badge

Tuesday, July 2, 2013

Mengenalkan Dunia Kerja Pada Anak

Mengenalkan dunia kerja pada anak menurutku penting sekali, karena sejak dini anak bisa tahu macam-macam pekerjaan yang ada di sekitarnya. Sebagai orang tua aku tidak memaksakan pekerjaan apa yang akan dipilih oleh Pascal dan Alvin nantinya. Tapi aku selalu menekankan bahwa semuanya harus dilalui dengan belajar baik belajar di sekolah maupun di luar sekolah sehingga anak punya motivasi besarnya ingin menjadi apa.

Memang sih umur Pascal saat ini masih dibilang terlalu kecil untuk memikirkan pekerjaan apa yang pas untuknya nanti. Setidaknya Pascal sudah bisa berangan-angan dengan menyebutkan cita-citanya. paling sering sih dia menyebutkan ingin menjadi dokter dan guru PAI (Pendidikan Agama Islam). Aku sih hanya bisa mendukung dan mengarahkan saja sambil menyiapkan dana untuk kuliah nantinya.

Kemarin ini Pascal dan sepupunya Demas sedang berbincang-bincang ala anak kecil tentang cita-cita. Agak melucu sedikit nih Pascal menyebutkan cita-citanya, katanya nanti kalau sudah besar pekerjaannya setiap hari berbeda, dia menyebutkan seperti ini :
Senin  : Jadi dokter
Selasa : Jadi Arsitek
Rabu  : Coding (karena keseringan melihat bapaknya coding hihihi)
Kamis : Jadi chef
Jum'at : Jadi Imam di masjid
Sabtu  : Jadi masinis
Minggu : libur
Dari ke tujuh hari yang disebutkan aku agak kaget waktu menyebutkan kalau hari jum'at mau menjadi imam di masjid, dia tanya boleh kan jadi imam? tentu saja boleh dong gak dilarang.

Nah kebetulan sedang liburan sekolah waktu Senin kemarin Pascal diajak ke kantor sama suamiku. Memang sudah lama sekali Pascal ingin melihat kantor bapaknya. Selama ini terbentur waktunya karena Pascal libur sekolahnya sabtu dan minggu sedangkan di hari itu juga suamiku libur. Senang sekali Pascal diajak ke kantor, sampai sesaat mau berangkat dari rumah dia bertanya emang boleh ikut ke kantor? nanti di marahin gak?

Di kantor Pascal anteng kok dia main games di tab, tapi di rumah Alvin nangis terus karena minta ikut tapi tidak diajak. Mana bisa kalau Alvin ikut yang ada suamiku gak bisa kerja. Lunas sudah janji membawa Pascal ke kantor bapakknya jadi dia tidak penasaran lagi.


46 comments:

  1. suatu langkah yang cerdas, orang tua hanya memberi wawasan saja sedangkan pilihan tetap ada pada anak :)

    ReplyDelete
  2. Waduh senangnya bisa main ke kantor Ayahnya.......

    Salam wisata

    ReplyDelete
  3. wah enak ya bisa bawa anak ke kantor jadi tahu kerjaan ayahnya. klo suamiku bahaya di kantornya banyak bahan kimia hehe

    ReplyDelete
  4. wah sebenarnya dengan setiap hari berganti profesi, bagus untuk hikmahnya, yaitu:
    senin jadi dokter artinya selalu terbuka untuk membantu orang layaknya seorang dokter yang menangani pasien.

    selasa jadi arsitek, khusus untuk mengatur rumah, bersih-bersih, istirahat dirumah sambil membuat suasana rumah menjadi nyaman bagi siapa saja yang datang.

    rabu untuk Coding, menjadikan diri ini lebih teliti dalam introspeksi dan menjalin kekerabatan seperti halnya coding perlu ketelitian

    kamis jadi chef, berarti mengkhususkan untuk acara keluarga dengan bercengkrama, memasak makanan yang menjadi kegemaran keluarga.

    jum'at jadi imam di mesjid, berarti nilai religius tidak bisa diabaikan mesti ada pengkhususan dalam seminggu untuk fokus beribadah menghadap Ilahi.

    sabtu jadi masinis, masinis berlaku seperti kepala yang mengatur jalannya kereta, berarti hari sabtu sama seperti halnya lebih mencurahkan kepada kondisi keluarga...agar tetap harmonis.

    minggu libur, meliburkan hati dari segala pikiran tentang dunia...lebih kepada ibadah....

    hehehe muter muter..bulet itu itu juga.. ^_^
    waaah ini juga untuk lucu lucuan bu....bravo untuk Pascal

    ReplyDelete
  5. di kantor gua dulu setiap taun selalu ada acara bring your kids to work day. jadi anak2 boleh ikut ke kantor seharian. tapi udah 2 tahun belakangan ini gak ada lagi. sayang padahal bagus acara begitu...

    ReplyDelete
  6. wah Pascal jadi tau Ayahnya kerjanya ngapain ajah ya

    ReplyDelete
  7. gag dilarang ya mbak bawa si pascal ke kantor?
    kalo di US, seperti yang dibilang arman, ada hari membawa anak2 ke kantor dan anak2 tersebut di kasi hiburan supaya gag bosen.
    kok di indo gag ada ya?

    ReplyDelete
  8. Alvin maen aja yukk sama Radit disini...jangan nangis lagi yaa..cup cup cup...:,D

    dari fotonya..Pascal keliatan hepi banget diajak ayahnya kekantor..;)

    ReplyDelete
  9. Wah.. seneng banget ya pastinya pascal bisa main ke kantor papa :)

    ReplyDelete
  10. Profesinya banyak banget Pascal.... moga kesampean smua yaahh :D

    ReplyDelete
  11. Subhanallah, cita-citanya jadi imam :)
    Kalo Alvin ikut, berarti mamanya mesti ikut juga, hehehe..

    ReplyDelete
  12. Benar, setidaknya biar mereka mengerti arti bekerja dan tentunya menambah wawasan juga ya, Teh.

    Nanti Pascal jadi orang sibuk pasti, jadwalnya sudah tersususn tuh tiap harinya. :D

    ReplyDelete
  13. wah cerdas yah, udh punya cita2 mulia :)
    smoga slh satunya tercapai yah Pascal :)

    ReplyDelete
  14. aih...pasti Pascal seneng ya, beneran pernah jd 'coding' hehehe

    ReplyDelete
  15. Jagoan siapa sih ini..cakep banget deh !

    ReplyDelete
  16. Aa Pascal jadi orang kantoran nih yee.. Adam minggu kemaren ikut papanya lembur dr pagi sampe jam setengah 10 malem, emaknya kesepian anaknya ketagihan :(

    ReplyDelete
  17. Lidya, kebayang senengnya Pascal diajak ke tempat bapaknya bekerja...mengenalkan dunia kerja orang tua pada anak, pasti bagus. Setidaknya dia jadi lebih mengerti bahwa bekerja itu artinya harus bekerja keras dan fokus...hehe, Alvin ngalah dulu kali ya?
    :D

    ReplyDelete
  18. Aku juga pernah bawa Vay ke kantor biar dia tahu bagaimana ibunya kerja, jadi biar gak rewel terus... :)

    ReplyDelete
  19. eh keponakanku yang baru dikhitan.. piye le banyak dapat angpao? bagi dong Uncle? :)

    ReplyDelete
  20. Kasihan yang satu diajak, yang satunya nggak diajak. Tapi kalau ganggu ya bisa repot juga hahaha

    ReplyDelete
  21. hihi, iya bener juga, mba lidya. kalo pas coding diganggu bisa ga kelar projectnya :D kalo pascal udah tau ya tentang keutamaan jadi imam? jadi dia semangat nyebutin cita-cita itu :D

    ReplyDelete
  22. wah, cita2nya Pascal banyak :)

    ReplyDelete
  23. Saya pernah bawa my daughter kerja tapi tidak lama takut bosan karena saat itu Ia baru berusia 3 tahun. Lucunya Ia bolak balik mainin telepon seperti sedang menerima telepon layaknya resepsionist hehe

    ReplyDelete
  24. Keren ya mbakkk
    Hal seperti otu emang perlu diajarkan agar anak mengerti dunia orang ddwasa

    ReplyDelete
  25. anak-anak sebaya Pascal memang sering berubah-rubah jawabannya bila menyangkut pekerjaan masa depannya, namun dengan membawa ke tempat kerja orangtuanya, diharapkan Pascal bisa lebih memahami makna dari kerja itu sendiri...salam :-)

    ReplyDelete
  26. jadi pengen juga bawa anak ke kantor

    ReplyDelete
  27. wah kegiatan bagus itu. jadi anak tau apa kerjaan kita. ke kantor ngapain aja.

    ReplyDelete
  28. keren yah anak2 aja udah punya kerjaan tetap gitu :D

    ReplyDelete
  29. kalau bisa sekalian, di kenalkan tentang sikap mandiri, agar berguna kelak di kemudian hari mba, buat masa depan'a :)

    ReplyDelete
  30. hahahaha lucu banget siii pascalll. namanya keren btw ;)

    ReplyDelete
  31. ehehe...lucu ya anak-anak kalau punya cita-cita bisa berubah gt tiap harinya :)

    ReplyDelete
  32. anak sy yg 4tahun kurang dua bulan, udah tahu gimana kesibukan abi-nya, jadi kalo sy sibuk padahal biasanya dia mesti dikelonin, bia bisa bersabar, "abi kerja dah", gitu katanya

    ReplyDelete
  33. Mungkin itu hal tebaik untuk menyiapkan mereka di masa depan mbak, tidak seperti saya.

    ReplyDelete
  34. wah mantep,,bisa dijadikan wawasan..
    nanti kalau saya sudah nikah n punya anak coba diaplikasikan,,hehe

    ReplyDelete
  35. Mbak Lidya, bener sekali jika mengenalkan dunia kerja pd anak penting banget. Selain anak bisa tahu realitas dunia kerja, juga bisa memberitahukan spt apa kegiatan orang tuanya saat bekerja [tdk ada di rumah]. Teman-teman saya juga suka ngajak anaknya, palagi jika ART-nya gak masuk tuh..

    ReplyDelete
  36. haahahaha... masih usia segitu sih yah... jadinya masih berubah2, belum netap... hahaha

    ah akhirnya bisa ke sini juga,

    ReplyDelete
  37. hihihi jdi inget waktu kecil juga sering di ajak ke kantor mama, tapi ya gitu langsung jajan mulu di sana :D

    ReplyDelete
  38. Ceritanya Pascal multi talent makanya profesinya macam2. hehehe...

    ReplyDelete
  39. Jadi inget ilmuwan muslim jaman dulu. Kayak Ibnu Sina contohnya, ya dokter ya ahli astronomi ya filsafat. Komplit

    ReplyDelete
  40. makin banyak yang dicita-citakan, bisa membuat nalar anak makin berjalan. Semoga salah satu dari keinginan itu tercapai kelak

    ReplyDelete
  41. Memangnya Alvin rewel ya mbak, kok sampai kalau diajak suaminya mbak ga bisa krja?

    Sekalian mbak doain bisa jadi Imam di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

    ReplyDelete
  42. Wah kak pascal ikut papa ke kantor...:) dah tahu yah gimana kerjanya dan cara kerjanya papa...kayak kinan aja mbak..dia selalu intergerasi kami kalo pulang kerja..tadi kerjanya gimana ayah ngapain aja...heheheh

    ReplyDelete
  43. Saya ketawa ...
    asik juga ya ... tiap hari bisa beda profesinya
    hahaha

    Salam saya Mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...