badge

Saturday, April 14, 2012

Sentiling

Ada yang suka makan sentiling? Sentiling adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang dicampur agar-agar. Aku suka banget, walaupun awalnya tidak tahu nama makanan yang aku makan ini. Ditoko kue dekat rumah ada yang menjualnya mereka menyebutnya ongol-ongol, tapi setahuku kalau ongol-ongol terbuatnya bukan dari singkong. Aku tahu nama sentiling ini dari suamiku.

Hari ini aku iseng buat sendiri sentilingnya, lebih irit dan bisa makan lebih banyak dibanding membeli. Allhamdulillah rasanya juga tidak kalah enak kok :). Cukup mudah kok cara membuat sentiling ini. Berikut aku beri resep hasil googling kesana kemari, tapi ada modifikasi sedikit aja. Maksudnya bahannya tanpa aku takar hehehe.

Bahan-bahan :
  • Singkong diparut (kalau malas memarut, bisa diparut dipasar kok)
  • Agar-angar (warna terserah sesuai keinginan, kalau agar-agarnya berwarna tidak perlu menambahkan pewarna makanan lagi) Disini aku memakai agar-agar berwarna merah, karena stok diwarung adanya warna itu.
  • Gula pasir, manisnya sesuai selera
  • Sedikit garam, agar terasa lebih gurih
  • Parutan kelapa untuk ditabur setelah sentiling matang
Cara membuat :
  • Campurkan singkong parut, agar-agar, gula pasir dan garam
  • Aduk sampai rata dan semua bahan bercampur
  • Siapkan cetakan, dan masukkan adonan sentiling pada cetakan (cetakan apa saja yang ada dirumah)
  • Kukus sentiling sampai matang
  • Taburi dengan kelapa parut, disini kelapa sudahaku kukus juga agar tidak mudah basi
Berbagai kreasi bisa ditambahkan pada sentiling, misalnya ditambkan dengan parutan keju, dan ditambahkan santan kental. Semua sesuai selera masing-masing saja. Yang penting bisa makan cemilan sehat buatan sendiri.

66 comments:

  1. wah mba... aku malah baru dengar kali ini nama penganan 'sentiling'. Lucu namanya ya mba... tapi bentuknya seperti onde-onde ya mba...? tapi onde-2 ga pake agar2 donk. Ayo mba, kapan dibuatkan untukku? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak mirip onde-onde aku juga baru tau namanya sentiling :)

      Delete
    2. Coba mb taburan nya di ganti dengan keju , saya pernah mencoba rasa nya lebih enak

      Delete
  2. Saya keknya baru denger kali ini. Btw melihat jadi kepengin ikut mencicipi...

    ReplyDelete
  3. ooo, namanya sentiling ya ..
    kakak ipar saya yang suka bikin, tapi ngga dibentuk bulat2 seperti itu. Hanya dimasukin ke cetakan besar, terus di potong2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak punya cetakan besar jadi pakai cetakan seadanya bun

      Delete
  4. baru denger nama sentiling,,, tapi kalo makanannya kayaknya udah pernah makan dulu... bahan singkong dan agar2

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kan, walaupun masih bingung namanya apa

      Delete
  5. Eh iya, aku nyebutnya ongol2 juga lho mbak, tapi emang rasanya beda dengan yang sejenis lagi,
    kalau ini kan nggak sekenyal ongol2 ya

    ongol2 itu jajanan pasar favoritku

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun namanya, yang penting sama-sama enak kan bun

      Delete
  6. aku belum pernah makan kue itu deh tante. bahkan dengar namanya pun baru sekarang. hho *katro

    jangan lupa ikut giveaway Jejak Si Miaw :-) -> http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2012/04/jejak-si-miaw-1-giveaway.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. mampir kecikampek, nanti dibikinin deh khusus untuk syifa

      Delete
  7. ooohh..ini namanya Sentiling.Lucu juga namanya ya. Makanan yang sehari-hari kita makan ya Mbak. Aku juga suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan tradisional memang selalu enak ya bun

      Delete
  8. simple ya, mba ... diaduk-aduk langsung dikukus gitu?
    nyoba ah nanti ...
    makasih sharingnya ya ^^

    ReplyDelete
  9. baru tau kl ada cemilan kayak gini, boleh di coba juga nich :D

    ReplyDelete
  10. sentiling..? asli saya baru tahu bu

    ReplyDelete
  11. salah satu makanan kecil kesukaanku :D

    mbak, komen juga disini ya http://blogrenaldi.blogdetik.com/keajaiban-madu-propolis-menggempur-penyakit/

    ReplyDelete
  12. itu bukannya ketuk mba ?
    setahu aku panganan dari singkong itu yg aku kenal cuma ketuk,gaplek,gatot & ongol2

    ReplyDelete
  13. Save as... Print... kasih ke istri, he he he

    ReplyDelete
  14. Sentiling ?
    Baru dengar nama makanan itu, kalo melihat rupanya sih memang mirip ongol ongol tapi kalo ngeliat jajanan itu kayaknya ada deh disekolah Sd, kala ga salah namanya cendil cendil gitu. .

    Salam.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga sama mas cuma beda nama ya tergantung orangnya menyebut apa

      Delete
  15. Unik ya mbak, singkong di campur agar2, kapan2 pasti saya coba di rumah nih

    ReplyDelete
  16. Jadi itu namanya sentiling too. Tanteku sering buat saat di kampung. Tapi namanya bukan sentiling, apa ya namanya? Aku nggak tahu namanya, pokoknya cemilan yang terbuat dari singkong daahhh he..he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah bingung,nikmati saja makanannya :)

      Delete
  17. Jadi namanya sentiling..Baru tahu. Kemarin aku baru makan Mbak, tapi yg pakai gula aren. Aku pikir tadinya itu ongol2 :)

    ReplyDelete
  18. kalo di aku bilangnya ongol2 Mba..
    enak banget..

    I love jajanan pasar..

    ReplyDelete
  19. Kapan ya dapet kiriman Sentiling dari mbak Lidya? hehehe :D

    ReplyDelete
  20. Aku taunya ongol ongol :D
    Hampir sama ya...

    ReplyDelete
  21. t4 saya wonogiri banyak singkong,, tapi cuma di buat yang itu2 saja( nasi tiwul)

    Visit too My Blog

    ReplyDelete
  22. aku nyebutnya bukan sentiling, tapi onde-onde pelangi. Lucu kan namanya ? hehe

    ReplyDelete
  23. aky suka makanan ini tapi baru tau juga kalau namanya sentiling,,
    boleh dikirim ke rumah tuh mbak :)

    ReplyDelete
  24. pa kabar mbak lid...
    alhamdulilah aku baik baik, semoga kak pascal dan dedek alvin juga sehat sehat...maaf baru bisa mampir mbak..
    baru tahu namanya sentiling...:)
    wah mbak thanks resepnya...kayaknya gampang nieh jadi pingin mencobanya....
    semoga kinan bisa diajak kompromi boleh memanya masak :)

    ReplyDelete
  25. Wah, Mm Calvin... Bagi doooooonnnkk Sentilingnya... Hihihi...
    Cie cie... Hand made diaee...

    ReplyDelete
  26. yg aq tahu ongol-ongol mbak...
    baru denger namanya sentiling
    jajanan pasar emang enak2 ya?

    ReplyDelete
  27. Pernah makan Bun, cuman baru tau namanye sentiling :D
    cobain dongggg buatan bunda ^_^ #eheem..

    ReplyDelete
  28. waahh mauuu, enak nih jadi kudapan di hari minggu..

    saya kayaknya pernah makan sentiling ini deh tapi baru tahu namanya hehe..

    ReplyDelete
  29. wew, pagi-pagi begini liat makanan unyu gini jadi keroncongan perut, bagi dong :D

    ReplyDelete
  30. sepertinya nak, apalagi ada agar2nya

    ReplyDelete
  31. mantap juga yeah, ke'nya enak tuh

    ReplyDelete
  32. Bundanya Hani jago bikin ini, Mbak.
    Tapi, makanan ini Hani baru kenal February lalu dan ternyata emang enak dan gak bikin neg gitu....suka juga bantuin, tapi kalau disuruh bikin?? He he he
    Hani nggak pintar dalam masalah perdapuran,,.

    ReplyDelete
  33. sy juga suka mba...walau baru tau namanya..dulu cuma makan ga peduli dengan nama ..hehehehe.. ^__^

    ReplyDelete
  34. kirain tadi mo cerita tentang kegiatan SENTIL (+ing dalam bahasa Inggris) hahaha tibak'e malah ngomongin jajanan toh ... hadooh ... ini mah cuma bikin ngeces aja, wong gak ada yg mo dicemil hehehe

    ReplyDelete
  35. Baru kemarin sore disuguh sentiling di pertemuan dengan penyajian ala kue lapis merah kuning. Teh Lidya kreatif sekali dengan membentuknya bulat ala kelereng/klepon, mempermudah Cal-Vin menyantapnya ya. Salam

    ReplyDelete
  36. Ahaaa baru tahu kalau ini namanya Sentiling, padahal suka makannya:-)

    ReplyDelete
  37. Sukses buat sentilingnya mama, warnanya bagus dan menggoda selera hehe :D

    ReplyDelete
  38. enak tu bu....,bentuknya juga macem2....
    kalo dimakan kenyil2.....hehehe :D

    ReplyDelete
  39. emang bukan ongol2. aku pernah makan juga. gak taunya sentiling toh namanya.

    ReplyDelete
  40. Saya suka makanan ini Mb. Tapi baru sekarang tau namanya Sentiling.
    Taunya nama msksansn ini ongol-ongol, tapi benar bahwa ongol-ongol terbuatnya bukan dari singkong, tapi dari (kalau ga salah tepung sagu)..... :)

    ReplyDelete
  41. Iya mbak, kalo ongol2 itu terbuatnya dari sagu bukan singkong...

    Aku baru tau lho mbak nama kue sentiling ini :D

    ReplyDelete
  42. Kalau di kampung saya namanya ongol-ongol dan kayaknya tak ada makanan bernama sentiling di Jombang.
    jajanan seperti ini sudah jarang muncul kecuali di pasar.

    Enak lho, sayangnya kelapanya cepat basi.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  43. aduuuh aku sukaaaaa... tapi ngga bisa buat di sini, krn di sini ngga ada singkong. Cuma ada ubi :( hiks

    ReplyDelete
  44. eh sangkain tadi kelepon mbak dilihat ganmbarnya,, ternyata bukan yak? namanya baru aku denger deh ..

    ReplyDelete
  45. kayaknya aku suka tuh Mbak
    haahhaaa... bagi dong

    ReplyDelete
  46. wah enaaak tenan, jadi ingat ibu di rumah dulu suka dibeliin..
    jadi pingin....

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...