badge

Friday, November 29, 2013

Rangkuman Pelajaran SD

Sejak Aa kelas 1 aku terbiasa membuat rangkuman pelajaran dari masing-masing mata pelajaran yang ada tujuannya adalah supaya mempermudah aku juga Aa dalam belajar sehari-hari. Daripada harus membolak balik halaman per halaman pada buku pelajaran lebih baik aku catat saja kadang aku tulis di kertas, kadang di buku tulis. Tapi sejak kelas 1 semester 2 semuanya aku tulis pada sebuah file yang dibinder supaya tidak hilang seperti sebelumnya. Biasanya Aa aku minta membaca rangkuman yang sudah aku catat lalu aku tanya-tanya seputar materi kadang dia mengisi soal-soal yang ada.

Aku paling malas sekali kalau harus menulis di kertas maupun buku, awal-awalnya saja rapih tapi lama-lama jadi kaya ceker ayam deh tulisannya. Kadang Aa protes tulisannya tidak terbaca hehehe. Akhirnya aku membuat sebuah blog yang berisi rangkuman pelajaran saja deh supaya Aa mudah membacanya. Bisa dibaca dimanapun dari hp, tab sambil bermain. Wah ternyata Aa senang sekali, makin semangat belajarnya. Apalagi minggu-minggu ini sudah mulai memasuki pekasn UAS disekolahnya.


Aku cicil nih sudah beberapa hari ini aku menuliskan kembali apa yang sudah aku rangkum di buku ke blog yang sudah aku buat. Hitung-hitung nantinya untuk ujian kelas 6 nanti masih bisa dibaca-baca lagi rangkumannya. Oh ya PR aku untuk Aa adalah mengajarkan dia agar bisa merangkum sendiri tiap pelajarannya, jadi bisa lebih mandiri kedepannya. Kalau saat kelas 1 dan 2 memang masih aku yang membuat rangkuman. Saat ini Aa sudah mulai bertanya-tanya apa saja yang harus dirangkum.

Semoga apa yang aku rangkum dari buku pelajaran ini bisa berguna buat Aa, ade juga nantinya. Silakan kalau ada yang mau melihat-lihat tapi mohon maaf jika masih belum sempurna karena sedang mengejar UASnya Aa dulu. Kedepannya akan ada soal-soal latihan yang akan aku tulis juga di blog tersebut.



masih seadaanya belum di edit-edit

40 comments:

  1. Wah, emak yang satu ini keren bgt yah :D

    Eh, yg nulis-nulis itu pertama nya rapi trus ujung-ujungnya kyk ceker ayam, saya bgt kita mak hehehe...

    ReplyDelete
  2. Guru terbaik bagi anak-anak adalah keluarga dan mama Cal-Vin membuktikannya. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat dgn komentarnya mbak Prih nih :)

      Delete
  3. Guru terbaik bagi siswa adalah keluarga dan mama Cal-Vin membuktikannya. Salam

    ReplyDelete
  4. Waaaaaaaaaa keren banget idenya mba Lidya. Bermanfaat buat sendiri, bermanfaat bwt org lain, dan ga berantakan. Boleh tu bwt aira nanti kalo sudah sd

    ReplyDelete
  5. udah mau uas ya...biasanya emaknya ikutan rempong nih

    ReplyDelete
  6. Aa beruntung punya ibu yang perhatian yah?

    ReplyDelete
  7. rangkuman pelajaran memang sangat penting untuk di buat. Pasalnya, akan memudahkan kita untuk mereview lagi untuk belajar :)

    ReplyDelete
  8. btw, apa kbr mbak ? maaf baru bisa berkunjung nih krn baru balik dr mudik :)

    ReplyDelete
  9. ide untuk merangkum pelajaran SD dalam satu blog..luarbiasa...sangat bermanfaat bagi siapa saja :-)

    ReplyDelete
  10. waaahhh.. keren mbak. pasti bermanfaat sekali blognya. Untuk aa dan untuk orang lain yang membutuhkannya kan yak :D

    ReplyDelete
  11. waaahh.. bagus banget mbak. Pasti bermanfaat sekali baik untuk Aa-nya maupun untuk orang lain yang memerlukannya yak.

    Tapi yang perlu diingat jangan sampai keluar dari batasan copyright nya penerbit ya mbak :)

    ReplyDelete
  12. ide bagus! kalau aku sukanya diketik terus di print. jadi sambil ngetik kan mau gak mau baca, pas udah di print dibaca lagi, hihihi :) good luck buat ujiannya :)

    ReplyDelete
  13. Bagus mba tipsnya. Jadi nanti anak-anak bisa baca-baca lagi ya...

    ReplyDelete
  14. samaaa... udh males kalo nulis banyak2

    ReplyDelete
  15. duuuh..ini bunda yang hebat banget. Keren deh MbakLidya. Bunda yang penuh perhatian dan tak segan mengeluarkan upaya demi kemajuan putra-putranya. ...Kapan ya aku bisa menangani pelajaran anakku dengan sedikit saja lebih baik..*sambil mengkhayal*

    ReplyDelete
  16. Kalo sudah dirangkum di mari, alhamdulillaah...., tentu menjadi lebih buuuanyak bermanfaat ya, Mbak....

    ReplyDelete
  17. Hebat deh, Mbak. Jadi ibu emang harus kreatif ya :)
    Btw Si Aa udah mulai tanya-tanya, kayaknya kelas 3 nanti dia mau bikin ringkasan sendiri, ya? Ikutan bangga deh bacanya :)

    ReplyDelete
  18. yamppoonn rajin banget sih kamu, lidya.

    Bisa sekalian bikinin utk anak SMP gak?

    *kurang ajar, minta ditoyor* hahaha

    ReplyDelete
  19. Waah menginspirasi banget niy mba Lid, meskipun Kanaya masih lama sekolah SD nya, tapi nanti bisa niru cara ini juga... :)

    ReplyDelete
  20. Salut mbak.. bisa merangkumnya..
    dan tentunya ini juga berguna dengan yg lain.. :)
    btw... backgroundnya sama dengan blog adik lia : assakinah-batam@blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Mbak.. maaf ya aq baru bisa mampir lagi... :)

    ReplyDelete
  22. emak satu ini, rajin banget deh... :D

    ReplyDelete
  23. Selamat siang/sore/malam/pagi, salam perkenalan. Silahkan berkunjung balik ke web kami , kami tawarkan vcd interaktif untuk anak-anak, beli 4 gratis 1. Sangat bagus untuk mendidik dan membagun karakter anak sejak kecil, mungkin anda mempunyai adik / keponakan yang masih kecil, semoga bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Selamat siang/sore/malam/pagi, salam perkenalan. Silahkan berkunjung balik ke web kami , kami tawarkan vcd interaktif untuk anak-anak, jika membeli 4 gratis 1, mungkin ibu mempunyai anak/adik/keponakan yang masih kecil, Ini sangat bagus untuk mendidik dan membagun karakter anak sejak dini,kami juga mempunyai cd interaktif untuk SD,jika berminat ibu bisa hub admin kami di web, semoga bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete
  25. waaaah... ibu teladaan iniiih.... kalau sayah trik-nya mengumpulkan kertas ulangan / soal ulangan. Kalau mau UAS tinggal dibaca ulang. xixixi

    ReplyDelete
  26. saya juga kalau nulis di kertas susah rapihnya :D

    ReplyDelete
  27. waaah, keren, mba. sampe dibikinin blog hehe

    ReplyDelete
  28. Kalau di buatkan blog sebagai rangkuman pelajaran, akan mebuat anak menjadi terangsang untuk belajar membaca ya Mba, memang benar juga sih, hal ini agar merangsang anak untuk belajr di mana saja dia berada, dan juga dibutuhkan ketrampilan serta perhatian ekstra dari orang tua yang dapat merangsang keinginan anak untuk mau belajar.

    Salam,

    ReplyDelete
  29. Keren mak. Dulu aku juga bikin tapi anak2 aku suruh ngisi sendiri sekalian belajar. Baru 5 postingan mandeg terus didelete krn anak2 males & aku gak sempat. Bisa jadi refernsi anak2 lain tu mak. Semangat!

    ReplyDelete
  30. Idenya keren, Lidya...saya malah nggak kepikiran lo punya ide seperti ini.
    Smoga Aa makin pinter ya!

    ReplyDelete
  31. hahaha itu ibunya pernah kuliah kedokteran
    sayang ga lulus di mata kuliah nyuntik, lulusnya di pelajaran nulis doang...

    ibu yang rajin
    sayangnya sekarang sekolahan rada katrok. tiap tahun ganti buku. anak ga bisa lagi pake warisan kakaknya. padahal kan lumayan tuh kalo anaknya 6. sekali bikin rangkuman bisa kepake 6 kali, hehe...

    ReplyDelete
  32. Mbak Lidya kereeeenn, super kreatif, telaten. salut deh saya, semoga saya juga bisa seperti itu utk anak2 kelaks, hehehehh

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...