badge

Friday, June 8, 2012

Materi Test TPA

Minggu depan tepatnya tanggal 11 Juni di TPA (Taman Pendidikan Al Qur'an) tempat Pascal mengaji memasuki minggu ulangan nih. Biasanya Pascal diberikan materi yang akan diujikan, tapi bikin aku kelabakan nih lihat materinya. Karena apa yang diajarkan di dalam kelas aku kurang paham, yang aku tahu ya baca Al Qur'an dan doa-doa gitu.

Pascal yang mau tesnya aja santai-santai aja tuh kenapa aku yang deg-degan ya hehehe. Takut ditanya anak mamanya gak ngerti hadist-hadist dan bahasa arab. Akhirnya aku minta catatan dari gurunya untuk belajar dirumah bilangnya sih gitu. 

Tapi ternyata dari semua materi yang diujikan Allhamdulillah pascal bisa semua sewaktu aku tanya dirumah. Paling ada satu dua yang lupa awalnya. Ada yang lucu nih waktu Pascal menyebutkan hadist Amal yang artinya kurang lebih seperti ini "tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah" dipikir Alvin itu lagu, dia langsung nyanyi "tangan diatas duduk manis"

Berikut materi yang diujikan nantinya, oh ya semua materi dijawab secara lisan kecual pelajaran menulis.

Fiqih
  1. Sholat dan raka'atnya
  2. Hewan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan
  3. Bacaan Ruku, i;tidal, sujud dan duduk diantara 2 sujud

Aqidah
  1. Adab masuk dan keluar kamar mandi
  2. Malaikat dan tugasnya
  3. Kelahiran nabi Muhammad hari,tgl,bulan dan tempat
  4. Kitab-kitab Allah

Doa-doa
  1. Mendengar petir
  2. Kesehatan
  3. Selesai Belajar
  4. Bangun tidur
  5. Turun hujan

Hadist & artinya
  1. Amal
  2. Persaudaraan
  3. Kasih sayang
  4. Larang makan dan minum sambil berdiri
  5. Menuntut Ilmu

Surat Pendek
  1. An Nashr
  2. Al Kautsar
  3. AlKafirun
  4. AlMa'un
  5. Al Quraisy

Bahasa Arab
  1. Alat-alat Sekolah
  2. Hewan peliharaan
  3. Macam-macam bentuk

Mewarnai
Menulis Huruf Arab
Menulis Huruf Latin


sumber gambar http://taufik79.wordpress.com

69 comments:

  1. Mengingatkan sedari kecil aku masuk TPA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dulu gimana TPAnya ada test gak? maklum aku gak masuk TPA cuma pengajian biasa di mushola

      Delete
  2. Waahhh pasti pascal nilainya bagus

    ReplyDelete
  3. Kalau pascal santai, berarti pascal sudah siap menghadapinya mbak
    semoga lancar dan tuntas dengan hasil yang baik

    ReplyDelete
  4. wah .. hebat dong Pascal kalau bisa menjawab semua waktu ditanyai di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pascal bisa menjawab,mamanya nyontek jawaban hehehe tapi sekarang aku sudah hafal juga loh

      Delete
  5. tanpa qta sangka anak justru lebih cepet nangkep dan hapal dibanding maknya lho....hehehe

    ReplyDelete
  6. wah sama bu tanggal 11 Juni siswa SMA ujian semesteran ke 2...

    ReplyDelete
  7. hapalan doa pasti pinteran pascal daripada aku
    aku apalnya doa mau mandi doang...

    ReplyDelete
  8. Waahh.. Belasan tahun yang lalu saya juga di posisi Pascal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. belasan tahun yg lalu gimana deg2an gak?

      Delete
    2. Malah deg-degan sekarang kayanya, mba..
      Aku cuek beibehh dari jaman TK-an dulu. Malah si Mama yang panik.. Kaya Mamanya Pascal ini.. hihihi
      Yah begitulah orang tua. Hope their children get the best :)
      Sampe aku udah kuliah malah Mama sama Ayah yang panik. Iyalahh.. Soalnya aku belum wisuda-wisuda :p

      Betewe, makasi Mba uda ngunjung balik ke blog aku :)
      Salam kenal juga dari Aceh. I am following you, kalo mau folback, dengan senang hati aku terima.. hihihihi

      *Panjang ya comment-nya? Aku memang cerewet*
      :p

      Delete
    3. Aku tambahin di Reading List dashboard aku maksudnya.. hihihi :D
      Ngga ketemu tempat ngefollow-nya di sini.. huhuhu..

      Delete
  9. JAdi Inget Olive waktu TK..
    MAteri yang di hafalin banyak juga ya..

    Percaya PAscal pasti Bisa..
    Mudah2an semuanya lancar

    Smangat..

    ReplyDelete
  10. berderet-deret ya materi testnya, tapi syukurlah pascal bisa menyelesaikan semua ... good boy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. belummbak, itu bisa jawab dirumah .testnya mulai senin nanti sampai jum'at

      Delete
  11. Salam kenal,
    Wah masalah tpa bikin emaknya belajar keras ngaji lagi. Malu diajarin anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus mbak, itung2 refresh otak dan juga belajar ilmuu baru. salam kenal juga

      Delete
  12. aduh mamah... masuk TPA aja sebegitu 'beratnya' ya ujiannya. maksud aku, itu untuk anak kecil lho. yang org dewasa pun mgkn blm tau. yah mgkn itu krn org dewasanya yg kurang mau belajar. semoga ketika dewasa nanti, pascal ttp mengingat semua pelajaran2 ini yah mah. ditambah pascal mengamalkannya dengan baik, pasti akan lebih indah jadinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan testmasuk TPA kok,tapi test kenaikan kelas diTPA. sebelumnya kan sudah belajar setiap hari di TPA jadi sudah hafal semua

      Delete
  13. mbak yang hewan boleh dimakan dan ga itu apa aja ya? saya masih ragu dg kehalalan kepiting, kerang, bebek soalnya kalau ga salah itu bs hidup di dua dunia khan? Kalau katak jelas haram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf pertanyaan tes ini versi anak umur 6 tahun jadi mungkin jawabannya juga yang dia tau aja

      Delete
  14. biasanya emang gitu yg suka lebih deg2an itu org tuanya.. Anaknya mah santai.. Hahha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi nanti SD ya. bundanya keke udah ahli nih nanti aku bisa belajar banyak

      Delete
  15. materi ujian TPA nya lumayan banyak juga ya mbak, semoga nilai ujian pascal bagus ya mbak

    ReplyDelete
  16. Iya lho, emang kadang Emaknya yang suka gugup, anaknya mah tenang aja :)

    ReplyDelete
  17. penanaman karakter sejak dini.. :D bagus itu ujiannya, kalo semua bener berarti pascal hebat, terlebih mamanya :D
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar dirumah mudah2an saat tes juga benar

      Delete
  18. dukungan sang mama, pasti akan menambah semangat si pascal, good luck ya pascal....

    ReplyDelete
  19. Anak2 TPA memang dipermudah. Sama guru2nya biasanya sudah diberikan beberapa materi yang harus dipelajari di rumah. Minimal hapalan2nya. Semoga Pascal jadi anak soleh ya ... ^_^

    ReplyDelete
  20. Salam Takzim
    Seperti juga dirumah istri selalu heboh kalau si bungsu mau ujian
    apa semua begitu ya, hebat memang nurani ibu
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kurang tahu juga pak, coba tanya ibu2 yang lain mungkin jawabannya sama

      Delete
  21. Subhanallah... testnye banyak amat yaakk... jadi inget jaman sekolah :D

    hayo,.. abang Pascal pasti bisaaaa #chaiyoooo ^_^

    ReplyDelete
  22. wah-wah...pascal bisa mengerjakannya dengan baik...cerdas banget .....alhamdulilah..
    materinya banyak juga

    ReplyDelete
  23. Banyak bgt yg di tes yah..hihi

    Semoga Pascal makin pintes ya sayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh tante Melly Pascal jangn dipintes ya hehehe

      Delete
  24. Sebenarnya yang ujian bukan hanya Mas Pascal aja loh, Emaknya (duh maksudnya Mamanya hhh) pasti ikutan belajar kan ?. Jadi tanpa sadar Mbak Lydia ikutan mempelajari dan menghafal yang diajarkan.
    Semoga lulus demikian juga Emaknya hhh

    ReplyDelete
  25. waaa harus rajin-rajin ngaji tuh xixixix !! kdang-kdang suka keduluan sama anak :D

    ReplyDelete
  26. nitip jawaban, mbak lidya : hewan yang boleh dimakan adalah yang halal dan yang ga boleh dimakan yang haram
    xixixixi

    ReplyDelete
  27. Pascal mah pinter, InsyaALLAH testnya bisa. mamanya ga usah deg2an hehehe

    ReplyDelete
  28. Wah materi ujiannya banyak banget ya Mbak, semoga Pascal bisa mengerjakan semua ujian tersebut dengan benar dan nanntinya bisa bermanfaat sampai tua #AMIN

    ReplyDelete
  29. waah banyak bangeeet. perasaan waktu jaman aku TPA cuma di tes solat ama iqro aja udah lulus :|

    ReplyDelete
  30. wawww TPA kerennn....dulu saya cuma di tes ebta, kalo lulus, nak tingkat deh...

    ReplyDelete
  31. Kurikulum TPA terstruktur rapi ya, Salam tuk Cal-Vin

    ReplyDelete
  32. mungkin dlu biasa bilang, "sekolah sore"
    soalnya pagi sekolah, sorenya sekolah juga seperti TPA
    hehehe...

    ReplyDelete
  33. kalo denger TPA jadi inget pernah bolos, terus ikut sama yg berburu,maklum dikampung. pulangnya lupa agak kemalaman..alhasil dimarahin sama ortu...

    ReplyDelete
  34. Waah mantap, ini untuk kenaikan tingkat atau bagaimana mbak?
    Moga lulus ya Pascal

    ReplyDelete
  35. Masyaallah...banyak banget mbak materinya...wah hebat berarti kak pascal diusia-nya cuman beberapa yang terlupa..:)
    semoga hasilnya memuaskan..lancar ujian TPA-nya untuk kak pascal :)

    ReplyDelete
  36. aku kok ada yg ga hapal yah :malu:

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...