badge

Tuesday, September 24, 2013

Aneka Macam Jenis Genset

Pasti tidak asing lagi dengan  mesin genset? Pasti sering melihatnya pada saat ada acara-acara pernikahan atau pada saat terjadi pemadaman listrik, kan? Banyak perusahaan dan industri-industri menengah ke bawah yang menyediakan genset untuk mengatasi pemadaman listrik yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi industri, mesin genset mempunyai beragam jenis yang selaras dengan perkembangan zaman. Keseluruhan jenis mesin genset yang tersedia di pasaran memang memiliki kemiripan satu sama lain, namun jelas mesin-mesin terebut memiliki tujuan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin genset yang banyak dijumpai di pasaran:

Mesin gas 
Mesin genset bertenaga gas telah banyak dimanfaatkan baik dalam ranah rumah tangga maupun dalam ranah industry yang mendayagunakan CNG. Untuk dapat mendayagunakan CNG, pihak pengguna perlu mendirikan infrastruktur pipa gas yang berfungsi sebagai sarana distribusi gas untuk sampai pada sumber bahan bakar.

Mesin diesel
Mesin diesel sangat umum dijumpai dimana-mana. Fungsinya sebagai mesin pembangkit listrik, menjadikan mesin ini sebagai mesin yang amat ‘dekat’ dengan khalayak. Aplikasi mesin diesel yang dipergunakan sebagai mesin genset memiliki rentang daya yang cukup luas, yakni 5Kw/ 5000 watt - 2MW/ 2.000.000 watt.

Mesin bensin
Pada umumnya mesin genset yang menggunakan bahan bakar bensin mempunyai cakupan daya yang rendah. Selain itu, genset berbahan bakar bensin juga perlu dibatasi dalam menghasilkan daya maksimal.

Generator solar
Generator solar pada umumnya dimanfaatkan sebagai back up listrik pada tempat-tempat komersial. Generator dengan bahan bakar solar mirip dengan genset rumahan akan tetapi mesin genset berbahan bakar solar memerlukan energy yang lebih banyak dari genset tipe standar.

Generator portable
Generator portable masuk dalam jenis genset yang popular saat ini. Jenisnya yang portable menjadikan mesin genset ini sebagai promadona di saat berkemah dan kegiatan-kegiatan lain yang memerlukan genset di luar ruangan.

Mesin turbin
Mesin genset yang memperguankan mesin turbin sebenarnya sudah dapat dikategorikan sebagai jenis power generator.

Genset bertenaga urin
Genset bertenaga urin merupakan meisn genset penemuan terbaru oleh empat pelajar di Afrika.
Demikian jenis-jenis mesin genset yang beredar di pasaran, apabila saat ini Anda sedang memerlukan mesin genset, perusahaan distributor tunggal penyedia alat berat dan alat energy industry, PT. Bima Sakti Utama dapat menjadi salah satu tempat Anda berburu genset-genset berkualitas. 

15 comments:

  1. Replies
    1. hihihihi
      kalo mbak lidya jualan genset, pasti deh lupa ngeblog karena terlalu laris...

      Delete
  2. rasanya pengen beli genset deh kalo udah mati listrik seharian

    ReplyDelete
  3. *ngacuungg* belum pernah lihat penampakan genset hehehehe.... *ndeso*.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah jarang mati lampu nih...

    ReplyDelete
  5. wah mama Calvin lagi di intervensi kekuatan konspirasi asing yang saling bekerjasama mendayagunakan bisnisnya hingga bisa menjadi satu kesatuan yang akan mempertakut seluruh lapisan masyarakat indonesia.

    ReplyDelete
  6. Di rumah juga nyiapin genset, mbak, buat jaga2...tapi sejak beli dari tahun 2009 kemarin sampe sekarang keknya gak nyampe 3x dipake itu genset, soalnya di sini termasuk jarang pemadaman listrik yang lama apalagi kalo harus sampe seharian

    ReplyDelete
  7. Di Catet deh. nanti kalau ada yang perlu saya refrensikan.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  8. jadi inget tadi subuh tetiba mati lampu. coba ada genset. heuu

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah di Siak tinggalnya di kota,kalo di mess bakal pakek genset mbk :D

    ReplyDelete
  10. saya ada 2 genset di rumah mbak, pertama genset bensin untuk listrik, kedua genset bensin untuk pompa air saat mengairi sawah :D

    ReplyDelete
  11. Para petani udang dan sejenisnya mutlak harus punya genset mbak. manjaaa...... dan wajib ada oksigen banyak.
    OOT... hehe

    ReplyDelete
  12. Wahaaaa.. baru tau kalo genset jenisnya banyak.

    ReplyDelete
  13. aku kemaren baru aja cari genset buat mertua karena sering mati lampu katanya di indo :D

    ReplyDelete
  14. di kerjaan, tiap hari mainan genset
    di rumah, pakenya genset darurat. pasang inverter di mobil. kalo listrik matinya lama tinggal nyalain mesin mobil trus ambil kabel panjang buat nyambungin dari rumah ke inverter...
    *mayan...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...