badge

Monday, November 18, 2013

Bekerja Sambil Bermain di Kidzania

Bekerja sambil bermain di Kidzania. Ini adalah untuk kedua kalinya kami ke Kidzania, yang pertama waktu umur Aa 5 tahun. Waktu itu Ade belum berumur 2 tahun jadi belum bisa menikmati permainan karena memang masih free masuk kesana. Kali ini kami kesana lagi atas undangan Sari Husada untuk launching produk terbarunya yaitu Vitalac.

Tepat pukul 9.00 kami sudah sampai di Pacific Place lokasi tempat Kidzania berada. Mengutip dari webnya Kidzania adalah "Sebuah pusat rekreasi berkonsep EDUTAINMENT yang unik bagi anak-anak usia 2-16 tahun.  Di bangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya, namun dalam ukuran anak-anak, lengkap dengan jalan raya,bangunan, ritel juga berbagai kendaraan yang berjalan di sekeliling kota". Disana anak-anak bisa memperlajari berbagai macam profesi sebagaimana profesi dan pekerjaan orang dewasa, anak-anak juga diperkenalkan gaji atau bayaran sesudah memerankan profesi tersebut. Kidzania ini di buka mulai pukul 09.00-16.00 untuk hari senin sampai Kamis, sedangkan untuk hari Jum'at dan hari libur dibagi kedalam dua sesi yaitu 09.00-14.00 dan 15.00-20.00. 


Karena saat kami kesana tanggal 17 Oktober lalu jatuh pada hari Kamis anak-anak bisa puas dan menikmati permaianan full sampai jam 4 sore. Oh ya karena arena bermain ini juga di dewa khusus  jadi tidak ada pengunjung umum, terasa lebih sepi dan menyenangkan dibandingkan waktu pertama kali kami kesana. 

Ketika acara launching produk aku dan beberapa orang blogger dari KEB memasuki gedung theater yang ada disana, sementara itu anak-anak tidak boleh masuk bisa langsung menikmati permainan yang ada. Aa dan Ade bermain ditemani oleh suamiku.

Sebelum masuk ke arena permainan masing-masing diberikan cek sebesar 50 kidzos (mata uang kidzania) untuk ditukarkan di Bank yang ada di arena permaianan. Semua arena disini diibaratkan sebagai pekerja sungguhan loh. Yuk bekerja sambil bermain di Kidzania

Media Cetak (Kompas)
Di sini anak-anak diajarkan bekerja sebagai wartawan cetak. Harus menggunakan seragam dan Id Card, dan mewawancarai seseorang, setelah itu hasil wawancaranya di cetak dan boleh di bawa pulang. Tak lupa anak-anak diberi gaji berupa uang Kidzania yang disebut kidzos


Kumon
Di Kumon tidak di gaji tetapi harus membayar uang untuk mendapatkan sertifikat yang berguna untuk pekerjaan lainnya misalnya Pilot yang nantinya akan mendapatkan gaji lebih bila memiliki sertefikat kumon sesuai level yang sudah di tempuh.

Pilot
Nah ini kesukaannya Aa dan Ade, mereka sampai dua kali memasuki arena ini. Mereka bertugas sebagai pilot, di dalam pesawat sungguhan dengan ukuran mini tentunya. Anak-anak bertugas menerbangkan pesawat sungguhan dengan flight simulator. Selain pilot juga bisa bertugas sebagai pramugari.



SPBU
Disini ada 2 permainan yaitu berperan sebagai pengisi bahan bakar dan yang mengendarai mobil. Jika pengendara mobil harus mempunyai SIM. Aa menggunakan SIM lama sewaktu umur 5 tahun. Syarat untuk membuat SIM adalah harus periksa kesehatan dahulu ke Rumah Sakit baru bisa memmbuat SIM. Kalau sudah punya SIM, ATM, ID lainnya sbeaiknya disimpan jika kita ke kesana lagi bisa langsung dipergunakan jadi menghemat waktu. Setelah bekerja menjadi petugas SPBU nantinya akan di berikan gaji.



Dokter Gigi
Ingin tahu bagaimana jika menjadi seorang dokter gigi? cocok sekali mencobanya disini. Jadi tahu bagaimana cara menangani pasien dan mengobati pasien yang sedang sakit gigi. Selain mengajarkan pada anak-anak profesi seorang dokter gigi juga diharapkan anak-anak rajin merawat gigi. Setelah selesai Aa di beri hadiah pasta gigi anak dan pensil warna.


Pemadam Kebakaran.
Pada arena ini anak-anak belajar menjadi seorang pemadam kebakaran, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan pada saat menjadi petugas. Harus memakai seragam dan topi serta serunya naik mobil pemadam kebakaran mini yang disertai dengan bunyi sirine. Anak-anak juga seperti betul-betul memadamkan api.

Pabrik Buku
Di berikan penjelasan dari mana sebuah buku berasal. Proses pembuatan buku dijelaskan melalui layar monitor. Anak-anak diberikan kesempatan mendesain cover buku sesuai kesukaan masing-masing lengkap dengan nama dan foto diri.

Studio TV
Disini diajarkan cara membaca sebuah berita dari telepromter. Aku langsung merekam pada televisi yang ada disitu. Ceritanya Aa sedang menjadi pembawa berita olah raga mengenai sepak bola.


Pembersih Kaca
Kapan lagi bisa naik keatas membersihkan kaca seperti ini. Seru, anak-anak menyukainya
 Salonpas

Towel Factory.
Melihat cara pembuatan sebuah handuk melalui layar televisi dimulai dari cara pemilihan bahan dan lainnya. Disini anak-anak hanya melakukan cara penyablonan handuk kecil yang boleh dibawa pulang.


Di Pabrik Mie

Aa jadi Polisi bertugas mengejar pencuri

Di Pabrik Yakult

Di Pabrik Wafer

Di Pabrik Coklat

Ade jadi tukang Cat :)
Sebagian hadiah yang dibawa pulang
Seru kan bekerja sambil bermain di Kidzania selain bisa belajar bekerja juga mendapatkan pengalaman dan hadiah.

49 comments:

  1. main di kidzania emang pasti menyenangkan ya buat anak2....

    ReplyDelete
  2. wahhh seruu banget, pingin ngajak anak2 kesini, lumayan lengkap reportasenya

    ReplyDelete
  3. Wah Aa dan Ade keren banget pas jadi Pilot. Aa pilotnya dan ade co-pilotnya. jadi bisa kerja sama.

    ReplyDelete
  4. wahhh, asyiknya, jadi pengen ke kidzania... . pa kabar teh... setelah sekian lama ga ngeblog, sesuatu banget bisa nulis lagi, yaa meskipun baru berhasil satu tulisan ter publish...

    ReplyDelete
  5. wah, asyik banget tuh...

    andai ketika saya kecil udah ada kidzania, hehe

    ReplyDelete
  6. wah jadi pengen berubah ke anak2 lagi terus maen sepuasnya disitu....

    ReplyDelete
  7. Pernah nganterin keponakan main ke Kidzania, emang bagus sih yah Mba..
    Udah ga tahan pengen ajak Millie ksana tp msh nunggu Millie gedean dikit hehehe

    ReplyDelete
  8. Iya...main di kidzania asyik banget ya? akpan-kapan aku dicolek dong Mama PasCal...kan pingin ajak Faiz juga, pasti enggak mau pulang

    ReplyDelete
  9. permainan yang wajib dimainkan anak2 ini, semoga saat anak saya nanti lahir, permainan ini masih ada, hehehe

    ReplyDelete
  10. seru banget keliatannya..apalagi ada pabrik pembuat makanan dan minuman juga ya..ditambah hadiahnya banyaak pula.. :,)

    ReplyDelete
  11. Aku penasaran banget pingin nyoba masuk ke sana.. Tapi harus nunggu Mibe gedean dulu yaaa.. Huaaaa.. masih lama dooong T_T

    Btw, itu hadiahnya Aa sama Ade banyak bangeeeeeet.. aku mau salonpasnya dooong #eh hahaha

    ReplyDelete
  12. Aneka profesi dijajal ya Aa dan Adek, mana nih yang paling seneng? Salam

    ReplyDelete
  13. Wah, asyik bener tuh Kidzania mbak. Aku aja pengen.... apalagi anak2 ya?
    Eh itu, 2 pilotnya ganteng2 banget ya? #wink
    Salam utk Pascal dan Alvin mbak

    ReplyDelete
  14. Waaah... Seru banget, Mbak. Anak2 diajarin "how to" di situ. Saya jadi pengen lihat2 juga rasanya :D

    ReplyDelete
  15. wuah seru juga ya area bermain dan belajar juga kerja kaya' gini. Enak pula bisa bawa banyak hadiah gitu ....

    ReplyDelete
  16. Waahhh, banyak ya jobsnya, berarti sehari bisa bebrapa kali resign kerja dong hehehe???

    Kayak om Budi ya,,, kerja di Media juga...

    ReplyDelete
  17. Lidyaaaa...senengnya lihat kegembiraan mereka saat bermain disana...
    Mudah-mudahan cita-cita mereka kelak, berawal dari permainan-permainan menarik yang mereka mainkan disini :)

    ReplyDelete
  18. Waaaa.... pingin jadi anak2 lagi n minta diajak mamak ke kidzania... masa kecilku ga ada yg beginian mbak

    ReplyDelete
  19. seru banget mba anak2 jadi bisa sambil belajar :D
    wah hadiahnya banyak

    ReplyDelete
  20. selalu seru klo main di kidzania :D

    ReplyDelete
  21. Wah seru banget yaaa... Kirana pasti senang banget kalau main ke situ.

    ReplyDelete
  22. wah... informasi yang menarik...
    pengen ngajakin dede airisha kesana....

    thanks yah bu....

    ReplyDelete
  23. duluuu waktu dija masih bayi, aku sudah pernah ajak kakaknya dija ke kidzania mbak... sekrang dija udah besar, pingin banget ajak dija kesana

    ReplyDelete
  24. Kidzania memang edukatif dan menyenangkan buat anak2. Hilman dan Fanni udah merengek minta ke sana lagi.

    ReplyDelete
  25. wihhh seru banget ya mbak...
    bisa bermain sambil belajar... learning by doing membuat anak2 lbih cepat nangkep Ilmunya..
    Mudah2an di Batam nanti ada... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak.. maaf ya lia juga baru ini singgah lagi...
      bloglist lia juga belum sempat2 diubah... jadinya kadang gak BW...
      makasih mbak :)

      Delete
  26. Kebayang Aa sama adek ga mau pulang dari sana Teh hihihihi

    ReplyDelete
  27. iih ada pabrik coklat, jadi pilot juga.. nanti klo gede mau jadi pilot yah Aa dan Ade?? :)

    ReplyDelete
  28. aiih... gemes lihat pose2 aa & Ade ini :)

    ReplyDelete
  29. mampir lagi mbak, suka baca postingan-postingan mbak Lidya, kayaknya mbak rajin update ya, tulisannya keren-keren, banyak ilmu juga disini.
    asyik nampaknya bermain di Kidzania

    ReplyDelete
  30. anak-anak pasti suka bermain y mbak, belajar sambil bermain

    ReplyDelete
  31. Hehe.. ntar anak sy bisa kaya gitu :)

    ReplyDelete
  32. bermain dan dapat hadiah pula ... asyikkkk ...

    ReplyDelete
  33. Waaah.... asyik ya... hadiahnya banyak banget. Jadi pengen ke sana.

    ReplyDelete
  34. Kalau masuk beneran tanpa undangan bayar brp ya mbak? Keren ya permainannya plus dpt hadiah. Jd anak bs belajar sesuai pekerjaannya. Ikut merasakan. Itu dalam waktu satu hari mbak? Banyak sekali, bisa nyobain macam2 permainan.

    ReplyDelete
  35. wow... membawa anak-anak ke Kidzania tentu menyenangkan dan seru sekali yaaa....

    ReplyDelete
  36. wah seru bgt ya, belum pernah nih nemenin anak2 ke Kidzania karena biaanya mereka barengan skulnya kekidzania..

    ReplyDelete
  37. Seru sekali sepertinya. kapan2 ajak anak kesana juga ah.

    ReplyDelete
  38. Pengeeen... saya sama sekali belum pernah kesana :(

    ReplyDelete
  39. asik amat ya bermain sambil belajar dan memahami. tar kalau anak udah gedean harus diajak ke kidzania nih

    ReplyDelete
  40. banyak sponsornya ya buk, seru kayaknya, perlu dicoba nih sama dedek Fira entar... :)

    mas pascal senengnya kerja dimana jadinya...xixixixi... *nek disitu cari kerjaan gampang ya :)

    ReplyDelete
  41. ini ulasan paling panjang kayaknya, Lid.. :)
    tp Kidzania memang menyenangkan

    ReplyDelete
  42. Wah seruuuu...

    Kalau gede, ntar mau jadi apa? Hehehe

    ReplyDelete
  43. huaaaa ini nih postingan yg bikin ngiri rn sy gak bs ikutan wkt itu :D

    ReplyDelete
  44. Lid keren informatif banget tulisannya.

    Enak banget ya bisa bermain full di Kidzania, waktu aku antar anakku ke sana waaah rame banget hingga hanya sedikit yg terambah, tapi untungnya menjadi pemadam kebakaran yg paling anakku mau akhirnya kesampaian meski menjadi team terakhir, karena sudah mendekati jam tutup.

    Nice story Lid :)

    ReplyDelete
  45. Keren infonya mak...kapan2 pengen kesna :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...