badge

Monday, March 26, 2012

Sikat Gigi Bareng Sali

Mengajarkan suatu hal pada anak biasanya lebih masuk lewat contoh, apalagi contohnya melalui hal yang disukai oleh sang anak.

Disini aku akan sharing pengalamanku mengajarkan mengosok gigi pada Pascal dan Alvin. Kalau Alvin otomatis langsung mencontoh pada Pascal jadi lebih mudah mengajarinya.

Sejak kecil aku sudah membiasakan menggosok gigi Pascal sejak belum numbuh giginya. Biasanya aku membersihkan lidah serta gusi Pascal menggunakan kasa yang dibasahi dengan air matang hangat. Pernah juga menggunakan sikat lidah yang lentuk yang dimasukkan pada jariku. Aku memang bukan ahlinya seperti bunda Monda,atau mama Vania, tapi menurut yang aku baca memang anak harus dibiasakan membersikhan gigi sedari kecil.

Pada saat anak sudah mengerti, biasanya akan memilih sikat gigi sendiri yang beraneka macam warna maupun bentuk. Pascal dan Alvin mempunyai gagang sikat gigi bentuk Doraemon dan kawan-kawannya. Jadi lebih semangat loh sikat giginya tanpa disuruh biasanya sebelum tidur dan setelah sarapan pagi mereka sikat giginya. Khusus untuk Alvin masih aku bantu menyikat giginya, setelah itu dia pegang sendiri untuk menggosok giginya.

Selain itu aku juga sering membacakan buku seri halo balita yang berjudul Aku bisa Mandi SendiriPada buku itu ada bagian Sali sedang belajar mandi sendiri juga menggosok gigi sendiri. Pascal dan Alvin selalu ingat bagian ini makanya bilang mau seperti Sali bisa gosok gigi sendiri. Sekarang Pascal bisa baca sendiri bukunya kadang membacakan Alvin.


Ternyata kita bisa mengajarkan anak melalui berbagai macam cara, secara tidak sengaja pun mereka bisa mengingatnya. Dari membaca buku jadi satu masalah terselesaikan. Allhamdulillah hingga usia 6 tahun ini giginya Pascal masih bagus.

ps: untuk Herry - http://hiakuherry.blogspot.com maaf saya tidak bisa komen diblognya baik dari laptop maupun tab bagian kotak komennya tidak ada.

65 comments:

  1. kalo kita ngajarinnya dengan sikat gigi bareng2... :)

    ReplyDelete
  2. Ini adalah salah satu trik memancing anak supaya mau melakukan sesuatu tanpa adanya paksaan

    ReplyDelete
  3. bisa belajar banyak mendidik anak yang baik disini, maklum bentar lagi insyaallah jadi bapak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiiiiik yang mau jadi bapak, semoga lancar ya

      Delete
  4. di sini sikat gigi tidak ada yang dengan bentuk menarik, paling hanya gambar di ujungnya saja. Tidak ada tempat taruh sikat gigi lucu-lucu sih.... Kalau mau yang lucu musti ke toko yang menjual barang dari Amerika :D

    FYI di televisi pendidikan di Jepang NHK chanel 3 ada acara untuk anak-anak dan setiap hari berganti ada video ttg teman-teman yang sedang menggosok gigi. Kalau di sini urutannya anaknya gosok gigi duluan, baru ibunya terakhir membersihkan. Biasanya sikat gigi utk anak dan untuk ibu berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oooh gitu ya kak, aku ikuti deh caranya untuk anak-anak yang menggosok giginya terlebih dahulu baru aku yg membersihkan.jadi anak belajar juga ya

      Delete
  5. wah hebat nih mama Cal-Vin sudah membiasakan menyikat gigi buat anak anaknya sejak dini
    sikat giginya lucu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sikat giginya biasa kok mbak, tapi gagangnya itu yang bentuk2

      Delete
  6. iyah bener Mba memang seharusnya dari kecil anak sudah dibiasakan gosok gigi :D

    ReplyDelete
  7. pascal, sikat giginya bagus-bagus ya..yang gambar doraemon sama kayak punya zidane tuh...

    ReplyDelete
  8. Membiasakan anak menggosok gigi memag sulit ya mbak, tapi syukurlah ALvin dan Pascal sudah terbiasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ,kasihan melihat anak-anak kecil tapi giginya sudah bolong dan sakit gigi

      Delete
  9. Sali sahabat anak-anakku juga, seri halo balita memang bagus-bagus ya :)

    ReplyDelete
  10. iya mbak, cerita keseharian tapi mengandung unsur islami

    ReplyDelete
  11. Raja juga sampe sekarang gak pernah malas sikat gigi, mungkin karena sejak masih bayi dulu udah dibiasain sikat giginya :)

    ReplyDelete
  12. Kl ngomongin gigi aku sedih bgt. Giginya dina meski rutin sikat gigi, gampang banget rusak :(
    Belum sempat ke dokter gigi. Dan sekarang tambah parah. Hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. bun, tau aya anaknya ratih? walaupun rajin gosok gigi tapi bolong juga giginya. ternyata bisa karena makanan loh

      Delete
  13. huaaaa....jadi pengen cepet2 punya anak, pengen praktek langsung :D
    *nikah aje belon* -__-

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. bukan aku kan yang lucu ya tapi sikat giginya :)

      Delete
  15. eh samaaan sikat giginy, kmrn k supermarket Anin jg minta dbeliin yg kyk gtu, shizuka sm nobita :)
    ultahny alvin sm ma ultah anin to, thn dpn bikin giveaway barengan he,,

    ReplyDelete
  16. kalo anak2 mmang harus dirayu dengan sikat gigi yg unik ya
    jadi mau deh gosok gigi :)

    ReplyDelete
  17. wah menrik banget postingannya ini, dari lihat gambarnya saja sudah bisa buat menarik anak2 dengan model gitu, salam kenal n happy blogging agan

    ReplyDelete
  18. wah makasih bunda tulisannya, memang anak harus dikenakan sikat gigi sejak dini khan yah....?

    ReplyDelete
  19. wah nanti kalo dikaruniai anak, aku harus belajar banyak dari mbak nih :)

    ReplyDelete
  20. kok ilang komentarku? yg jelas perlu kreatif dan imajinasi biar anak tertarik utk sikat gigi ya Mbak

    ReplyDelete
  21. Wah, sikat giginya bagus-bagus and lucuuuuu...banget. Kalo punya pasti cucuku rajin sikat sendiri, gak usah ditemenin sang bunda. Maksudnya kalo bunda gak sikat gigi (ketika mau tidur) ya cucuku juga gak mau tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak saya juga masih ditemani kok bun kalu gosok gigi

      Delete
  22. biasanya memang bentuk sikat gigi dan rasa dari pasta gigi yang membuat anak bersemangat sikat gigi tapi gigi rico masih geripisan aja ini ga bisa2 berenti ngedot :(

    ReplyDelete
  23. wah, aku belom berhasil "memaksa" Dija sikat gigi secara sukarela Mbak...
    hiks

    ReplyDelete
  24. mantapp cocok banget kalau punya anak kelak..harus ngajarin supaya rajin sikat gigi sejak dini ya mbak. karena kasian tar kalau udah diatas 5 tahun terus gigi nya rusak kan keluar biaya banyak tuh harus ke rumah sakit. pencegahan dini lebih baik ;)

    ReplyDelete
  25. tempat sikatnya lucu2, trkadang aku juga masih suka pakai produk bayi/anak2, wangi dan rasanya lbh enak drpd produk org dewasa.

    ReplyDelete
  26. anak-anak cepat belajar mbak... kalau sudah besar umumnya jadi egois kalau diajari

    ReplyDelete
  27. adekku tuuh susyaaah banget disuruh sikat gigi. --"

    ReplyDelete
  28. membiasakan diri pada hal=-hal yang sehat dan baik memang harus dilakukan sejak usia dini. Meskipun terkadang untuk itu dibutuhkan perhatian yang ekstra.

    ReplyDelete
  29. Wah cara yang efektif sekali, dengan memberikan sebuah warna warni dan bentuk yang unik pada sikat gigi Pascal dan Alvin untuk membiasakan membersihkan gigi mereka,, :)

    ReplyDelete
  30. enak yo anak sekarang sikat gigi aja bentuknya lucu.. lah jaman saya gak ada odol, batu bata merah pun jadi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihihi.... Uncle Lozz lebaaaay, emang lahir di jaman Jepang pake odol bata merah? :P

      Delete
  31. Senangnya kalo melihat gigi anak anak yang bagus dan terawat.
    Memang kalo sesuatu sudah dibiasakan sejak kecil, itu lebih mudah untuk menjadi kebiasaan kelak.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  32. Senengnya jika melihat gigi anak anak yang bagus dan terawat.
    Memang memberitahu dan mencontohkan kebiaasan baik sejak kecil, itu lebih bisa untuk mereka jadikan kebiasaan nantinya.

    Salam.. .

    ReplyDelete
  33. iya yah, anak lebih mudah meniru apa yang dilihat :)

    ReplyDelete
  34. wah Pascal kakak yang hebat suka bacain cerita dan bantin Alvin...
    Keren keluarga yang suka baca, :D

    Semangat kakak Pascal, Alvin juga harus rajin sikat gigi. biat bisa senyum manis buat mama :D

    ReplyDelete
  35. Nay walopun rajin sikat giginya, eeh teteuup aja giginya bolong, apalagi suka banget sama coklat, qiqiqi
    Untungnya nay gak takut ke dokter gigi :)

    ReplyDelete
  36. suka banget sama sharing ini teh ^^

    ReplyDelete
  37. ia jaman saya malah gak pernah di belikan sikat gigi ama ortu haha makanya giginya pada bolong waktu itu

    ReplyDelete
  38. Sebuah pembelajaran yang sederhana dari sebuah buku. Emang cara yang paling ampuh mengajarkan sesuatu adalah dengan mencontohkannya dan dengan sesuatu yang mereka sukai. kayak bentuk sikat dan pasta gigi yang bermacam-macam.

    Jadi belum pernah ompong nih giginya sob?

    ReplyDelete
  39. ikhsan juga punya banyak sikat gigi dengan aneka gagangnya.
    Alhamdulillah sekarang kebiasaan ikhsan sikat gigi menjelang tidur sudah bisa jalan. Malah kadang saya yang diingatkan ikhsan buat sikat gigi sebelum tidur hehe..

    ReplyDelete
  40. Dita dulu suka sikat gigi juga karena sering dibacain Barney yang ke dokter gigi hehehe

    ReplyDelete
  41. Gak ikut kontes Pepsodent mbak ... kayaknya ada semacam kontes begitu ya ..

    ReplyDelete
  42. Makin banyak cara agar anak rajin sikat gigi ya bund..

    ReplyDelete
  43. Membiasakan menggosok gigi sejak kecil selain utk kesehatan juga utk mengajarkan kedisiplinan. Salut utk usahanya mbak.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...