badge

Thursday, August 23, 2012

Tiket Kereta

Seperti biasa aku mudik ke Semarang kalau pergi naik kereta, pasti pulangnya naik pesawat atau sebaliknya. Nah dimudik kali ini ada hal baru dan mudah-mudahan bisa memperbaiki citra PT KAI juga.

Ternyata tiket kereta saat ini tertulis nama penumpangnya (yang aku punya tiket Executive, tidak tahu untuk tiket bisnis dan ekonomi). Sewaktu aku sampai di stasiun Cikampek aku dan suami diminta mengeluarkan kartu identitas dan mencocokkan dengan nama yang tertulis pada tiket kerte api tersebut. Nama Pascal dan Alvin juga tertulis di masing-masing tiket tapi tidak perlu identitas karena masih dibawah umur. Kita memang sengaja membelikan tiket masing-masing agar perjalanannya lebih nyaman.


Aku sempat melihat dan membaca berita mengenai sekitar 5000 tiket kereta api yang hangus karena tidak sesuai identitasnya. Hal ini untuk memperkecil percaloan nih ada bagusnya juga. Walaupun kasihan juga bagi mereka yang tiketnya hangus. Kalau tidak salah juga bagi yang tidak sesui identitasna masih diberikan waktu untuk menukarkannya sampai dengan 30 Agustus akan tetapi akan dikenakan biaya sebesar 25% dari harga tiket.

Mudah-mudahan dengan ini masyarakat juga bisa lebih waspada dan pintar ketika memesan tiket kereta api. Pihak kereta api juga perlu menginformasikan hal ini agar masyarakat tahu mengenai hal ini.

Hiks jadi kangen rumah, harus menunggu sampai sabtu pagi nih baru bisa pulang. Allhamdulillah dapat tiket Air Asia promo walaupun harus pagi-pagi sekali. doakan lancar ya.

62 comments:

  1. Wah baru tahu ada tiket kereta yang baru ya mbak. Dah lama banget gak pernah naik kereta api.

    Semoga selamat sampai tujuan kembali mbak :)

    ReplyDelete
  2. Gebrakan yang patut diacungkan jempol demi ketertiban dan kedisiplinan sekaligus kenyamanan penumpang ini menurut saya mba... , walau pada awal penerapannya, membuat banyak calon penumpang yang harus kehilangan/hangus tiketnya... :(

    Jadi seperti naik pesawat ya mba... tertib dan hanya penumpang yang sama nama di tiket dan nama di identitasnya.... :)

    ReplyDelete
  3. kemajuan buat PT Kereta Api, semoga berjalan lancar

    ReplyDelete
  4. Bener, mbak. Pernah lihat beritanya.
    Setelah merapikan percaloan KA, semoga bentar lagi meapikan para calo sembako. Dosa mereka setara dengan koruptor.
    #Esmosi & darah mendidi jadinya.

    ReplyDelete
  5. saya perhatikan PT KAI beberapa tahun terakhir kemajuannya cukup significant ... mulai dari dilarangnya pengantar masuk peron (di stasiun2 kecil di daerah baru2 ini saja di terapkan) sampai yang terbaru soal tiket ini ...
    Semoga perjalanan baliknya lancar ya mbak ...

    ReplyDelete
  6. nah keren tuh, ga ada identitas ga laku tiketnya
    moga2 dgn begitu, calo2 kapok :D
    wlo kesian juga sih ... tapi biarlah mereka cari nafkah dgn cara lain yah

    semoga selamat dalam perjalanan kembali ke Bekasi y mba

    ReplyDelete
  7. wah sekarang ada cap sesuai identitas ya... betul sekali nih gebrakan yang berani.... begitulah sekali sekali kalau buat aturan yang berani heheheh

    semoga perjalanannya menyenangkan ya

    ReplyDelete
  8. Wah keren juga PT KAI,
    jadi gak ada calo calo gitu ya...

    ReplyDelete
  9. wah bagus tuh.. biar gak bisa dicaloin ya...

    ReplyDelete
  10. Sudah sepatutnya pelayanan jasa yang selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan memberlakukan hal seperti itu. Apalagi hal ini berkenaan dengan asuransi jiwa keselamatan penumpang. Walau hal ini telat, namun kita tetap harus mendukung program ini. Agar tidak banyak yang dirugikan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar dan selamat mba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  11. Saya pernah lihat di tv, ada orang yang mengamuk gara-gara rombongannya tak diperkenankan naik kereta karena nama di tiket tak sesuai dengan identitas.
    Semoga perkeretaapian kini bisa semakin tertib.
    Selamat menikmati sisa liburan ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. pagi2 sekali? jam 6 yah mbak :D

    setahuku sih pesawat baru berangkat jam 6 :P
    tapi susahnya tuh jam 5 udah harus stand by di bandara
    cz kudu siapin ini itu :D

    ReplyDelete
  13. sebenernya gebrak yang anget . . ayam mba,soalnya telat mba hal tersebut dilakukan. Dan perbaikan kadang terjadi menjelang pasca lebaran & setelah lebaran kembali lagi seperti semula.
    Ya tapi semoga pulang kampungnya menyenangkan ya mba & kembali dengan selamat,amien
    nitip oleh2 ya,wingko babat :D

    ReplyDelete
  14. aamiin semoga perjalanannya lancar ..
    btw, jadi kangen naik kereta api nih. udah berapa taun ya saya ngga naik kereta, sampe lupa...

    ReplyDelete
  15. Nah, bagus tuh di tiketnya harus ada nama penumpangnya dan harus cocok dengan identitasnya, karena berkaitan juga dengan asuransi perjalanan kan kalo kenapa-kenapa di jalan...

    ReplyDelete
  16. Tiket kereta harus sesuai KTP ...
    Saya rasa ini patut diacungi jempol

    Semoga lancar-lancar saja ya Mbak ...

    Salam saya

    ReplyDelete
  17. berbagi kata kata motivasi gan
    Apa yang anda lakukan hari ini, merupakan kunci kebaikan ataupun juga kehancuran hari esok anda. Lakukanlah yang terbaik untuk hari ini.
    salam kenal sukses selalu dan ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  18. Iya, baru kemarin juga dapat cerita dari sepupu, kalau tiket kereta sekarang harus sesuai KTP :)

    ReplyDelete
  19. AA dari smrg bikin lebih nyaman ya Lid... apalagi promo

    ReplyDelete
  20. hari ini bearati masih di semarang ya mbak...semoga acara mudiknya lancar ya mbak...

    ReplyDelete
  21. Tapi pada prakteknya, pesan tiket secara on line masih ada peluang pancaloan lho Mbak. Juli lalu waktu ada kakak yang mau ke Jakarta ribet banget pesan tiket KA-nya, trs br bisa dapat lewat calo

    ReplyDelete
  22. Iya mbak, waktu saya boking tiket kemarin juga harus pake KTP. Untung bokingnya bukan di Statiun, jadi ga jauh-jauh amat ambil KTPnya. :).

    Semoga, perjalanannya lancar ya mbak. :)

    ReplyDelete
  23. wah rencana saya juga mau balik ke Tangerang pakai KA...semoga lancar , selamat sampai tujuan :)

    ReplyDelete
  24. Wah...semarangnya dimana nih mbak... iya, tampaknya dengan pola baru ticketing KA ini berkereta menjadi lebih nyaman ya mbak... moga2 saja begitu seterusnya :)

    ReplyDelete
  25. semoga lancar Air Asianya :D

    ReplyDelete
  26. Mbak Lidya mudik ke Semarang ya ?
    Apa dari mudik ke Cikampek lanjut ke Semarang ?
    Barengan Mama Zahra dong.
    Happy holidays ya, Mbak

    ReplyDelete
  27. Mudah2an cara ini dapat lebih memperbaiki pelayanan KAI kepada penumpangnya.
    Semoga selamat sampai di Bekasi lagi ya Mb, tentu saja juga buat semua keluarga :)

    ReplyDelete
  28. semoga PT KAI bisa membasmi para calo :D

    ReplyDelete
  29. Subhanallah, mudah-mudahan bisa ngurangin calo ya, Mam. Ditunggu postingan cerita mudiknya ;)

    ReplyDelete
  30. mbak ku mohon maaf lahir batin ya :)
    wah nice share mbak, karena kalau udah masuk hari2 lebaran, memang ada banyak pihak yang mengambil kesempatan dalam kesempitan. iya sih kasihan juga yang tidak tahu, semoga bisa mengambil hikmah :)

    ReplyDelete
  31. jadi sekarang masih di semarang yak mbak?

    ahh,, jadi pengen naek kereta deh.. apalagi kalau pelayanannya semakin hari semakin baik pasti kereta jadi pilihan yang ok buat pejalan..

    ReplyDelete
  32. berarti masih di semarang yak mbak? selamat liburan aja yak,, dinikmatin sebelum pulang ke rumah :D

    ReplyDelete
  33. Wah, gak pernah ngerasain gimana rasanya KA. :(

    ReplyDelete
  34. Semakin terkikislah penghasilan Calo, semoga mereka mendapatkan penghidupan yang lain.

    ReplyDelete
  35. iyo bu
    kereta makin keren. mulai mikir untuk balik ke kereta saat harus bolak balik jakarta jogja
    abisnya tiket pesawat 200 ribuan sekarang makin susah didapat
    apalagi ekonomi ac lebih keren ketimbang bisnis yang tarifnya sama

    ReplyDelete
  36. Tapi kalau tiket kapal laut meskipun tertulis nama penumpang, kok masih saja banyak calo ya

    ReplyDelete
  37. Naik kereta terakhir 5 tahunan yang lalu, itupun pake kesasar salah turun stasiun di Jakarta, hiks ...

    ReplyDelete
  38. Oh ya, aku naik Lodaya dari Bandung wkt berangkat mudik. Tiket dibelikan teman suami. Namaku tidak sama dg KTP krn pakai nama teman suami itu. Tadinya sempat ngambek krn nama istrinya bukan aku heheheee... Tp suamiku bilang gitu aja jd masalah. Eh pas nginep Bandung, pas TV di hotel nyiarin berita 5000 tiket hangus itu. Gantian suamiku yg panik terus sore2 nuker tiketku ke stasiun Bandung & kena charge 25%. Besoknya pas berangkat, yg di check KTPnya ternyata cuma perwakilan rombongan sj. Tp itu pelajaran buat kita semua spy tdk menggampangkan hal2 spt itu spy perjalanan nyaman. Cheers....

    ReplyDelete
  39. hati2 dijalan ya mbak.. semoga selamat sampe tujuan.. salam untuk semua ya..

    mohon maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  40. Eh baru tahu kalau tiket KA-pun tercantum nama. Berarti antrian pembelian tiket bakal lebih panjang utk meregistrasikan nama ya? Kecuali kalau ada agen2 penjualan tiket KA seperti halnya penjualan tiket pesawat.

    Ehm... sudah berapa tahun daku tidak naik kereta ya?

    ReplyDelete
  41. semestinya dari dulu PT. KAI melakukan hal itu, tiket bus saja ada tertulis nama calon penumpang-nya, mosok kereta api tidak...,
    tapi tak apa terlambat daripada tidak sama sekali,
    semoga selamat dalam perjalanan menggunakan pesawat ya :)

    ReplyDelete
  42. wah.. keren ya KAI. psstt... sampai sekarang saya belum pernah naik kereta lo mba :D *malu*

    ReplyDelete
  43. mohon maaf lahir batin yah mbak...

    ReplyDelete
  44. Bagus nih mbak, supaya calo2 cari kerjaan lain ...

    ReplyDelete
  45. Tiket dengan nama penumpang sudah lama lho jeng wong saya sering naik KA kok.
    Saya lebih suka naik KA daripada naik bis
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  46. besok pagi pulang ya? aku tunggu oleh-olehnya Mami...
    Mam, maaf lahir batin ya, maafin aku dan segala komentarku yang pernah menyinggung hati Mami, maafin aku ya Mam...

    ReplyDelete
  47. wahh ternyata sekarang tiket pun tak boleh sembarang nama ya :D nice!

    ReplyDelete
  48. Mudiknya aku paling ke tg pinang, tapi ngak butuh tiket bun. Jadi pengen mudik naik kereta apai...pasti seru..

    ReplyDelete
  49. saya kemaren pulang naek taksaka pagi, alhmdulillah tidak ramai. hehee

    ReplyDelete
  50. udah sam[ai rumah belum mbae :)

    ReplyDelete
  51. katanya sekarang lebih teratur ya mbak? dan ga ada lagi penupang berdiri? bagus tuh!

    ReplyDelete
  52. Minal Aidin Walfaizin Maaf Lahir Bathin yaa .. Maaf baru mampir :)

    ReplyDelete
  53. keren ya PT KAI berusaha mau memberikan layanan yg sama seperti bandara.. semoga dengan aturan ini calo menghilang dan pelayanan nya makin membaik.

    ReplyDelete
  54. Singgah ke Banjarnegara, Mom. :)
    #ups telaat. :D

    ReplyDelete
  55. berapa hari di semarang mam....
    semoga sehat selalu ya mam...
    salam buat pascal & alvin

    ReplyDelete
  56. Wah..KAI emang sudah berbenah ya mam. Sekarang naik KA jd jauh lebih nyaman ya :-)

    ReplyDelete
  57. aku juga denger beritanya di tivi soal 5000 tiket yg hangus. sebetulnya kasihan tapi memang tindakan pendisiplinan ini harus mulai ditegakkan. masih mending itu dikasih kesempatan menukarkan tiket, dan gak bener2 dihangusin gitu aja. biar calo ilang.

    ReplyDelete
  58. Kalo belinya di travel agent gitu apa termasuk calo ya mbak Lid?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...