badge

Wednesday, January 15, 2014

Surat Untuk Anak

Sabtu lalu aku mengikuti seminar "Mengantar Anak Tangguh di Era Gadget" di sekolahnya Aa. Acara tersebut kerjasama POMG sekolah SDIT Thariq Bin Ziyad PHP dan Yayasan Kita & Buah Hati dengan menampilkan pembicara Ibu Diah Hadiyani, Psi.

Untuk isi materinya aku share nanti ya di postingan berbeda. Seperti biasa acara seminar di buka dengan pembacaan surat Al Mulk oleh salah satu murid kelas 6 beserta artinya, yang dilanjut dengan sambutan-sambutan. Acara inti dimulai oleh Ibu Diah serta diadakan tanya jawab setelah sesi seminar selesai. Banyak ilmu yang aku dapat disana, apalagi sebagai orang tua di tuntut untuk belajar tiap saat karena menjadi orang tua itu tidak ada sekolahnya.

Yang menarik ada di akhir acara , kami peserta seminar diminta menuliskan sebuah surat di secarik kertas atau boleh juga di note ponsel. Aku pun ikut menuliskan surat untuk Aa dan Ade. Baru saja aku menulis 3 kata langsung diperdengarkan musik dari Kitaro. Aduh kok ak langsung merasakan sesuatu di hati, seperti perasaan sedih yang luar biasa. Aku langsung tarik nafas, khawatir air mataku keluar. Aku coba lagi menuliskan surat itu, tiba-tiba saja air mataku mengalir sambil diikuti isak tangis. Haduh malu aku kalau ketauan menangis. Padahal surat yang aku tulis itu hanya berisi doa saja. Sewaktu aku lihat sekeliling kok semua peserta yang menuliskan surat juga menitikkan air mata.

Semoga saja doa-doa kami para orang tua bisa menjadikan anak-anak kami menjadi anak yang sholeh dan solehah. Dan kami bisa terus menjadi orang tua yang sabar dan lebih baik lagi agar bisa mendidik anak-anak dengan baik ke depannya.

63 comments:

  1. memang musik itu kadang mempengaruhi suasana ya Mbak..
    aku belum pernah ikut seminar seperti ini, tapi kemarin dapat makalah dari teman tentang materi tsb. Aduh.. jadi merasa banyak banget yang belum dikerjakan untuk anak.

    ReplyDelete
  2. pasti terharu ya mbk,,,,saya aja kadang kalo acara perpishan sama murid2 yg disetel lagu ktaro,langsung nyesek dan mewek aplge nulis surat bt anak sendiri ^^

    ReplyDelete
  3. aamiin..semoga doa dan harapan agar anak-anak menjadi soleh dan solehah diijabah Allah SWT..insya Allah :-)

    ReplyDelete
  4. Amin, mdh2an kita bisa mendidik anak2 dengan baik ya.

    ReplyDelete
  5. gimana ya rasanya nulis surat untuk anak sendiri, kalau sampe kejadian pasti saya udah nangis duluan dipojokan.....
    semoga Aa dan Ade jadi anak soleh, anak kebanggaan semua orang,... berguna bagi keluarga, bangsa terutama agama. amiin

    ReplyDelete
  6. Mak, saya kalo menghadiri acara2 seperti ini selalu mewek, gak tau deh, pokoknya selalu haru, bangga jadi satu bila berkaitan melihat anak - anak kita, harapan kita, impian kita dan doa - doa kita kepadanya...gak bisa di ungkapkan dengan kata2 saking banyaknya..

    ReplyDelete
  7. Amiiiin. Semoga doa-doanya diijabah Allah SWT Mba Lid. Kebayang itu harunya waktu nulis suratnya Mba..

    ReplyDelete
  8. Surat dari ibu untuk anak-anaknya pasti indah dan menyentuh ya mba :-)

    ReplyDelete
  9. sebuah acara yang bagus ya, karena ibu merupakan jalan bagi seorang anak berkembang. Iyaaah...nulis surat buat anak tanpa lagu Kitaro aja mewek, apalagi ada musyik nan mengharu ituuu

    ReplyDelete
  10. Aamiin yaa Rabbal 'alamin.
    Ahh jadi pengen nulis surat juga buat anak-anak :)
    Salam kenal ya mbak^^

    ReplyDelete
  11. wahh bagus itu program sekolahnya mba, hehe, biasanya emang begitu, anak nulis untuk orang tua jadi nangis, orang tua untuk anak juga jadi menangis :D

    maaf ya mba baru bisa berkunjung, padahal mba berkunjung berkali2 ke blog chika :D

    ReplyDelete
  12. Aamiin, kita sebagai orangtua tentu mengiginkan jadi orangtua yang terbaik bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  13. Kitaro itu emang suka bikin gimanaaa gitu ya Teh..
    meng-Amin-kan doa Teh Lidya untuk Aa dan Ade :)

    ReplyDelete
  14. huaaa saya ngebayanginny aja lgsg berkaca2..

    ReplyDelete
  15. lagu2 kitaro emang menyentuh semua mbak. terutama yang "silk road". Mungkin para orangtua disana juga menuliskan doa :)

    ReplyDelete
  16. Antusias para wali murid pasti tinggi sekali ya, Mba.

    BTW, surat yg sudah ditulis lgsg dsrahkan anak, ya?

    ReplyDelete
  17. musik kitaro....memang pas untuk menggugah rasa...
    "Fragrance Of Nature"
    "Silk Road "
    "Caravansary"...beberapa judul yang tahu...selebihnya banyak lagi...bisa membuat imajinasi melayang ke alam antah berantah atau teringat masa lalu atau membuat bersemangat...dll

    ReplyDelete
  18. asalamualaikum
    salut mba walau punya anak kecil masih sempat waktunya ikut seminar

    ReplyDelete
  19. orangtua memang selalu penuh haru dan harap sama anak.. tapi anak mungkin ga selalu *jadi kangen ortu*

    ReplyDelete
  20. aamiin... duh,saya juga pasti menitikan airmata kalo nulis surat untuk ana..
    oya,menjawab pertanyaan mama cal-vin di postingan saya,mayam itu nama berat emas yang dipakai oleh kebanyakan orang di sumatera. 1 mayam = 3 gram. oya,jika sudah menggunakan nama mayam,maka emas tersebut berkadar 99.999% murni atau 24 karat.. :)

    ReplyDelete
  21. Terbawa suasana dan musiknya ya mbak? :|

    ReplyDelete
  22. jadi sadar saya blm ngelakuin sesuatu yg berguna buat orang tua

    ReplyDelete
  23. Pasti karena doanya berasal dr lubuk hati yg paling dalaam.. jadi ditambah musik yang menyentuh.. lgs mencair deeh :')

    ReplyDelete
  24. Nulis sesuatu buat anak itu pasti bikin nangis ..

    ReplyDelete
  25. aamiin... saya juga paling ga bisa tahan airmata klo menyangkut anak dan orangtua. ;(

    ReplyDelete
  26. Musik Kitaro itu sempurna untuk membuat orang mellow. Apa lagi saat hendak mencurahkan perasaan terhadap anak..Duh tumpah semua deh segala kasih yang tersimpan di hati :)

    ReplyDelete
  27. Pasti Mbak ...
    Sesuatu yang dilakukan dengan hati ...
    apa lagi yang menyangkut doa dan harapan untuk anak-anak kita ...
    Pada umumnya akan menyentuh hati kita ...

    Salam saya Mbak

    (dan ini juga kekuatan Musik dalam mewarnai hidup manusia)

    ReplyDelete
  28. Membaca tulisan ini saja cukup buat saya terharu, saya jadi ingin menulis surat buat putri saya tercinta. Semoga doa yg ditulismu buat Aa dan Ade terkabul, amin.

    ReplyDelete
  29. Membaca tulisan ini saja cukup buat saya terharu, saya jadi ingin menulis surat buat putri saya tercinta. Semoga doa yg ditulismu buat Aa dan Ade terkabul, amin.

    ReplyDelete
  30. Membaca tulisan ini saja cukup membuat saya terharu, seorang ibu yang menulis surat buat anaknya yang isinya doa. Saya jadi ingin menulis surat juga buat puteri tercintaku. Semoga surat yg berisi doa buat Aa dan Ade di ijabah, amin.

    ReplyDelete
  31. orang tua itu kalau berdoa pasti selalu yang terbaik untuk anak-anaknya.. Insya allah doanya di ijabah yah mbak

    ReplyDelete
  32. musiknya kitaro emang sangat menyentuh hati. gua suka tuh ama musik2 nya kitaro...

    ReplyDelete
  33. semoga aa dan dedek jadi anak yang sholeh, cerdas dan berwibawa. wah seru nih sepertinya materinya... ditunggu Ma..

    ReplyDelete
  34. aamiin.. semoga keturunan aku nantinya juga shaleh shalehah.. :)

    ReplyDelete
  35. wah mak.. kalo saya kayanya udah nangis gerung-gerung dan lupa deh nulis suratnya :)

    ReplyDelete
  36. amiiiin mak..semoga doa kita akan selalu didengar oleh yang kuasa....benar-benar acara yang baguuuus...rutin diadakan mak?

    ReplyDelete
  37. Doa nya sungguh2 makanya sampe terharu pas ada musiknya. Semoga doa nya diamini Yang Di Atas.

    ReplyDelete
  38. Sedari dulu saya suka dengan musik Kitaro..biasanyanya saya dengarkan sambil tidur dengan aroma dupa wangi..."Silk Road' Amin...semoga doanya terkabul mbak yach

    ReplyDelete
  39. turut meng-amin-i mbak......saya juga suka terharu kalau dengar musiknya Kitaro, sangat menyentuh hati......anak memang amanah, semoga kita termasuk orang tua yang bisa menjaga amanah itu dengan baik ya mbak...

    Terima kasih sudah setia berkomentar di blog saya, peluk cium dari jauh hehehe....

    ReplyDelete
  40. Kayak waktu nulis Dear Daughter itu, aku juga nangis :)

    Lagi jalan-jalan di blog Mak Lidya untuk Srikandi Blogger 2014. Good luck ya :)

    ReplyDelete
  41. Emang gitu kalo nulis surat buat anak, Mbak. Pasti mbrebes mili :)
    Aamiin untuk doa-doanya :)

    ReplyDelete
  42. Punya anak memang memiliki kesenangan tersendiri. Sebagai orang tua tentu berusaha untuk selalu siap sedia apa pun yang diperlukan anak anaknya. Salammmmmmmm

    ReplyDelete
  43. aku belum punya anak, jadi belum tau gimana rasanya :D

    ReplyDelete
  44. Aamiin, semoga bukan hanya sebagai orangtua tetapi juga bisa menjadi teman buat mereka.

    ReplyDelete
  45. Aku kalau dalam situasi spt itu pasti juga nangis. Aku gampang banget nangis soalnya mbak... hehehe

    ReplyDelete
  46. Semoga doa para orang tua terkabul ya mbak. Anak anak bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah, berguna bagi nusa, bangsa, agama dan orang tua.

    ReplyDelete
  47. jadi terharu ya Mba saat menuliskan doa2 itu? Jadi turut merasakan suasana hati para orang tua saat itu deh. Panitia pinter banget mengemas acaranya ya, Mbaa?

    ReplyDelete
  48. bisa ngebayangin suasana hati para ibu yang sedang menulis surat untuk anak dengan sepenuh hati
    acaranya bagus banget itu Lid

    ReplyDelete
  49. Saya belum pernah nulis surat utk ibu...juga untuk anak.
    Speechless klo nulis surat ke Ibu atau anak...#emosi teraduk

    ReplyDelete
  50. amiin semoga menjadi anak soleh dan soleha

    ReplyDelete
  51. aku aja bacanya terharu mba, mgkn nanti kalo aku dah punya anak juga nangis hehehe
    emg lagunya Kitaro syahdu2 sedih gt

    ReplyDelete
  52. Bagus tuh acaranya. Walau kaum ibu suka membentak anaknya tetap saja nurani dan hatinya sangat mencintai anak-anaknya.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  53. Ikut mengamini....

    musik itu larinya ke alam bawah sadar, jadi ya gitu deh

    ReplyDelete
  54. Jadi ikut terharu ngebayangin suasanya :)

    ReplyDelete
  55. Amiiiin,,,,,,, semoga doa dan harapan selalu di berikan yangterbaik bagi anak-anak ya Mba.

    Salam,

    ReplyDelete
  56. semoga doanya dikabulkan, mba lidya :')

    ReplyDelete
  57. musik bisa menjadi sebuah tensi dan emosinal untuk manusia, ya ira2 gitu deh..

    ReplyDelete
  58. semoga terkabul ya mbak doanya :)

    ReplyDelete
  59. Aamiin. Apapapun ttg anak, memang selalu membuat haru ibu2 ya...

    ReplyDelete
  60. amien. semoga kita menjadi orang tua yang paling baik untuk anak kita

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...