badge

Monday, November 11, 2013

Kembang Sepatu

Kembang Sepatu, dulu sering aku temui dirumah nenekku. Beliau menanam pohon tersebut sejak lama, bunganya berwarna merah. Aku ingat sekali sering memetik bunganya, sering juga melihat orang-orang menghisap bunga tersebut. Bunganya terdiri dari lima helai daun kelopak, kalau belum mekar bentuknya seperti terompet. Pohon ini biasa ditanam sebagai tanaman hias juga sebagai obat tradisional.

Minggu lalu, Aa diminta untuk membawa Kembang Sepatu ke sekolah untuk pelajaran SBK. Peranak dibagi dalam beberapa kelompok dan peranak diminta membawa bahan-bahan alami untuk membuat pewarna seperti kunyit, daun suji/daun pandan, bunga rosela. Aku agak kesulitan karena tidak mengenali pohonnya dengan jelas, kecuali bunganya sedang mekar.


Aku langsung chat dengan suamiku mengenai bunga yang harus di bawa oleh Aa, aku juga minta tolong beberpa teman untuk memberitahukan kalau ada yang mempunyai bunga tersebut. Aa sempat diam saja  dan agak sedih waktu aku bilang kalau tidak ada bunganya gak usah bawa. Ternyata dia kepikiran sekali takut nanti nilainya dikurangi katanya. Allhamdulillah temannya suamiku ada yang mempunyai kembang sepatu.

Di hari H aku menerima info dari teman-teman bahwa mereka mendapatkan bunganya dan akan dititipkan ke anaknya yang juga temannya Aa. Aku bilang ke Aa kalau nanti bunganya diterima saja dan bilang terima kasih, siapa tau nanti ada temannya ada yag tidak membawa bisa dikasihkan saja. Allhamdulillah berkat teman-teman aku bisa mendapatkan Kembang Sepatu, bahkan dari teman suamiku yang rumahnya jauh di Ciputat.

73 comments:

  1. dulu di taman depan rumahku banyak tanaman kembang sepatu...namun sekarang sudah tak ada lagi....konon kabarnya karena sudah tak menarik lagi, tapi di kabupaten2 sekitar makassar..masih banyak orang yang menanam kembang sepatu sebagai penghias halaman mereka :-)

    ReplyDelete
  2. Aha predikat baru nih kembang sepatu yang bunga nasional Malaysia jadi kembang persahabatan di kelg Jeng Lidya. Ayo Aa kita kenali bagian2 kembang sepatu.......

    ReplyDelete
  3. wah susah juga cari kembang sepatu ya di Jkt. di sekitar rumahku di kebayoran sih banyak deh

    ReplyDelete
  4. Untung dapat ya kembang sepatunya..

    ReplyDelete
  5. setiap ke UIN Suka Jogja, aku selalu melihat kembang sepatu bermekaran, cantik :)
    alhamdulillah dapet juga yaa tantee...

    ReplyDelete
  6. Tau begitu saya bawakan Mbak ?
    Di perumahan kami kebetulan ada banyak ...
    hehehe
    itu jauh bener dari Ciputat ...

    Salam saya mbak
    (saya masih inget nama latinnya kalau tidak salah ... Hibiscus rosasinensis)
    (salah ejaan mohon maap ...) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamua'alaikum pak ,saya perlu bunga kembang sepatu buat anakku pelajaran IPA ,bapak rumahnya dimana?

      Delete
  7. kembang sepatu emang udah banyak yang ga nanam ya? untuk banyak yang bawain kembang sepatu buat aa

    ReplyDelete
  8. dikota kembang spatu dah jarang ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. betul banget mbak, dulu dirumah nenekku juga banyak sekali kembang sepatu. ada yang warnanya pink dan ukuran bunganya besar . ada juga yang warna bunganya merah dan ukuran bunganya lebih kecil. dulu permainan masa kecilku bikin minyak dari daun kembang sepatu.. jadi pedagang minyak ceritanya.. wakakaka

    ReplyDelete
  10. udah jarang ya mba kembang sepatu, dulu sih banyak dirumah tetangga tapi sekarang udah jarang yang nanem

    ReplyDelete
  11. Disini juga susah mak aku kemaren pulang ke indo udah jarang padahal pengen buat di depan rumah :D

    ReplyDelete
  12. yaa.. waktu kecil juga seneng banget petik-petik bunga. Dulu rasanya banyak sekali jenis bunga bertebaran di rumah dan di rumah-rumah tetangga. Sekarang kok jarang ketemu bunga yah??? ato rumah saya aja kali yang gersang yah...
    Teknologi memudahkan yah... bahkan untuk mendapatkan kembang sepatu... heheheh...

    ReplyDelete
  13. ih, baru liat kembang sepatu yg warnah merah jambu, biasanya saya liatnya yg warna merah, oranye, sama putih aja :D

    ReplyDelete
  14. Sepatunya mana? Hehehe...apa kabar mbak??

    ReplyDelete
  15. jadi inget waktu smp dulu mbak, membuat pewarna alami dari kembang sepatu, yang digunakan untuk menggambar di kanvas

    guru seni dan guru ipa saya yang mengajarinya

    ReplyDelete
  16. Rupanya sudah agak jarang yang nanam kembang sepatu ya, Mbak. Keknya di sekitan rumah saya malah jarang banget yang bertanam-tanaman :(

    ReplyDelete
  17. Aku ya waktu baca judulnya kebayang makanan putih lembut pakai kuah jahe itu loh mba... trus aku pikir2 itu mah kembang TAHU yaaaaaa... >__<

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... pas lagi baca-baca komen, nemuin komen yang satu ini. kocak juga mbak bebe ini. ketauan banget penggemar kembang tahu. wah wah jd ngiler pengen makan nih. hayoo tanggung jawab.. salam kenal mbak

      Delete
  18. Kembang sepatunya cantik, Mbak Lid..:)

    ReplyDelete
  19. Bisa jadi pewarna merah ya? Ibuku punya :)

    ReplyDelete
  20. hm,melihat bunga kembang sepatu ini rasanya langsung ingat masa kecil. Dulu di halaman rumah nenek menanam bunga kembang sepatu banyak sekali. Kalau orang melayu menyebutnya bunga Raya. Daunnya bisa buat obat panas juga.
    wah. pasti Aa senang ya, bisa bawa bunganya ke sekolah.. apalagi kalo bisa bantu teman juga. selamat bereksplorasi dengan kembang sepatu ya, Aa.. :)

    ReplyDelete
  21. Gak mencoba ke Toko Bunga, Mba.
    Tapi syukurlah teman2 bisa membantu, ya.

    ReplyDelete
  22. kembang sepatu emang udah jarang banget yang nanem ya sekarang. Alhamdulillah akhirnya Aa bisa bawa kembang sepatu ke sekolah ya... ;))

    ReplyDelete
  23. Berkat jalainan hubungan yang baik ya, Mbak, akhirnya dapatlah kembang sepatu itu. Di rumah saya di Jombang, pagarnya malah kembang sepatu ini, Mbak. Indah jika mekar bersama.

    ReplyDelete
  24. kami menyebutnya bunga raya
    dulu banyak di sekitar rumahku
    sekarang susah nemuinnya
    dulu batangnya sering aku jadiin anggar/pedang untuk permainan

    ReplyDelete
  25. Di tempat saya, kembang sepatu sudah jarang ditemui mba...

    ReplyDelete
  26. Kangen lihat bunga sepatu di "alam nyata" mbak. jadi keinget masa kecil dulu. sekarang jarang-jarang bisa lihat, nggak pernah malah mbak

    ReplyDelete
  27. bagus ya warna nya juga mencolok, taman dirumah perlu variasi warna nih, kebanyakan kembang nya warna hijau. boleh nih kembang sepatu nya

    ReplyDelete
  28. Saya dulu pernah punya Mak, namun karena renovasi rumah jadinya pohonnya terpaksa di tebang oleh Bapak.

    Memang indah sekali Bunga Sepatu itu, khususnya bila pagi hari, saat masih seger segernya, amazing sekali.

    ReplyDelete
  29. jaman gw kecil pohon kembang sepatu gampang banget ditemuin.

    skrg udah susah banget yah.

    trend tanaman kaya fashion sih, gonta ganti sesuai jaman

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah mbak ya bisa selalu membantu anak mendapatkan bahan2 utk tugas2nya. Itu salah satu yang saya syukuri menjadi ibu rumahtangga. Utk urusan2 seperti itu, kita bisa berusaha, tidak merepotkan siapa2. Memang dapatnya jauh tapi kan usaha mbak juga :)

    Mudah2an Aa sukses ya

    ReplyDelete
  31. kalau malaysia bunga ini kayaknya jadi icon negara, disebut bunga raya, kalau ga salah bunga ini bisa untuk obat demam juga

    ReplyDelete
  32. Waktu jaman saya ekolah saya juga pernah menadapat tugas seperti ini Mba, untungnya pada masa itu masih mudah untuk menemukan kembang tersebut di halaman perkarangan teman saya. Dan dari kembang inilah saya mengetahui bagian dan fungsi dari pada bunga pada saat di bahas di hadapan kelas. he,, he,, he,,,


    Salam,

    ReplyDelete
  33. Salam, berkunjung disini,... :)

    Bunga Sepatu, spertinya saya sudah jarang sekali melihat bunga yg satu ini,..
    terasa bunga yg sudah langka yaa...

    ReplyDelete
  34. saya hobi foto2 bunga,
    tapi baru kali ini liay kembang sepatu warna pink..

    ReplyDelete
  35. Bunga sepatu identik dengan masa kecilku mb lid..dl di halaman rumahku ditanam bunga sepatu wrn merah..
    Sekarang di depan perumahan jg ditanam bunga sepatu merah...jadi inget masa kecilku ...

    ReplyDelete
  36. aku juga nanam kembang ini di halaman rumah ku mba heee heeee

    ReplyDelete
  37. alhamdulillah... berkat silaturahmi yang baik, masalah mencari kembang sepatu terpecahkan... oya, bunganya cantik :)

    ReplyDelete
  38. kembang sepatu kelihatannya sederhana, tapi kalau dilihat-lihat lagi ternyata indah juga ya..

    ReplyDelete
  39. Padahal kembang sepatu itu dulunya selalu ada dirumah-rumah orang Jawa ya

    ReplyDelete
  40. Iya dulu jamanku kecil kembang sepatu mah banyak yg tanam, tpi klo sekarang ya ampyuun udah jarang dan agak sulit juga mencarinya.

    Waaah untung Aa mamanya banyak temannya jdi dpt deh bunganya.

    ReplyDelete
  41. kembang sepatu itu bunga pujaan saya waktu SD. Gede sih, jadi suka dipake buat hiasan rambut, hehe

    ReplyDelete
  42. Di rumah nenek saya jg ada mb, biasanya ditanam sbg pagar :)

    ReplyDelete
  43. Di rumah nenek saya jg ada mb, biasanya ditanam sbg pagar :)

    ReplyDelete
  44. Di rumah nenek saya jg ada mb, biasanya ditanam sbg pagar :)

    ReplyDelete
  45. Waaa....kemaren aku foto-foto kembang sepatu Mba...waktu di Puncak. Rasanya memang di sini sekarang mulai berkurang ya...dulu waktu kecil, aku suka masak-masakan pake Kembang sepatu...terus putiknya buat hiasan hidung...hihiii seru banget

    ReplyDelete
  46. Oh ini sering saya petikkin di rumah tetangga saya hieheihe. Katanya kalau kelopak di tengahnya ditarik sampai putus keluar sari madunya

    ReplyDelete
  47. baru tau ini namanya bunga kempang sepatu toh ya mbak Lidya.. aku sering nyebutnya bunga pinokio, gegara dulu waktu kecil sama temen2 sepermainan sering mainin bunga ini. Caranya kelopak di buang semua, nanti sisa dibagian tengah bawah, dikupas ada kaya biji kacang gitu, ditaruh di hidung, jadi kayak hidung pinokio deh wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  48. hibiscus rosa sinensis salah satu bunga yang wajib dipelajari untuk contoh bunga sempurna

    ReplyDelete
  49. bunga kembang sepatu katanya bisa juga untuk obat..
    kemarin anak lia badannya panas.. dikasi getah/lendir dari bunga kembang sepatu yang di remas2.. untung tetangga sebelah rumah ada...

    Repot juga ya mbak.. kalo tiba2 diminta gitu oleh sekolah.. Untung akhirnya dapet... ^_^

    ReplyDelete
  50. Dan di rumah saya sudah ngak ada Kembang Sepatu mbak...biasa anak2 mbak yach..sering kali mereka merasa kepikiran kalau tidak sesuai harapan nilainya dikurangi hihihi

    ReplyDelete
  51. Wah, coba bilang, Mbak. Mamaku nanem kembang sepatu depan rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak della boleh saya minta atau beli bunga kembang sepatu nya buat anak saya bawa di pelajaran IPA hubungi saya di 082113160712

      Delete
    2. Mbak della aku mau beli bunga kembang sepatu nya ,buat pelajaran IPA anakku ,tolong hubungi saya di 082113160712.terima.kasih

      Delete
  52. Alhamdulillah banyak orang baik yang membantu ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  53. Semangat berbagi ya mbak. saling tolong menolong.

    ReplyDelete
  54. Ara kemaren itu suruh cari tanaman yang akarnya serabut dan akar tunggal, pusing juga saya mbak Lid.. hehehhe

    ReplyDelete
  55. Alhamdulillaaahh...akhirnya Aa dapet bunganya ya...

    ReplyDelete
  56. Kembang sepatu jenisnya ada beberapa sih. Yg pali kuinget, kembang sepatu gambar yg dibuat kakakku hhiihi

    ReplyDelete
  57. Wah untung di rumahku ada tanam kembang sepatu. Kalau misalnya Vay ada tugas sekolah, tinggal petik..

    Untung ya mbak akhirnya dapat juga..

    ReplyDelete
  58. ini kalo ga salah kalo di jilat pahit bangeets deh... ga secantik bunganya

    ReplyDelete
  59. temen2 mbak baik banget ya... samapi ada yg dari Ciputat :)
    dlu di rumah tetanggaku banyak menanam bunga sepatu ini
    tapi sayang skg udah ga ada lg

    ReplyDelete
  60. dulu jaman kecil aku juga sering lo mbak maen bunga sepatu.. karena ada banyak di deket rumah..
    sekarang kok jarang ya? baru ngeh setelah baca postingan ini, ternyata udah lama banget gak nemu bunga ini..

    ReplyDelete
  61. Berkah dari silaturahmi ya mbak jadi dapat banyak kemudahan alhamdulillah

    ReplyDelete
  62. kok, gak blg, Lid? Pdhl di komplek saya lumayan byk kembang sepatu :)

    ReplyDelete
  63. biasanya suruh nyari bunga ini pas ada tugas sekolah :D

    ReplyDelete
  64. Jadi ingat masa kecil dulu di kampung bunga ini bertebaran dimana-mana sekarang justru kayaknya langka.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...