badge

Sunday, January 6, 2013

Review Blog: Pengertian Delphi

Kenal Idah Ceris di dunia maya memang belum lama, tapi aku kagum dengan semangat belajar pemrogramannya. Saat ini Idah sedang mengadakan Giveaway, aku memilih kategori kedua saja yaitu review blog yang perjudul Pengertian Delphi.

Aku mengobrak-abrik postingannya Idah, dan menemukan Postingan yang berisi Pengertian Delphi. Ini mengingatkanku dengan suamiku. Dulunya dikampus sering dimintai tolong untuk membuat program menggunakan Delphi sampai teman-temannya memanggilnya Delphi, terkadang saat ini juga ada yang memanggilku istri delphi. Waktu suamiku pindah ke Jakarta, aku juga pernah ikutan kerja bareng membuat aplikasi menggunakan Delphi. Tapi saat ini suami sudah tidak menggunakan pemrograman ini.


Kembali ke blognya Idah mengenai Delphi. Pada postingannya Idah menulis tentang pengertian Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program Nama Pascal aku ambil dari nama pemrograman, tadinya anak kedua juga mau diambil dari nama pemrograman tapi agak rumit mencari yang cocok :).

Selain menjelaskan tentang pengertian Pascal, Idah juga menuliskan sejarah, kegunaan, keunggulan serta kelebihan Delphi. Enak ya jaman sekarang kalau butuh informasi mengenai pemrograman bisa dengan mudah dicari di Internet, tidak seperti jaman aku kuliah harus mengandalkan buku. Mudah-mudahan postingan Idah tentang Delphi bisa berguna untuk adik-adik kita yang sedang belajar ilmu pemrograman.

Mungkin kalau bisa Idah terus memposting langkah-langkah dalam menggunakan pemrograman Delphi juga pemrograman lainnya. Saran buat Idah juga untuk mempelajari pemrograman yang lain juga untuk kedepannya. Jangan cepat berhenti ya Idah. 



Tulisan ini diikutsertakan pada GAnya Idah “Senyum Bersama Langkah Catatanku

34 comments:

  1. Yeeyy... Ikutan juga nih mbak Lidya...
    Pilihan yang tepat mbak, sb review peminatnya msh sedikit. Dan juga pilihan yg direview rasanya tepat sb mbak Lidya memahami materinya.

    Semoga sukses dgn GAnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya karena saya bingung posting tentang pandangan pertama mbak :)

      Delete
  2. Tadinya saya mau ikut mereview juga...
    tapi kok tulisanku jadinya lain.. malah jadi tulisan saldi alias asal jadi.
    yg penting meramaikan ya mbak..

    sukses untuk GAnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih diingatkan mas Insan supaya saya tidak menulis saldi

      Delete
  3. Aku belum ikut..padahal sudah ditagih2 gt.. Hihi..piss Idah..
    Idah udah lulus bbrp wkt lalu mb Lid..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku salah hehehe, udah ada foto wisudanya juga. aku edit deh

      Delete
  4. Beneran kejar setoran GA nih Mbak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi jangan bosan ya mbak, kayanya besok posting GA lagi

      Delete
  5. nah kalau udah bicara program komputer mbak Lidya deh jagonya, aku nggak ngerti
    good luck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya gak jago kok bun apalagi sudah lama tidak dipakai

      Delete
  6. delphi, mengingatkanku pada mata kuliah basis data :D

    ReplyDelete
  7. Oh ya harusnya nama Alvin itu bisa jadi Cobol, Fotran atau kenapa ga Delphi saja Mb sekalian hee3x.

    Dulu saya juga belajar bahasa-bahasa seperti itu, dan yang terakhir masih merasakan Aplikasi menggunakan membuat Oracle tapi jaman itu baru Oracle 8i di tahun 1998. Terus tahun 2007 sempat belajar PHP, tapi sampai sekarang sudah tidak bisa lagi Mb.

    ReplyDelete
  8. wuih lagi rame GA...nanti lanjut dengan Misteri dibalik layar bu

    ReplyDelete
  9. wah merevei dengan hal yangspesialis itu tidak mudah loh Mba. Namun, dengan menyampaikan dalam bahasa yang ringan maka kita akan mudah mengerti. Yang penting dalam hal ini kita bisa berpartisipasi untuk meramaikan acara GA para sahabat yang menyeenggarakannya ya Mba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  10. kaya kalau untuk pemrograman cocok'a pakai WP deh, soalnya lebih ribet :)

    ReplyDelete
  11. belajar pemrograman itu gak mudah lho, hebat nih mba idah sm mba Lidya mau berkutat dengan bidang ini , walau tidak sering dipakai seenggaknya tahu ya mba :)

    ReplyDelete
  12. Sukses GA nya yah mba, pilihan nya tepat mba soalnya mba ngerti bqt materinya hehe

    ReplyDelete
  13. ciri khas tulisan mba lid, singkat, padat, makjleb.....*like it.

    smoga berjaya di GA Idah mba ;)

    ReplyDelete
  14. Saya baru berkunjung ke blognya Idah Mba Lid dan belom sempet ubek-ubek postingannya sih. Ternyata programmer juga to. Hehehehe... JAdi semangat ikutan ga nya deh. Semoga sukses ya Mba.. :D

    ReplyDelete
  15. kalau anaknya yang kedua diambil dari apa namanya mbak?

    sukses GA-nya ya :D

    ReplyDelete
  16. Om doain moga Pascal ntar jadi ilmuwan pemrograman juga yak...amiiin,....

    ReplyDelete
  17. ohhh pantesan Pascal mainannya rakit2 komputer, ternyata bapaknya ga jauh2 dari urusan kompi juga....canggih banget deh keluargamu Lid

    ReplyDelete
  18. Selamat malam, Istri Delphi. :) #Eh, jadi saru ya. :D
    Wuaaaaaaah, ternyata yang memberi komentar sudah banyak, jadi maluu. :D

    Tuh kaaan, sudah kuduga, kalau pascal diadopsi dari bahasa program. hihihihi
    Meski sekarang bebrapa univ sudah jarang yang menggunakan Delphi, tetapi masih ada yang tetap menggunakan Delhphi untuk pengantar alias semester awal.

    Nama Alvin ditambah dengan Rubi. Pernah belajar Rubi juga kan, Mom? :D #nama sudah paten. :)

    Idah mulai menulis tentang materi lainnya, Mom. Tapi di blog khusus supaya tidak buyar, Blog pemberian Pakde. http://belajaritsaja.com/. ;)

    Terima kasih sudahikut meramaikan syukuran GA Langkah Catatanku ya, Mama Lidya. ^_*


    ReplyDelete
  19. Aku dulu pernah semapat belajar Borlan Delphi, Mbak :D
    Karena ini menjadi salah sau mata kuliah wajib yang tak aku mengerti, hehehehe

    ReplyDelete
  20. apaan sih delphi ituuu?
    ya ampun jangan bikin eike tambah linglung lagi :)

    ReplyDelete
  21. Jadi inget masa masa 'kelam' belajar delphi deh aku mbak.. hihihi.. tapi jaman kuliah aku kurang suka seh pake delphi. soalnya terlu install sana install sini. mau pindah komputerpun repot. makanya aku lebih suka sama web programming. Tinggal dbnya di dumb terus foldernya dicopy udah bisa deh dibawa kemana mana sesuai keperluan :D

    ReplyDelete
  22. sukses ya kontesnya, sudah dapet undangan dari Idah utk ikutan kontes ini tp saya belum nulis juga...

    ReplyDelete
  23. pertama kali tau anaknya Mbak Lid itu namanya Pascal, aku juga langsung kepikiran tentang pemrograman. maklum, istilah pemrograman gak asing buatku krn kulihku jurusan itu, hehehe kl emang mo nambah anak yg ketiga, kasih nama Java atau Borland juga boleh mbak, hehehe #piss

    ReplyDelete
  24. ooo gitu yah mbak sejarah nama kak pascal..dari pemograman yah aku kira dari hukum pascal yang terkenal itu..:)
    delphi juga bagus untuk nama yah mbak...walah malah OOT..kalo dek alvin ?? bukan dari pemograman kan mbak :)

    ReplyDelete
  25. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pengembangan komputarisasi.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai ilmu Teknologi.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai komputarisasi yang bisa anda kunjungi di sini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...