badge

Monday, October 14, 2013

Bona dan Rong Rong

Yang suka membaca majalah Bobo dulunya pasti kenal dong sama tokoh Bona dan Rong-rong. Bona si gajah berbelalai panjang dan Rong-rong si kucing kecil teman setianya Bona. Aku menyukai tokoh ini sejak SD saat masih berlangganan majalah Bobo saat itu.

Kemarin kami ke toko buku, seperti biasa anak-anak memilih-milih buku bacaan untuk dibeli. Ade sudah memilih buku caliswatung dan majalah Bobo Junior. Tetapi ketika  melihat majalah kumpulan cergam Bona aku tertarik untuk membelikan ade majalah tersebut. Setiap harinya memang aku terbiasa membacakan cerita dari buku, berhubung tidak bisa mendongeng. Terkadang Ade menagih sendiri dia bilang "mama aku belum dibacain buku". Sehari bisa dua sampai tiga kali membacakan buku, tergantung permintaan saja, bahkan ketika aku membacakan buku untuk ade, aa ikut-ikutan mendengarkan dan minta dibacakan padahal dia sudah bisa membaca sendiri.




Walaupun ade belum bisa membaca aku sengaja membacakan buku cerita kepadanya, begitupula ketika aa kecil dulu. Buku-buku turunan aa dulu aku bacakan pada adee, seperti buku halo balita dan buku-buku cerita lainnya. Lama-kelamaan stok buku yang dibacakan sudah habis jadi aku harus mencari buku lainnya untuk dibacakan. Sepertinya kumpulan cergam Bona ini cocok untuk aku bacakan karena mempunyai 48 halaman dengan judul cerita berbeda.

Ternyata membacakan buku kepada anak sejak dini itu bagus loh, seperti yang pernah aku baca ada beberapa manfaat membacakan buku pada anak yang aku ambil dari erlangga for kids diantaranya adalah bisa meningkatkan
  • Kemampuan berbahasa 
  • Kemampuan mendengarkan 
  • Kemampuan berkomunikasi verbal 
  • Kemampuan memecahkan masalah
  • Daya imajinasi dan kreativitas
  • Kecerdasan Emosi
  • Keakraban antara orangtua dan anak
  • Wawasan bertambah
Dan masih banyak lagi manfaat dari membacakan buku pada anak-anak. Yuk biasakan membacakan buku pada anak, yang diawali dengan buku-buku bergambar dan ringan. Mudah-mudahan besar nanti bisa lebih cinta baca.

58 comments:

  1. saya yakin membacakan buku kepada anak akan memberikan dampak postip pada anak dan itu sudah terlihat pada anak kami yang pertama :)

    ReplyDelete
  2. Betul Mba, dulu waktu anak saya masih kecil, saya sering membelikan buku-buku yang bergambar. Dengan memberikan kesenangan kepadanya untuk mewarnai, dan bercerita tentang hasil gambar yang telah dia warnai. Anak merasa bangga akan hasil karyanya dan dia secara tidak langsung bisa menceritakan gambar yang di ceritakannya kepada kita. Jadi sebagai suatu peluang komunikasi aktif antara diri kita dengan anak.


    Salam wisata

    ReplyDelete
  3. Bukunya Erlangga bagus-bagus ya mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Bona dan Rong-rong .. jadi inget waktu kecil, suka pinjem punya temen hahaha..

    ReplyDelete
  5. bona dan rongrong, aku dulu baca majalahnya pinjem di temen, dia suka ngebundel majalah lamanya jadi kayak buku gitu. jadi kalo pinjem satu paket. tebel juga :D

    ReplyDelete
  6. Pilihan yang bagus bu...
    Ketimbang aku yang lebih suka sama Si Sirik... :D

    ReplyDelete
  7. jadi kangen baca cerita Bona dan Rong-Rong... sampe semua kucing kampung dulu aku kasih nama Rong Rong.. hahahaha

    ReplyDelete
  8. dulu waktu zidane kecil saya juga punya kebiasaan membacakan buku untuk zidane. tapi sekarang udah jarang mbak, soalnya zidane lebih suka baca sendiri...:)

    ReplyDelete
  9. Dulu waktu kecil ibu saya gak kebeli majalah jadi saya suka dapet kiriman majalah bekas yang gak dibaca sama anak majikan ibu jadi saya baca edisi setahun atau 2 tahun lalu

    ReplyDelete
  10. sukaaaa sama bona dan rong-rong :D
    nanti kalau aku punya anak juga mau dibacain cerita sebelum tidur setiap malam deh hhehhe
    apa kabar Tante Lidya :D

    ReplyDelete
  11. Mak aku masih suka baca Bobo juga loh...

    Bungsu saya juga hobi baca majalah Bobo..

    ReplyDelete
  12. Senaang, kalau liat anak2 suka membaca.
    Kira2 kelak saya bisa dongengin untuk anak2 gak, ya. Hohohoho

    ReplyDelete
  13. ini bacaan favorit saya waktu kecil :)

    ReplyDelete
  14. Kalo di rumah, saya sering bacaain buku seri ilmu Pengetahuan yang dari Grolier mbak, Soalnya baru mengenal huruf.

    ReplyDelete
  15. Kapan ya kira2 cergam Bona Rong rong ini difilmkan ? pasti seru tuh :D

    ReplyDelete
  16. Benar mbak. Ini juga salah satu kebiasaan saya waktu putra kami masih balita. Saya suka bacakan buku cerita dengan tempo durasi yang lambat. Kemudian hasilnya anak kami jadi lebih berhati-hati mengeluarkan kalimat. Dia mencontoh dari cara saya membunyikan tiap kata hingga berbentuk kalimat. Dan Alhamdulillah setelah sekolah nilai bahasa indonesianya sangat baik.

    ReplyDelete
  17. Waktu kecil, saya suka minjem baca buku bobo dari tetangga. Bobo memberikan banyak wawasan yang sesuai dengan perkembangan anak

    ReplyDelete
  18. Wah, Bona dan Rong-Rong itu nostalgic banget! Bacaan jaman SD, sederhana tapi penuh pesan moral :)
    Ohya, selamat Iedul Adha :)

    ReplyDelete
  19. Mbak Lid, aku kagum pada dirimu. Benar-benar memperhatikan pendidikan anak-anaknya :)

    ReplyDelete
  20. Ilustrator Bobo udah ganti ya, gambar bona & rongrong jadi beda :)

    ReplyDelete
  21. bener banget mbak :)
    nanti isyaallah kalo aku udah punya anak mau seperti mbak akh.. selalu membacakan cerita2 di buku

    ReplyDelete
  22. Mudah-mudahan dedeknya tambah pinter yah mbk..
    SALAM...

    ReplyDelete
  23. Huaaa..Bona dan Rong Rong..dari jaman aku masih kanak-kanak sampai setua ini masih ada ya Mbak..

    ReplyDelete
  24. selamat menyambut hari raya Idul Adha..mohon maaf lahir batin...salam :-)

    ReplyDelete
  25. iya mbak, azkiya juga suka dibacakan cerita...
    iya tahu mbak bona itu gajah pink, dan rongrong kucing coklat putih kl tdk salah :)

    ReplyDelete
  26. wah keren si bona sekarang punya majalah sendiri :D dulu kan paling cuma 1 halaman di majalah bobo ya :D

    ReplyDelete
  27. Wow, banyak manfaatnya ya membaca buat anak Mi

    ReplyDelete
  28. banyak ya manfaat membacakan buku kepada anak.
    tapi Athar belum bisa diam kalau dibacakan cerita,kira2 umur berapa ya bisa duduk anteng sambil mendengarkan gitu...?

    ReplyDelete
  29. setelah membacakan buku ke anak, bisa kita ajukan pertanyaan seputar cerita berkaitan dengan 8 kemampuan yang ibu sampaikan diatas...hm ini tentunya sudah ibu lakukan bukan?

    salam bu ^__^

    ReplyDelete
  30. aaahhh...jadi inget masa kecil. Dulu ga pernah langganan Bobo,tapi ga kelewat baca, coz temen langganan dan bahkan sebelum dia baca aku duluan yg baca *ups* hihihihi

    ReplyDelete
  31. Masih ada nggak sih yah, majalah Bona Kreatif itu?

    ReplyDelete
  32. Dulu, saya langganan majalah Bobo. Jadi kangen baca Bona dan Rong Rong T.T

    ReplyDelete
  33. Toooosss... suka bona dan rongrong. Di rumah, tinggal Faiz yang suka minta dibacain cerita. Kadang satu cerita yang disukai sampai diulang berkali-kali :D

    ReplyDelete
  34. waktu dulu bona dan rongrong masih keluarga Bobo kan ya? aku paling suka Nirmala :D

    ReplyDelete
  35. jd inget wkt dulu suka langganan Bobo :D

    ReplyDelete
  36. Aku hampir sama denganmu Mbak, tidak begitu pintar mendongeng, jadi lebih suka baca langsung buku cerita. Sesekali bisa sih, tapi memang harus dipikirkan dulu akan seperti apa nanti endingnya... baru mendongeng. :)

    ReplyDelete
  37. Majalah BOBO sudah saya kenal sejak saya usia SD atau SMP kalau tidak salah Itu era taun 1980 an wuhiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii lama sekali kalau dipikir pikir usia majalah BOBO sampai sekarang ya

    ReplyDelete
  38. wah, jadi inagt waktu kecil suka baca majalah bobo. aku suka sama bona dan rong rong, hihihihi... btw, mbak cuma mau bilang kalau aku bukan fansnya twilight, tapi twilight zone, serial klasik gitu, hihihi :)

    ReplyDelete
  39. aaaiihh Bona dan Rongrong, beneran jadi inget Bobo, jadi inget masa kecil.

    ayooo Ade, rajin membaca yaaah sayang :*

    ReplyDelete
  40. cerita bona dan rong rong memang disukai anak-anak kak

    ReplyDelete
  41. Ketika Sandy masih kecil sering sekali membacakan cerita di Majalah Bobo.
    Saya sudah jontor membaca Sandy nggak tidur-tidur
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  42. Samara belum pernah tuh baca Bobo, masih seputar Halo Balita saja :)
    Next time nyobain baca deh...

    ReplyDelete
  43. Kalo kumpuan cergam yang dibei jadi punya banyak bahan ya mbak :)

    ReplyDelete
  44. ya ampun.. bona & rongrong.. jd inget masa kecil..

    ReplyDelete
  45. Juga kosakata anak2 jadi bertambah lho mba... :)
    Saya waktu SD juga pembaca setia BOBO

    ReplyDelete
  46. Dah lamaaa gak baca Bobo~
    Bacain cerita buat anak, bikin jadi suka baca ya Mbak...
    Kayaknya ibuku gak pernah baca buku cerita buat aku deh *tak tanya dulu wkwk

    ReplyDelete
  47. tuh kan bener kata erlangga for kids juga m'bacain buku untuk anak, itu sebenernya merupakan kebahagiaan bagi seorang ibu diminta bacain buku, bayangin bagi ibu yang puluhan tahun berumah tangga belom dikaruniai anak...coba bayangin deh!... ;o)

    ReplyDelete
  48. iyaaa aku suka bona & rong rong...bona gajah pink yg cerdik & byk akal :))

    ReplyDelete
  49. masih ada ya Bona dan Rongrong? bacaan aku waktu kecil setiap hari kamis hihihiii

    ReplyDelete
  50. hi hi sampai sekarang masi baca majalah Bobo nih

    ReplyDelete
  51. Waaa... jadi kangen Bona dan Rong Rong :-)

    ReplyDelete
  52. Wah, ada ya cerita Bona & Rong-Rong ini sekarang.. Saya dulu juga suka bacanya.. Anak-anak juga gitu mbak.. mintanya diceritain

    ReplyDelete
  53. bona...gajah kecil berbelalai panjang...hehehe, jadi ingat jaman dulu mbak :D

    ReplyDelete
  54. Hehehe... dulu saya sering bertanya-tanya kenapa si gajah bernama "bona" sedangkan si kucing bernama "Rong Rong"

    ReplyDelete
  55. Bona dan rong2 itu cerita kesukaanku mak. Sekarangpun aku masih suka baca Bobo, pinjem punya keponakanku he he :)

    ReplyDelete
  56. Kalau 'Cici dan Koko', masih inget juga gak yah?

    ReplyDelete
  57. ikhsan yang sudah bisa baca, juga kadang minta dibacain buku

    ReplyDelete
  58. jadi inget masa SD dulu :D
    suka banget baca Bobo

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...