badge

Monday, October 22, 2012

Nasi Liwet

Tidak disangka yang dulunya aku tidak suka makan nasi liwet, sekarang malah suka banget makan nasi liwet, eh tapi lihat dulu sih bagaimana bentuk nasi liwetnya :)

Mungkin awal tidak suka itu jaman dulu SD atau SMP ada acara kemping diSekolah dihidangkan nasi liwet yang rasanya aneh agak-agak keras begitu jadinya gak suka deh.

Baru-baru ini aja aku mulai suka nasi liwet, awalnya makan nasi liwet di Cibiuk dan Bumbu Desa, ternyata kok enak banget ya. Lalu ada acara makan-makan sama temen dia bikin nasi liwet sendiri itu juga enak. Ketganya memangmempunyai ciri dan rasa berbeda tapi enak semua kok.

Akhirnya aku minta resep buat nasi liwet instan itu ketemen, ternyata caranya mudah banget. Allhamdulillah anak-anak dan suami suka makannya. Lebih enak dari nasi putih biasa katanya.

Sayang aku lupa memoto nasi liwetnya, sudha keburu habis baru inget hehehe. Jadi aku kasih cara membuatnya saja ya. Buat yang ahli masak maaf kalau banyak kekurangan maklum ini yang masaknya masih amatiran. Oh ya memasak nasi liwet ini aku memakai rice cooker jadi cukup mudah kok.

Bahan :
  • Ikan jambal Asin atau teri medan (digoreng sesuai selera)
  • Beras dicuci bersih
  • daun salam
  • Sereh
  • lengkuas
  • cabe rawit merah
  • minyak goreng secukupnya
  • bawang merah dipotong besar-besar
Cara Membuat
  • Masukkan beras yang sudah dicuci bersih
  • masukkan air sebagaimana biasa kita memasak nasi
  • masukkan semua bahan diatas aduk
  • tunggu sampai matang.
Nasi liwet siap dihidangkan.




link gambar http://www.nasiliwetinstan.net/blog/resep-nasi-liwet-sunda

53 comments:

  1. gitu doang??? Sumpe mbak?
    gampil dong! tar bikin ah :D

    ReplyDelete
  2. Mbaakkkk, itu nasi liwet merupakan menu sarapan pokok saya waktu jaman sekolah. Tapi nasi liwet original sih...cuma nasi duang yg dimasak liwet krn cepat dan praktis utk sarapan sekolah pagi uput-uput[pagi bangett]

    ReplyDelete
  3. Wow makan nasi liwet emang nuikmat..
    jadi kapan kita Botram sama nasi Liwet Mbaa..

    ReplyDelete
  4. saya belum pernah makan nasi liwet...

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen... Nasi liwet memang enak ya.

    ReplyDelete
  6. kok gampil amat sih nasi liwetnya bisa dicoba nih kapan2

    ReplyDelete
  7. Seingat saya saya belum pernah makan nasi liwet. Ternyata cara bikinnya gampang ya. Nasinya sudah ditambahin bumbu dan ikan asin. Sudah kebayang enaknya... :D

    ReplyDelete
  8. bikinnya ga pake santan ya mba?

    ReplyDelete
  9. waah gampang banget ya bahan2nya..apalagi kalo makannya ditambah sambel ama ayam goreng ya mba..*ngiler* :D

    ReplyDelete
  10. wah, sesimpel itu mba, ntar pulang ke Aceh bikin ah.... aku save dulu resep nya... thanks ya mba Lid... :)

    ReplyDelete
  11. jadi lapeeerrr. Ngebayangi nasi liwet panas, pake tahu tempe kayanya nikmat banget ya, sruupp

    ReplyDelete
  12. aih, gampang ya masaknya.. aku mesen 1 dong mbak :P

    ReplyDelete
  13. gampang banget ya...bahan2nya juga gampang.
    Yang lebih oke lagi masaknya gak pake repot :)

    TFS mba :)

    ReplyDelete
  14. Aahhh...jadi lapaaaarr.... Orin mah resep nasi liwet, di rumah kalo mamah males masak pasti bikin nasi liwet, nasinya udh enak tinggal pake kerupuk doang hihihihi

    ReplyDelete
  15. asi liwet emang enak, kl ikan jambal sy sukanya pake tulang jambal lid.. :)

    ReplyDelete
  16. Klo saya sukanya bikin nasi uduk/gurih. Mudah.

    ReplyDelete
  17. jadi pengen deh mbak pas makan siang nih :D

    ReplyDelete
  18. dulu mungkin iia.. tapi sekarang2 ini.. hampir gag perna lagi :(

    ReplyDelete
  19. nasi liwet ama nasi uduk itu sama atau gak sih lid?

    ReplyDelete
  20. semudah itukah bikin nasi liwet?
    tapi mba.. resepnya kurang lengkap deh.. kok ga ada jumlah takarannya..

    ReplyDelete
  21. itu di masaknya pake rice cooker atau panci biasa mbak...?

    ReplyDelete
  22. wah aku suka nasi liwet..enaaak...

    ReplyDelete
  23. asal muasalnya dinamakan nasi liwet...apa to bu?

    ReplyDelete
  24. wah nasi liwet enak banget nih.. tapi susah cari yang bener bener mantep di mulut...

    ReplyDelete
  25. wuih ternyata gampang yah bikinnya...jd pengen nyoba bikin juga ahhh......

    ReplyDelete
  26. Nasi liwet makin enak klo masaknya pake kayu bakar...iih sedap :D

    ReplyDelete
  27. He3x....
    Benar Mb, saya juga gitu karena laper jadi lupa foto.... :)

    ReplyDelete
  28. Mbak Lid, pake rice cooker bisa enggak yaa?? soalnya maless niy pake kompor, hehehehe

    ReplyDelete
  29. Belum pernah buat nasi liwet, Mom. :)
    Biasanya tinggal makan si. . hihih

    Cara membuatnya tidak ribet, semoga besok2 bisa buat. Latihan laah. . :D

    ReplyDelete
  30. Laperrr...
    Di rumah juga suka bikin nasi liwet, tapi gak pake cabe tuh hihi :D

    ReplyDelete
  31. saya dari medan engga pernah masak nasi liwet..paling cuma dikasih tetangga hehe..

    ReplyDelete
  32. saya berasal dari medan engga pernah masak nasi liwet, paling cuma dikasih tetangga hehe..

    ReplyDelete
  33. Hm...nyam-nyam dah! klo aku ntar nyobain..*kalau lho..hehe..* pasti g pake cabe deh.. haha...lidah balita!

    ReplyDelete
  34. lho? kok gampang... hahaha...bikiiin!!

    ReplyDelete
  35. nasi liwet emang ga bs dilewatkan......singada lawan.......
    resepnya boleh juga nih mba,...d cobain didapur sendiri :)"

    ReplyDelete
  36. bisa dimasak pake rice cooker juga ya mbak? ntar aku coba deh, tapi kayaknya cabenya harus dihilangin ya supaya Dhanan juga bisa ikutan makan. makasih resepnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  37. Belum pernah makan nasi liwet sih, tapi gampang banget masaknya ya mbak!

    ReplyDelete
  38. eeehh mudah banget yah ternyata... mo coba ah masak sendiri

    ReplyDelete
  39. wuaaaaahhhh.. jadi pengen makan nih :3

    ReplyDelete
  40. wah kalau aku dikirimin menu itu
    nggak bakalan ku tolak.......hehehhe
    salam persahabatan

    ReplyDelete
  41. mimi sempat dikirm teman di garut, nasi liwet yg instan bun, dg aneka raa, tp paling enak yg rasa pete qwqwqwqw

    ReplyDelete
  42. ternyata gampang ya mbak... jadi pengen juga nyoba nieh... selama ini cuman nasi uduk doang...

    ReplyDelete
  43. Mba Lid, aq kok pingin nasi liwet pagi ini ya? Hihi

    ReplyDelete
  44. tuh kan jadi pengen makan nasi liwet
    besok mudik ah
    kali aja istri mau bikinkan nasi liwet :D

    ReplyDelete
  45. loohh ternyata gampang banget ya lid bikinnya,tapi aku gak terlalu suka..kalo lagi pengen aja sih...btw kalo kapan kapan jalan jalan coba deh nasi liwet asep stroberi di daerah nagrek sana...enak tuh *eh apa karna ada ikan asin peda merah ya :D *

    ReplyDelete
  46. apalagi kalau pake garam / royko,, pasti lebih enak bu.

    Kalau saya biasanya masaknya seperti ini :

    Berasnya jangan dicuci terlalu bersih, karena kalau terlalu bersih sampai bening, nutrisinya hilang, pokoknya, tetap masih kelihatan putih,,,

    Sama kayak ibu, pake bawang merah ,kalau saya sukanya diiris tipis,

    miyak goreng secukupnya, jngn terlalu bnyak nanti jadi lembek,

    Garam atau bumbu penyedap lain jangan lupa dimasukkin ke liwetnya,, jngn terlalu bnyak ya,,, nanti malah keasinan,,,

    daun salam sama daun sereh juga ikut masuk,, pasti jadi harum nasinya,,

    Tapi jangan lupa,, masukin semuanya sebelum dimasak,,,

    Dimasaknya di atas api kayu bakar,, mantaaap,,,

    Kalau makan, nasinya ditaroh di atas daun pisang yang masih muda,, jadi ada rasa gimanaaaaaa gitu,,,

    Jangan lupa bikin sambel, kalau saya paling suka sambel kacang, nah lalapannya pake gori (nangka muda),,,atau daun singkong,,, atau daun pepaya mentah dibarengin daun jambu mete mentah yang masih muda,,,,

    Untuk lauknya sama kaya ibu, pake ikan teri yg itu, tapi kalau saya digoreng dicampur sambal (tapi bukan sambal kacang), terus dikasih kecap,,

    Makannya di saung (gubuk yang ada di tengah sawah) sambil menikmati semilirnya angin dan indahnya pemandangan sawah yang hijau,,,,

    ReplyDelete
  47. Nasi liwet kan gurih banget Mbak...
    kadang gak pake lauk pun udah enak tuh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...