badge

Friday, January 17, 2014

Cara Membuat Prakarya Bentuk Hewan

Di sekolahnya Aa ada pelajaran SBK yang sudah 2 minggu ini setiap hari Jum'at murid-murid diminta membuat prakarya dengan bentuk hewan. Minggu pertama membuat hewan dari botol dan minggu kedua membuat topeng bentuk hewan. Hewan yag dibuat sesuai keinginan masing-masing. Untuk botol Aa membuat di sekolah, sedangkan topeng tugasnya dibuat dirumah.

Ikan dari Botol

 Bahan yang digunakan :

  • botol kecil (aa menggunakan botol kopi cair)
  • Cat asturo
  • Kertas buffalo
  • kuas kecil
  • Lem Uhu
  • Mata boneka (optional)
Cara membuat :
  • Botol di cat terlebih dahulu menggunakan cat asturo, warna sesuai selera
  • Tunggu hingga kering
  • Bentuk Sirip menggunakan kertas buffalo atau apapun sesuai bentuk binatang yang diinginkan
  • Lem bentuk yang sudah digunting menggunakan lem uhu
  • Tempelkan mata boneka, mata bisa diganti dengan cat astura

Topeng Gajang

Bahan yang digunakan :
  • Piring kertas ukuran besar
  • Kertas asturo (warna sesuai kebutuhan)
  • Kertas origami
  • Spidol
  • Lem uhu
  • Gunting
  • Pembolong kertas
  • Karet atau tali
Cara membuat :
  • Bentuk Belalai, mata, telinga, alis, jambul. Pola aku ambil dari sini dan sini
  • Gunting masing-masing pola, boleh juga pola dibuat di kertas origami supaya berwarna
  • Piring kertas bisa diberi warna menggunakan cat asturo atau ditempel dengan kertas origami (Aa piring kertasnya asli tanpa diwarnai)
  • Lem masing-masing pola pada piring kertas
  • Bolongi untuk mata 
  • Bolongi juga kedua sisi untuk menaruk karet atau tali

34 comments:

  1. wah lucu bgt gajahnya he he he he kreatif deh

    ReplyDelete
  2. Lucuu hasilnya. Mengajarkan kreativitas banget deh Mba pelajarannya..

    ReplyDelete
  3. kreatif ya, kalo di sekolah anak saya, SBK nya menggambar melulu hehe

    ReplyDelete
  4. lucu sekali, anak-anak pasti suka...

    ReplyDelete
  5. hiyyyyaa,,lucu banget,inget waktu ngajar di PG dulu mbk...selalu buat prakarya seminggu sekai,salah satunya itu yg bentuk gajah hehe

    ReplyDelete
  6. krteatif unik dan lucu dan gampang dicobakan

    ReplyDelete
  7. Wah, bikinan Aa keren banget, Om nyerah deh, minta dibikinin Aa ajah, Ya kan, Calvin?

    ReplyDelete
  8. Kreatif ya, manfaatin botol bkas. Tp cat asturo itu kek gmn ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Wah indah dan sangat wah
    bentuk rakitan barang bekasnya

    ReplyDelete
  10. mba, kreatif banget bagus nih buat ngajarin anak2, hasilnya jadi lucu lagi :D

    ReplyDelete
  11. Wah bagus yaa.. yg dr botol itu lucu ya kl digantung

    ReplyDelete
  12. wahh kreativitas banget lucu dan unik..
    hehehehe...

    ReplyDelete
  13. jadi emak kudu kreatif ya tante. hohoho
    aku kemaren abis dari cikampek loh tante.. tiap bulan kayaknya bakal rutin ke cikampek.

    ReplyDelete
  14. Wah, keren skali itu kak.. Kreatif sekali, sekolah nya jg keren nih.. Memicu kreativitas anak dgn kegiatan yg bermanfaat, murah dan keren pastinya :)

    ReplyDelete
  15. wah kere...en dewh..
    ijin aku contek caranya ya mba, untuk aktivitas ikhsan di rumah

    ReplyDelete
  16. waaa, jadi kangen masa taman kanak-kanak~~~ *udah berapa tahun ya?*
    dulu saya juga pernah bikin mainan kendaraan dari botol air mineral, seru banget bikinnya~ :D

    ReplyDelete
  17. Suka banget sama yang gajah mbak, kreatif banget itu yang buat

    hampir mirip dengan aslinya :D

    ReplyDelete
  18. asiik dapat ide buat prakarya rico ntaar hahhaha nyontek boleh eaaaa

    ReplyDelete
  19. itu bentuknya yang paling atas malah kaya makhluk alien ya, hehehe

    ReplyDelete
  20. Wkwkwk, keren juga tuh, kapan2 gue bikin tutor soal kerajinan tangan juga ah.

    ReplyDelete
  21. Kreatif sekali a' .. sekarang udah jarang maenan handmade ,, inspiratif nih,,

    ReplyDelete
  22. jarang loh punya ide semenarik dan unik kayak gitu... inspirasi yang sangat berguna...

    ReplyDelete
  23. kreatif banget itu yang buat hampir mirip dengan aslinya :D

    ReplyDelete
  24. wah bisa untuk umar dn azkiya nih...

    ReplyDelete
  25. Mencoba komen lagi ah, smoga kali ini berhasil....*komatkamit
    Mba Lidya, aku bookmark ya pagenya untuk bahan inspirasi nanti klo mau mulai ngajarin arsy artwork.
    Hmmm jadi kangen disibukin sama kegiatan bginian, wktu msh kuliah pgtk, ini makanan seharihari :)

    ReplyDelete
  26. Kabar bagus nih bagi yang sedang mencari piring kertas ataupun penggantinya. Sekarang ada produk Greenpack yang menghadirkan tray makanan yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang, serta dapat dicetak dengan Gratis!

    ReplyDelete
  27. Wah kreatif banget nih. Bissa ntar dicoba buat maenan ponaanq. Thank ya mba

    Salam kenal dari cak mojib.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...