badge

Tuesday, July 3, 2012

Penangkaran Rusa

Libur sekolah kali ini seperti biasa selalu diisi dengan pergi kerumah kakek dan neneknya CalVin di Cikampek. Kali ini hanya 3 hari kita disini, walaupun hanya sebentar tapi hampir tiap minggu bisa ketemu sama kakek nenek kok, mereka bergantian datang menengok cucu-cucunya yang ada di bekasi dan depok.

Waktu hari minggu Pascal diajak akinya (kakek dalam bahasa sunda) ke penangkaran rusa di Kawasan Pupuk Kujang Cikampek. Konon rusa-rusa ini berasal dari Istana Bogor. Yang aku lihat sih rusa-rusa disini terawat kok tidak seperti yang pernah aku lihat di kebun binatang.

Biasanya banyak pengunjung melihat rusa ini dikala sore hari apalagi kalau bulan puasa bisa dijadikan tempat ngabuburit katanya sih hehehe maklumbelum pernah kesana selama bulan puasa. Lokasinya ada didalam kawasan pupuk kujang didaerah Dawuan Cikampek yang kebetulan dekat dengan rumah ortuku. Kalau kesana biasanya naik kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor tapi jika naik umum ada tukang ojek kok yang bersedia mengantarkan kelokasi

Disana ada penjual kangkung yang khusus dijual untuk pengunjung yang ingin memberi makan rusa-rusa itu. Awalnya Pascal dan Alvin takut hanya melemparkan kangkung tersebut tapi lama-lama berani memberi makan langsung kemulut rusanya. Liburan murah meriah tapi anak-anak senang.

Jika hari hampir magrib, seperti ada bel atau tanda seperti itulah otomatis rusa-rusa itu langsung berlari menjauhi pengunjung dan masuk kedalam. Seperti sudah diperintahkan rusa-rusa itu mengerti.

Rusa yang berumur tua biasanya tanduknya terlihat seperti batang pohon atau kayu kalau Pascal bilang. disini yang terlihat hanya dua rusa.



61 comments:

  1. senang ya bermain dan memberi makan langsung pada binatang. Karena dari dekat sensasinya lain dgn hanya melihat dari jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak aku baru tau ada penangkaran rusa disini

      Delete
  2. wah asik ya Pascal dan Alvin kasih makan Rusa..

    ReplyDelete
  3. Badannya Rusa cantiik ya..
    Polkadot..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rusanya gak maukalah sama manusia yg suka pakai polkadot ya :)

      Delete
  4. sayang dipager gitu ya jadi ga bisa bermain bareng
    kalo perorangan boleh gak sih piara rusa
    kayaknya lebih asik daripada citra mainan mbek terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak ada rusa, mbek pun jadi, Pak. Hehehe..

      Delete
  5. Kalo udah senja, keknya memang sudah waktunya pulang ke kandang, Mbak. Sama kek ayam di samping rumah saya. Hehe...
    Seru banget liburan yang sekaligus memperkenalkan flora fauna ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  6. waaah seru,...hihih rusanya kayak tau aja ya mbak, bel masuk tuh^_^

    ReplyDelete
  7. Aku pernah ngajakin Athia liat rusa sampe ke istana bogor. Padahal sejengkal dari rumah juga ada tempat bisa ngeliat rusa. Itu lho di kemang pratama.

    ReplyDelete
  8. ternyata rusa itu makannya kangkung ya mbak...saya baru tahu lho...hehe

    ReplyDelete
  9. Waaaah...info bagus nih Lidya, lokasi yang pasnya dimana ya, bisa gak di sms-in ke bunda donk. Bunda tadinya mau liburan nih ke Belitung rame-rame. Saat reservasi okelah biayanya, Eh, pas mau bayar kemarin malam koq udah naek gak tanggung2 sampe 2 x lipat, alasannya katanya masa liburan harga ticket pesawat melambung. Padahal rencana ambil dari airline yang paling murah Sriwijaya Air. Alhasil cucu and bundanya gak jadi liburan nih, hiks, hiks..........

    ReplyDelete
  10. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
  11. Mirip kaya di Monas berarti ya mba,ada taman buat Rusa'a

    ReplyDelete
  12. masa liburan gini, memang lebih baik diisi dengan liburan yang sekaligus menambah pengetahuan kepada anak-anak, daripada hanya jalan kesana kemari yang tidak memberi arti apa-apa

    ReplyDelete
  13. Wah baru tahu kalau rusa mau banget makan kankung ya Mbak. SErunya jika jalan-jalan wisata fauna sama anak-anak...

    ReplyDelete
  14. pinter ya mbak rusa2 itu bisa memahami waktunya pulang..apa kbr mbak?

    ReplyDelete
  15. Di deket rumahku ku di Kebun Bibit juga ada Rusanya Mbak, walaupun masuknya gratis tetapi Rusa-Rusa itu dirawat dengan baik.. untuk makanannya bisa beli kangkung dan kacang panjang seribu ke ibu-ibu yang ada diket situ

    ReplyDelete
  16. jadi ingat jaman si genduk masih kecil, trs diajak k ragunan sama adekku...
    nonton rusa juga, hehehe

    ReplyDelete
  17. huwahhh kayaknya asik yaa....di sini adanya pulau kembang yang diisi ama monyet2

    ReplyDelete
  18. Waah kayanya rusanya cantik2 dan segar2 ya mba ?

    ReplyDelete
  19. Di komplek unit diklat kantor ku di Semarang juga banyak rusa lho mbak, dan semuanya pada terawat, seneng liatnya :D

    ReplyDelete
  20. rusanya cantik ya. ada titik2 putihnya.

    ReplyDelete
  21. setuju ma komen di atas,,,coraknya polkadot,,,

    ReplyDelete
  22. ternyata ada tempat penangkaran rusa juga ya di cikampek..

    ReplyDelete
  23. di sebelah timur UGM juga sepertinya ada yang seperti ginian..
    ntah kenapa kok tidak ada yang peduli rasanya.. :D

    ReplyDelete
  24. waaaahhh liburan yang menyenangkan mbak.. gak ngebosenin disekitaran mall aja >.<

    ReplyDelete
  25. Pascal ama Calvin kok gak ajakin Uncle nih :(

    kangkunge masih ada gak mbak, tumisin buat saya dong hehehe

    ReplyDelete
  26. istana bogor ya bu...melihat binatang jinak begitu, jadi berpikir...kalau si manusia memperlakukannya hewan sama seperti halnya memperlakukan makhluk hidup selayak manusia, maka mereka juga jadi bersahabat....kecenderungannya, manusia, apalagi ada hewan yang unik atau berharga dalam arti bisa dijual/dimakan/ atau lainnya , pasti diburu-buru....dibunuh....

    ReplyDelete
  27. rusanya bagus , bintik bintik euy

    ReplyDelete
  28. Liat rusa tutul seperti itu menginggatkan saat pamanku baru pulang tugas dari Timor Timur dulu. Saat itu membawa p[ulang 4 rusa, burung beo dan kakak tua.


    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  29. Jadi ingat, dulu pernah nemenin teman yang kebetulan dokter hewan lagi ngasih vitamin ke rusa..
    Bentuk badannya hampir mirip sama yang di foto

    ReplyDelete
  30. aiiiih, senangnya..
    Bawa anak-anak main sama binatang memang menyenangkan ya,mam.Paling suka deh lihat mereka nggak lepas-lepas merhatiin si binatang.Kaya'nya takjub banget.Salam sayang ya, buat CalVin :)

    ReplyDelete
  31. deket bgt dengan kandang rusanya, ga bahayakah?

    ReplyDelete
  32. penangkaran ini dikelola oleh siapa, Mbak Lidya. Pemda, yayasan atau justru perorangan?

    ReplyDelete
  33. Wah. Kalau saja aku masih di Medan, bisa tuh aku bawa Vay main ke kampus USU. Di sana ada rusanya.....

    ReplyDelete
  34. galak gak ya rusanya bun???
    kayanya kunjungan baru prtama nih ke blog bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo bun,, selamat sore.. kunjungan sore nih... belum dibales komentarnya, cuma meninggalkan jejak bun kali ini :D

      Delete
    2. kuang tahu galak atau tidak ruana karena kita melihat diluar pagar.
      oh ya saya sudah berkunjung balik tapi kayanya komenku masuk spam deh

      Delete
    3. sudah nongol bunda lidya komentarnya...:D
      terimakasih
      Selamat malam bun :D

      Delete
  35. lho...baru tau klo di Cikampek ada penangkaran rusa

    Alviiin,Pascaaal....selamat liburan yaaa
    masuk sklh tgl brp niiih...?

    ReplyDelete
  36. huaaa, pasti senang banget ya bun liburan di tempat penangkaran rusa~ :)

    ReplyDelete
  37. Wuah Mam, aku jadi pengen ngabuburit... padahal masih lama ya???

    ReplyDelete
  38. ternyata di cikampek ada penangkaran rusa ya. Baru tahu ane sob. Kalau mau ke penangkaran buaya, bisa datang di taman buaya yang ada di cibarusah sob.

    ReplyDelete
  39. Berekreasi memang tidak harus ketempat yang mahal ya Ma.., disini, di tempat penangkaran rusa ini, anak-anak pasti tampak lebih bahagia dengan apa yang dilihatnya, apalagi bisa berinteraksi langsung.., waow.., sungguh luar biasa.
    Mama HEBAT.., membuat anak bergembira sambil mengenalkan tentang pentingnya menjaga alam ini.
    Salam..

    ReplyDelete
  40. Alamatnya dimana ya mbak Lid? nanti tak kasih tahu teman, kebetulan anak-anaknya lagi berlibur di rumah kakek-neneknya di jakarta.

    ReplyDelete
  41. Semoga Rusa-rusanya bisa berkembangbiak dengan baik

    ReplyDelete
  42. Jinak ya? :) Di kalibata bisa kasih makan dari pinggir jalan, tapi belum pernah coba.

    Apa kabar? ^_^

    ReplyDelete
  43. Aki nya pasti sayang banget sama CalVin :D
    hihi...
    senang pasti ketemu rusa ya

    ReplyDelete
  44. Enak ya Pascal dan Alvin, punya mama yang gaul dengan tempat-tempat rekreasi yang mendidik :)

    ReplyDelete
  45. anak2 perlu dikenalkan dengan alam sekitar, termasuk jenis hewan2 jinak, anak2 dikota hanya bisa lihat sapi atau kambing setaun sekali pas idhul adha..

    yg penting bukan mahalnya mbak Lidya..
    tapi manfaatnya...

    ReplyDelete
  46. Rusa totolnya memang mirip yg di KRB ya... ah, senang ya bagi anak2 bisa mengenal salah satu mahkluk ciptaan_NYA juga..

    ReplyDelete
  47. Kalau ga salah namanya Rusa axis-axis, meskipun dibawa dari kebun raya bogor, katanya nenek moyangnya berasal dari india.... :)

    ReplyDelete
  48. Senangnya berlibur ketempat kakek dan nenek yah kak pascal dan dek alvin..apalagi diajak jalan jalan ketempat penangkaran rusa wah senangnya..:)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...