badge

Saturday, June 8, 2013

Serba-serbi Ujian Kenaikan Kelas

credit
Allhamdulillah selesai sudah Ujian Kenaikan Kelas (UKK) dijalani oleh Pascal. Untuk semua yang sedang dan sudah melaksanakan UKK selamat belajar semoga hasilnya memuaskan ya. Kni tiba waktunya kembali ke dunia blog :).

Ada sedikit cerita ketika menemani Pascal selama UKK kemarin. Jika mata pelajaran Matematika semua jawaban adalah pasti dan tidak bisa dijawab sesuai dengan pemikiran anak-anak. Beda halnya dengan mata pelajaran lainnya, contohnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). 


Aku menemukan satu pertanyaan yang membuat Pascal sedikit kebingungan dalam menjawab pertanyaannya. Soal ini bukan soal dari sekolah, tapi soal dari buku yang aku beli di toko buku untuh bahan latihan menjawab soal-soal dirumah.

Kurang lebih seperti ini soalnya :
Kegiatan yang biasa dilakukukan bersama ayah adalah :
a. Belanja ke Pasar bersama ayah
b. Menonton pertandingan sepak bola bersama ayah
c. Memasak di dapur bersama ayah
d. Membuat kue bersama ayah
Mungkin bagi anak-anak yang lain akan mudah menjawab soal diatas. Pascal agak kesulitan karena semua jawaban sudah biasa dia lakukan bersama bapaknya dirumah. Bukan sesekali tapi sering dilakukkan bersama.


  • Belanja ke Pasar sering aku lakukan bersama suami baik hari libur maupun hari kerja. Sebelum atau sesudah mengantar Pascal biasanya kami mampir ke pasar kaget dekat sekolahnya Pascal.
  • Menonton pertandingan sepak bola tentu saja sesekali dilakukan dirumah, walaupun tidak maniak nonton sepak bola.
  • Memasak di dapur bersama ayahnya, ini juga hampir tiap hari. Saat aku memasak biasanya suamiku ikut membantu mengkukus sayuran untuk dimakan. Dirumah memang terbiasa memakan sayuran kukus jadi aku lebih praktis dalam memasak.
  • Membuat kue juga kadang-kadang dilakukan suamiku. Bukan kue yang rumit ya sekedar menyenangkan anak untuk membuat roti bakar ataupun pisang bakar biasa dilakukan.
Jadi pertanyaan di atas sebetulnya benar semua dan bisa dipilih semuanya oleh Pascal ya :). Untungnya soal seperti ini tidak keluar pada saat UKK disekolahnya.

54 comments:

  1. Itu jawabannya udah pakai embel2 bersama ayah semua. . . :)

    Tinggal menunggu hasilnya ya.
    Ara masih UKK, sampai minggu besok. :)

    ReplyDelete
  2. sekarang hal kaya gini gak bisa lagi kali yah dijadiin soal ujian. Karena belum tentu ibu sekarang banyak didapur atau belum tentu bapaknya gak bisa masak dan ngerjain pekerjaan rumah..

    ReplyDelete
  3. Wah Teh Lidya sudah kelar UKK nih hehe. Senangnya Pascal didampingi mama.
    Kemampuan apa ya yang hendak diukur melalui soal tsb?
    Selamat menunggu hasil dan kenaikan kelas tuk Cal-Vin. Salam

    ReplyDelete
  4. bahkan ada juga anak yang tidak melakukan itu semua bu...

    ReplyDelete
  5. wah pascal udah selesai ya ukknya..smg hasilnya memuaskan ya..Zidan baru mulai ntar tgl 10 senin ini..

    ReplyDelete
  6. aduh udah UKK ya bentar lagi ak UAS berarti hhehhe :P pertanyaannya itu sudah ketinggalan zaman, ayah juga boleh masuk dapuuur ya :P

    ReplyDelete
  7. seharusnya ada pilihan e. biasa melakukan semua bersama ayah,.... :-)

    ReplyDelete
  8. milihnya bisa lebih dari satu dong :)

    ReplyDelete
  9. mabk ldya aku berkunjung:). wah udah kelar ya UKK nya, adikku yg bungsu juga hari ini kelar UKK nya, smoga hasilnya bagus yah, kalau jawabanya di coret semua berarti benar semua mbak hehe

    ReplyDelete
  10. Duh aku pualing jengkel klo ada yg bikin soal tp jawabane ambigu gitu. Semester ini aku ga kbagian tugas bikin soal UAS. cm menelaah aja. Jd aku bs lihat mana soal2 yg jawabane sekiranya ambigu, ntar aku sampaikan ke gurunya. Ya kalo bs sih option nya ya diganti. Jgn yg bikin murid jd bingung gt.

    ReplyDelete
  11. Nama ujiannya makin kesini kok makin susah ya mbak penyebutannya, kalau jamanku dulu pke sistem cawu disebut THB (Tes Hasil belajar). Klo semester UAS (Ujian Akhir Semester). Dan sekarang jamanya Pascal UKK.. :)

    ReplyDelete
  12. aku juga baru ngeh soal2 UKK anak2 itu bener-bener yaa...
    si kecil juga idem, kasian liatnya..

    ReplyDelete
  13. ha ha.. terus jawaban pascal akhirnya apa Mbak? Semua benar ya? he he.
    Aku juga punya pengalaman serupa. Waktu anakku diberi soal tentang tugas dan tanggung jawab ayah dan ibu... ia ngotot menjawab bahwa tugas seorang ibu adalah juga mencari nafkah. Ketika jawabannya dianggap salah karena tidak sesuai dengan buku, ia protes ke gurunya. penjelasan di bukulah yang salah, karena kenyataannya, mamanya dan kebanyakan mama teman-temannya yang ia kenal, bertugas mencari nafkah...Akhirnya gurunya mengalah.

    Waduuh, memang telah banyak sekali terjadi perubahan peranan ya, Mbak? Akibatnya..kadang-kadang pelajaran di buku menjadi kurang relevan lagi dengan situasi jaman sekarang.

    ReplyDelete
  14. pertanyaannya aneh dan kurang 'berisi', secara gak langsung sejak dini anak2 sudah diajarkan pilah memilah kerjaan berdasarkan gender padahal pekerjaan seperti itu non gender, secara gak langsung anak2 di didik gak kritis . betul ya kalau tanpa pendapingan ortu bisa-bis asi kecil salah memahami dan menelan bulat2 semua teks buku

    ReplyDelete
  15. Coba yg UKK anaknya chef juna pasti dijawab yang C

    ReplyDelete
  16. Jangankan anak anak orang tuanya juga suka bingung menjawab soal anak anak UKK ya ,apalagi soal seperti ini untung saja tidak keluar pas ujian. Pelajaran PPKN dan IPS memang agak susah karena jawabannya hampir sama dan hampir semua benar beda dengan pelajaran lainnya

    ReplyDelete
  17. UKK kirain makanan apaan Mbak, ternyata ada hubungannya ama ujian ya....semoga naik kelas ya Pascal :)

    ReplyDelete
  18. Anakku baru mau ujian senin besok mbak

    ReplyDelete
  19. Nemenin anak belajar itu pasti seru ya, ada saja hal-hal yang tak kita bayangkan terjadi:)
    Kayla juga sudah beres ujiannya, tinggal nunggu pembagian raport.

    ReplyDelete
  20. Soal pilihan ganda diatas bisa bermacam-macam. Ada yang pilih salah satu atau boleh pilih lebih dari satu.

    Terima kasih sajian artikelnya yang menarik dan bermanfaat.

    Saya sedang menggelar kontes unggulan. Jika bermiat silahkan mengikuti di
    http://abdulcholik.com/2013/05/29/kontes-unggulan-blog-review-saling-berhadapan/

    Jangan lupa mengikuti kontes saya yang lain di http://jatuhcinta.me/fiksi/flash-fiction-writing-contest-senandung-cinta

    Hadiahnya bukan barang mewah tetapi sensasinya luar biasa.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. asalamualaikum
    semoga hasil UKK memuaskan
    dapat nilai terbaik

    ReplyDelete
  22. kalau pacsal banyak kegiatan'a juga ya dirumah, kalau aku dulu mah cuma main, makan, tidur, sekolah alias males :(

    ReplyDelete
  23. wah ... beruntung yah pascal punya ayah yang baik dan perhatian :D ...
    tapi soal UKK sekarang aneh yah ...

    ReplyDelete
  24. Pertanyaan sekarang lebih beda dibanding jaman dulu ya, Mbak. Mungkin yang bikin soal juga beda, atau yang lebih muda :D

    ReplyDelete
  25. haaa.. baru tau klo UKK itu ujian kenaikan kelas :D
    krn gak d fb, gak di twitter pada ngomongin UKK

    Baru ngerti kyk gmn, gara2 baca ini :D

    ReplyDelete
  26. tuh, para bapak dan calon bapak. ini postingan sederhana, tapi sentilannya kuat lho.

    ditempat dhe ada lho mbak, yang suaminya itu sama sekali tidak mau membantu pekerjaan istrinya. bahkan sekedar menyapu atau mencuci piring saja, dia sama sekali tidak mau. apalagi kepasar ama memasak. semoga kelak suami dhe bukan tipe lelaki yang seperti ini.

    ReplyDelete
  27. AIhh boleh juga idenya untuk kepasar. Gimana untuk IPA dan yang lainnya suruh aja masak dan beres rumah ada nilai pendidikannnya juga loh hehe

    ReplyDelete
  28. yang menjadi pertanyaan, kenapa editor dari penerbit itu kok nggak jeli dalam mengkoreksi kejanggalan dalam pembuatan soal. Sepertinya permasalahan seperti ini seringkali terjadi

    ReplyDelete
  29. Farras baru mau UKK tgl 10 Juni. Semoga hasilnya memuaskan ya, Pascal....

    ReplyDelete
  30. iiih mama cantik blognya
    Ehm ukk nya udah selesai ya

    ReplyDelete
  31. Waaaah iyaaaa, pasti sulit tuh njawabnya. Mungkin soal tersebut mengarah ke kegiatan yg "macho" yang paling mungkin/sering dilakukan bersama ayah.

    ReplyDelete
  32. Benar-benar soal yang aneh. hehe

    ReplyDelete
  33. kalau pascal dapat soal seperti itu, jawab salah satu atau kosongkan saja jawabannya :D

    ReplyDelete
  34. Penasaran sama hasil nya nanti :D

    ReplyDelete
  35. kalau anak saya pasti jawabannya A krn memanang paling sering bareng ke pasar

    ReplyDelete
  36. pascal memang anak pinter ya mbak...

    ReplyDelete
  37. hihihi iya ya..bikin bingung kalo soalnya begitu..
    smoga hasil ujiannya bagus ya..;))

    ReplyDelete
  38. jawabannya membingungkan ya mbak, semua benar ... :D

    ReplyDelete
  39. memang ada beberapa soal yang serupa jenisnya seperti soal itu Mak, saya menemukan beberapa, tapi enggak ingat.. hehehehe... jawabannya ya lihat di buku. Tapi mungkin alangkah baiknya ya buat kritik dan saran untuk penulis atau penerbitnya, diminimalisir lah soal-soal dengan tipe tersebut. ^^ Tul ga Mak.. kalo smua gitu ya kitanya yg miring tar kepalanya.. hehehehe

    ReplyDelete
  40. mamak'e Lidya. pelajaran anak sekarang memang jauhhhhh beda sama kita dulu, sudah tingkat tinggi beneran hehe...:)

    ReplyDelete
  41. aih...untunglah soalnya gak keluar di ujian Pascal ya mbak, kasian Pascal tar bingung milih jawaban yang bener :D

    ReplyDelete
  42. pertanyaannya subjektif sekali ya mbak...
    kadang suka sedih baca aneka pertanyaan2 yg aneh2.. banyak juga blogger yg cerita ttg ujian anaknya dan pertanyaan2 yg kurang masuk akal :-D

    tapi syukurlah Pascal udah selesai dan semoga hasilnya memuaskan ya :)

    ReplyDelete
  43. Pilihan jawabannya kalau kayak begitu bs buat bingung anak ya..

    ReplyDelete
  44. Si pembuat Soal ... (mohon maaf) mungkin masih menganut mazhab jaman dulu ...
    dimana sorang Bapak itu konotasinya adalah ... ke kantor bekerja ... baca koran ... cari uang ...

    Mereka lupa ... bahwa lelaki masa kini itu ... adalah lelaki yang dituntut untuk juga bisa mengenal tugas/kerja lain ... selain ke kantor dan bekerja ...

    Ganti popok ... hayuuu ...
    Bantu di dapur ... pun tidak tabu ...


    Salam saya Mbak ...

    ReplyDelete
  45. Wah.. seharusnya sudah tidak ada lagi ya bunda soal yg demikian.. :)
    Salam kenal bunda... :)

    ReplyDelete
  46. kmrin temen kantor jg cerita skr sola test pertanyaan suka aneh2 gt, byk hal yg ga sesuai dg keseharian anak2 shg bikin anak jd bingung

    ReplyDelete
  47. jawabannya ga ada pilihan tidur bersama ayah :D

    ReplyDelete
  48. hih aneh banget itu soalnya. ga bagus ya pertanyaannya -.-"

    ReplyDelete
  49. wah berarti Ayah dan Pascal sangat dekat ya mba, kalo semua pilihan jawaban pernah dilakukan mereka bersama..saluuut mba :D

    ReplyDelete
  50. soal anak SD jaman sekarang, bikin pusing yaah Mbak, hehehh..
    semoga nilai UKK nya bagus semua ya Pascal ;)

    ReplyDelete
  51. hehehee...pertanyaannya berbau gender gitu...walah lho piye kalo emang semua itu kita lakukan bersama ayah dan bunda nggak masalah kan...walah pertanyaannya berarti yang kurang tepat yah..harusnya gak berbau gender....hehehhe...
    untung jawabannya kak pascal tepat....wah harus update neh entar kalo kinan sd...
    wah mbak udah mau kelas dua aja yah kak pascal..walaupun hanya lewat blog kok kayaknya kita jadi deket dan tahu detail yah....:)
    semoga nilainya memuaskan yah kak pascal..:)

    ReplyDelete
  52. itulah kenapa disebut bukan ilmu pasti :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...