badge

Tuesday, February 11, 2014

Perlukah Membeli Mesin Cuci Baru?

Mencuci menggunakan mesin cuci bagi sebagian orang merupakan hal yang biasa. Pekerjaan mencuci bisa lebih ringan dengan adanya mesin cuci ini. Begitu pula dengan aku yang terbiasa mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri tanpa bantuan. Ada pro kontra dalam penggunaan mesin cuci ini, ada yang bilang pakaian akan cepat rusak lah, atau kurang bersih lah. Itu sih hak masing-masing daam mengungkapkan pendapatnya, aku menghargai pendapat mereka.

Buatku menggunakan mesin cuci sangat membantu sekali. Untuk pakaian yang putih biasanya aku cuci menggunakan tangan baru aku bilas dan keirngkan dengan menggunakan mesin cuci. Pisahkan pakaian berwarna gelap dan terang jangan satukan pakaian tersebut menggunakan mesin cuci. Memang sih pekerjaan ini jadi dua kali karena memisahkan pakaian berwarna gelap dan berwarna terang, tapi aku mengakalinya dengan mencuci 2 hari sekali supaya bisa sekaligus melakukan pekerjaan tersebut.
credit



Mesin cuci yang aku pergunakan saat ini adalah mesin cuci dua tabung umurnya hampir 11 tahun, pernah melakukan service juga. Dan pada saat mencuci tidak bisa berhenti otomatis, jadi aku harus menghentikan manual, begitu pula saat mengeluarkan airnya aku harus tahan manual supaya air bisa keluar melalui selang pembuangan. Ini yag membuat pekerjaan mencuci bisa lebih lama dan harus bolak balik saat pengerjaannya.

Aku yang terbiasa melakukan pekerjaan multitasking agak kerepotan kalau harus menunggui mesin cuci, apalagi anakku yang kedua suka protes "Mama kenapa sih kalau mencuci bolak-balik, aku jadi gak ada temannya nih buat main" Saat itulah ada keinginanku untuk membeli mesin cuci baru yang otomatis kering sehingga aku bisa langsung menjemur dan otomatis aku mempunyai waktu lebih lama bersama anak karena tidak harus bolak balik ke mesin cuci.

Aku bicarakan hal ini kepada suami, kami hitung untung ruginya dari berbagai aspek jika harus membeli mesin cuci baru. Seorang teman menyarankan aku untuk mengirmkan saja pakaian-pakaian tersebut ke laundry kiloan karena akan menghemat waktu dan tenaga katanya apalagi sekaligus di setrika. Tapi aku lebih suka pakaian semuanya diurus dirumah, karena aku bisa memilah pakaian mana yang membutuhkan perawatan extra. 

Kalau dihitung-hitung daripada aku kirim pakaian ke laundry lebih baik aku membeli mesin cuci baru saja. Kecuali bagi ibu pekerja mungkin mengirim pakaian ke laundry salah satu cara yang terbaik. 

Sebelum aku putuskan membeli mesin cuci baru, aku lihat sebuah kuis menarik yang berjudul "Saya Ingin Beli Mesin Cuci"  yang cocok sekali dengan permasalahaku di http://www.liveolive.com.

Dari sana aku mendapatkan pencerahan sehingga aku bisa mengambil keputusan terbaik. Saat ini aku bisa merasakan keuntungannya dari hasil keputusan yang sudah aku ambil, bukan hanya untukku tapi juga untuk anak-anak dan keluargaku. 

54 comments:

  1. Semoga sukses mba dengan kuisnya, insya Allah. :)

    ReplyDelete
  2. Jadi keputusannnya beli mesin cuci baru/tidak? kalau lihat permasalahannya kayaknya perlu beli mesin cuci baru tu...hehe..

    ReplyDelete
  3. semoga mesin cuci barunya nanti awet deh

    ReplyDelete
  4. Untuk sementara mesin cuci di rumah masih bisa dipakai jadi saya blm waktunya membeli yang baru mbak :) salam mbak

    ReplyDelete
  5. mama saya di rumah ga pernah pakai mesin cuci.
    beliau lebih suka nyuci pakai tangan, katanya lebih bersih... :)

    ReplyDelete
  6. Saya bru bbrp bln bli mesin cuci mbk.hbs itu dtggl pergi ke siak.nganggur deh smuanya.. :(

    ReplyDelete
  7. saya juga masih pake mesin cuci 2 tabung, tapi udah otomatis berenti sendiri.. pengen banget yg bs langsung kering kek mesin cuci di gambar itu krn pasti praktis banget,, tp tertumbuk pada budget hehhehe
    tp alhamdulillah mesin cuci 2 tabungku itu bantu banget... meskipun sdikit agak repot :D

    ReplyDelete
  8. Aku juga sangat butuh mesin cuci Mak.
    Pekerjaanku sangat terbantu dg adanya mesin cuci di rumahku.
    Mesin cuciku juga sudah 'berumur' aku membelinya th 2002 yang lalu hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya rasa perlu mbak beli mesin cuci baru. Pekerjaan lebih ringan dan mempunyai lebih banyak waktu bareng Aa dan adik.

    ReplyDelete
  10. mesin cuci saya baru di service setelah lima tahun menemani, luamayan awet...heheh

    ReplyDelete
  11. iya nih The, aku jg pgn ganti ke mesin cuci lgsg kering itu, tapi yg sekarang msh baik2 aja sih *halah* hihihihi

    ReplyDelete
  12. di rumahku udah ada merknya electrolux bukaan depan juga :D

    ReplyDelete
  13. Wah awet ya mesin cucinya. Aku tiap th ganti, sering rusak

    ReplyDelete
  14. Cerita soal mesin cuci, kemaren di kosan ada 1 mesin cuci, tapi nggak ada yg mau pakee, jadinya minta dikeluarin aja deh ke Ibu Kosnya.
    Pada takut baju rusak mak...
    Tapi ntar, Insya Allah kalau aku udah berkeluarga, juga pengen pake mesin cuci. hehe

    ReplyDelete
  15. Mesin cuci di rumah cuman dipake buat nyuco baju Aaqil mba. Huehehe. Ga ada yang nungguin jemuran soalnya. :P

    ReplyDelete
  16. waktu di Papua saya pakai mesin cuci, jadi saya bisa nyuci sambil masak dan nyapu lantai mbak. Begitu pindah ke Denpasar, mesin cuci saya tinggal di Blitar, sekarang jadinya nyuci manual alias pakai tangan, resikonya kalau pas hujan cucian gak kering dan bau. Tapi kalau dibawa ke laundry kiloan saya suka gak puas, mereka kurang memperhatikan cara mencucinya, alhasil pakaian kembali dengan noda luntur dan sebagainya....keputusan saya, masih nyaman nyuci dengan tangan sambil olahraga tangan hehehe....

    ReplyDelete
  17. saya juga lagi nyari2 mesin cuci nih Mbak *maklum IRT baru* xixiix.

    kemarin lihat2 di Hype*, banyak pilihan, tapi saya siih udah terbiasa dgn yg dua tabung yg keluaran lama gitu tapi kemarin si suami pengennya yg langsung kering macam di laundry ajah, xixiixx

    ReplyDelete
  18. mesin cuci sangat dibutuhkan , mbak.
    mempermudah pekerjaan dan bisa disambi masak atau nyapu
    ^^

    ReplyDelete
  19. Semoga mesin cucinya bisa tahan lama, lebih dari 11 tahun -_-

    ReplyDelete
  20. klo emang diperluin, kenapa nggk beli yang baru..hehe

    ReplyDelete
  21. emang PR banget deh masalah cucian ini ya mba...
    kalo punya mesin yang canggih, pasti bakalan menghemat waktu banget bisa ngerjain yang laen ;))

    ReplyDelete
  22. dulu mesin cuciku jg pakai yg 2 tabung mba, asa ribet skr beralih ke yg 1 tabung

    ReplyDelete
  23. Mesin cuci itu sahabat emak-emak deh selain rice cooker dan tupperware, must have item!...heheheh

    ReplyDelete
  24. mesin cuci tempatku sudah berumur 6 tahun, menurutku itu udah kliatan butut banget tapi ternyata mesin cuci mba lidya udah berumur 11 tahun, awet bener ya?

    ReplyDelete
  25. hihi banyak kuis ya. sukses mbak :)

    ReplyDelete
  26. Mesin cuciku sudah 7 tahun. Masih berfungsi sih, meski sudah beberapa kali rusah dan diperbaiki juga :)...

    ReplyDelete
  27. Mesin cuci baru segera menghampiri Mama Cal-Vin.....

    ReplyDelete
  28. kalo emang butuh beli baru aja mbak , , ,
    mm jangan lupa mampir diblog q yaa . . .

    ReplyDelete
  29. aku dukung beli mesin cuci baru (*solidaritas sesama ibu rt)

    ReplyDelete
  30. kalau dah beli minta infonya yaa.. *mauikutanbeli hueheu

    ReplyDelete
  31. Aku masih setia sama mbak cuci mak, soalnya setrikanya yang gak kuat. Tapi kalau nggak ada si mbak, misal pas cuti, waduuuh bobol nih dompet untuk ke laundry

    ReplyDelete
  32. perlu banget beli yang 1 tabung mb, bisa disambi kerjaan yang lain (sambil masak/beberes) udah beres (kering)

    ReplyDelete
  33. mesin cuci 2 tabung emang awet banget yah mbak.. dirumah ibuku juga awet belasan tahun sebelum akhirnya rusak dan akhirnya diganti yang baru..

    ReplyDelete
  34. saya termausk yang membutuhkan mesin cuci :D

    ReplyDelete
  35. Aku nggak mesin cuci,,,salam kenal mbak

    ReplyDelete
  36. Aku juga belom lama ini ganti mesin cuci, mbak... ah, mesin cuci itu udah wajib deh ada di rumah, kalo menurutku, karena bener2 membantu apalagi kalo kita musti ngapa2in sendiri

    ReplyDelete
  37. Sukses ya, Mbak. Moga-moga rezeki :)
    Btw sebelas tahun, hebat lho, Mbak. Punyaku baru tiga tahun ud ganti, ahahahaha..
    Jangan laundry kiloan, Mbak. Pengalamanku baju pada ilangan, kalo gk ketuker. Malesin deh..

    ReplyDelete
  38. 11 tahun, awet banget......
    beli lagi aja yang baru, biar kerjaan makin beres

    ReplyDelete
  39. Mba..mesin cuciku setiap hari bekerja...kasihan sebenernya umurnya dah hampir enam tahun. Semoga gantinya pake acara ngepas... Ngepas ada dana lebih... Sukses yaa

    ReplyDelete
  40. dalam memakai mesin cuci, aku seringnya hanya untuk membilas dan mengeringkan baju. karena merasa kurang sreg kalo nggak direndam dan dicuci pakai tangan...hmmm...terasa kurang bersih gitu... selama 8 tahun aku jg belum ganti mesin cuci, aku pake samsung yang pintu bukaan depan...karena masih bisa dipake meski bawahnya sdh keropos. walhasil diganjel deh dengan batako xixixi...belum ada anggaran nih mbak buat beli mesin cuci baru

    ReplyDelete
  41. Siip deh.... semoga mendapatkan pilihan yg terbaik ya...

    ReplyDelete
  42. klo di laundry sebelnya suka pada ilang mam >.<
    sarung bantal, baju, adaaa aja..

    ReplyDelete
  43. Kalau saya tergantung kebutuhan si Mba. kalau di rumah mending beli saja. jadi lebih bisa membantu pekerjaan di rumah. he,, he, he,, kalau kost ya mending taruh di tempat cuci. he,, he, he,,

    Salam

    ReplyDelete
  44. Sama Mbak, mesin cuci di rumah aku dua tabung dan udah 10 tahunan... Udah jelek wkwkwk. Minta beliin yang keren gitu satu tabung doang, tapi ga dikasih :P

    ReplyDelete
  45. siip.. smoga sukses dg mesin cuci barunya ya.. :)

    ReplyDelete
  46. Saya juga di rumah pake mesin cuci mbak, praktis yg langsung kering. Jadi bisa tandem sama abi kalo nyuci :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar. Mohon maaf semua komentar di moderasi ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...