badge

Saturday, March 24, 2012

Tekwan

gambar diambil dari sini
Salah satu makanan kesukaanku adalah makanan khas dari Palembang diantaranya pempek yang pernah aku tulis juga disini.

Makanan khas Palembang lainnya yang aku suka adalah tekwan. Tekwan adalah  yang dibuat dari ikan dan sagu dengan kuah udang. Biasanya ada tambahan pelengkap lainnya seperti jamur kuping, bengkoang, bihun, ketimun, bawang goreng, daun bawang, seledri serta bunga sedap malam.

Kebetulan malam jum'at kemarin pengajian rutin malam jum'at bertempat dirumahku. Kalau malam-malam yang dingin (kaya judul lagu hehehe),enak juga nih kalau aku sajikan tekwan yang hangat, tentu saja ditambah dengan cemilan lainnya.

Aku pesan tekwan ini sama mamanya temannya Pascal disekolah. Dia bikin tekwannya dirumah tapi membuat kuahnya dirumahku. Sekalian mengajarkan aku bagaimana membuat tekwan. Aku beli tekwan ini 3 paket. Alhasil hari jum'atnya seharian kita dirumah makan tekwan. Biasanya selain ditambah sambal aku lebih  suka ditambah cuka pempek.

tekwan sesaat sebelum disajikan belum ditambahkan kuah

82 comments:

  1. jadi laper :( sebagai orang Palembang asli, sudah tentu dan pasti aku juga penggemar tekwan. hehehe ... Udah nyobain model belum??? ga kalah enaknya sama tekwan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dong :) walaupun bukan orang palembang aku suka makanan palembang

      Delete
  2. saya suka tekwan banget!
    coba yah dikirim2 ke sini :D

    ReplyDelete
  3. waaaahh kangennya pengen makan tekwan, kalo di Palembang memang makan tekwan lebih sedap kalo ditambah cuka pempek. akupun selalu begitu kalo makan pempek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya aku dikasih tau sama orang palembangnya, ternyata lebih enak ya kalau dicampur cuka pempek

      Delete
  4. hmmmmm...
    pempek enak, tekwan pun enak..
    jadi pengen bikiiinnnn.. :p
    oiya mbak, ttg bros yg ada di blog saya, minimum pembeliannya 10, silahkan kalo berminat lsg hubungi saya yaaa..
    hehe
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya makasih atas jawabannya, nanti aku kabari ya

      Delete
  5. mbak, sepengetahuan saya tomcat itu ukurannya kayak sebesar ulat bulu ukuran kecil (panjangnya) tapi besarnya kayak semut rang-rang.

    Aku jg suka tekwan, pernah dpt gratisan tekwan dr temen yg asli Palembang rasanya enak bgt, lalu beli di food court mall rasa tekwannya biasa aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di foodcourtbiasnaya harganya mahal tapi kurang enak ya :)

      Delete
  6. wadew ... ngiler lihat fotonya :P

    kayaknya aku belum pernah makan tekwan deh :)

    ReplyDelete
  7. Enak sekali makan tekwan hangat ini, kombinasi rasanya khas. Setelah kursus kilat sudah nyoba buat sendiri belum mama Cal-Vin. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sempat buatnya bun :) cari ikannya jauh

      Delete
  8. wah ... pengen banget makan ini
    tapi di surabaya masih belum nemu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. carinya diwarung pempek biasanya dijual tekwan

      Delete
  9. mau diajarin dong mba cara bikinnya

    ReplyDelete
  10. heemmzzzz sedapnya, puiih jadi lapar nih mba. Kangen masakan tekwan palembang (dulu nyicip waktu Seagames)... pasti maknyos yach...istriku minggu lalu bikin, tapi keasinan ...hehehehe

    ReplyDelete
  11. aku sering namanya & banyak ada disekitar kantor,tapi belum pernah nyobain
    mungkin besok deh,setelah baca tulisan mba jadi mau coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. carinya yang enak jadi gak kapok makan tekwan :)

      Delete
  12. wkwkwkw saya kok baru tahu ya jenis makanan bernama Tekwan ini.. dasar ndeso hahaha

    ReplyDelete
  13. aku baru tau ada makanan namanya tekwan. wehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. disemarang aku juga belumnemu yang enak syifa

      Delete
  14. sluurp.. enak, kangen makan tekwan.. tapi kayaknya paling enak kalo dimakan langsung di tempat asalnya yaa : palembang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo makannya dipalembang mahal diongkos :-D

      Delete
  15. waaah kok kita bisa sama ya? Aku juga suka mpek mpek dan tekwan!
    Semua yang dari kanji deh aku suka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka..suka.... siomay/batagor juga hahaha... (apa sih yg ngga aku suka?)

      Delete
  16. seger nih malam2 mkn tekwan, lapeeeerr :D

    ReplyDelete
  17. mmm..belum pernah merasakan...ini jadi kepengen....^__^

    ReplyDelete
  18. duh, jadi pengen tekwan juga...

    ReplyDelete
  19. jadi ngilerrr...
    minta 5 mangkuk ya...
    hihihi...
    *ngelunjak*

    ReplyDelete
  20. Udah pintar bikin tekwan donk mba,,bagi doong..kalau pempek sih sering makan kalau tekwan belum tapi jadi pengen coba jugasih...

    ReplyDelete
  21. aku juga sukaaa banget pempek, tapi kalau tekwan gg begitu suka, amis gitu menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak biasa makan yang amis2 ya, amis disunda manis bukan hehehe

      Delete
  22. Wah Mbak, Tekwan akubaru denger dan kayanya di sini gak dijual bebas alhasil aku nggak pernah makan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba carinya ditempat penjual pempek deh biasnaya dijual tekwan

      Delete
  23. waah,, ane jadi laper...
    tekwannya sangat menggugah selera saya, *baru fotonya, palagi aslinya..
    hmm,, yummy..

    ReplyDelete
  24. Tekwan dengan bunga sedap malam ?? baru dengan kalau bunga sedap malam bisa dimakan juga. Kirain bunga pepaya aja yang bisa dijadikan makanan enak :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bunga pepaya saya belum pernah makan pak

      Delete
  25. bener mbak, makan tekwan atau model itu akan lebih enak kalo ditambah cuko.. waah, lidah mbak Lid kayaknya udh cocok jadi wong palembang.. kapan makan tekwan bareng??? kapan mbak Lid ke Palembang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari kecil aku sudah makan ini, disekitarku banyak orang palembang :)
      asyiiik kalau ke palembang ditraktir Dhe ya makan tekwan

      Delete
    2. Beneran ya kalu ke Palembang khabari kami, nanti kita makan tekwan bareng, dhe yang bayari heheee...

      Tekwan itu termasuk yang bisa aku buat sendiri, mudah tak perlu pakai cetakan :)

      Delete
  26. Ngiler mbak :)
    Belum pernah ngerasain ini deh kayaknya. Kalo pempek sudah pernah.

    ReplyDelete
  27. wah aku lom pernah mmencobanya neh mba., :D

    ReplyDelete
  28. Ngeliatnya aja saya udah ngiler.... yakin deh rasanya pasti uenak. Di Bali ada nggak tekwan ya?

    ReplyDelete
  29. Hmm enak bener tuh Tekwannya mbak... Lempar ke Madura... :D

    ReplyDelete
  30. Ooohhh hihi pernah makan ini di kawinan.
    Trus liat ada aneh aneh ditekuk ternyata sedap malam :D

    ReplyDelete
  31. hmmm jadi laper nih, kalau dibahas cara buatnya mantap nih? biar bisa dicoba

    ReplyDelete
  32. Selain mpek-mpek, model dan martabak HAR, tekwan njuga makanan favoritku ketika dinas di Palembang. Makanan ini juga sering dihidangkan di acara pernikahan dan di lapangan golf.

    Rasanya memang nikmat terutama jika gratis.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  33. Pagi-pagi hadir disini melihat suguhan makanan yang menggiurkan Mba. Walau saya bukan orang Palembang, saya suka makanan ini loh Mba. he....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  34. saya suka sensasi pempek ^_^, eh di Jatim sepertinya belum menemukan Tekwan >.< pasti enaaaak

    ReplyDelete
  35. wuah...aku telat datang nya nih....tekwan nya masih ada nggak mbak...?

    eh aku baru tahu lho, kalo tekwan enak di makan dengan cuko nya...kapan-kapan aku cobain deh, kebetulan disini juga banyak yg jual tekwan.

    ReplyDelete
  36. Pagi mbak...saat saya berkomentar sekarang ini, saya belum sarapan, jadi pingin ke dapur, kapan2 kalau kopdar menunya tekwan yukkk (ngarep dot com pingin kopdar)

    ReplyDelete
  37. aku suka banget tuh tekwan Mbak...
    duluuu ada sodara yang suka ngasih tekwan
    sejak dia pindah, gak ada lagi yang ngasih
    hu hu hu... kangen makan tekwan

    ReplyDelete
  38. jadi mbak skarang sudah bisa bikin tekwan yah :)

    ReplyDelete
  39. terakhir makan tekwan waktu 2004 jalan ke palembang, kalo di medan sepertinya belum ketemu jajanan seperti ini.....ada rekan bloger yang tau?

    ReplyDelete
  40. disini suka ada si abang tekwan yg lewat, tp pasti beda rasanya sama yg di atas situ ya, bagi dong mba, hihihi ^^

    ReplyDelete
  41. sepertinya makanan ini sudah lama banget gak saya makan, jadi lupa rasanya kayak gimana yah ....hemmm mau donk di kirimin bun hehe...

    ReplyDelete
  42. Tekwan memang nikmat ya mbak, dan gizinya itu buat anak bagus banget :)

    ReplyDelete
  43. yaaah...kirain tekwannya bikin sendiri...baru mau minta resepnya....sesama penggemar tekwan....

    ReplyDelete
  44. pengen euy..coba atuh lempar / kirim ke bekasi perumnas 2, hehe..istriku bisa coba bkin kali ya, tar ah minta buatin, hehe

    ReplyDelete
  45. hmmmm...
    pempek...
    tekwan...
    model...
    sungai musi...
    jembatan ampera...
    rambut gondrong...

    miss you teteh...

    ReplyDelete
  46. Enak ya, bisa pesan makanan sekalian belajar membuatnya.

    Eh Mbak, nanti kalo sudah mahir membuat tekwan saya mau tuh dikirimin lewat paket :P

    Salam.. .

    ReplyDelete
  47. hehehe teh ternyata sama kesukaan kita..mo pempek,tekwan,lenjer huaaa i love it daaaah ^^

    ReplyDelete
  48. waa... aku jadi kepengen nih mba lidya..

    ReplyDelete
  49. Mauuu...aku juga suka tekwan hehehe. Jadi laper, lunch dulu ya.. :-)

    ReplyDelete
  50. Ini favoritku, Jeng. Dan betul sekali makannya ditambah cukonya, wuenaaak puooll anget-anget, aahhh hujan begini jadi pengeeenn.....

    ReplyDelete
  51. Memang Tekwan makanan mak nyusss..... cobain deh Tekwan Frozen siap masak Mister Tekwan. Di Total Buah segar apa di All Fresh udah tersedia.. praktis lezat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...