badge

Thursday, October 31, 2013

Pra Bayar atau Pasca Bayar?

Tiap orang punya ponsel dong ya? biasanya memakai kartu pra bayar atau pasca bayar sih? Dulu sekitar tahun 2000 aku pakai pra bayar, masih ingat betul membeli perdana yang harganya lumayan mahal sekali. Ngaku nih saat itu aku baru lulus kuliah dan baru mulai bekerja punya ponsel plus perdananya dibelikan oleh bapakku. Kalau sekarang beli perdana murah sekali ya, sampai ada yang harganya 5000, dibandingkan dulu yang angka 0 lebih banyak :)

Sejak 2003 kartu pra bayar aku migrasikan ke pasca bayar, karena malas beli voucer saat itu, kalau sekarang sih mungkin sudah mudah ya isi pulsa bisa lewat e-Banking atau ATM. Sampai saat ini nomor yang aku pakai masih sama, kalaupun aku punya nomor pra bayar yang lain hanya dipergunakan untuk internet saja dan lagi-lagi aku malas isi pulsa. Biasanya aku tinggal kasih tau suami aja nanti otomatis terisi pulsanya hehehe.
Lalu, kalau pakai pasca bayar bukan berarti aku sampai kebablasan pakai pulsa loh. Padahal aku lumayan sering telp. Biasanya tagihan terbesar saat lebaran aja sih kurang lebih 100rb - 200rb rupiah. Di luar lebaran tagihanku kecil sampai teman-temanku suka gak percaya kalau tagihanku bisa di bawah 50rb. 

tagihan bulan ini.
Karena aku memakai ponsel yang support 2 sim card biasanya untuk internet aku memakai sim card ganti-ganti sesuai promo hehehe. Jadi tagihan pasca bayarku gak sampai membengkak

55 comments:

  1. aku sukanya prabayar dek karena malas buat bayar2 tagihan gitu makanya yang kartu pasca diregistrasi ampe sekarang gak dipake2 hahahhaa

    ReplyDelete
  2. kalo saya pake yang pra bayar aja mbak..
    dulu pake yang pasca bayar bayarannya bengkak.. lupa kontrol hikss hikss.
    kalo yang bisa me manage lebih baik memang pasca bayar karena katanya lebih murah kan

    ReplyDelete
  3. indosat pasca bayar memang murah mbak. jika bisa mengaturnya...

    ReplyDelete
  4. OOT mbak, maaf tak bisa komentar di blogdetik. aku jadi silent reader saja ya..

    ReplyDelete
  5. jadi ingat tahun 2000 punya hape nokia yang ada antennya trus ngisi pulsa 100 ribu habis dalam waktu singkat

    ReplyDelete
  6. jadi inget tagihan pascabayar bulan ini yg membengkak-kak :)) emg lg banyak perlu telpon sih, apalagi klo pas lagi handle event.

    ReplyDelete
  7. kalau pasca takut kebablasan hahaha

    ReplyDelete
  8. tahun 2005 aja perdana masih 75 ribu isi cuma 10 ribu
    sekarang perdana 3 ribu isi 3 ribu juga :D

    ReplyDelete
  9. Aku pakai 2 sih mbak, ada yang pra dan pasca bayar :D tergantung kebutuhan dipakainya :D

    ReplyDelete
  10. Aku dulu pakenya yang pasca bayar mba. Karena males nyari pulsa kalo butuh.. hahaha..

    Sekarang juga dikasih suami pasca bayar, tapi karena ga pernah dipake, jadi tiap bulan bayarannya samaaa terus.. :P

    ReplyDelete
  11. kalau saya lebih suka kartu yang tanpa bayar mbak :D

    kira kira ada nggak ya yang kayak gitu :D

    ReplyDelete
  12. Kalau saya doyan gonta ganti kartu mbak Lid.. ngejar program provider yang paling murah haha

    ReplyDelete
  13. untuk ponsel aku pakai pra bayar,,buat langganaa internet aku pake pasca bayaf tapi yang unlimited :D

    ReplyDelete
  14. tuh dipake nelp ama sms jg kah Mbak? koq ba minim gitu?

    pasca bayarku khusus utk ngenet doang Mbak, hehehehehh

    ReplyDelete
  15. hihihi think smart ya tantee :D
    kalo aku sih pake provider yg murah2 aja dari jaman SMA, setia sama yg satu ini. hehe

    ReplyDelete
  16. Aku pilih pra bayar aja, Mbak. Pernah pake pasca bayar. Huaaaaa.... ga kekontrol. Bayarannya bengkak :D

    ReplyDelete
  17. aku masih bertahan di pra bayar mbak :)

    ReplyDelete
  18. Mbak Lidya, boleh titip nomer juga gak supaya otomatis terisi :)

    ReplyDelete
  19. aku juga pake hp yang dual sim mba, prabayar smua. Emang suka males beli2 pulsa, padahal yang jual mbladrah ya banyak banget hihihi

    ReplyDelete
  20. Pasca ga bs ngontrol dg ngecek pulsa. Lgan anak kos, merasa blm pantes pakai pasca. Kalau utk internet saat ini, saya selalu beli perdana 3 yg 20an ribu isi 2 GB, saat habis langsung buang, beli lg perdana yg baru. Dibanding isi uang 3 GB hrganya 100rb. Mending beli perdana 2, 4GB, harganya cm 45rb. Pernah sekali apa dua atau 3 kali isi ulang, KAPOK. Diitung2 jauh lbh murah beli perdana.

    ReplyDelete
  21. dulu di indo pake prabayar, sekarang disini pake pascabayar....

    ReplyDelete
  22. Saya pernah mau pake pasca bayar, tapi pas dilihat tarifnya kok ya mahalan pascabayar sama prabayar (perhitungan dengan paket promo prabayar). Dibatalin deh niatnya.

    ReplyDelete
  23. aku masih prabayar mba..soalnya aku kan orangnya suka kebablasan kalo nelfon2..takutnya nanti pingsan, liat tagihan pasca bayar tiap bulannya hihihi ;p

    ReplyDelete
  24. aku sih punya keduanya, pra bayar untuk ngirit biaya telepon. pasca bayar sebagai identitas. biasanya kolega lebih respect bila ditelpon dengan no pasca bayar, halaaah

    ReplyDelete
  25. tapi beneran murah gitu loh mbak.. aku aja yang pra bayar bayarnya 100an ribu

    ReplyDelete
  26. aku suka prabayar.. kan aku tukang pulsa :D

    ReplyDelete
  27. pasca bayar aku pake cdma starone dari indosat, dan jarang banget tagihannya diatas 50.000 malah pernah cuma bayar 3500 :D

    ReplyDelete
  28. Aku pake pasca bayar mba, tagihan nya sih ga pernah gede buanget, sedang2 ajalah hehehe

    ReplyDelete
  29. pertama aku pake pasca bayar di tahun 98
    kedua pake prabayar karena kuliah lagi di jogja, belinya ampoon 900 ribu perdana dengan pulsa terisi 400ribu
    ketiga, keempat dst gontaganti nomor pasca bayar,
    sekarang (ntah kartu ke berapa) pake 1 pascabayar (gsm), 2 prabayar (gsm+cdma)
    jadi ribet bawa hape, mau dicampakin ke parit aja rasanya

    ReplyDelete
  30. perasaan aku udah koment disini :D
    aku prabayar untuk ponsel.. kalo pascabayar untuk langganan inet :D

    ReplyDelete
  31. saya pake yang pasca si mba, males banget cari cari pulsa apalagi klo lagi darurat hehehe
    tagihan telpon juga ngga banyak karena banyaknya pakai datanya
    ini yang pra bayar malah udah hangus dan dibalikin lagi gara gara lupa isi pulsa hahaha

    ReplyDelete
  32. Wah lumayan ngirit tuh... Kalau saya rada boros karena selalu interlokal ke Semarang, hiks...

    ReplyDelete
  33. jika saya suka nya prabayar saja mba..... lebi enak keliatannya tergantung kebutuhan.... lam kenal mba. thanks
    kunjung blog ane juga mba sekalian promosi blog saya.... hehehe
    http://iklans-ukses.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. Solusi cerdas gonta ganti kartu untuk penghematan :)

    Iya tahun 2000 itu aku inget, beli kartu perdana cukup mahal sampe 750 rb (simpati) dgn masa aktif 6 bln, yg termurah XL tpi harganyapun msh selangit ratusan rb cuma hrg msh di bwh simpati. Yang paling nyebelin isi pulsa paling murah 100 rb dgn masa aktif satu bln saja,klo pulsa msh ada tp msh aktif habis pls jdi hangus. Yang paling males adalah kena roaming eh gak bisa sms-an lg sama yg beda operator telp. hahaha kuno banget

    ReplyDelete
  35. Kalo utk internet memang asyiknya nyari yang lagi promo ya mbak :)

    ReplyDelete
  36. Aku pke pasca bayar Mbak. Setiap bulan bayarnya cuma 27.500 padahal pakainya gak tanggung-tangggung :D

    ReplyDelete
  37. Disini aku gak pake pasca bayar tapi sering ditawarin kalau mau pake pulsa dul 35 dirham batas pinjamannya :D hihi

    ReplyDelete
  38. Kalau sekarang pakai kartu apa aja enak karena ada ATM atau e-banking. Aku lebih milih provider mana yang bisa ngasih tarif super murah :)

    ReplyDelete
  39. aku pake dua-duanya mb..tp lebih sering yg pra bayar disesuaikan bonus gratisnya hihihi...

    ReplyDelete
  40. Aku pasca bayar tapi ngak indosat hehehehe salam mbak

    ReplyDelete
  41. Prabayar yang dibayar belakangan Jeng, sms teman untuk isi pulsa, bayar saat ketemu.....

    ReplyDelete
  42. sama mak.. saya jg msh pakai nomor lama :)
    tp klo saya tetep di prabayar :D

    ReplyDelete
  43. Bagi resepnya dooong mbaaak... pake pasca bayar tapi bisa terkendaliii... klo aku pakai pasca suka 'nggak sabaran', semua pengen langsung di telpon, padahal mungkin cukup sms aja.

    ReplyDelete
  44. aku pakenya pra bayar teh :D tapi gag banyak sih pengeluaran untuk dua hape hehehhe secara telepon cuma sama suami..

    ReplyDelete
  45. aku lbh seneng pake pra bayar, soalnya lbh terkontrol pemakaiannya.

    ReplyDelete
  46. aku pakai 2 sih mbak, kalo untuk urusan kerjaan aku pakai pasca bayar. kalau untuk socmed aku lebih pilih paketan yang pra bayar..

    ReplyDelete
  47. aku suka yang prabayar aja mbak, soalnya kalo pasca bayar bisa-bisa jebol tagihannya hehehe...pengalaman nih

    ReplyDelete
  48. Dua2nya ada kelebihan dan kekurangannya ya, mba....

    ReplyDelete
  49. Mau nanya yang paling murah apaan yaaa ? hahaha

    ReplyDelete
  50. ya bener juga ya mbak, lebih enak memakai sistem pasca bayar. tidak ribet. Tetapi yang ingin memanage keuangan, bagi yang pas-pasan seperti saya, lebih baik pra bayar. heheheheh...Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  51. Yang penting dibayarin aja deeeh heheheee

    ReplyDelete
  52. pake pasca bayar emang lebih murah kok. dulu aku pake simpati sebulan bisa habis 600 atau 700 ribuan. ganti kartu halo paling mentok 400an. sayangnya masih pake roaming, jadinya aku balik lagi ke simpati. repot keluyuran mulu..

    ReplyDelete
  53. kaLau HP-ku Pasca bayar, Listrik rumah Pra bayar

    ReplyDelete
  54. saya suka yang langsung bayar mbak, lebih hemat bisa pantau jumlah sisa pulsa, tapi kalau pake dulu kemuadian baru bayar tagihannya, bakalan membludak tagihannya, hehhehehhehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...