, hihi.
    Tapi alhamdulillah ya doyan sayur dan buah yang lain xD

    ReplyDelete
  13. wah pinter pascal mau makan sayur ya. kalo si andrew mah angot2an. kalo di rumah udah pasti gak mau makan sayur. kalo makan buah pun harus dijuice baru mau minum.

    kalo di restoran korea tuh baru dia mau makan salad. hahaha.

    ReplyDelete
  14. sembelit di wiki indonesia disebut Konstipasi

    ReplyDelete
  15. Pascal pinter mau nurut makan sayuran ^^ biasa kan anak kecil ada yg gak peduli

    ReplyDelete
  16. mama pasti suka pendekatan sendiri ya pada anaknya ^ ^ salut mama

    ReplyDelete
  17. Mama Pascal...

    semua jenis buah2an Rafi gak suka,yang berupa juice pun gak mau...
    bikin puyeng kepala maknya aja

    tapi msh untung mau sayuran

    bwt Pascal sehat terus ya....

    ReplyDelete
  18. Anak saya yang kecil pernah sembelit, selain diberikan pepaya juga saya kasih sabun di lubang anusnya dan lancarlah. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  19. bener, dhe juga dulu dirayu ibu untuk rajin makan pepaya biar pup nya gk sakit.. jadi deh sekarang suka banget ama buah yang satu itu.. :D

    ada hadiah spesial untuk mamanya Cal-Vin, Seratus Cinta Gamazoe.. diterima yaa http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/

    ReplyDelete
  20. Wah asyiknya bisa juda bunda..... Salam kenal

    ReplyDelete
  21. beruntung bangeet ya, pascal, dapat perhatian yang tepat dari Mom :)

    ReplyDelete
  22. aku juga makan pepaya utk ilangin sembelit. dan manjur banget.

    ReplyDelete
  23. wah org tua yang telaten ya mantep :D
    perhatiannya full
    hehe
    di tunggu kunjungan baliknya ya ke http://articles.century21.co.id/

    ReplyDelete
  24. alhamdulillah Nabil suka banget sama sayur dan buah, semoga saja tidak kena penyait yang ini.

    wah , pascal hebat ya.. anak yang nurut kalo dibilangin sama mama

    ReplyDelete
  25. biar nggak sembelit emang banyakin makan serat dari buah dan sayur ya?

    ReplyDelete
  26. Iya bener Mbak...
    Jadi orang tua itu tak ada sekolahnya.
    Ilmu sebagai orang tua diperoleh sambil praktek dan mesti mencari sendiri dari sana sini.
    Dan yang pasti tiap anak punya karakter sendiri, dan hanya orang tuanyalah yang paling tau.
    Salam buat dua jagoannya
    Semoga menang dalam kontes ini

    ReplyDelete
  27. sekarang masih sembelit lagi ga bu? :P

    ReplyDelete
  28. aku sering bgt tuh ngalamin hal itu...
    pepaya emang obatnya yg manjur.

    ReplyDelete
  29. smg pascal ttp rajin mkn sayur dan buahnya...jus jg blh untuk variasinya mba :)

    ReplyDelete
  30. betul, anak-anak emang susah disuruh makan sayur. Syukurnya Pascal setelah sembelit udah mau makan sayur yah mbak. anak temenku tetep aja keras kepala ga mau makan sayur biarpun sudah pernah sembelit.. Hahahaha

    ReplyDelete
  31. Saleum,
    Pepaya memang obat yang manjur ubtu mengatasi sembelit mbak. Pengalaman pribadi juga sih hehee

    ReplyDelete
  32. adik saya juga kemaren beberapa hari sembelit, pas ibu ngasih pepaya awalnya gakpercaya, ekh hari kemudian ketahuan hasilnya, lancar. dan aku percaya,

    ReplyDelete
  33. makan sayuran emang bener sih mba,tapi harus diimbangin dengan makan buah & rajin olahraga biar kondisi badan tetap terjaga & jauh dari sarang penyakit

    ReplyDelete
  34. susah makan sayur dan buah? Sabila banget tuh. semua buah-buahan dia takut, apalagi jeruk. Entah kenapa, padahal seingat saya tidak ada kejadian yang membuat ia trauma, semua terjadi begitu saja. Dan untuk mengakalinya, saya sering belikan jus buah.

    ReplyDelete
  35. biasanya anak2 paling suka sayur wortel...disamping rasanya yg agak manis,warnanya juga menari... :D

    sukses buat GA'nya yaa bu lidya smoga menang :)

    ReplyDelete
  36. Kok pas ya Mbak. Saya baca ini setelah makan lalapan, hehe..

    Ade Mas Pascal, hajar sayurannya..!

    ReplyDelete
  37. orang tua memang menjadi sosok yang harus mampu membantu menyelesaikan problem anak di usia tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  38. Saya sejak kecil sudah di biasakan utk makan sayur (maklum di desa banyak sayur jadi kadang sayur itu ya lauknya)..tapi ttp anomali susah BAB pada metabolisme tubuh saya. Padahal sayur, buah dan air putih dah tiap hari..#curcol

    ReplyDelete
  39. Saya penggemar buah mbak, jadi jarang sembelit. Tapi infonya sangat bermanfaat..

    Salam kenal, trima kasih sudah mampir ke 'rumah bunga' saya :)

    ReplyDelete
  40. sayur dan buah-buahan emang palign mantap ya

    betul itu pepaya bisa melancarkan proses tersebut, hehe

    sayang saya gak bisa ikutan giveawaynya nih, gak masuk kategori nya sih :D

    sukses GA nya mbak

    ReplyDelete
  41. Wah, Pascal pintar, nurut sama mamanya ^^

    Good luck dengan giveaway-nya ya mbak! ^^

    Salam kenal...

    ReplyDelete
  42. aku nggak akan pernah mau sakit. sakit itu nggak enak dah. . .

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah junior saya belum pernah mengalami sembelit, tetapi makan sayur emang agak susah tetapi buah kalau dipotong kecil2 mau, jeruk kalau di suruh kunyah memang gak mau mbak tetapi kalau di peras doyan :D
    sukses di GA ya.

    ReplyDelete
  44. Wah .. kejadian tak enak tapi bermakna ... syukurlah anaknya jadi suka sayur ...

    ReplyDelete
  45. hihii jangankan pascal :p
    chika aja masih susah makan sayur ni mba :P

    ReplyDelete
  46. Sama mam, kalau Dita susah BAB, saya juga bilang "Makanya banyak makan sayur dan buah supaya e-eknya yang keras" ALhamdulillah Dita belum pernah sembelit git, paling2 nongkrong lama tapi gak keluar hehehe. Sukses buat kontesnya y mam

    ReplyDelete
  47. dibalik derita ternyata ada hikmahnya, Pascal jadi suka makan sayur, alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  48. Alhamdulillah pascal mau maem sayur & buah y...
    siip, biar tetap sehat & lancar BAB nya y mas....
    hehehe

    ReplyDelete
  49. anakku klo udah sembelit baru mau makan sayur tapi klo sembelit nya udh hilang, dia hilang juga selera makan sayurnya :(

    ReplyDelete
  50. aku kalo lihat pascal dan alvin tuh kadang suka heran Mbak

    yang pascal mirip banget sama mamanya
    sementara alvin duplikat papanya

    hehehhee
    Tuhan memang Maha Adil ya Mbak...
    heheheeee

    ReplyDelete
  51. Does you provide any privet Intern-ate access security , please inform-om me?

    HelloVPN's PIA Review

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...