badge

Friday, October 4, 2013

Semangat Belajar Alvin

Beberapa waktu yang lalu aku pernah posting tentang Alvin Baca Iqro yang saat itu masih Iqo 1 halaman awal. Allhamdulillah sekarang sudah masuk Iqro 2. Tidak ada target apa-apa dalam mengajarkan Ade (haduh sebutannya untuk Alvin suka berubah-ubah dirumah Kadang ade, dede atau adik) belajar toh umurnya juga baru 3.5 tahun, belajar sambil bermain. Tapi mungkin karena sering melihat Aanya belajar Ade juga suka ikutan minta diajari belajar. 

Kalau siang Ade selalu minta jatah dibacakan buku serta belajar ba bi bu dan iqro. Kadang akunya yang agak malas malah asyk pegang hp hehehe. Ade bilang "mama aku belajar dulu nanti boleh main hp lagi" Seneng juga sih akhirnya bisa mengajarkan Ade belajar membaca sendiri seperti Aa dulu juga aku sendiri yang mengajarkannya tanpa harus ikut les.


Buku yang aku pakai untuk mengajarkan ade membaca sama seperti buku Aanya dulu (buku turunan). Tanpa membandingkan dulu umur segini Aanya sudah agak lancar membaca, tapi untuk ade memang agak lambat aku mengajarkannya. Ade baru sampai Ha Hi Hu He Ho.

Aa waktu Umur 3.5 tahun . Ini buku yang dulu dipakai belajar


Sekarang Ade kalau sudah selesai menggambar langsung menuliskan namanya sendiri tanpa bantuan. Yang lucu kemarin dia ambil form kosong dan langsung diisi namamnya juga kalimat-kalimat lainnya yang tidak jelas.



Ada videonya Ade lagi baca Iqro dan buku Ba Bi Bu Be Bo tapi berhubung uploadnya lama jadi ditunda dulu deh videonya :)

53 comments:

  1. masi kita cerdaskan anak-anak kita ya bu hehe :D

    ReplyDelete
  2. Biasanya ...
    Adik memang meniru Kakaknya ya Mbak ...
    Semoga Pascal bisa mengajari adiknya

    salam saya Bu

    ReplyDelete
  3. Belajar itu memang harus semangat, biar cepet pinter :)

    ReplyDelete
  4. Alvin pinter yah udah bisa nulis nama
    Ncit kalah tuh. Dia baru kenal hurup tapi belum bunyi. Kalo lagi mainan hape disuruh eja merknya lancar nyebutin s - a - m - s dst

    Tapi begitu ditanya bacaanya apa, cepet dia jawab hapeeeee....

    ReplyDelete
  5. Episode corat-coret tembok udah lewat ya, Mbak? Kalau Diana baru mulai.

    Gambarnya bagus.

    ReplyDelete
  6. selalu surprise ya melihat perkembangan mereka dan ada rasa haru setiap mereka bisa melakukan sesuatu yang baru
    semoga dede alvin cepat pintar seperti aa pascal yaa

    ReplyDelete
  7. alvin semangat sekali belajarnya,,makin pinter ya.. :)

    ReplyDelete
  8. hihihi.. anak yang pinter yah *udah bener itu nak, ntar aja mama nya main hape yah :D"

    ReplyDelete
  9. wah .. sudah pinter nulis namanya sendiri ya :)

    ReplyDelete
  10. Maju terus Alvin... lanjut ke iqro selanjutnya.

    ReplyDelete
  11. tulisannya Alvin bagus ya...
    udah bisa Iqro juga ya, selamat belajar ya dek

    ReplyDelete
  12. Wiiih..
    Alvin tambah hebat ya.
    :D

    ReplyDelete
  13. Hebat, tanpa les semuanya. Mamanya rajiiiiiiiin. . .

    ReplyDelete
  14. tulisan Alvin bagus ya untuk anak seumuran 3.5 thn. Tetap semangat belajar ya Alvin. . . .jangan mau kalah ama aA

    ReplyDelete
  15. enaknya jadi adik kalo punya kakak yang umurnya nggak terlalu jauh,karena biasanya si adek akan belajar secara tidak langsung ketika kakak belajar. Ini dialami anak saya yang nomer 2

    ReplyDelete
  16. pascal yang ngajarin ya mbak? :D

    ReplyDelete
  17. Ade pasti seneng banget bisa belajar sama mamanya.... Proses belajar jadi lebih menyenangkan, hehe....

    ReplyDelete
  18. gambarnya bagus, mba lidya. udah rapi juga mewarnainya di garis yang dibuat. moga alvin tambah pinter dan shaleh ya. aamiin

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, padahal mengajari anak seumuran Adek Alvin masih sangat begitu sulit lo Mbk.

    Kenapa saya bisa berkata demikian?. Sebab saya juga pernah mengajari anak - anak di desa saya untuk mengaji.

    Imut imut gini juga di panggil Pak Ustadz lo.

    Heheee... Salam untuk Alvin.

    ReplyDelete
  20. Semangat Aa Pascal mengalir ke Alvin ya Teh. Selamat bermain sambil belajar Alvin.

    ReplyDelete
  21. Waaahh...alvin semangat belajarnya hebat.
    Btw keenan sampai sekarang masih belum bicara, apa umumnya anak laki2 lebih lambat bicara dari anak perempuan ya?

    ReplyDelete
  22. wueh, seru ya... divideo juga..
    titip salam buat alvin ya Bun...

    ReplyDelete
  23. ya.. ngasih les private ke anak sendiri, selain membuat bangga pada diri sendiri juga bisa memastikan kwalitas pelajaran yang diterima anak sesuai dengan yang kita inginkan ya Mbak.. Saya juga suka mengisi waktu untukmengajarkan sendiri anak-anak saya. Sayang kita nggak selalu sempat mengajarkan semuamata pelajaran he he..

    ReplyDelete
  24. Alvin hebat....... terus belajar ya Nak, biar tambah pinter.

    Salam wisata

    ReplyDelete
  25. Hebaaat.... udah belajar aiueo, klo anak-anakku pakenya yang mirip metode iqro karya pak As'ad Humam juga mbaa....
    Ayo Alvin kejar kakak bisa baca... supaya bisa baca buku sendiri kapanpun ade suka :)

    ReplyDelete
  26. Alvin semangaattt trs yaaaaa......

    ReplyDelete
  27. Alvin mantap ya, langsung bisa belajar dari abangnya.... sebentar lagi juga pasti makin lancar.

    ReplyDelete
  28. dikenalkan huruf sejak dini anak jadi terpancing dan memancing rasa ingin tahunya ya, jadi ingin tahu gimana nulis namanya sendiri...azka juga gitu jadi terpancing :)

    ReplyDelete
  29. Ade pasti senang banget punya keterampilan baru :)

    ReplyDelete
  30. Moga-moga aku juga bisa jadi ibu yang telaten ngajari anak sendiri.

    ReplyDelete
  31. Senengnya nie, Alvin sama Pascal emang pinter-pinter.
    Menggemaskan sekali pastinya.....

    ReplyDelete
  32. pinternya....., Vica dl jg gak les, aku ajarin sdr...

    ReplyDelete
  33. alvin semangat belajarnya ya...

    ReplyDelete
  34. Wuih cakep deh Alvin, udah Iqro 2. Fayda masih belajar Iqro 1 :) Bukunya pun sama turunan dari kakaknya hehehe...

    ReplyDelete
  35. tyt Alvin seumur Kyara yaa, alvin hebat dah sampe iqro 2..Kiky baru belajar alif ba ta ni

    ReplyDelete
  36. alvin semakin pinter, jempol buat Alvin

    ReplyDelete
  37. kalo binbin sejak tahun ajaran baru ini selalu menulis b.i.n.b.i.n.1
    hehe...
    buku2nya juga ditulis gitu. pengen jadi juara satu, katanya.

    ReplyDelete
  38. wah. semangat mendidik. menjadikannya cerdas seperti ibunya. mantap bunda... :)

    ReplyDelete
  39. semangat tersu dan semoga selalu istiqomah ya

    ReplyDelete
  40. bentar lagi Alvin bisa baca koran deh.

    ReplyDelete
  41. aku inget foto pascal yang atas..papanya yg beli di rara ya ?

    ReplyDelete
  42. ihhhhhhhh abang Alvin mantab banget. umur 3.5 thn udh bs tulis nama sendiri

    ReplyDelete
  43. ayoo Ade, belajar yg rajin yah *ehh tapi kan tergantung gurunya, lirik2 ke Mama, hehehheh.

    semangat yaaah Ade, belajar membaca dan mengajinya ;)

    ReplyDelete
  44. Anakku juga ndak les mbak. Aku ajarin sendiri

    ReplyDelete
  45. Seneng kalo lihat anak-anak pada rajin belajar yah mbak..

    ReplyDelete
  46. waaah anak-anak yang rajin dan imajinatif.. yos maju terus semangatnya ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...