badge

Thursday, February 28, 2013

Cireng Elit dari Bandung

Cireng kependekan dari Aci digoreng dalam bahasa sunda . Makanan khas daerah sunda yang terbuat dari aci (tepung kanji atau sagu) yang diberi bumbu seperi bawang putih, garam, bahkan ada yang menggunakan terasi. Kalau sekarang sih sudah banyak cireng isi beraneka macam rasa, ada rasa keju, abon, coklat, bakso, sosis dan lain-lain. Aku lebih suka cireng kampung alias cirenag biasa tanpa isi dan rasa-rasa.

Mungkin karena aku berasal dari sunda jadi sudah suka makanan ini sejak kecil, kadang dulu bapkku suka bikin sendiri cirengnya. Lumayan lah rasanya tidak mengecewakan :). Saat ini banyak juga yang menjual cireng ditukang-tukang penjual gorengan tapi ya rasanya terlalu biasa ya cuma sagu dikasih garam.


Nah minggu ini topik di group mak rempong tentang cireng yang menghebohkan, sampai-sampai dibilang cireng elit. Kekisruhan dimulai saat Jule si pemilik blog http://www.chefbyaccident.com/ yang tinggal di berau mau kirim cireng buatan saudaranya kalau gak salah yang dikirim kerumahnya Busup Rara yang rumahnya dibandung. Yang lain gak mau ketinggalan dong pingin nyicipin cireng ini.

Dipesanlah itu sicireng elit, knapa dibilang elit? karena cireng ini dikirim via cipaganti soanya kata penjualnya cirengnya tahan 8 jam disuhu ruang alias diluar lemari es. Cireng ini tanpa bahan pengawet soalnya. Yang rumahnya agak dekat dijadikan satu pengirimannya supaya irit ongkir. Cireng kiriman untuk Mamoy yang seharusnya dikirim ke Cibubur entah kenapa jadinya terkirim ke depok. Jadilah berkejaran dengan waktu tuh untuk mengambil cirengnya ke depok. Kalau cirengku sendiri diantar kurir suruhan orang kantornya Retdew yang kerja di Cikarang. Oh ya cireng ini juga sampai ke serang dan batam hehehe kebayang kan cuma karena cireng di group heboh.

Ternyata cirengnya cocok dilidah aku dan teman-teman, apalagi sambalnya yang pedas maknyus tuh ada rasa bawangnya gitu. Cireng ini dijual perpakel Rp. 20.000 isinya 30 buah. Aku pesan 3 pak aja bisa cepat habis loh buat cemilan.


nah ini cireng kampung yang menghebohkan tapi rasanya enak

42 comments:

  1. Aihhh, pas banget nih, saya tadi posting di WB tentang menu makanan, lah kok disini malah posting makanan, mau dunk cireng-nya

    ReplyDelete
  2. gua belum pernah makan cireng.. gak kebayang rasanya gimana.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cireng itu kyk pempek bahannya Man cuma gak pake ikan, cuma bawang putih, garem, merica n irisan daun bawang, air, di aduk2, goreng deh Bener ndak tuh mba Lid... *nyamber aje kyk geledek

      Delete
  3. wooww..cireng emang tiada duanya..
    selalu nikmat makannya selagi hangat !

    dimana tuuh di abndaungnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh sampe gak nanya bandungnya kang hehehe, ada sih nomor telpnya deket ke kopo

      Delete
  4. eh baru denger kalo cireng sekarang ada isinya
    namanya bukan cireng lagi dong
    isi abon berarti jadi bonro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukang bonro om
      tapi cisibonreng #jadinyapanjangamat :D

      Delete
    2. kalau bonro jadinya abonroti ya hehehe

      Delete
  5. iiih...
    cireng mah kesukaan aku banget atuh :)
    cireng, cilok, cimol...masih sodaraan mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka bi sama semua sodaraannya hehehe

      Delete
  6. waaah enaknya mbak... jadi kepengen

    ReplyDelete
  7. hmmm.....enak pas anget yo mam...
    hehhe

    ReplyDelete
  8. enaakk .. saya suka cireng old-fashioned juga .. yang ala modern belum pernah nyoba, udah ga tinggal di bandung soalnya hehe

    ReplyDelete
  9. Cirengnya beda sama cireng Bnajar ya, Mom. :)
    Kalau di sini kecil2 banget. .

    Lumayan terjangkau isi 30 itu. . .

    ReplyDelete
  10. MAu dong nyicipin cirengnya Mbak... :)
    Pengen nih #ngiler

    ReplyDelete
  11. cireng disini lagi musim yang isi2 gitu seru deh mama lidya, tapi seneng yang biasa ajah juga, jadi tinggal goreng ajah yaa yang di bungkus itu :D

    ReplyDelete
  12. Cireng ini klo habis digoreng dan gak langsung dimakan gak melempem, mbak? soalnya kan dari kanji..

    ReplyDelete
  13. cireng cuma mau sesekali he..he...
    tapi mungkin lain ceritanya kalau nyoba yang ada isinya ya

    ReplyDelete
  14. hadoooh sore2 baca postingan ini bikin perut jd kerucukan

    ReplyDelete
  15. Wah.. kalo waktu di Semarang Dhe suka banget makan cireng, yang dijual di depan mesjid kos-kosan. enak asli.
    Kalo yang ini bisa dipesan n dkirim ke Bali ga mama Calvin:D

    ReplyDelete
  16. Ngiler nih, minta dong Mbak Lid hahaha..

    ReplyDelete
  17. Cireng ? belum pernah merasakan.

    kira-kira harga cirengnya lebih mahal mana dengan ekspedisi Cipagantinya ya ?

    ReplyDelete
  18. waa...baru tau nich ada cireng ini, jd pengen nyobain dech
    aku juga suka cireng :)

    ReplyDelete
  19. Kyk pempek ya mbk???penasaran....mauuuuu

    ReplyDelete
  20. Huaaaah.. aku udah lamaaa banget mba ga makan cireng. Terakhir kayaknya waktu jaman kuliah deh.. uhuhuhuhu..

    ReplyDelete
  21. Kuliner imndonesia emang paling indo banget

    ReplyDelete
  22. Aku belum pernah lho makan cireng.
    Tapi sepertinya enak yaa....
    itu bisa dibeli di mana ya mbak klo di Jakarta?a

    ReplyDelete
  23. cirengnya sampai terbang ke batam juga ya mbak..keren ya..sampai ke seberang juga ya...;)

    ReplyDelete
  24. Aku juga sukaaa cireng...
    Yang isi isi malah gak suka :D

    ReplyDelete
  25. Pernah nyoba cireng punya adik
    Aq kok gak cocok ya Mbak, apa mungkin karena dijual di pinggir2 jalan gtu ya

    Itu cireng elitnya bisa dipesen sampe semarang kagak?

    ReplyDelete
  26. Wah..., mantap tuh cirengnya, bener elit. Per paket dua puluh ribu ya... boleh... boleh....

    ReplyDelete
  27. itu cireng yang cocok sebagai teman wedangan mba :)

    ReplyDelete
  28. hehehehe tuh cireng sampe diyasinin dan dikirimin al fatihah juga kan ? :)))

    ReplyDelete
  29. Teeehhh...mau dunk peseeen. Dulu Orin pernah punya cireng bandung isi yg dijual pake gerobak tea, tp krn ga ada yg handle dijual lg deh hehe

    ReplyDelete
  30. Saya juga suka banget cireng, Lidya...nggak ngebosenin soalnya :)

    ReplyDelete
  31. Aku suka cireng dengan bumbu empe - empe hehehehee :)
    Niche blog

    ReplyDelete
  32. Kalau cireng di pedagang di Jogja warnanya putih, ga sampai warna coklat gitu. Pengen nyoba yang isinya macem-macem.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...