badge

Sunday, October 7, 2012

Dari Monoton Menjadi Hero

Memenuhi undangannya Mbak Niken untuk mengikuti Giveawaynya, mudah-mudahan tulisan saya bisa masuk ke kategori from zero to hero.

Kalau dilihat aktivitasku memang monoton baik sekarang maupun dulu, tapi aku senang dan enjoy menjalani aktivitas ini. Sebagai ibu dari dua orang anak yang selalu mengurus mereka dan mengerjakan semua pekerjaan rumah Allhamdulillah bisa dikerjakan dengan baik (baik versiku loh ya). Tanpa ART pun Allhamdulillah aku masih bisa online untuk ngeblog maupun menyapa teman-teman dunia maya.

Pada postingan Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran, disana aku menuliskan "Biasakan pulang sekolah untuk langsung pulang kerumah". Itu memang pengalaman pribadiku :). Sejak SD sampai kuliah memang aku selalu langsung pulang kerumah jika pelajaran sudah selesai. Sesekali memang aku pernah mampir kerumah teman tapi itu sudah izin terlebih dahulu pada orang tua dan itu bisa dihitung dengan jari. Sewaktu kuliahpun aku tidak mengikuti kegiatan organisasi apapun dikampus. Selain aku kurang suka juga karena rumahku lumayan jauh Depok-Bekasi.

Dari kegiatan yang monoton inipun Allhamdulillah aku bisa menyelesaikan kuliahku tepat waktu tanpa harus menambah semester. Oh ya dikampusku dulu ambil SKSnya dengan sistem paket jadi aku tidak bisa lulus lebih cepat, jadi aku hanya bisa lulus tepat pada waktunya.

Pada saat penulisan Tugas Akhir pun aku tidak menemukan kendala yang sangat besar. Setelah mengajukan tema dan judul pada Dosen Pembimbing aku mulai membuat program aplikasi komputer untuk mendukung Tugas Akhirku tersebut.

Tidak sedikit teman-teman yang menggunakan jasa seseorang dalam membuatkan aplikasinya. Aku bertekad untuk membuat sendiri aplikasinya tanpa bantuan orang lain. Hanya bermodalkan buku-buku yang harus aku beli ditoko buku. Enaknya jaman sekarang semua contoh bisa dilihat diinternet ya, pada saat itu sepertinya susah sekali untuk mencar info seperti itu kecuali melalui buku.

Niatku untuk lulus kuliah tepat waktu harus bisa dilaksanakan, karena aku tidak mau orang tuaku membayar tambahan semester untukku. Bermodalkan komputer yang tidak begitu canggih tapi komputer itu hasil rakitan bapakku sendiri loh. Aku coding sendiri dengan bahan-bahan dari baku yang sudah aku miliki.

Allhmadulillah programku selesai dan bisa jalan. Senang sekali rasanya bisa membuat sebuah program hasil buatan sendiri. Dan orang tuaku tidak harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk membayar aplikasi yang dibuatkan oleh orang lain. Setelah selesai aku langsung Sidang dan mendapatkan nilai yang baik tanpa harus mengulang dan mengkoreksi Tugas Akhirku.

Oktober 1999 akhirnya aku diwisuda, lega sekali rasanya bisa melewati masa perkuliahan ini tentunya bisa membanggakan orang tua juga. Tinggal menjalani PR selanjutnya yaitu mencari pekerjaan.

Kenapa aku merasa lega karena dari nol dimana aku tidak mengerti dan tidak tahu apa-apa mengenai program akhirnya aku bisa membuat program sendiri diakhir masa perkuliahan. Semoga ini termasuk ketema Giveawaynya Mbak Niken From Zero to Hero. Dari kegiatan yang monoton tapi aku bisa menjadi hero untuk diriku sendiri dan orang tua bukan :)

Walaupun saat ini aku sudah tidak bekerja lagi tapi Insya Allah semua ilmu yang sudah aku dapat masih bisa aku gunakan kok dirumah untuk keperluanku sendiri dalam membantu pekerjaan-pekerjaan yang harus aku kerjakan dirumah.



Tulisan ini diikutsertakan pada Lovely Little Garden's First Give Away


52 comments:

  1. Betul mbak Lidya... pola pikir yg kita dapat dari sekolah dan kuliah, kita pakai buat mendidik anak dan mengurus rmh tangga.

    Trimakasih partisipasinya. Tercatat sebagai peserta Lovely Little Garden's First Give Away.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah langsung didatangi panitianya nih :) terima kasih ya mbak Niken

      Delete
  2. Keren euy, bisa bikin pemograman komputer. Lha saya dr dulu sampai sekarang user only neh MBak..

    sip sip...semoga sukses yaaa:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi sekarang banyak yang baru mbak saya tidak bisa semuanya kok

      Delete
    2. Wah... dirimu hebat mba... bisa bikin program aplikasi sendiri... aku sm dg Ririe...user only..:D

      Delete
    3. Sukses untuk kontesnya ya mba....semoga menang!

      Delete
    4. uh.. aku juga user only... Mbak Lidya tahun segitu sudah bisa bikin program.. hebat euy.. (tahun segitu saya masih tertatih-tatih belajar komputer) hehehe.. #malu..

      Delete
  3. Turut meng aminkan harapanmu Teh... dan semoga menang ngontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menang mah nomor 2 mir :) yang penting ikut meramaikan dulu ya

      Delete
  4. saluut mb lid..

    sukses ngontesnya yaa :)

    ReplyDelete
  5. wah, ternyata mamanya calvin seorang ibu yang hebat, bisa membagi waktu dan kesibukan bukanlah penghambat utk menghasilkan yg terbaik. baik utk dirinya sendiri maupun buat orang lain... semoga ilmu yg sudah di dapat bisa bermanfaat.

    salam dari indramayu hehehe lama gak mampir kesini :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam juga dari bekasi :) Indramayu lagi musim mangga gak?

      Delete
  6. salut mbak Lid...
    emang tugas akhir itu memaksa kita untuk mengeluarkan kemampuan maksimal ya ... baru tahu juga kalau mbak Lidya punya background di bidang komputer ...

    Semoga sukses ngontesnya ...

    ReplyDelete
  7. Sungguh luar biasa mbak, dari membiasakan dari menjadi pembiasaan yang luar biasa

    super hero lah dari pembiasaan dari awal yang positif

    ReplyDelete
  8. Mbak ... semua proses yang kita lalui, insya Allah amat bermanfaat buat hidup kita. Sy pun sama spt mbak Lidya, akhirnya jadi ibu rumahtangga tp saya tak menyesal (sedihnya, ibu saya masih suka menyesali kenapa saya tak kerja kantoran) .. krn sy yakin semuanya ada manfaatnya bagi pengembangan diri saya.

    Mbak pasti hero di keluarga, bagi suami, Pascal, Alvin ... dan bagi orangtua mbak.

    SUkses GA-nya mbak :)

    ReplyDelete
  9. di tempat Hani malah nggak pernah liat tawuran, maklum di kampung, rata-rata pada memilih pulang karena lapar atau rumahnya jauh dan harus ditempuh dengan sepeda kali ya?

    ngeliat anak-anak berantem di sekolah aja nggak pernah...

    sukses bunda GA-nya

    ReplyDelete
  10. Sukses kontesnya mbak :)
    Aku belum buat yang ini, masih sempet gak ya :)
    Saya aja yg kerja pengen jadi ibu RT haha

    ReplyDelete
  11. sopo? emake Pascal.. pasti pinter :P

    sukses GA-nya mbak..

    ReplyDelete
  12. komputer?
    nyeraaaah.....
    memang tiap orang ditaakdirkan untuk ada di jalan masing2 ya Lid..

    ReplyDelete
  13. sukses ngontesnya yah Mbak :)

    ReplyDelete
  14. Angkatan 94 atau 95, Mbak? Hehehe...
    Saya dulu sering dimintai mbuat program sama temen2 loh. Asyik banget bisa bantu temen2. Selain tugas akhir/skripsi, dulu saya juga bantu tesis kakak kelas.

    Eh dulu saya mbantunya gratis loh, hehehe...

    ReplyDelete
  15. Sukses buat GA-nya, Lidya...
    Menjadi seseorang yang berarti pasti harus melalui proses, dan Alhamdulillah proses itu sudah Lidya lalui dengan baik :)

    Ah, bangganya Pascal dan alvin kalau kelak mereka membaca tulisan ini!

    ReplyDelete
  16. Punten Lidyaaaa, saya baru datang lagi...kangen banget sebenernya, tapi apa mau dikata, ada kegiatan lain yang harus lebih saya dahulukan... ;)

    ReplyDelete
  17. Iya ya mba..rasanya kalo bisa bikin aplikasi sendiri tuh amazing banget yaa..:D
    Aku puun dulu begitu, jingkrak2 pas programnya berhasil, hihihi

    ReplyDelete
  18. wah hebat yah bisa bkin sendiri aplikasinya..
    emank aplikasi kyak apa mba?
    jd penasaran..

    ReplyDelete
  19. oh anak IT yah dulunya.... :P

    ReplyDelete
  20. Menjadi orang yang mandiri itu juga hero ya kan :)

    ReplyDelete
  21. Gut Lak ya mama, didukung sama warga kampong jengkol :P

    xixixixi, hebat dah bisa buat program komputer, jaman kuliah Oyen malah sama sekali gak bisa ngetik sampe tingkat 2 (ngisin2 i) :P

    ReplyDelete
  22. mungkin kalo cewek lebih suka pulang ke rumah setelah kuliah. kalo anak cowok kayaknya lebih banyak keluyuran deh.

    ReplyDelete
  23. wah kita sama2 lulusan th 1999... :D

    ReplyDelete
  24. Pastilah berguna ya Teh, ilmu mah ga ada yg sia2.Gudlak ah ngontesnya, lagi males ikutan kontes nih Orin mah :(

    ReplyDelete
  25. menyelesaikan kuliah tepat waktu adalah prestasi tersendiri dan patut diacungi dua jempol ..selamat ya, dan semoga sukses dalam lomba :)

    ReplyDelete
  26. mancappp.... bisa jadi progammer...

    ReplyDelete
  27. kalau tekad sudah bulat dan ada kemauan pasti bisa... semangat Mbak ini perlu di contoh... kagum mode on:) kali kali kebagian hadiahnya....

    ReplyDelete
  28. sukses buat kontes nya ya mbak .. :)

    ReplyDelete
  29. pantesan bisa ngajarin Pascal coding ys

    ReplyDelete
  30. Semoga sukses kontesnya. Aku bingung mau ikutan apa enggak? Waktunya mepet banget.

    ReplyDelete
  31. Vote for mba Lidya...
    semoga menang ngontesnya :)

    ReplyDelete
  32. Semoga menang ya mba Lidya...

    ReplyDelete
  33. sangat menyenangkan kalau kita berguna untuk diri sendiri, lebih-lebih bila bermanfaat tu orla ya mbak.
    setipe dengan saya pulang kuliah ya ke kost. paling banter pergi ikut kajian keislaman.

    ReplyDelete
  34. Salam kenal...
    http://gombongmotorcommunity.com/jupiter-z1/

    ReplyDelete
  35. Wuih... ternyata Mbak Lidya programer ya... Keren...
    Saya aja gak ngerti2 soal kompi :D

    ReplyDelete
  36. pantesan pascal suka ngotak-atik ternyata nurun dr mamanya :)

    ReplyDelete
  37. Teh Lid hero buat keluarga Cal-Vin. Selamat berkreasi terus. Salam

    ReplyDelete
  38. sip mbak...namanya ilmu walaupun nggak bekerja insyallah bisa diapplikasikan yah mbak..:)
    sukses kontesnya...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...