badge

Sunday, May 19, 2013

Colenak

Colenak, yang aku tahu sih singkatan dari Dicocol enak. Makanan khas dari Bandung ini aku kenal dari sejak aku kecil dulu di Cikampek, Nenek sering membelikan colenak ini di dekat rumahnya. Lama sekali aku tidak makan colenak ini padahal sering membeli tape singkong dirumah tapi baru kepikiran sekarang untuk menjadikan tape ini dijadikan colenak.

Setiap harinya aku membawakan bekal makan siang untuk Pascal, plus camilan untuk istirahat pertama setelah sholat Dhuha. Nah colenak ini juga aku jadikan camilannya Pascal kemarin. Sebetulnya colenak ini disiram dengan parutan kelapa dan gula merah, berhubung Pascal gak suka kelapanya jadi aku buat tanpa kelapa.



Ini dia resep colenak ala mama Cal-Vin :) Semua bahan dan takaran aku buat yang paling sedikit saja supaya tidak mubazir.
Bahan :
  • Tape singkong
  • Gula merah diiris-iris
  • Gula pasir sedikit
  • Sedikit garam
  • Kelapa parut sedikit (aku tidak pakai karena Pascal tidak suka)
  • Mentega
  • Santan
Cara membuat :
  • Potong tape sesuai selera, oleskan mentega sedikit
  • Bakar tape diatas wajan anti lengket sambil dibolak balik supaya tidak gosong
  • Setelah matang simpan di piring saji
  • Masak santan dengan gula merah sambil di aduk
  • Masukkan gula pasir dan garam
  • Masak hingga mengental
  • Setelah mengental siram ke atas tape yang sudah dibakar


* note : Maaf ya 5 hari tidak bisa online sedang mempersiapkan Ujiannya Pascal, hari ini mulai dicicil BWnya.

42 comments:

  1. hmmmmm enaknya. kapan2 kalo dirumah ada tape , mau ah nyobain bikin buat abi. tfs jeung. good luck yah pascal :D bismillah smoga nilai ujiannya dapet bagusss semua.

    ReplyDelete
  2. di kepala saya, yang namanya cocolan itu kok yang berhubungan dengan rasa pedes, dan saos to Mbak Lyd. Eh tibaknya colenak ini tape dengan cocolan manis to.
    Selamat belajar buat Pascal moga sukses untuk ujiannya

    ReplyDelete
  3. selamat ujian buat Pascal semoga bagus nilainya ya nak

    ini toh yang namanya colenak, biasa sih cuma digoreng aja mbak..

    ReplyDelete
  4. wah enaknya, dicocol enak ya...Btw, Pascal Senin dah mulai uas ya? Dzaky kok blum ya..

    ReplyDelete
  5. belum pernah makan colenak.. enak ya?

    ReplyDelete
  6. Enakkk yahhh, ngiler d tengah malam iniii..
    Btw ujin copas yah mba ;)

    ReplyDelete
  7. mm kalau dicocol enak sih...makanan atau gorengan apapun kalau dicocol sambel enak kok bu......palagi ditemani teh hangat manis atau kopi atau semuanya gratis lagi..tambah mantap lage.

    ReplyDelete
  8. baru tahu tentang colenak ini mbak ...
    kalau di tempatku tape singkong seringnya digoreng sih bukan di bakar ...
    semoga ujiannya lancar ya Pascal ...

    ReplyDelete
  9. Saya juga pernah mencicipi makanan ini lho
    Emang legit
    kaum bapak yang suka colenak ya jeng
    Salam sayang selalu

    ReplyDelete
  10. selamat menempuh ujian untuk pascal tersayang, belajar yang rajin yaaah!mauu dong colenaknya mba hihi

    ReplyDelete
  11. wah,,,,,, tape singkong seperti ini aku suka banget nih Mba, apalagi kalau ditaburin parutan kelapa di atas.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  12. belum pernah icip2.. bikinin donk Mak.. tar kirim ke Jakarta.. hehe :)

    ReplyDelete
  13. asik simple banget resepnya, nanti cobain ah dirumah, tapi nyari tapenya dimana yah, udah jarang banget abang2 yang keliling jual tape :(.

    ReplyDelete
  14. Saya belum pernah makan Mbak.. kayaknya klo berbau tape saya gak tertarik deh, daripada tape singkong mending makan singkong rebusnya hehe

    ReplyDelete
  15. Belum pernah nicipi Colenak si, tapi aku jg suka tape goreng. . ..

    ReplyDelete
  16. Waah... wah.... boleh juga neh resepnya, bener2 colenak kayaknya, semoga bisa nyoba ya Mbak :)

    ReplyDelete
  17. waaa sma kaya resep ku mba ...
    jadi pengen bikin colenak ;D

    ReplyDelete
  18. kl sy malah baru tau colenak itu hari Sabtu kmrn. Ternyata kyk gitu rasanya :)

    ReplyDelete
  19. Wooh colenak, udah lama gak makan ini terakhir makan pas lagi rapat dan menu coffee breaknya colenak.
    Jadi pengen bikin nih mbak.

    ReplyDelete
  20. waah mbaa...aku suka benget ama colenak...
    TFS ya mba..aku izin nyontek yaa...;))

    ReplyDelete
  21. Hadeh...pas bangetttttt saya berkunjung pada jam2 rawan lapar...mmmmmm...jadi pingginnnnnnnnn

    ReplyDelete
  22. makanannya sih tahu, tapi nggak tahu namanya. Jadi namanya colenak ya :-)

    ReplyDelete
  23. Sepertinya enak nih buat menu maghrib nanti.
    Salam untuk Pascal, semoga nilai ujiannya memuaskan. Untuk Alvin, jangan ganggu kakak dulu ya? Main sama Om aja, yuk?

    ReplyDelete
  24. aku jg suka colenaaaakkk, tapi giung Teh, jd pasti makannya seuprit hihihi. Dan blom pernah bikin sendiri :P

    ReplyDelete
  25. wow,maknyussssss :D
    eh,pascal ujian apa mbk???UAS kah???salam bt pascal semoga unjiannya lancar aminn

    ReplyDelete
  26. Tampilan blognya baru ya? I like Colenak :)

    ReplyDelete
  27. belum pernah nyobain colenak mb..eh tp kyknya bikinnya mudah ya mb lid..bisa dicoba nih :))

    ReplyDelete
  28. siang jelang sore hujan cukup deras dan lama, ngemil colenak cocok pisan. Saya sangat suka colenak Teh Lid. Salam

    ReplyDelete
  29. nyam nyammm... colenaknya bener tampak enak niih... pasti teman2 Pascal ngiler kemarin lihatin bekal keren dari Mamanya Pascal :)

    ReplyDelete
  30. teehh minta izin copas yah resepnyaaaaa

    ReplyDelete
  31. Baru tahu makanan ini mbak, padahal saya penggemar tape hikz. Kapan bisa dicoba tuch :)

    ReplyDelete
  32. mbak, colenak itu mesti tape yak? hihihi..
    kan tempe mendoan dicocol sambel juga enak... wkwk.. =))

    ReplyDelete
  33. Sprtinya saya belom prnh coba, mau...

    ReplyDelete
  34. oooalaaaah ternyata penampakan colenak seperti ini yaaa
    sering denger, tapi gak pernah tau Mbak
    di jawa timur gak ada sih

    adanya prol tape
    daerahnya masbro-uncle lozz tuh banyak prol tape

    ReplyDelete
  35. Ini makanan kesukaanku nih... Manis gurih dan bau asap gitu (*apaseh)... Jadi pingin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...