badge

Monday, December 17, 2012

BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah)

BIAS adalah singkatan dari Bulan Imunisasi Anak Sekolah merupakan program imunisasi dari pemerintah yang dikhususkan untuk anak Sekolah Dasar kelas 1, 2, dan 3. Ini merupakan imunisasi lanjutan atau ulangan untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Imunisasi yang diberikan berupa DT dan Campak utnuk murid kelas 1, serta TT untuk murid kelas 2 dan 3. Untuk jelasnya mungkin bisa ditanyakan pada dokter ya :)


Disekolahnya Pascal agak telat nih program BIASnya yang seharusnya jatuh pada bulan November, mungkin karena bulan kemarin sedang dalam masa ujian disekolah. Sebelumnya pidak sekolah mengedarkan surat pemberitahuan dan surat pernyataan apakah orang tua menyetujui atau tidak anaknya diimunisasi. Ada yang menyetujui dan ada pula yang tidak dengan berbagai macam alasan. Kebanyakan sih karena takut jarumnya tidak diganti. Tapi kalau menurutku sih gak mungkin ya jarumnya tidak diganti karena sudah ada SOPnya bukan.

Aku dan suami sih memberikan izin untuk Pascal diimunisasi. Waktu Pascal umur 5 tahun juga dia sudah diimunisasi ulangan dirumah sakit. Hari ini aku sengaja tidak melihat pascal diimunisasi disekolah takutnya dia malah kolokan. Waktu pulang sekolah tadi aku tanya bu gurunya, sempat nangis sebentar katanya tapi waktu disuntik sambil dipeluk kok sama bu gurunya.

link gambar http://www.tanyadok.com/

53 comments:

  1. Iya memang ya, kadang yang jadi kekhawatiran orang tua kalo ternyata SOP imunisasi gak diikutin secara benar di sekolahan...tapi semoga aman semua ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwaaa,jd inget dulu waktu SD..sempat disuntik,nangis keras2 eh ternyata dokternyya dah nyampe barisan belakang hehehe

      Delete
  2. jd malah mikir terakhir kali aku disuntik kapan yaa hihihi...
    Semoga setelah diimunisasi Pascal sehat selalu ya Teh ;)

    ReplyDelete
  3. aku baca tulisan ini jadi ingat waktu mau disuntik pas SD. :D
    aku mlayuu, umpetan di kolong meja makan dirumah, sangking takutnya, Mom. :D

    bugurunya baik, jadi pingin ikut peluk pascal. bhuhuhuhu

    ReplyDelete
  4. Pascal hebat cuman nangis bentar.. hehhee.. Insya Allah SOP imunisasi dipatuhi oleh petugas puskesmas, mbak.

    ReplyDelete
  5. rasanya kaya d gigit semut yaa nak....hihihi

    ReplyDelete
  6. anak baik.... jangan nangis.... peluk.....
    Destin juga diimunisasi bulan kemarin, mbak.

    ReplyDelete
  7. Hani kalo disuntik juga harus meluk seseorang , terutama nenek, sampe sekarang gitu :D

    ReplyDelete
  8. Pintarnya Pascal cuma nangis dikit, suka dengan pandangan positif Teh Lid bahwa masing2 petugas (kesehatan maupun sekolah) menjalankan tugas scr bertanggung jawab. Salam

    ReplyDelete
  9. wah .. jadi teringan kenagan wkt masih SD nih

    ReplyDelete
  10. ingat masa kecil..saat diimunisasi,
    tapi tidak disuntik,,,melainkan di-cacah pake jarum super halus :)

    ReplyDelete
  11. jd inget waktu SD juga nangis pas disuntik, beneran takut bgt sama jarum dinginnya :)

    ReplyDelete
  12. Inget si Arka anak saya, dia kabur kemudian ngumpet di Mushola he he he ..
    Tapi pada dasarnya saya suka banget denger ada imunisasi ini, pertanda sekolah memperhatikan program kesehatan anak didiknya.
    Trims :)

    ReplyDelete
  13. wah.. berarti Aya SD akan ada imun ulangan ya? imun ulangannya apa aja ya mom? Lupaaaa.. xixixixi.

    ReplyDelete
  14. iya perlu dong ya ama imunisasi itu...

    ReplyDelete
  15. Paling enak imunisasi yang ditetes hihihi xD

    ReplyDelete
  16. jadi inget jaman kecil dulu imunisasi juga ga ditungguin para ortu, kebanyakan ga nangis seeh, tp ada satu dua anak cengeng yg nangis :D

    ReplyDelete
  17. dulu waktu sd aku juga pernah di imunisasi, trus udahan di suntik di kasi vitamin wehehehe

    ReplyDelete
  18. hehe aku punya cerita lucu waktu dulu mbak
    karena dapat kabar akan ada suntik masalh akhirnya aku bolos sekolah, eh tahunya acara batal dan dilakukan esoknya justru di saat saya sekolah :(

    ReplyDelete
  19. dilihat dari logonya, ini kayaknya kepanjangan dari PIN yah? Pekan Imunisasi Nasional...

    ReplyDelete
  20. anak2 sy pada gak mau imunisasi di sklh, eh di dokter juga udh gak juga. Jd aja stop imunisasinya

    ReplyDelete
  21. saya dulu lari ngibrit karena di sekolah akan disuntik imunisasi :)

    ReplyDelete
  22. Pro Kontra Imunisasi... ada juga lho yang ga boleh anaknya di imunisasi. kandungan obatnya terdapat minyak babi atau apalah gitu...

    ReplyDelete
  23. kalo pas imunisasi ini, Pascal ada demam2an ga sih mba setelahnya?

    ReplyDelete
  24. aku juga pernah diimunisasi pas waktu sd paling tidak pas mau di Imunisasi ngangislah karena takut dengan jarum suntik tuh

    ReplyDelete
  25. iya imunisasi di sekolah memang cukup meragukan buat orang tua ya... tapi kalau yakin sih tidak masalah lah...

    Tapi pake bahan yang anti demam atau tidak? hehehe

    ReplyDelete
  26. ehhh.. tapi emg harus ijin orang tua dulu kan?? Takutnya udah lwt ortunya sendiri yg inisiatif kasih imunisasi ulangan..

    ReplyDelete
  27. BIAS adalah salah satu upaya pemerintah yang layak diikuti dengan action lainnya.
    Dengan BIAS petugasnya jemput bola dengan datang ke sekolah2...

    ReplyDelete
  28. Ane dari kecil gak pernah di Imunisasi... hehehe :D

    ReplyDelete
  29. Di sini kok belum ada pemberitahuan atawa info ya?

    ReplyDelete
  30. kemaren senin, Noofa juga habis imunisasi :)

    ReplyDelete
  31. Wah aku baru tau kalau ada layanan imunisasi di sekolah. Hihihi abis lupa dulu ngerasain ga ya?

    ReplyDelete
  32. wah, mak lidya...gara2 baca postingan ini jadi inget buat ngecek jadwal imunisasi safina...perasaan udh lama gk ke RS, jgn2 ada yg kelewat...
    Makasih yaaa...^^

    ReplyDelete
  33. Jadi inget babyku kalau imunisasinya disuntik mewek karena kaget, tapi asal dipeluk-peluk juga langsung berhenti nangisnya hehe...

    ReplyDelete
  34. hihihi, jd inget wkt aku kcl, aku sempet ngumpet tuh saat mau disuntik
    :D

    ReplyDelete
  35. jd inget pas jaman SD dulu, saking gugup dan takutnya sampe diuber2 ama bu guru pas mau disuntik >.<

    ReplyDelete
  36. asalamualaikum
    jadi ingat saat sulu anak2 masih kecil, diimunisasi juga di sekolah TK.
    padahal di posyandu dekat rumah sudah ada imunisasi

    ReplyDelete
  37. Aku masih inget tuh dulu juga diimunisasi di sekolah. Bangga banget karena nggak nangis, hihihi..

    ReplyDelete
  38. Salam Takzim
    Saya dulu diimunisasi ngga yah
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
  39. Semoga pelaksanaan BIAS nya selalu mengikuti SOP ya mam, biar ortu jadi yakin :-)

    ReplyDelete
  40. Samapi hari ini aku bila melihat jarum suntik selalu ngilu dan memiliki rasa ketakutan Mba. Cuma sayang karena malu dengan usia, makanya aku sellau menghindar.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  41. banyak cerita unik yang saya dengar ketika ada program imunisasi di sekolah anak saya, katanya banyak anak yang menjadi mogok dan nangis serta ada yang sampai melarikan diri, takut

    ReplyDelete
  42. Saya ingat waktu anak-anak masih balita dulu Mb, immunisasi macam-macam (banyak sekali), tapi saya hanya pilih immunisasi yang penting-penting saja.
    Yang optional banyak sekali dan kayaknya ga habis2, adaaa saja yang ditawarkan.
    Mungkin teknik dari rumah sakit atau dokter.... :)

    ReplyDelete
  43. memang, meskipun sudah jadi program pemerintah masih tetep banyak pro kontra ya..

    ReplyDelete
  44. Wah, Nikki juga sudah. Kelas I SD, dan kelas III, awal Desember kemaren. Meski dah kelas 3, masih nangis jugak. :(

    ReplyDelete
  45. Saya sama sekali gak ikut kegiatan BIAS ini, Mbak. Karena saya di bagian rawat inap dan yang ngurusin imunisasi adalah teman2 di rawat jalan. Jadinya pengetahuan saya tentang program pemerintah berkait imunisasi minim banget :(

    ReplyDelete
  46. Imunisasi memang banyak sekali manfaatnya sobat...
    Terima kasih sudah berbagi
    salam kenal ,jangan lupa mampir juga yah
    ditungggu dan terima kasih

    ReplyDelete
  47. hehehee nangis cuman sebentar sudah hebat banget loh...

    ReplyDelete
  48. bulan agustus lalu kinan dapat vit A disekolahnya..thanks sharinya soal ini mbak...berguna kelak misalnya kinan dah sekolah SD

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...