badge

Sunday, May 26, 2013

Martabak Telur

Pascal dan Alvin suka sekali makan martabak telur, apalagi melihat cara membuatnya pada saat membeli martabak telur ini. Alvin sampai ikut memperagakan sewaktu penjualnya membuat adonan menjadi besar.

Waktu liburan kemarin iseng-iseng aku membuat martabak telur sendiri nih untuk mengisi waktu luang. Biasa deh kalau liburan Pascal suka minta di buatkan ini itu padahal mamanya juga gak jago masak. Tapi buat anak sendiri gak apa-apa deh dicoba kan bisa broswing cari resepnya. Tiap hari ada aja permintaan minta dibuatkan makanan, seneng juga sih aku membuatnya apalagi kalau mendapat pujian.

Kali ini aku akan berbagi resep praktis membuat Martabak Telur ala mama Cal-Vin:). Kenapa dibilang praktis, karena kulit martabaknya aku menggunakan kulit lumpia siap saji yang sudah aku beli di supermarket. Oh ya resep yang aku pakai ini tanpa takaran seperti biasa hehehe. Aku membuat dalam jumlah sedikit biasanya sekali makan saja supaya enak dimakan hangat-hangat. Komentarnya Pascal waktu makan martabak telur ini katanya rasanya sama seperti martabak yang dibeli diluar.


Resep martabak telur yang aku buat ini kadang jadi 8 buah kadang 6 buah ya tergantung aku mengisi bahan ke kulit lumpianya sih.

Bahan :
  • Kulit lumpia siap saji
  • Daging ayam cincang (aku cincang sendiri dari ayam fillet, biasanya aku rebus dahulu lalu disimpan di lemari es jadi kapan pun mau bikin lebih mudah tinggal ambil)
  • Daun bawang
  • Garam
  • Lada (aku pakai lada hitam bubuk, adanya itu dirumah hehehe)
  • Telur bebek satu butir (lebih enak loh pakai telur bebek, aku pernah menggunakan telur ayam rasanya agak beda)
  • Bawang putih bubuk (ini sih chefnya iseng aja karena punya bawang putih bubuk supaya gak ada acara ulek mengulek bahan namanya juga chef gadungan yang agak males)
Cara membuat :
  • Iris halus daun bawang
  • kocok telur bebek
  • Masukkan irisan daun bawang, garam, lada, bawang putih dan ayam cincang kedalam telur yang sudah di kocok
  • Siapkan kulit lumpia
  • Ambil satu persatu kulit lumpia diisi dengan bahan-bahan yang sudah dikocok tadi
  • Panaskan minyak goreng
  • Masukkan satu persatu martabak kealam minyak panas, tahan martabak dengan sutil supaya kulit lumpia tidak membuka setelah agak mengeras baru masukkan lumpia lainnya.
  • Goreng hingga matang dengan api sedang kadang-kadang juga dengan api kecil tergantung aja aku disambi nyuci piring atau tidak :-D
  • Lumpia siap disajikan, biasanya sih baru matang langsung habis tak bersisa.

56 comments:

  1. malam-malam begini jadi lapar lihat gambar martabak telurnya :-)

    ReplyDelete
  2. suka martabak telur... :) nggak mau masaknya tapi :P

    ReplyDelete
  3. wuaa jadi pengen belajar masak :D, martabak makanan favorit di sore + malam hari..

    ReplyDelete
  4. Ooo jadi ingat permintaan aya, dia mau bikin martabak tahu, krn udh coba bikin di sekolah, tp belum kesampaian nih sampe skrg mau bikin hehehe

    ReplyDelete
  5. aku juga suka martabak telur..
    He, tapi Aisyah gak bisa masak.. ^_^

    ReplyDelete
  6. aku pernah dikomentari ibuku mbak gara-gara isi dapur ku banyakan bumbu masak bubuk... hahahaha. Namanya juga aku chef seminggu sekali :))

    ReplyDelete
  7. praktis ya Mbak, kalo langsung pke kulit lumpia :)

    ReplyDelete
  8. Martabak telur ini dengan ramuan khusus cinta Cal-Vin jadi bagian adonan, nyam..nyam...

    ReplyDelete
  9. palig suka martabak telur. sayangnya istri jarang bikinya...

    ReplyDelete
  10. hmmm..itu juga menuku di rumah Mbaaa..
    kalo lagi ga ada cemilan :d

    Masih ada sisa ga? mau donk #jam segini perut mulai dangdutan

    ReplyDelete
  11. wah laper deh jadinya....aku belum pernah nyoba pake telor bebek nih.

    ReplyDelete
  12. nyam nyaaamm, aku juga suka bikin martabak sdri klo ga lg males hehehe

    ReplyDelete
  13. asalamualaikum
    saya sekeluarga suka sekalai martabak telur
    ok nanti ikutan coba resepnya mba

    ReplyDelete
  14. Anakku juga suka minta dibuatkan ini itu kalo hari libur, padahal akunya ga jago masak hehehe...

    ReplyDelete
  15. jadi pengin makan martabak telur :D

    ReplyDelete
  16. whoaaaa...
    aku pernah tuh bikin martabak pake kulit lumpia juga Lid,..
    tapi berhubung gak ada daging cincang...
    terpaksa telur campur tahu dan bawang daun doang...hihihi..

    ReplyDelete
  17. wah pascal ama alvin sama ama gua.. suka martabak telor! :)

    ReplyDelete
  18. TOS CalVin! Saya juga suka banget sama martabak telor. . .
    Pernah membuat kulit martabak, tapi gagal. :)

    Jadi, sekarang kalau buat martabak kulitnya beli. :D

    ReplyDelete
  19. Aku suka mrtabak telur...
    Tapi skrg udah kenyang :| #lah

    ReplyDelete
  20. ini makanan favoritkuw mbak... pengeeen jadinya....

    ReplyDelete
  21. aq pernaaaaaah bikin martabaaaak,,, pas untuk cemilan sore hari

    ReplyDelete
  22. Saya kalau bikin juga pake kulit lumpia siap saji ma, lebih praktis. Cuma malah belum pernah pake telur bebek. Kapan2 dicoba deh.... :-)

    ReplyDelete
  23. Woooow, ada chef gadungan, hihiiii...tapi enak bikin sendiri Ngali Mbak...

    Aku pernah bikin ketika Faiz kecil, kata suamiku...

    Kurang...kurang banyak...hihiii. sederhana tapi namanya bikin sendiri enak ya Mbak
    Pascal ikut bantu lipet ya, Nak?

    Salam Astin

    ReplyDelete
  24. slurrrppp, tante novi juga suka martabak kayak pascal/calvin :D toss dulu dong

    ReplyDelete
  25. Di makan sama saus lebih mantap tuh kayaknya..
    Izin copy resepnya ya

    ReplyDelete
  26. doyan saya bu...palagi ditambah cabe rawit....hmmm...

    ReplyDelete
  27. Biasanya yang buat sekali makan itu yang enak Mba. Dan jadi penasaran. He,,,,x9

    Sukses selalu
    Salam,

    ReplyDelete
  28. waaaah martabak teluur..makanan favoritku juga nih mba..:D

    ReplyDelete
  29. hehehe,sama..q juga sering buat martabak telur mbk..favorit aplge kl beli pake kuah kare..heummmm

    ReplyDelete
  30. wah kyknya enak yah mba :D
    aku jadi pengen bikin

    ReplyDelete
  31. Wiih.. jadi kemecer lho lihat martabaknya.. hm, kirimin satu doong :)

    ReplyDelete
  32. tau gitu saya daftarin ke master chef mbak Lid...

    ReplyDelete
  33. nah ini dia kesukaan saya.. Sayang saya gak bisa mampir Bekasi yak. Andai bisa mungkin saya minta mbak Lidya buatin martabak telur buat saya hehe

    ReplyDelete
  34. Oooo.. oke oke, telur bebek, ya? Mungkin itu yang bikin martabak abang-abang langganan lebih enak daripada buatan sndiri, hehehe..
    Makasih sharing-nya, Mbak :)

    ReplyDelete
  35. oooh begitu tooh caranya mbak, ditahan pake sutil hihi.. aku pernah bikin juga, aku langsung masukin beberapa kan, ambyar semua deh isinya.. huhuhuuu.. ancur...

    makasih tipsnya mama CalVin :-D

    ReplyDelete
  36. gampang, praktis, dan yummy.. ^_^
    dame juga suka nyoba kalo lagi nyantae

    #KicauGaruda

    ReplyDelete
  37. kalau ada Fauzan, bisa rebutan nih ama Cal-Vin, hehehe

    ReplyDelete
  38. Mantap ini, asal gak banyak minyaknya ya,,
    Dah ndut ni masalhnya,, heheee

    ReplyDelete
  39. Bagi bagi dong
    Apalagi yang gratisss

    ReplyDelete
  40. Kalo aku dirumah sering bikin martabak mie.. di isi dg mie. enak jg loh mba :)
    btw, ini kontes bukan ya? dr kemarin banyak bgt yg bikin postingan resep..hehe

    ReplyDelete
  41. tadi pagi aku makan 3.. hehehe.. enak kok walaupun pake kulit lumpia..

    ReplyDelete
  42. oh gt cara bikinnya, telur kocok lgsg dtaro d kulit lumpia..
    klo saya biasa telor dll dmasak orak-arik dl baru dtaro d kulit lumpia *ngarang*.. tp ngegorengnya jd rapi soalnya lipetannya ktahan isian yg udah mateng :D

    ReplyDelete
  43. Dikasih saos sambel keknya enak tuh mbak :D

    ReplyDelete
  44. kulit lumpia yang beli di pasar bentuk gulungan juga enak mbak, murah lagi *itu yang penting* :))

    ReplyDelete
  45. kalau telur masih bisa di"modifikasi" ya, tapi yang martabak manis tuh susah :D
    Sayangnya di sini ngga ada telur bebek sih

    ReplyDelete
  46. aku juga lebih suka martabak telur ketimbang yang manis
    karena aku udah manis kalo ya..?
    *sambit anglo

    ReplyDelete
  47. Ok mas. tips cara membuat martabak telurnya..
    oya sebelumnya salam kenal, saya blogger baru,..
    saya disuruh ibuk mencari cara buat martabak eh nemu blognya mas..
    sips,makasih infonya mas...

    ReplyDelete
  48. mak ,, bikin ngiler ,, pagi gini ,, enaknya minum teh+martabak nie,, #ngeces ,,

    ReplyDelete
  49. Halo.. Saya dari Greenpack ingin menawarkan Dus Makanan untuk martabak. Jika berkenan hubungi kami Greenpack :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...